9 Cara Menghilangkan Karang Gigi (Sederhana dan Efektif)

Makanan adalah sumber energi tubuh Anda, tapi dari makanan pula Anda akan mendapat masalah gigi, apalagi jika Anda tidak membersihkan gigi secara teratur dan baik.

Salah satu masalah gigi adalah karang gigi, dan hal ini memang sangat bisa disebabkan oleh makanan.

Sebagian masyarakat dari kita terkadang menganggap penyakit karang gigi merupakan sesuatu yang biasa-biasa saja terjadi.

Namun jika kita lihat berdasarkan data dari studi kasus, ternyata karang gigi akan berakibat pada kanker mulut bagi para penderitanya yang dibiarkan secara terus menerus.

Usut punya usut, hal ini terjadi dikarenakan perubahan karang gigi yang berkembang menjadi beberapa bakteri sehingga dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada mulut.

Lantas, apa itu karang gigi? Dan bagaimana sebab-sebab timbulnya? Dalam bahasa kedokteran, karang gigi disebut juga dengan plak gigi, yakni semacam kotoran yang dari sisa-sisa dari makanan yang masih menempel dan melilit pada gigi.

Oleh karena itu, rata-rata karang gigi timbul diakibatkan jarangnya menggosok gigi, khususnya setelah makan dan sebelum tidur.

Berbagai cara bisa kita lakukan untuk dapat membersihkan karang gigi, mulai dari pengobatan alternatif atau alami hingga menggunakan metode medis oleh dokter gigi.

Namun seiring berjalannya waktu, sebagian orang kini lebih mengandalkan bantuan dokter gigi ketimbang cara alternatif yang sering muncul dipasaran.

Penanganan yang tepat dan lekas sembuh merupakan alasan terkuat jika sebagian orang lebih mengandalkan dokter ketimbang metode alami.

Lantas, benarkah mengobati karang gigi dengan metode alami bisa dibilang tidak manjur? Eits, tunggu dulu. Justru metode alami ini sangat aman kok karena tidak merusak email pada gigi.


Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Alami


√ 9 Cara Menghilangkan Karang Gigi (Sederhana dan Efektif)

grid.id

Jika cara pencegahan diatas sudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, lantas bagaimana caranya kalau karang gigi sudah mulai timbul di dalam rongga mulut kita? Tenang, masih ada jalan keluarnya kok seperti yang tertera dibawah ini.

1. Menggosokkan Kulit Jeruk

Membersihkan karang gigi dengan memanfaatkan kulit jeruk dinilai lumayan ampuh untuk membersihkan plak gigi yang sulit untuk dibersihkan.

Hanya dengan menggosokkan kulit jeruk bagian dalam ke rongga gigimu, maka plak gigi akan hilang secara perlahan.

Menghilangkan bau mulut dengan menggosokkan kulit jeruk bagian dalam ke rongga akan lebih efektif jika dilakukan sehabis makan.

2. Menggosokkan Cengkeh

Sudah menjadi hal yang umum jika cengkeh merupakan salah satu obat mujarab yang berfungsi untuk menghilangkan plak gigi. Caranya, cukup gosokkan cengkeh ke bagian plak lalu akhiri dengan berkumur sebanyak 2 kali.

3. Konsumsi Buah Strawberry

Mengkonsumsi buah strawberry secara teratur akan dapat membantu untuk membersihkan karang gigi pada rongga mulut. Hal ini dibuktikan dengan adanya kandungan vitamin C pada buah strawberry yang dalap mengikis karang gigi secara cepat.

4. Gunakan Biji Asam Kawak

Untuk sebagian orang, mungkin cara ini terdengar asing. Karena jarang sekali orang mengenal biji asam kawak sebagai penghilang plak gigi. Namun dibalik itu semua, ternyata asam kawak dapat membantu membersihkan plak gigi.

Caranya, biji kawak ditumbuk sampai halus lalu dicampurkan dengan sedikit air hangat. Kemudian gunakan biji kawak yang sudah diproses tersebut untuk pasta gigi. Lakukan secara teratur dan rutin supaya karang gigi bisa hilang dengan segera.

Selain Cara diatas, ada beberapa cara lain. Resep merawat gigi sehat dari www.stylecraze.com ini bisa Anda tiru,.

Seperti apakah itu? yuk kita simak aja langsung:

5. Sikat dengan Baking Soda

Caranya adalah sediakan satu sendok makan baking soda dengan sedikit garam. Kemudian campurkan dan gunakan sebagai pasta gigi.

Atau Anda juga bisa membasahi sikat gigi dan mencelupkan ke dalam campuran baking soda dan menggosok gigi. Kerjakan secara rutin dan hal ini membantu menghilangkan karang gigi dan pemutihan gigi.

6. Gunakan Kulit Jeruk

Secara alami kulit jeruk juga bisa efektif menghilangkan karang gigi, kuning gigi, dan plak. Diamkan selama semalam tanpa pembilasan setelah menggosok gigi Anda dengan kulit jeruk.

Selain itu kulit jeruk juga bisa dibuat menjadi pasta dan diaplikasikan pada gigi. Bahkan kulit jeruk juga membantu melawan mikroorganisme di mulut dan merupakan cara alami yang murah untuk memutihkan gigi bernoda.

7. Sikat Scrub dengan Lidah Buaya dan Gliserin

Sediakan setengah cangkir air putih, tambahkan setengah cangkir baking soda, satu sendok teh gel lidah buaya, kurang lebih 10 tetes minyak esensial lemon dan 4 sendok teh gliserin.

Aduklah dan campur rata dan gosok gigi Anda setiap hari dengan campuran ini untuk menghilangkan karang gigi dan warna kuning pada gigi.

8. Kunyah lebih Banyak Buah dan Sayur

Bila Anda ingin menghilangkan plak dan kuning gigi, konsumsilah banyak sayur dan buah karena sayur dan buah mengandung banyak serat dan mengunyah membuat Anda sekaligus membersihkan gigi.

Disini Anda bisa mencoba mengunyah batang seledri, wortel, buah pir, apel, dan bengkuang. Carilah makanan kaya serat yang membuat Anda banyak mengunyah.

9. Benang Gigi dan Berkumur dengan Obat Kumur Antiseptik

Disamping 4 cara yang diatas, Anda juga dapat menerapkan kebiasaan baik ini setiap selesai makan, yaitu membersihkan gigi dengan benang gigi dan obat kumur antiseptik.

Hal ini akan membersihkan sisa makanan yang menyelip di sela-sela gigi sekaligus mencegah gigi berlubang karena membunuh bakteri jahat di rongga mulut.

Itulah tadi 5 Cara sederhana untuk menjaga gigi tetap putih sekaligus mencegah plak atau tumbuhnya karang gigi.

Dibawah ini kami juga akan menjelaskan beberapa kebiasaan yang dapat membuat gigi Anda semakin Sehat.


Kebiasaan Agar Gigi Anda Lebih Sehat


√ 9 Cara Menghilangkan Karang Gigi (Sederhana dan Efektif)

doktersehat.com

Mempunyai gigi yang sehat adalah kunci agar pencernaan sehat pula. Sebagai proses awal mencerna makanan, peran gigi sangat penting untuk melumatkan makanan dan membuat makanan lebih mudah dicerna lambung. Untuk itu kesehatan gigi harus Anda perhatikan.

Seperti bagian tubuh lain, jika tidak diperhatikan, gigi pun bisa bolong, rusak atau rapuh. Maka lakukanlah kebiasaan-kebiasaan ini agar gigi tetap sehat dan kuat lebih lama, seperti dikutip dari geniusbeauty,com berikut ini:

1. Hindari Makanan Panas bersamaan Minuman Dingin

Satu dari kebiasaan orang Indonesia adalah menikmati makanan panas dan minuman dingin bersamaan. Contohnya makan bakso dengan minum es kelapa muda.

Panas dan dingin yang terkena gigi secara cepat akan membuat gigi lebih rapuh dan mudah retak. Untuk itu hindari kebiasaan makan panas dan minum dingin dalam waktu yang berdekatan.

2. Kurangi Makanan Keras

Jika Anda terlalu sering mengonsumsi makanan yang keras maka gigi dapat terkikis. Makanan yang terlalu keras ini dapat mengancam dan merusak enamel gigi, sehingga lama kelamaan akan merusak gigi secara keseluruhan.

Ketika menginjak Usia 25 tahun ke atas adalah usia tubuh mulai kekurangan kalsium, karenanya perhatikanlah makanan Anda.

3. Berhenti Makan Permen

Tidak sedikit dokter menemukan masalah gigi seperti pembusukan di kalangan orang-orang yang menyukai makanan atau minuman manis, seperti coklat atau permen.

Hentikan makan permen dan gantilah dengan manis yang lebih alami, contohnya buah-buahan atau jus buah yang tidak diberi gula.

4. Cuci Gigi Dengan Sayuran

Seusai makan, maka Anda bisa mencuci mulut dan gigi dengan berbagai sayuran berserat tinggi. Contohnya seperti lobak, wortel, mentimun, dan apel dapat membersihkan gigi dengan cara alami. Selain tubuh mendapat nutrisi alami, juga gigi lebih sehat dan baik untuk mencegah sembelit.

5. Hindari Makanan atau Minuman Asam

Minuman atau makanan asam lama-kelamaan akan mengikis gigi. Untuk itu kurangi makanan atau minuman asam, seperti jus asam, kuah pempek, bahkan jeruk. Tunggulah 30 menit setelah mengonsumsi makanan asam, setelah itu baru sikat gigi Anda.


Cara Mencegah Timbulnya Karang Gigi di Mulut


√ 9 Cara Menghilangkan Karang Gigi (Sederhana dan Efektif)

liputan6.com

Berikut ini sedikit tutorial tentang cara mencegah timbulnya karang gigi secara alami di mulut. So, let’s check it out

Selain melakukan hal hal diatas, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mencegah karang gigi. Yuk simak penjelasannya.

1. Minum Air Putih

Usahakan untuk selalu meminum air putih setiap habis makan, karena air putih dapat membersihkan sisa-sisa makanan yang melekat di gigi sehingga akan mengurangi jumlah plak gigi.

2. Rutin Berkumur

Disarankan untuk rutin berkumur setiap habis makan. Karena hal tersebut akan membantu menghilangkan sisa makanan dan mulut yang membandel.

3. Rutin Gosok Gigi

Biasakan untuk menggosok gigi minimal 2 kali sehari pada saat bangun dan sebelum tidur. Jika cara tersebut rutin dilakukan, maka plak gigi akan sangat mudah untuk dihilangkan.

Usut punya usut, ternyata kandungan flouride dalam pasta gigi memiliki kinerja yang ampuh untuk membasmi bakteri penyebab plak gigi.

4. Mengkonsumsi Buah dan Sayuran Secara Rutin

Konsumsi buah dan sayuran secara rutin dan teratur akan mencegah timbulnya bau mulut serta memperbaiki email gigimu yang rusak.

Itulah 8 kebiasaan mudah untuk menjaga gigi agar lebih sehat, semoga tips ini bisa membuat gigi Anda lebih sehat.

Keyword: Cara Menghilangkan Karang Gigi

Leave a Reply