11 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami (Cepat dan Ampuh)

Semua orang pasti menginginkan rambut yang lebat dan tebal, namun karena beberapa masalah rambut yang menimpa rambut yang tebal pun tidak dapat dimiliki.

Salah satu masalah yang membuat rambut tidak lebat adalah kerontokan. Kerontokan merupakan musuh terbesar dari rambut, karena rambut yang mengalami kerontokan abnormal akan membuat rambut anda terlihat sangat sedikit.

Oleh karena itu banyak orang mencari cara agar rambut cepat tumbuh. Kebanyakan orang memilih cara instan yakni menggunakan obat-obat penumbuh rambut.

Sebenarnya obat ini akan merusak rambut anda karena di dalam obat tersebut banyak sekali bahan-bahan kimia yang berbahaya.

Daripada memiliki ketergantungan pada produk berbahan kimia, kenapa tidak menggunakan cara agar rambut cepat tumbuh secara alami saja? Selain baik hasilnya juga tidak memiliki dampak samping.

Cara agar rambut cepat tumbuh secara alami dilakukan melalui perawatan dengan menggunakan bahan-bahan alam sehari hari. Setiap bulan rambut orang akan tumbuh sekitar 1,2 cm.

Namun banyak orang yang tidak mendapatkan penambahan panjang sebesar itu, ini disebabkan karena rambut terhambat oleh kotoran sehingga rambut akan susah mengalami pertumbuhan.


Cara Menumbuhkan Rambut


Untuk menumbuhkan rambut dengan cepat dan alami, Anda dapat melakukan hal-hal yang dapat dilakukan setiap hari, berikut diantaranya :

1. Rutin Mencuci Rambut

√ 7 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami (Cepat dan Ampuh)

gayapriakeren.blogspot.com

Rambut harus di rawat dengan sangat hati-hati. Untuk membersihkan rambut bisa dilakukan dengan mencuci rambut.

Namun jangan mencuci rambut setiap hari karena ini akan membuat rambut anda memiliki kelembaban yang besar dan dapat lepek.

Dengan rutin anda harus memangkas rambut anda, pemangkasan ini berguna untuk mengurangi rambut yang rusak.

2. Memijat Kepala

√ 7 Cara Menumbuhkan Rambut Secara Alami (Cepat dan Ampuh)

greenangelica.co.id

Seringlah memijat kulit kepala, pemijatan kulit kepala dapat menumbuhkan rambut anda. Karena sistem peredaran darah di bagian kepala lancar dan rambut akan tumbuh dengan cepat.

3. Lepaskan Ikat Rambut Saat Tidur

Ketika anda beranjak tidur jangan lupa untuk melepas ikatan rambut anda, agar rambut dapat bernafas dan pertumbuhannya cepat.

Rambut yang baru dapat terangsang pertumbuhannya dengan adanya pemangkasan rambut lama.

4. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Cara agar rambut cepat tumbuh yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Makanan yang sehat memiliki nutrisi yang dapat mencukupi kebutuhan nutrisi rambut anda. Rambut yang tercukupi nutrisinya akan mudah tumbuh.

5. Menggunakan Santan

Selain hal-hal yang dapat anda lakukan sehari hari, untuk menumbuhkan rambut anda dapat menggunakan obat tradisional. Salah satu obat tradisional yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan santan.

Cara agar rambut cepat tumbuh yaitu dengan mengoleskan santan sebanyak 400 ml ke rambut hingga kulit kepala anda. Lalu gunakanlah handuk yang diberi air hangat untuk membungkus rambut yang telah diolesi santan.

Biarkan selama 20 menit agar kandungan-kandungan di dalam santan tersebut terserap secara maksimal ke rambut dan kulit kepala anda.

Setelah 20 menit lalu bilaslah dengan menggunakan air dingin. Untuk hasil maksimal anda dapat menggunakan cara ini sebanyak 4 kali dalam seminggu.

6. Menumbuhkan Rambut dengan Bonggol Pisang

Bonggol pisang adalah bagian pisang yang tertanam di dalam tanah. Bonggol pisang ini, dipercaya memiliki khasiat sebagai cara menumbuhkan rambut secara alami.

Cara pembuatan obat tradisional untuk rambut rontok ini dengan memisahkan terlebih dahulu bonggol dengan batang pisangnya. Lubangi bonggol pisang hingga berbentuk seperti tempat penampung air.

Diamkan selama satu malam dan setelah Anda diamkan, akan nampak air di dalam lubang bonggol pisang tersebut. Nah, air itulah yang dapat digunakan sebagai cara menumbuhkan rambut Anda.

Gunakan air itu untuk keramas dan pijat sampai merata. Setelah selesai, tinggal bilas saja rambut dengan air.

7. Menumbuhkan Lidah Buaya

Image Source: diriau.com

Lidah buaya memang sudah terkenal sebagai tumbuhan penumbuh rambut. Sudah banyak sekali obat atau ramuan-ramuan yang menggunakan bahan dasar lidah buaya untuk dijadikan obat penumbuh rambut.

Tidak hanya bisa menumbuhkan dan membuat rambut menjadi lebat, lidah buaya juga dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih lembut dan ebih hitam.

Caranya mudah, yaitu dengan mengambil daging lidah buaya lalu melembutkannya. Kemudian usapkan lidah buaya yang sudah lembut tadi pad rambut yang sudah dibasahi. Lalu diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

8. Menggunakan Kelapa Hijau

Image Source: bp.blogspot.com

Selain bisa dijadikan minuman yang sangat menyegarkan, ternyata air kelapa hijau dapat membantu mengatasi masalah pada rambut.

Caranya dengan memangkas serabut kelapa pada bagian atas dan bawah. Kemudian buat lubang di salah satu sisi kelapa dan masukkan kira-kira satu sendok garam.

Kemudian letakkan kelapa hijau tadi di luar rumah semalaman agar mendapat embunnya. Pada keesokan harinya, gunakan air tersebut pada kulit kepala dengan memijat-mijatnya ringan. Kemudian bungkus menggunakan handuk.

Lakukan cara ini setiap selesai mandi sore hari.

9. Menggunakan Klerak

Image Source: soapnuts.co.nz

Tumbuhan lain yang mempunyai khasiat untuk penumbuh rambut adalah klerak atau biasa disebut lerak. Yang digunakan adalah biji klerak.

Caranya dengan menyiapkan dan membersihkan biji klerak sebanyak kurang lebih 12 biji. Kemudian rendam biji tersebut dengan air hangat sampai airnya menjadi dingin.

Lalu gunakan air rendaman biji klerak yang sudah dingin untuk dioleskan pada kuli kepala dengan memijat-mijatnya ringan. Kemudian bungkus rambut menggunakan handuk kurang lebih semalam penuh.

10. Menggunakan Nyamplung

Image Source: tstatic.net

Yang digunakan untuk menumbuhkan rambut adalah biji nyamplung. Caranya dengan menyiapkan biji nyamplung sebanyak satu genggam.

Lalu letakkan biji-biji tersebut pada kain atau piring dan jemur sampai mengeluarkan minyak. Kemudian oleskan minyak tersebut pada kulit kepala hingga merata.

11. Menggunakan Pisang

Image Source: harianjogja.com

Manfaat pohon pisang sangat banyak, selain buahnya yang bisa dimakan ternyata umbi pisang juga dapat digunakan sebagai obat penumbuh rambut alami.

Caranya dengan menyiapkan umbi pisang yang sudah dibersihkan, lalu lubangi umbi tadi kira-kira sedalam sejengkal (sekitar 18 cm) supaya di dalam umbi bisa terkumpul. Kemudian gunakan air tersebut untuk dioleskan di kulit kepala hingga merata.

Demikian penjelasan mengenai beberapa tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat penumbuh rambut alami. Semoga bermanfaat.

Itulah beberapa cara agar rambut cepat tumbuh secara alami. Melalui perawatan yang intensif, rutin, menghindari stres, dan bergaya hidup sehat maka rambut Anda yang rusak pun dapat terganti dengan rambut yang baru yang sehat secara cepat.

Keyword: Cara Menumbuhkan Rambut

Leave a Reply