11 Golongan Suku Tumbuhan Dikotil Berikut Ciri-Ciri Dilengkapi Contohnya

Tumbuhan dikotil adalah sebutan tumbuhan berkeping biji dua. Tumbuhan berkeping biji dua merupakan tumbuhan berbunga yang memiliki ciri khas yang sama yaitu memiliki sepasang daun lembaga (kotiledon).

Daun lembaga pada tumbuhan dikotil tumbuh sejak dalam tahap biji sehingga biji sebagian besar anggotanya bersifat mudah terbelah dua.

Tumbuhan yang masuk dalam kelompok takson ini masuk dalam kelas Magnoliopsida, merupakan pembaharuan dari kelas Dicotyledoneae (kelas tumbuhan berdaun lembaga dua atau tumbuhan dikotil).

Hampir semua tumbuhan yang kita lihat di sekitar kita adalah tumbuhan berkeping biji dua. Di dunia ini terdapat sekitar 199.350 spesies berbeda yang masuk dalam kelompok ini. Mereka terbagi menjadi beberapa famili/ suku yang tergantung pada struktur tumbuhan tersebut.

Jenis Suku Tumbuhan Dikotil

Tumbuhan berkeping biji dua terdiri dari beberapa suku, antara lain:

1. Suku Getah-getahan (Euphorbiaceae)

kaltim.prokal.co

Ciri khas getah-getahan ini adalah jika dilukai bagian tubuhnya akan mengeluarkan getah berwarna putih. Contohnya antara lain Manihot utilissima (ketela pohon) dan Havea Brasiliensis (karet).

2. Suku Kacang-kacangan (Papilionaceace)

koransn.com

Ciri khas tumbuhan kacang-kacangan yaitu memiliki mahkota bunga berbentuk kupu-kupu, buahnya polong, dan sering ditemukan bintil akar. Sebagai contoh tumbuhan Arachis hypogaea (kacang tanah), Vigna sinensis (kacang panjang), dan Phaseolus radiatus (kacang hijau).

3. Suku Terung-terungan (Solanaceae)

ilmudasar.id

Ciri khas tumbuhan ini adalah memiliki bunga berbentuk bintang, terompet, serta memiliki buah buni/ buah kotak dengan lapisan dalam berair atau berdaging. Contoh tumbuhannya yaitu Solanum lycopersicum (tomat) dan Capsicum annum (cabai).

4. Rubiaceae

ulyadays.com

Contohnya adalah Morinda citrofolio (mengkudu).

5. Malvaceae

tandapagar.com

Contohnya adalah Hibiscus rosasinensis (kembang sepatu).

6. Apocyanaceae

bukubiruku.com

Contohnya adalah Plameria acuminata (kamboja).

7. Colvulvulaceae

majalahkonsultan.com

Contohnya adalah Ipomea reptans (kangkung).

8. Mimosaceae

ulyadays.com

Contohnya adalah Mimosa pudica (putri malu).

9. Bombusaceae

berwirausaha.net

Contohnya adalah Durio zibberthinus (durian).

10. Caesalpiniceae

jitunews.com

Contohnya adalah Caesalpinia pulcherima (kembang merak).

11. Urticeae

fadli-flora.com

Contohnya adalah Ficus elastica (karet kebo).

Ciri-ciri Tumbuhan Berkeping Dua

webpintar.com

Tumbuhan dikotil atau berkeping dua, biasanya dimiliki oleh tumbuhan berbunga yang mengalami pembelahan saat proses perkecambahan.

Tumbuhan ini sering kita temukan dalam lingkungan sekitar kita seperti mangga, jambu, rambutan, melinjo, karet, tumbuhan polong-polongan, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan ciri-ciri tumbuhan dikotil:

1. Berakar tunggang

Tumbuhan dikotil memiliki akar tunggang. Akar tunggang pada tumbuhan dikotil merupakan akar yang sangat kuat dan besar.

2. Daun menyirip atau Menjari

Jika kita amati lebih jauh, daun yang menyirip dimiliki oleh tumbuhan dikotil seperti pohon mangga, jambu, nangka.

3. Tidak memiliki tudung akar

Hal ini dikarenakan tumbuhan dikotil tidak mempunyai akar serabut yang memiliki cabang akar yang banyak.

4. Batang berkambium

Ada 2 jenis kambium, yaitu kambium gabus dan kambium vaskular/ pembuluh. Pertumbuhan kambium ke arah luar akan membentuk kulit batang, sedangkan ke arah dalam akan membentuk kayu, sehingga jika kita perhatikan lebih jauh akan terdapat guratan-guratan melingkar.

5. Akar dan batang tumbuh membesar

Tumbuhan biji berkping dua memiliki batang dan akar dapat tumbuh dan berkembang membesar. Hal ini dikarenakan tumbuhan dikotil memiliki pembuluh pengangkut.

6. Batangnya bercabang

Batang tumbuhan ini mempunyai cabang yang cukup banyak. Batang utama dari tumbuhan dikotil memiliki struktur morfologi yang cukup kuat dan kokoh sehingga memungkinkan memiliki banyak cabang yang biasanya menjadi tempat tumbuhnya buah.

7. Bagian bunga kelipatan 2, 4, 5

Tumbuhan biji berkeping dua memiliki jumlah kelopak bunga kelipatan 2, 4, 5 atau kelipatannya.

8. Memiliki xylem dan floem

Xylem dan floem merupakan jenis pembuluh angkut yang hanya dimiliki oleh tumbuhan monokotil.

9. Tidak memiliki koleoptil

Koleoptil adalah ujung daun bagian atas bentuk berupa selaput yang ada pada tumbuhan monokotil untuk melindungi daun sampai bakal batang.

Tumbuhan secara luas diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu angiosperma dan gimnosperma. Gimnospermae adalah tumbuhan berbiji terbuka dimana bijinya tidak tertutup oleh daun buah (tumbuhan biji telanjang).

Sedangkan angiospermae adalah tumbuhan dimana bijinya tertutup oleh daun buah. Kemudian tumbuhan angiospermae dibedakan menjadi dua kelompok besar, yaitu tumbuhan berkeping biji tunggal (monokotil) dan tumbuhan dikotil. Semoga artikel ini bermanfaat!

Leave a Comment