Tujuan Pembangunan Ekonomi serta Manfaatnya bagi Bangsa dan Negara

Posted on

Perekonomian merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang pembangunan ekonomi pada sebuah negara. Di negara maju tujuan pembangunan ekonomi terus dilakukan untuk memberikan hal yang terbaik bagi masyarakat. Pasalnya beberapa permasalahan ekonomi terjadi sebagai bentuk arus arahnya pembangunan di bidang ekonomi.

Untuk mengatasi berbagai permasalahan atau tantangan memang harus diketahui beberapa ilmu ataupun teori mengenai tujuan pembangunan ekonomi yang mampu meningkatkan pendapatan per kapita.

Pasalnya pembangunan ekonomi harus dilakukan secara merata. Jika tidak maka haruslah dicari tahu faktor apa yang membuat agar pembangunan ekonomi merata.

Apabila sudah diketahui beberapa kendala ataupun penyebabnya, maka tujuan pembangun ekonomi di Indonesia untuk meningkatkan pendapatan per kapita bahkan beberapa tujuan yang lainnya dapat tercapai dengan mudah. Sehingga tidak membuat negara kita lebih tertinggal dari negara maju lainnya.

Tujuan Pembangunan Ekonomi bagi Negara

Untuk itu disini akan dibahas mengenai beberapa tujuan pembangunan ekonomi.

1. Meningkatkan Pendapatan Perkapita

kupang.tribunnews.com

Tujuan utama dilakukannya pembangunan ekonomi adalah untuk meningkatkan pendapatan perkapita. Oleh karena itu, dengan adanya tujuan pembangunan ekonomi maka dapat membuat negara menjadi lebih maju dengan mendapatkan jumlah pendapatan per kapita yang lebih banyak.

Kemakmuran suatu negara akan sangat ditentukan dari jumlah pendapatan perkapitanya. Apabila semakin tinggi jumlah pendapatan perkapitanya maka negara tersebut dapat dikatakan semakin makmur.

2. Meningkatkan Kapasitas Produksi

dosensosiologi.com

Pembangunan ekomoni juga akan sangat mempengaruhi kapasitas produksi dari sebuah negara. Dengan adanya pembangunan ekonomi maka akan mampu memahami faktor-faktor produksinya untuk lebih menghasilkan produktivitas yang lebih tinggi.

Sehingga dapat mendorong terciptanya proses pembangunan yang stabil sesuai dengan rencana awal kemudian mampu mengembangkan kualitas produksinya. Selain mampu meningkatkan kualitasnya, pembangunan ekonomi juga mampu meningkatkan kapasitas produk menjadi lebih banyak sehingga pendapatan negara lebih meningkat.

3. Meningkatkan Laju Pertumbuhan Ekonomi

bukupedia.net

Istilah mengenai pertumbuhan ekonomi ternyata berbeda dengan perkembangan ekonomi. Perkembangan ekonomi memang lebih memfokuskan pada perbaikan taraf hidup masyarakat agar lebih baik dan sejahtera, berbeda dengan fokus dari pertumbuhan ekonomi yang mampu membuat tingkat produksi lebih meningkat.

Dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi maka akan selaras juga dengan peningkatan pendapatan per kapita setiap tahunnya. Dengan begitu maka kehidupan masyarakatnya bisa lebih terjamin.

4. Menekan Tingkat Pengangguran yang Tinggi

solopos.com

Pentingnya pembangunan ekonomi harus dilakukan agar mampu menekan tingkat pengangguran yang cukup tinggi di Indonesia.

Mengapa demikian? Hal tersebut disebabkan karena biasanya dengan adanya pembangunan ekonomi di sebuah negara maka dapat mendatangkan banyak investor untuk menanamkan modal.

Dengan demikian, maka akan membuka lapangan kerja sehingga berdampak baik untuk kesejahteraan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Dengan begitu masyarakat bisa hidup dengan lebih sejahtera.

5. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

merdeka.com

Salah satu tujuan dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat, apabila jumlah pendapatan per kapita negara terus meningkat maka masyarakat akan lebih mudah memenuhi kebutuhan sehari-harinya tanpa mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Selain itu dengan adanya pembangunan ekonomi maka akan memberikan lapangan pekerjaan yang luas, kemudian manfaat dari adanya pembangunan ekonomi juga bisa memajukan sektor teknologi dan pendidikan untuk lebih maju.

Setelah mengetahui tujuan pembangunan ekonomi yang ternyata kesemuanya bertujuan untuk mensejahterahkan masyarakat, maka sebaiknya anda juga turut serta dalam melakukan perkembangan dalam dunia pembangunan ekonomi di era globalisasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *