Cara Mudah Bertransaksi Valas

Berbeda dengan anggapan sebagian banyak orang, melakukan perdagangan valas sebenarnya tidak terlalu sulit.

Bahkan cukup dengan langkah-langkah mudah berikut ini, setiap orang dapat melakukan perdagangan valas dengan mudah di setiap saat.

1. Memahami Konsep Pasangan Mata Uang

Cara transaksi forex pertama yang perlu Anda lakukan adalah memahami konsep perdagangan valas itu sendiri.

Dalam perdagangan valas, Anda menukar harga dari sebuah mata uang untuk mata uang lainnya.

Dengan kata lain, Anda akan membeli suatu mata uang dengan menjual mata uang lainnya pada waktu bersamaan.

Konsep ini menegaskan bahwa setiap perdagangan valas akan selalu melibatkan pasangan mata uang.

Setelah Anda memahai konsep ini, maka langkah berikutnya adalah memilih pasangan mata uang yang Anda inginkan, misalnya EUR/GBP, USD/AUS, USD/JPY, atau yang lainnya.

2. Lakukan Analisis Pasar

Cara Mudah Bertransaksi Valas

Riset dan analisis harus selalu mendasari setiap keputusan yang Anda ambil. Tanpa keduanya, tindakan Anda hanya akan berdasarkan emosi, penyebab utama kegagalan para trader.

Ketika Anda mulai melakukan riset, Anda akan dihadapkan pada begitu banyak informasi.

Hal ini mungkin membuat Anda kewalahan di awal, namun Anda harus bisa bijak memilah informasi yang terkait erat dengan pasangan mata uang yang Anda pilih.

Beberapa informasi penting yang harus selalu Anda pantau mencakup pergerakan nilai mata uang, berita terkait, kebijakan ekonomi, indikator, dan beragam analisis fundamental maupun teknikal lainnya.

3. Pahami Harga Pasangan Mata Uang

Pasangan mata uang selalu ditampilkan dalam format harga jual/beli. Sebagai contoh, pasangan EUR/USD ditampilkan dengan harga 1.07173/1.07191.

Harga pertama (1.07173) adalah harga yang Anda gunakan utnuk menjual pasangan mata uang tersebut. Sementara harga belinya adalah 1.07191.

Adapun perbedaan antara kedua harga tersebut dikenal sebagai spread atau sebaran. Istilah ini merujuk pada biaya transaksi yang diterapkan platform perdagangan valas.

4. Tentukan Posisi Anda

Dalam perdagangan valas, para trader dapat melakukan spekulasi atas pergerakan naik turun pasangan mata uang dalam bursa valas.

Ketika menentukan posisi Beli, misalnya, trader percaya bahwa nilai mata uang dasar akan naik relatif terhadap mata uagn acuan.

Sebagai contoh, jika trader memilih Buy pada pasangan EUR/USD, maka trader tersebut percaya bahwa nilai EUR akan menguat terhadap USD.

Sebaliknya, jika memilih posisi JUAL, maka trader percaya bahwa nilai EUR (mata uang dasar) akan mengalami pelemahan terhadap USD (mata uang rujukan).

Cara Mudah Bertransaksi Valas

5. Masuki Posisi Beli

Andaikan Anda memilih pasangan EUR/USD dan saat ini keduanya ditetapkan bernilai 1.33820/840.

Anda mengambil posisi Jual karena percaya EUR mengalami bullish. Anda kemudian memasuki posisi Beli untuk 1 lot EUR/USD.

Dengan posisi Beli ini, nilai pembelian yang akan dikenakan kepada Anda adalah 1.33840. Beberapa saat kemudian, EUR/USD mengalami kenaikan.

Pasangan ini kemudian dihargai 1.34160/180. Dalam hal ini, Anda memperoleh keuntungan sebesar 32 pip.

6. Masuki Posisi Jual

Mari kita ambil contoh lain. Dalam kondisi yang sama, Anda percaya bahwa pasangan EUR/USD akan mengalami posisi bearish. Anda kemudian mengambil posisi Jual pada nilai 1.33820.

Beberapa saat kemudian, terjadi pergerakan harga pasangan mata uang dan nilai EUR mengalami pelemahan terhadap USD. Nilai terakhir yang tercapai adalah 1.34160/80.

Dalam hal ini, Anda telah mengalami kerugian sebesar 36 pip. Anda kemudian memutuskan untuk menerima kerugian ini dan kemudian menutup perdagangan pada nilai yang telah tercapai tersebut.

Leave a Reply