Annisa Lutfi Alwi "home is where the heart is"

Memahami Makna yang Terkandung di Dalam Teks Trisatya

Pramuka dan teks trisatya nya merupakan salah satu wadah yang melaksanakan proses pendidikan non-formal di luar lingkungan sekolah/ madrasah dan di luar lingkungan keluarga yang dilakukan di alam terbuka.

Pasalnya hal tersebut bertujuan untuk membentuk para anggota pramuka untuk dapat memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berjiwa patriot, dan menjunjung tinggi jilai nilai luhur bangsa. Sifat-sifat tersebut dapat membantu untuk membangun negara yang sesuai dengan dasar negara.

Trisatya pramuka adalah kode kehormatan pramuka yang setiap anggota pramuka itu harus berjanji kepada dirinya dan Allah SWT untuk bersungguh menjalankan dan mengamalkan trisatya tersebut.

Isi Teks Trisatya Pramuka

coretanzone.id

Demi Kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila

Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat

Menepati dasa darma.

Sedangkan Dasa Darma Pramuka adalah ketentuan moral yang harus kita tepati dan jalankan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menjadi anggota pramuka yang benar-benar seperti asa agama dan negara.

Dasa Darma Pramuka

nihbaca.com

1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia

3. Patriot yang sopan dan Ksatria

4. Patuh dan suka bermusyawarah

5. Rela menolong dan tabah

6. Rajin, trampil dan gembira

7. Hemat cermat dan bersahaja

8. Disiplin, berani dan setia

9. Bertanggungjawab dan dapat dipercaya

10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Nilai Pendidikan Akhlak dalam Pramuka

maxmanroe.com

Taat kepada Allah, Rasul, dan pemimpin adalah anjuran dalam Islam, sehingga seseorang akan benar-benar menjalankan perintah Allah dan Rasulnya serta mengikuti kata-kata pemimpinnya yang tidak menetang dengan syariat secara bersungguh-sungguh sehingga akan melahirkan keikhlasan.

Menolong sesama hidup merupakan praktek amaliah yang perlu ditanam dalam setiap jiwa manusia sehingga akan manjadi manusia yang bukan saja berdakwah dengan lisan namun akan menjadi manusia yang berkwah bil af’al.

Ketentuan moral yang perlu diamalkan seorang pramuka adalah sesuai dengan dasa darmanya, dan ini merupakan praktek langsung dalam kehidupan sehari-harinya.

Kaitan Teks Trisatya dan Ketakwaan kepada Tuhan YME

republika.co.id

Seorang pramuka sejati harus benar-benar takwa kepada Allah, menjunjung tinggi segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah, baik itu di tempat umum atau pada saat menyendiri.

Dan menjadi perwujudan tingkat amal ibadah seseorang, karena akan selalu berpegang kepada Allah untuk beribadat semata, bukan lagi sebagai nilai riya yang ia tampilkan. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

Perwujudan ketaqwaan itu akan membawa seseorang untuk mencintai alam dan kasih sayang sesama hidup, karena orang tersebut akan sadar begitu pentingnya alam dalam kehidupan mereka.

Patriot yang sopan dan kesatria. Dasa darma parmuka kedua ini merupakan ciri khas seorang muslim sejati, karena mereka akan selalu memegang kebenaran walau sepahit apapun dan adab kesopanan menjadi cerminan hidup.

Dalam setiap perbuatan itu akan menghasilkan nilai, nilai baik ataupun nilai buruk. Namun sebaik-baik nilai adalah nilai akhlak.

Maka seorang Pramuka yang sejati akan selalu taat kepada Allah dan Rasulnya untuk menjalankan syariat Islam secara kaffah. Ia akan taat kepada pemimpin serta menjadi manusia yang selalu menjadi panutan dan menolong sesama hidup.

Hal-hal tersebut bisa menjadi dasar untuk membangun generasi yang memiliki moral yang lebih baik. Pribadi penerus bangsa haruslah orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan YME dan taat akan peraturan.

Dengan begitu maka akan tercipta suasana yang lebih aman dan nyaman. Dalam hal tersebut nantinya para generasi muda akan turut andil dalam hal melakukan pembangunan nasional.

Annisa Lutfi Alwi
Annisa Lutfi Alwi "home is where the heart is"