5 Contoh Ide Membuat Pernak-Pernik Dekorasi 17 Agustus

Setiap tanggal 17 agustus semua penduduk Indonesia akan merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia. Semua orang akan bersemangat mengambil bagian untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia dengan membuat dekorasi 17 Agustus yang unik.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-74 tahun ini.

Bisa dengan mengikuti upacara bendera, mengikuti berbagai macam perlombaan dan bisa juga dengan mendekor kampung, rumah, kantor atau pun sekolah dengan hiasan-hiasan dekorasi yang bertemakan merah putih.


Pilihan Ide Membuat Hiasan Dekorasi 17 Agustus yang Unik Bertema Merah Putih


√ 5 Ide Membuat Pernak-Pernik Dekorasi 17 Agustus yang Unik dan Mudah

Image Source: tokopedia.com

Untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia sudah pasti kita akan mengibarkan bendera merah putih di rumah, sekolah ataupun di kampung. Supaya terlihat lebih meriah, kita bisa menambahkan hiasan-hiasan dekorasi yang berwarna merah putih.

Yuk lihat beberapa pernak-pernik berwarna merah putih yang cantik dengan bahan yang mudah didapat dan mudah cara pembuatannya.

1. Rangkaian Origami

√ 5 Ide Membuat Pernak-Pernik Dekorasi 17 Agustus yang Unik dan Mudah

Image Source: 123rf.com

Buat kamu yang kreatif dan hobi membuat origami, kamu bisa membuat rangkaian origami untuk dijadikan dekorasi 17 Agustus yang unik. Bahan yang perlu disiapkan berupa kertas lipat atau kertas origami berwarna merah putih dan benang kasur.

Kamu bisa membuat origami dengan berbagai bentuk. Dari bentuk hewan seperti burung, ikan, kupu-kupu, katak dan juga berbentuk bunga, pesawat bahkan kapal.

Setelah origami selesai dibuat dengan jumlah yang banyak, origami-origami tersebut disusun dan ditempel pada benang kasur menjadi satu rangkaian. Kemudian rangkaian origami tersebut bisa dibentangkan untuk menghias langit-langit atap.

2. Pom-pom Kertas Merah Putih

√ 5 Ide Membuat Pernak-Pernik Dekorasi 17 Agustus yang Unik dan Mudah

Image Source: idntimes.com

Biasanya pom-pom terbuat dari tali rafia yang digabungkan menjadi satu. Untuk kali ini kita akan membuat pom-pom yang terbuat dari kertas dengan bentuk yang unik sebagai dekorasi 17 Agustus-an.

Cukup dengan kertas asturo atau kertas karton yang berwarna merah putih kamu bisa membuat pom-pom kertas ini. Hiasan ini dapat kamu gantung untuk menghiasi dinding atau menjadi hiasan di depan pintu.

Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu cukup mengambil satu lembar kertas kemudian dibentuk kerucut lalu digabungkan sampai berbentuk lingkaran seperti pom-pom.

Jumlah kertas kerucut yang dibutuhkan untuk membuat satu pom-pom tergantung dengan ukuran pom-pom yang ingin dibuat. Semakin besar ukuran pom-pomnya maka semakin banyak jumlah kertas kerucut yang dibutuhkan.

3. Lampu Gantung Gelas Plastik

√ 5 Ide Membuat Pernak-Pernik Dekorasi 17 Agustus yang Unik dan Mudah

Image Source: tokopedia.com

Untuk membuat lampu gantung ini, kamu bisa memanfaatkan barang bekas berupa gelas-gelas plastik untuk menghemat biaya dalam membuat hiasan dekorasi 17 Agustus yang unik.

Gelas-gelas plastik bekas tersebut bisa kamu cuci terlebih dahulu lalu dikeringkan. Setelah kering kamu bisa mewarnai gelas-gelas tersebut dengan cat berwarna merah dan putih.

Setelah semua gelas dicat, bagian dasar gelas bisa kamu lubangi untuk memasukkan lampu bohlam kecil ke dalam gelas. Gelas-gelas plastik yang telah diberikan lampu bisa dirangkai dan digantungkan menjadi lampu gantung.

4. Hiasan Pintu dari Sendok Plastik

√ 5 Ide Membuat Pernak-Pernik Dekorasi 17 Agustus yang Unik dan Mudah

Image Source: falhomedecor.org

Hiasan pintu ini bisa kamu pajang di bagian pintu depan rumahmu. Bahan yang kamu perlukan adalah sendok plastik berwarna merah dan putih serta styrofoam berbentuk lingkaran.

Potong gagang sendok yang tidak digunakan. Kemudian tancapkan bagian sendok yang telah terpisah dari gagangnya pada styrofoam. Susun sendok sampai memenuhi semua bagian styrofoam tersebut.

5. Tirai Bendera Merah Putih

√ 5 Ide Membuat Pernak-Pernik Dekorasi 17 Agustus yang Unik dan Mudah

Image Source: rimma.com

Tirai bendera merah putih menjadi dekorasi 17 Agustus-an yang unik dan akan menambah kesan meriah dalam memperingati hari kemerdekaan.

Selain berbentuk bendera, kamu juga bisa membuat tirai dari kertas berbentuk hati atau bintang dengan warna merah putih.

Gunting kertas karton berwarna merah dan putih dengan bentuk persegi panjang, tidak usah terlalu besar. Kemudian kertas berwana merah dan putih disatukan menjadi bendera merah putih.

Bendera-bendera yang telah jadi dirangkai pada benang menjadi satu rangkaian yang panjang. Rangkaian bendera tersebut bisa disusun berderetan menjadi sebuah tirai.

Keyword: Dekorasi 17 Agustus

Leave a Reply