Struktur Teks Eksposisi Beserta Pengertian dan Unsurnya

Posted on

Berbagai berita yang bertebaran di media cetak seperti; surat kabar, majalah atau artikel pun bermacam-macam informasi pada media elektronik seperti; HP , radio, Tv, dan media sosial seperti; facebook, instagram, internet, WA pun jenis akun lainnya.

Aneka informasi dalam berita itu menggunakan teks eksposisi lho. Bukan hanya meliputi berita yang telah terkumpul atau tersusun rapi di media ya!

Berita yang Anda sebarkan itu juga termasuk eksposisi, baik itu hasil diskusi maupun pendapat tentang suatu kejadian dan peristiwa yang terjadi.


Pengertian Teks Eksposisi


Teks eksposisi adalah bacaan atau kalimat yang memuat informasi atau berita yang akurat. Seperti tulisan tentang perawatan wajah pada kulit berminyak, penghematan liar pun lainnya

Struktur teks eksposisi pasti berisi akan sebuah teks tentang informasi berupa gagasan pendapat beserta fakta yang bertujuan memberikan informasi kepada umum mengenai suatu hal atau peristiwa.


Unsur Teks Eksposisi


Image Source: luthfan.com

Unsur yang harus ada atau syarat suatu teks bisa disebut teks eksposisi adalah terdapat :

1. Gagasan/ide/pendapat

Biasanya gagasan atau ide itu berupa pernyataan komentar, penilaian, saran, dorongan, bujukan, dan tentunya suatu ajakan untuk mengajak pembaca mengikuti saran dalam teks tersebut.

2. Fakta

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fakta adalah kenyataan atau sesuatu yang benar-benar ada dan terjadi.

Fakta dapat berfungsi untuk memperkuat gagasan atau pendapat, sehingga diharapkan akan menambah keyakinan pembaca terhadap informasi yang telah dikemukakan dalam teks.

Kita patut waspada di zaman teknologi yang serba maju saat ini. Berbagai berita hoax sangat akrab tersebar luas dalam berbagai media-media sosial tanpa adanya bukti yang valid.

Bahkan jika ada bukti, maka bukti tersebut hanya dibuat-buat. Hal ini dapat berdampak buruk pada penerima atau pembaca berita kurang benar tersebut.

Struktur teks eksposisi adalah jawabannya, karena teks eksposisi berisi fakta yang akurat dan pendapat tentang suatu kejadian.


Struktur Teks Eksposisi


Image Source: contohteksurat.com

Terdapat 3 Struktur dalam Teks Eksposisi

1. Tesis

Merupakan pengenalan isu, kasus, opini, masalah, ataupun pandangan penulis secara umum tentang topik atau pokok bahasan yang akan akan dibangun dalam sebuah teks. Biasanya tesis terdapat pada paragraf pertama kalimat pertama.

2. Rangkaian argumen

Berupa argumen atau pendapat penulis yang berfungsi sebagai penjelasan dari tesis yang telah lebih dulu ditulis sebelumnya. Jadi rangkaian argumen berbentuk suatu dukungan yang menjadi persetujuan. Biasanya dutemui pada paragraf ke dua dan ke tiga.

3. Penegasan Ulang

Perumusan kembali secara ringkas. Biasanya bagian ini disebut penutup atau kesimpulan. Terdapat pada paragraf terakhir, yang mengulang tesis tapi tudak secara langsung.

Dalam teks eksposisi, struktur teks eksposisi ketiganya harus dibaca dalam bacaan yang akan diberikan oleh penulis, karena jika hanya ada salah satu struktur ataupun dua saja maka tidak dapat disebut dengan teks eksposisi.

Selanjutnya akan ada beberapa jenis teks eksposisi yang umumnya terdapat dalam sebuah informasi seperti; teks eksposisi ilustrasi, teks eksposisi berita, teks eksposisi perbandingan, teks eksposisi proses, teks eksposisi definisi, teks eksposisi pertentangan, dan juga teks eksposisi analisis.

Kesimpulannya, kita dapat mengetahui sebuah teks itu berupa teks eksposisi karena sebuah bacaan atau paragraf itu bersifat informatif.

Lalu menjabarkan informasi-informasi yang memjadi penguat argumen penulis, serta menyertakan data-data yang akurat. Umumnya teks eksposisi bersifat netral, penyampaiannya jelas, dan menggunakan bahasa yang baku.

Tentu sekarang Anda sudah tahu, jika sebuah teks terdapat struktur teks eksposisi maka dinamakan teks eksposisi.

Kiranya demikian ulasan sedikit tentang teks eksposisi dan struktur teks eksposisi yang wajib ada di dalamnya. Semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *