Teks Pancasila | Sejarah, Isi dan Lambangnya

Teks Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia. Pancasila juga merupakan pandangan dan landasan filsofis dalam bernegara, baik dalam level eksekutif, legislatif, yudikatif dan tentu masyarakat umumnya.

Tapi, adakah yang belum tahu, kapankah hari lahirnya Pancasila?

Pada tanggal 1 Juni merupakan hari kesaktian Pancasila, sekaligus juga dijadikan sebagai lahirnya dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Berbicara tentang Pancasila, sebenarnya apakah arti kata dari Pancasila itu sendiri? Sebenarnya Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta.

Dalam hal ini, panca berasal dari dua suku kata yaitu panca yang artinya lima dan Sila yang memiliki arti prinsip atau asas.

Lebih jauh, Pancasila dijadikan sebagai salah satu rumusan dan juga petunjuk yang dibuat dalam bentuk pedoman, untuk kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara menjadi lebih baik dan kokoh. Pancasila sendiri terdiri atas lima pilar utama.

Adapun pilar utama yang tercantum dalam Pancasila sudah terangkum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (UUD 1945).

Selain itu, terdapat juga 45 butir pancasila yang mana dijadikan sebagai salah satu pedoman atau petunjuk untuk penghayatan dan diamalkan oleh seluruh umat manusia.


Sejarah Teks Pancasila


Image Source: satujam.com

Sebagaimana yang telah disinggung di atas bahwa peringatan atau lahirnya pancasila ini diperingati setiap tanggal 1 juni.

Adapun yang melatarbelakangi rumusan teks Pancasila ini adalah dari hasil rapat yang diadakan oleh pendiri bangsa yang populer disebut dengan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Rapat ini diadakan di gedung Chio Sangi In yang bertempat di Jakarta. Gedung ini masih ada hingga saat ini, namun berganti nama menjadi gedung Pancasila.

Terkait BPUPKI atau istilah lainnya “Dokuritsu Junbi Cosakai” ini adalah salah satu badan yang memang dibentuk oleh Jepang. BPUPKI berdiri pada tanggal 29 April 1945.

Adapun tujuan dibentuk badan ini adalah sebagai salah satu rekayasa Jepang untuk dapat mendapatkan berbagai dukungan rakyat Indonesia bahwa Jepang akan memberikan Indonesia sebuah kemerdekaan yang di nantikan.

Namun, pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan sebuah pidato mengenai lima dasar negara yang disebut sebagai pancasila.

Hal ini dilakukan oleh Soekarno, karena memang sejak awal Soekarno percaya bahwa pancasila dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dan fondasi yang mana di dalamnya dapat di naungi oleh seluruh masyakarat Indonesia, baik dari berbagai macam suku dan agama berbeda.

Selanjutnya, pada tanggal 7 Agustus 1945, BPUPKI diganti menjadi PPKI atau panitia persiapan kemerdekaan Indonesia atau dengan nama lain, “Dokuritsu Junbi Inkai”.

Namun Jepang hancur dalam peperangan dunia II oleh sekutu barat Amerika Selatan dan menjatuhkan sebuah bom atom ke Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki 9 Agustus 1945.

Hal tersebut membuat para pejuang dan semua pendiri Indonesia berhasil untuk merebut kemerdekaan dan kemenangan pada 17 Agustus 1945. Hal ini juga yang membuat Undang-Undang Dasar Republik Indonesia ditetapkan pada 18 Agustus 1945.


Teks Pancasila


Image Source: sahabatnesia.com

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan / perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia


Teks Pancasila dan Lambangnya


Image Source: kompasiana.com

1. Ketuhanan yang maha Esa

Memiliki lambang dengan cahaya pada bagian tengah yang berbentuk perisai. Perisai ini memiliki bentuk bintang, dengan sudut yang memiliki latar berwarna hitam.

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Memiliki lambang dengan tali rantai bermata berbentuk bulatan dan juga persegi, dan pada bagian kiri di bawah perisai memiliki latar merah.

3. Persatuan Indonesia

Sila ketiga ini dilambangkan dengan pohon beringin yang terletak di bagian kiri bagian atas, dan perisai yang memiliki latar putih.

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

Memiliki lanbang kepala banteng, dengan bagian kanan atas terdapat perisai yang berwarna merah.

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Sila terakhir ini memiliki lanbang dimana terdapat padi dan pakas yang berada pada bagian kanan bawah, ditambahkan dengan perisai yang memiliki latar berwarna putih.

1 thought on “Teks Pancasila | Sejarah, Isi dan Lambangnya”

  1. magnificent publish, very informative. I ponder why the opposite specialists of this sector don’t notice this.
    You should continue your writing. I’m sure, you have a great readers’ base already!

Leave a Comment