Jual Beli Rumah Second, yang Bisa Anda Coba

Sebelum melakukan jual beli rumah, sebaiknya tahu dulu apakah itu rumah baru atau second (bekas). Perlu diketahui bahwa untuk melakukan jual beli rumah second terdapat perbedaan dengan jual beli rumah yang baru.

Dengan membeli rumah second, maka anda masih mempertimbangkan beberapa hal agar tidak keliru atau salah dalam memilih rumah. Jadi, lebih ribet sedikit dan juga butuh waktu untuk mempertimbangkan.

Rumah second dalam penjualannya juga tidak kalah dengan rumah yang baru. Tergantung rumahnya dan siapa yang menjualnya. Hal tersebut didasarkan salah satunya pada harga yang murah karena statusnya sudah bekas.

Lokasi rumah juga menjadi pertimbangan bagi para pembeli juga. Rumah second yang dijual juga bersifat legal dan kelengkapan data-data rumah juga ada. Sehingga para pembeli juga berani untuk membelinya. Karena ada rasa aman dan tidak zonk dalam membeli.


Jual Beli Rumah Second


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan jual beli rumah second, diantaranya adalah:

1. Terdapat Biaya Tambahan dalam Rumah Second

Image Source: Rumah123.com

Rumah second atau bekas juga mempunyai biaya tambahan seperti adanya biaya pajak pengeluaran rumah.

Terdapat juga biaya yang lain perlu dibayarkan maupun diurus. Jadi jangan sampai anda tidak tahu sama sekali tentang biaya dari jual beli rumah tersebut.

Terdapat biaya pengecekan sertifikat rumah, biaya AJB, biaya balik nama, biaya akta PJB, ada pajak penjualan rumah dan PPh, terdapat Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

2. Adanya Tanggungan untuk Penjual Rumah Second

Image Source: olympicresidence-sentul.com

Terdapat biaya dan pajak untuk para penjual rumah second, diantaranya adanya pajak penghasilan atau PPh, adanya biaya notaris untuk jasa transaksi penjualan, ada pajak bumi bangunan yang perlu dilunasi sebelum diahlikan ke pembeli rumah second.

3. Perhatikan Kelengkapan Rumahnya

Image Source: autogadai.com

Kelengkapan rumah disini lebih kepada data-data surat yang ada dalam rumah tersebut. semakin lengkap dan jelas maka anda sebagai penjual maupun pembeli tidak akan rugi dan ragu jika akan membeli rumah second tersebut. Walaupun second, tetapi kelengkapan dan kualitas tetap ada.

4. Walaupun Second, Cari Rumah yang Ideal

Image Source: rumahdijual.com

Dalam mencari rumah, sudah dipastikan bahwa harus membeli rumah yang ideal dan sesuai dengan kriteria. Carilah rumah yang akan nyaman menurut anda, misal dilihat dari lokasi yang strategis dengan kebutuhan anda, dan lain-lain.

5. Walaupun Beli Online, Sempatkan Lihat Kondisi Rumah Secara Langsung

Image Source: 99.co

Hal ini merupakan penting dilakukan, karena membeli rumah nanti pasti akan ditinggali lama ataupun selamanya.

Sehingga ke lokasi rumahnya sangat perlu dan sempatkan waktu akan hal tersebut. Jangan sampai menyesal di belakang karena belum tahu keadaan dan kondisi rumahnya yang seperti apa.

6. Hitung Biaya Ekstra yang ada dalam Rumah Second tersebut

Image Source: Rumah123.com

Selain biaya-biaya yang sudah dijelaskan di atas, ternyata anda sebagai pembeli juga harus memikirkan biaya ekstra jika terdapat pengeluaran tidak terduga, seperti renovasi rumah second, perbaikan rumah, dan lain-lain. Jadi itulah sisi negatif dari adanya rumah second.

7. Pikir Matang Dulu Sebelum Beli Rumah Second

Image Source: kompas.com

Jadi sebelum beli rumah tersebut, maka alangkah lebih baik beri waktu untuk memutuskan jadi beli atau tidak secara pas.

Pertimbangkan rumah tersebut dari hal-hal penting yang seharusnya ada dan sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Pertimbangkan lagi dan pikirkan lagi apakah rumah tersebut cocok dengan anda. Anda bisa mencari referensi tentang jual beli rumah second agar tidak keliru.

Dan jika anda ingin melakukan survei rumah tersebut bisa melalui secara survei langsung atau dibantu dengan penyedua jasa property tersebut.

Sehingga nanti bisa dilihat perbandingan antara cari data sendiri dengan dari penyedia jasa properti jika ada dan kevalidannya.

8. Survei Keadaan Sekitar atau Lingkungan Sekitar Rumah Second

Image Source: blog.spacestock.com

Jadi sebelum menghuni di rumah tersebut, pastikan juga bahwa lingkungan sekitar mendukung kebutuhan anda.

Jadi poin ini juga perlu jangan sampai dihiraukan. Karena kondisi lingkungan bisa dilihat dari para orang-orangnya yang menghuni tersebut.

Jadi, jika anda sebagai penjual rumah second, pastinya perhatikan poin-poin penting sebelum memilih rumah yang akan dijual.

Jadi anda sebagai penyedia jasa jual rumah second juga tidak zonk dari awal. Jual rumah di Jakarta Selatan juga ada jual beli rumah second.

Keyword: Jual Beli Rumah Second

Leave a Reply