Annisa Lutfi Alwi "home is where the heart is"

21 Pulau Terbesar di Dunia dengan Penjelasan Lengkapnya

Pengertian pulau adalah wilayah daratan yang dikelilingi oleh air. Setiap pulau memiliki karakteristik yang berbeda dengan pulau lainnya.

Di dunia ini ada 7 benua, yang masing-masing juga memiliki karakteristik yang berbeda. Pengaruh iklim, keadaan alam, dan juga makhluk yang mendiami suatu daratan sangat berpengaruh terhadap keadaan pulau di suatu wilayah.

Tujuh Benua di dunia ini adalah benua Asia, benua Afrika, benua Amerika Tengah, benua Amerika Utara, benua Eropa, benua Australia, dan benua Antartika. Dengan benua Asia sebagai benua yang terluas di dunia ini.

Kali ini kita akan belajar tentang pulau terbesar di dunia ini. Dimulai dari Greenland yang merupakan pulau terbesar di dunia, dengan luas wilayah sekitar2.175.600 km².

Di bumi sendiri memiliki pulau yang jumlahnya lebih dari 180.497 pulau. Diantara pulau- pulau yang banyak tersebut, beberapa ada yang memiliki luas wilayah lebih dari 190 ribu km².

Di Indonesia saja terdapat 17 ribu pulau lebih. Sesuai data ada 5 pulau terbesar di Indonesia yaitu : Kalimantan, Papua, Sumatera, Sulawesi dan Jawa. Nah, kelima pulau terluas di Indonesia ini termasuk dalam 20 besar pulau terbesar di dunia lho!

Pulau Terbesar di Dunia

nationalgeographic.grid.id

Selain di Indonesia, negara kepulauan seperti Kanada dan Jepang juga memiliki banyak pulau terbesar di dunia. Sementara predikat pulau terluas di dunia dipegang oleh pulau Greenland yang masih masuk bagian daerah otonom negara Denmark di kawasan Eropa Utara.

Berikut adalah daftar 21 pulau terluas di dunia beserta letak negaranya:

  • Greenland, luas 2.175.600 km², Greenland divisi otonomi Denmark
  • Nugini Papua, luas 785.753 km², Papua Nugini divisi Australia
  • Kalimantan Borneo, luas 743.330 km², Indonesia
  • Madagaskar, luas 587.041 km², Madagaskar
  • Pulau Baffin, luas 507.451 km², Kanada
  • Sumatera, luas 473.481 km², Indonesia
  • Honshu, luas 227.414 km², Jepang
  • Britania Raya, luas 219.000 km², Inggris
  • Pulau Victoria, luas 217.291 km², Kanada
  • Pulau Ellesmere, luas 196.236 km², Kanada
  • Sulawesi, luas 174.600 km², Indonesia
  • Pulau Selatan, luas 150.373 km², Selandia Baru
  • Jawa, luas 126.700 km², Indonesia
  • Pulau Utara, luas 114.050 km², Selandia Baru
  • Newfoundland, luas 108.860 km², Kanada
  • Kuba, luas 105.007 km², Kuba
  • Luzon, luas 104.688 km², Filipina
  • Islandia, luas 102.828 km², Islandia
  • Mindanao, luas 94.630 km², Filipina
  • Irlandia, luas 84.406 km², Irlandia dan Inggris
  • Hokkaido, luas 78.073 km², Jepang

Pulau- pulau di dunia memiliki bentuk, sifat dan ukuran yang beragam atau bermacam- macam. Karakteristik yang beragam juga dipengaruhi oleh letak pada suatu wilayah yang disebut dengan benua. Berikut adalah penjelasan mengenai pulau terbesar di dunia ini :

1. Puau Greenland

kamusdata.com

Greenland adalah pulau terbesar di dunia ini. Jika kita sempat mengamati globe, maka kita akan menemukan pulau yang berukuran sangat besar yang berada di dekat ujung bumi.

Nah, pulau yang paling besar itulah yang dinamakan Greenland. Selain dinamai dengan Greenland, daratan atau pulau ini juga memiliki beberapa nama lain yakni Kalaallit Nunaat. Pulau Greenland memiliki luas wilayah hingga 2.175.600 km².

Pulau Greenland ini termasuk ke dalam wilayah Greenland yang termasuk divisi otonomi dari Kerajaan Denmark. Pulau Greenland merupakan pulau yang termasuk dalam wilayah Benua Amerika Utara. Pulau ini merupakan sebuah pulau yang berada di Samudera Atlantik (yakni bagian utara, di timur laut Kanada).

Sebenarnya sejak tahun 1979, Pulau Greenland diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 pulau ini tidak menjadi anggota Uni Eropa. Namun, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara.

2. Pulau Jawa

pemudafm.com

Pulau terbesar di dunia nomor 13 adalah pulau Jawa. Pulau Jawa merupakan salah satu dari 5 pulau besar di Indonesia. Gugusan lima pulau besar di Indonesia disebut dengan Gugusan Kepulauan Sunda Kelapa.

Gugusan pulau besar ini adalah Irian Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, dan Jawa. Apabila dibandingkan dengan pulau- pulau yang lain, maka Jawa merupakan pulau yang terkecil.

Pulau Jawa merupakan pulau yang paling padat di Indonesia. Luas Pulau Jawa ini adalah sekitar 126.700 km² dengan penduduk 136 juta.

Selain menjadi pulau yang paling padat di Indonesia, Pulau Jawa ternyata juga menjadi pulau yang paling padat di dunia. Warga Indonesia, sekitar 60% nya tinggal di Pulau Jawa ini.

Demikian adalah beberapa pulau terbesar yang ada di dunia, dilengkapi dengan informasi mengenai luas wilayah serta keberadaanya. Pulau pulau terbesar menyebar di permukaan bumi, artinya tidak berada pada satu benua yang sama.

Pulau- pulau yang besar akan dihuni lebih banyak manusia atau makhluk hidup daripada pulau yang kecil. Hal ini dipengaruhi oleh luas wilayah dari pulau tersebut dan faktor pendukung terjadinya populasi pada suatu wilayah.

Faktanya, pulau besar ternyata memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap gelombang lautan daripada pulau-pulau yang lebih kecil lainnya di dunia ini. Semoga artikel tentang pulau terbesar di dunia ini dapat menambah khasanah pengetahuan kita. Salam!

Annisa Lutfi Alwi
Annisa Lutfi Alwi "home is where the heart is"