7 Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Anak Anda

Posted on

Masih banyak orang yang berpikiran bahwa memilih sekolah adalah hal yang tidak penting.

Umumnya mereka berfikiran bahwa sekolah dimanapun hasilnya akan sama, yang penting dapat ijazah untuk meneruskan jenjang yang lebih tinggi atau mencari kerja.

Namun perlu anda ketahui bahwa sekolah merupakan tempat kedua yang paling penting setelah rumah dalam pembentukan karakter anak.

Maka dari itu, menimang-nimang untuk mendapatkan sekolah yang tepat adalah hal yang harus dilakukan bagi setiap orang tua atau siswa yang ingin mencari sekolah baru.


Tips Memilih Sekolah yang Tepat


Bagi orang tua atau siswa yang kini sudah mulai menentukan sendiri sekolah impiannya, berikut ada beberapa tips memilih sekolah yang terbaik untuk anda.

Cara memilih sekolah terbaik kali ini merupakan point-point penting yang pernah disampaikan oleh Seto Mulyadi selaku orang yang selalu mengamati dunia pendidikan, khsusunya untuk anak-anak.

1. Melihat visi misi sekolah

Tips memilih sekolah yang pertama yaitu dengan memperhatikan visi misi dari calon sekolah yang hendak anda pilih tersebut.

Hal ini penting untuk anda lakukan, karena visi misi sekolah akan sangat menentukan dari kurikulum yang hendak digunakan untuk memberikan pembelajaran untuk anak anda.

Untuk menetukan mana sekolah yang terbaik, anda bisa mencari sebuah sekolah dengan misi yang sesuai dengan pandangan anda atau cita-cita anak anda.

2. Perhatikan tenaga pengajarnya

Sebelum anda mencari sekolah baru, tentu saja orang yang ada di sekitar anda akan merekomendasikan beberapa tempat kepada anda.

Dari sekian banyak rekomendasi, pilihlah sebuah sekolah yang memiliki tenaga pengajar mumpuni.

Mempertimbangkan sebuah sekolah yang memilik tenaga pengajar mumpuni ini sangat baik untuk anak anda.

Pepatah jawa mengatakan guru adalah “Digugu lan ditiru” itu artinya guru merupakan ujung tombak yang akan menetukan anak ada, karena sebagian besar siswa pasti akan melakukan dan meniru apa yang gru mereka ajarkan.

3. Perhatikan sarana prasarana

Tips memilih sekolah yang ketiga ini biasanya akan sangat mempengaruhi dari segi finansial yang hendak anda keluarkan.

Sebaiknya anda memilih sebuah sekolah yang memiliki sarana-prasarana yang lengkap, karena ini akan sangat mendukung dalam proses belajar anak.

4. Image sekolah

Cara memilih sekolah yang tepat keempat yaitu melihat seperti apa track record sekolah tersebut.

Tidak bisa dipungkhiri lagi bahwa beberapa sekolah yang ada di Indonesia masih memiliki sistem yang kurang bagus.

Misalnya membiarkan anak berkeliaran diluar lingkungan sekolah, kurang memperhatikan kedisiplinan, dan masih banyak lagi lainya.

Seperti yang sudah kami bilang diatas bahwa sekolah merupakan tempat yang paling menentukan karakter anak setelah rumah, jika anda salah memilih sekolah, bukan tidak mungkin anak anda akan terseret pada arus pergaulan yang kurang baik.

5. Sesuaikan karakter sekolah dengan anak anda

Memilih sekolah yang tepat, itu artinya memilih sebuah lembaga pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, dan kebutuhan setiap orang itu berbeda-beda.

Jangan ikut dengan lingkungan sekitar jika memang dirasa sekolah tersebut tidak sesuai dengan anak anda.

Kenali karakter anak anda, dan carikan sebuah sekolah yang sesuai dengan mereka.

Contohnya jika anak anda adalah pribadi yang menyukai kegiatan di luar lapangan, mungkin sekolah yang memiliki kegiatan dengan adalah pilihan yang tepat.

6. Lihat jarak sekolah dengan rumah

Banyak sekali orang tua yang memaksakan anak untuk sekolah di sebuah tempat yang sebenarnya terlalu jauh untuk dijangkau.

Jika memang anda siap untuk melakukan anter jemput mungkin ini bukan sebuah masalah. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan sebaiknya pilihlah sebuah sekolah yang tidak terlalu memakan waktu.

Hal ini bagus dengan tujuan agar ketika anak anda sampai disekolah masih dalam kondisi yang baik untuk menyerap pelajaran.

7. Sesuaikan dengan keuangan

Dan tips memilih sekolah yang tepat terakhir yaitu memilih sebuah sekolah yang dari segi finansial masih bisa kita jangkau.

Jangan terlalu memaksakan memilih sekolah yang bagus namun kita kesulitan untuk mencukupi keuanganya.

Sebaiknya memilih sekolah yang terjangkau, dan sebagian uangnya bisa kita simpan untuk jangka panjang pendidikan anak anda, misalkan untuk masuk ke universitas.

Itulah tips memilih sekolah yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Sekolah merupakan tempat dimana karakter dasar anak anda akan dibentuk, oleh sebab itu sebaiknya anda benar-benar memperhatikan bagian terkecil dari sekolah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *