6 Strategi Melamar Kerja Agar Langsung Diterima

Mendapatkan pekerjaan tentu bukan hal yang mudah dilakukan terlebih untuk para fresh graduate. Tidak hanya harus memiliki skill, Anda harus tahu strategi melamar kerja yang tepat.

Persaingan mendapatkan pekerjaan setiap tahun semakin tinggi. Oleh karena Anda bukan hanya satu-satunya kandidat saat melamar kerja di perusahaan, maka harus mengetahui berbagai cara agar peluang Anda masuk ke perusahaan tersebut semakin tinggi.

Strategi Melamar Kerja

Jika Anda membutuhkan strategi melamar kerja agar membuat HRD terkesan pada pandangan pertama, maka harus melakukan beberapa cara. Seperti berikut ini.

1. Punya Skill Kekinian

Di zaman sekarang, memiliki skill saja tidak cukup untuk mendapatkan pekerjaan. Karena banyak orang pula memiliki skill yang sama dengan Anda dan juga sedang melamar pekerjaan.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengupdate diri dengan skill-skill terbaru yang dibutuhkan perusahaan di zaman sekarang.

Jika Anda memiliki skill kekinian, tentu ada peluang tinggi Anda akan diterima oleh perusahaan terutama di dunia digital. Misalnya Anda mahir desain grafis, sosial media, hingga digital marketing.

Skill-skill seperti di atas tidak mewajibkan Anda mendapatkannya di bangku kuliah. Anda bisa belajar secara otodidak untuk skill-skill terbaru atau bisa juga dengan melakukan kursus.

2. Cari Pekerjaan Kekinian

Tidak hanya skill saja yang harus di-update menjadi lebih kekinian. Penting juga bagi Anda untuk mendapatkan pekerjaan di bidang kekinian yang banyak ditawarkan di zaman sekarang.

Ini merupakan strategi melamar kerja zaman sekarang, sehingga potensi Anda diterima kerja pada perusahaan semakin tinggi.

Perlu diketahui ada banyak lowongan kerja kekinian dengan gaji yang menarik yang bisa Anda coba.

Mulai dari admin sosial media, penulis, designer sampai content creator. Apalagi jika Anda berminat di bidang content creator, bisa meraup gaji yang cukup tinggi.

3. Lengkapi CV Dan Resume

Untuk Anda ingin mendapatkan pekerjaan lebih cepat maka sebaiknya dilengkapi dengan CV dan resume.

Baik Anda sebagai fresh graduate maupun orang yang sudah berpengalaman memiliki beberapa pekerjaan sebelumnya. Anda bisa menemukan contoh CV dan contoh resume dengan melakukan riset di internet.

Atau bisa juga dengan menggunakan jasa pembuatan CV hingga resume yang banyak bermunculan di dunia maya.

Namun untuk pemilihan jasa pembuatan CV dan resume, Anda harus pilih yang terpercaya dan juga paling update. Karena baik CV dan resume yang kurang update maka kurang menarik dimata HRD.

4. Perbarui Kemampuan Berbahasa Asing

Jika Anda sudah melamar pekerjaan di beberapa tempat dan belum mendapatkan hasil, tentu tidak boleh bersedih. Sembari terus melamar, disamping itu Anda harus memperbarui kemampuan berbahasa asing.

Memiliki kemampuan berbahasa asing selain bahasa Inggris tentu membuat peluang Anda mendapatkan pekerjaan impian lebih banyak lagi.

Misalnya Anda tertarik untuk belajar bahasa Jepang dan Korea, jika memiliki dua kemampuan ini tentu terdapat beberapa lowongan pekerjaan menarik.

Selain itu, kemampuan berbahasa asing lebih dari satu membuat Anda punya nilai plus di mata perusahaan yang akan menerima Anda.

5. Teliti Dalam Memilih Lowongan Pekerjaan

Meskipun Anda seorang fresh graduate yang sangat membutuhkan pekerjaan, namun perlu ketelitian dalam memilih lowongan pekerjaan.

Di zaman sekarang cukup banyak modus yang mengatasnamakan lowongan pekerjaan di sebuah perusahaan.

Dengan berbagai modus penipuan, oknum tidak bertanggung jawab mencoba untuk meraup keuntungan dari para pelamar.

Biasanya banyak fresh graduate yang terjebak oleh penipuan ini dan merugi. Belum mendapatkan pekerjaan malah mendapatkan kerugian.

Untuk itu penting bagi anda, melakukan riset kecil pada perusahaan yang akan Anda kirimi surat lamaran.

Setidaknya Anda tahu bahwa perusahaan tersebut memiliki alamat kantor yang jelas. Pelajari juga sudah berapa lama perusahaan tersebut berdiri dan bagaimana kredibilitas dari perusahaan tersebut.

6. Lakukan Branding di Sosial Media

Jika Anda ingin melamar pekerjaan di bidang yang berhubungan dengan sosial media, maka perlu melakukan branding diri di sosial media pula.

Yaitu dengan memposting hal-hal bermanfaat di akun medsos Anda. Menjadi nilai plus jika Anda adalah orang yang cukup populer di sosial media.

Perusahaan tentu akan sangat mempertimbangkan Anda untuk menerimanya sebagai karyawan, karena otomatis akan menambah citra positif perusahaan tersebut.

Lalu sebisa mungkin jangan pernah memiliki rekam jejak yang buruk di sosmed. Karena di zaman sekarang perusahaan bisa juga mempertimbangkan Anda untuk masuk ke perusahaannya lewat sikap Anda di sosial media.

Jika Anda adalah orang yang cukup toxic di sosmed meski memiliki skill yang cukup, maka Anda kurang dipertimbangkan untuk masuk ke perusahaan. Orang yang toxic tentu akan membawa pengaruh buruk di perusahaan tempatnya bekerja.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai strategi melamar kerja paling tepat untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat.

Terutama untuk para fresh graduate yang ingin bekerja secepatnya, maka Anda bisa ikuti beberapa poin diatas dan praktekkan lalu lihat hasilnya.

Leave a Reply