Annisa Lutfi Alwi "home is where the heart is"

Letak Benua Asia Secara Astronomis, Geologis, dan Geografis

Teruntuk teman-teman sekalian yang saat ini tengah ingin mencari informasi tentang letak Benua Asia secara astronomis, geografis dan geologis, maka kedatangan kamu untuk membaca artikel ini sangat tepat sebab disini akan kami ulas untuk kamu.

Seperti yang kita ketahui jika dunia sendiri terbagi ke dalam 7 benua dimana setiap benua mempunyai ciri dan karakteristik yang berbeda-beda.

Benua Asia menjadi benua yang terbesar di dunia dan disamping benua Asia ada benua lain seperti Benua Amerika yang terbagi menjadi Amerika Utara dan Amerika Selatan, Benua Eropa, Benua Afrika, Benua Australia dan juga Benua Antartika.

Negara Cina menjadi Negara dengan jumlah penduduk yang paling banyak di dunia dan Negara Cina sendiri berada di benua Asia .

Letak Astronomis Benua Asia

infoakurat.com

Uraian mengenai letak astronomis Benua Asia tentu menjadi hal yang sangat menarik. Seperti yang telah dibahas di awal jika benua Asia menjadi benua terbesar yang ada di dunia dengan luas yang mencapai 44,57 juta km persegi. Benua Asia juga memiliki 54 negara dimana untuk 48 dari negara-negara tersebut menjadi negara anggota PBB.

Jika ditinjau dari garis lintang, Asia terletak pada 77 derajat Lintang Utara (LU) hingga 11 derajat lintang selatan (LS). Ditinjau dari garis bujurnya, Benua Asia berada pada 26 derajat Bujur Timur (BT) hingga 169 derajat Bujur Timur (BT).

Letak Geografis Benua Asia

solusipendidikan.com

Setelah membahas mengenai letak astronomis Benua Asia, kita akan lanjutkan dengan pembahasan mengenai letak geografisnya.

Benua Asia memiliki jumlah penduduk yang paling besar dibandingkan dengan benua-benua yang lain. Penduduk yang ada di benua ini pun beragam rasnya dimulai dari ras melayu, ras mongoloid, ras kaukasoid, ras negroid sampai dengan ras europoid.

Berdasarkan letak geografisnya, Benua asia di bagian utara berbatasan langsung dengan Samudera Arktik. Posisi geografis Asia di bagian Barat berbatasan langsung dengan Laut Merah, Laut Tengah, dan juga Pegunungan Ural.

Pada bagian timur Benua Asia berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik dan juga Selat Bering. Sedangkan pada bagian selatan Asia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Letak Geologis Benua Asia

kidskonnect.com

Berdasarkan posisi geologisnya, Benua Asia memiliki karakteristik yang sangat khas yaitu tempat tertinggi dari benua ini ada di Gunung Everest sementara tempat yang paling rendah ada di Laut Mati.

Sementara untuk palung yang terdalam yang ada di benua ini terdapat di Filipina yaitu Palung Mindanao. Di benua Asia memiliki dataran rendah utara dimana dataran ini merupakan gabungan dari tiga lembah yang ada dari Sungai Yenisai, Sungai Ob dan juga Sungai Lena. Sementara untuk wilayah mayoritas terdapat di Siberia.

Di Asia ini juga ada yang namanya dataran lipatan pegunungan muda yang lokasinya terletak di tengah-tengah Benua Asia. Dataran satu ini membentuk segitiga yang menjadi bagian dari rangkaian Pegunungan Mediterania.

Selain itu, letak geologis Asia juga dihiasi dengan adanya plateau tua di kawasan selatan yang terdiri dari batuan tua kristalin yang keras yakni batuan granit. Dan terakhir ada lembah dan sungai besar di kawasan plato tua dan pegunungan lipatan muda yang kawasannya cukup subur.

Nah, itulah tadi pembahasan singkat namun padat mengenai letak benua Asia baik secara astronomis, geografis, maupun geologisnya. Semoga ulasan kali ini dapat menambah pengetahuan bagi teman-teman sekalian yang tertarik dengan ilmu kebumian.

Annisa Lutfi Alwi
Annisa Lutfi Alwi "home is where the heart is"

One Reply to “Letak Benua Asia Secara Astronomis, Geologis, dan Geografis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *