Kisah Nabi Hud AS. | Kisah Singkat 25 Nabi dan Rasul

Berikut adalah cerita atau kisah dari Nabi HUD AS. Semoga cerita super singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi Kita semua.

Nabi Hud adalah seorang nabi yang diutus Allah di tengah-tengah kaum AAD. Kaum tersebut berada di negeri Ahqaf yakni diantara Yaman dan juga Umman.

Kaum tersebut terkenal engan fisiknya yang kekar dan berotot namun memiliki moral yang buruk. Moral yang buruk itu ditunjukan dengan adanya proses penyembahan terhadap berhala-berhala.

Selain itu, dalam lingkungan kaum tersebut juga berlaku hukum rimba dimana siapa yang kuat dialah yang menang.

Hal ini yang kemudian menjadi tugas utama nabi Hud yakni untuk memperbaiki ahlak mereka dan kembali pada jalan yang benar yakni menyembah tuhan Allah SWT.

Adapun nenek moyang dari Hud sendiri adalah bahwa dia merupakan keturunan dari nabi Nuh AS. Dia adalah anaknya dari Sam bin nuh atau bisa dibilang sebagai cucu dari nabi Nuh AS.

Hud sendiri menjadi penerus dari kenabian nabi Nuh untuk menyeru umatnya agar kembali kepada jalan Allah SWT.

Dia adalah salah seorang sosok yang berbudi tinggi, penyabar, penyantun dan senantiasa berlapang dada. Selain itu, dari segi pemikiran, dia juga dikenal sebagai salah seorang nabi yang cerdas dan juga tegas.

Dalam perjalanan dakwahnya, Hud terus berupaya menyampaikan apa yang harus disampaikannya yakni menyembah Allah.

Dia berusaha berdakwah mengajak manusia agar tidak terjerumus pada praktek sirik yakni menyembah berhala dan lainnya. Namun dalam perjalanannya, Hud tidak begitu berhasil dalam dakwahnya.

Dia terus mendapatkan tentangan dan juga penolakan dari kaumnya yang memang tidak suka pada nabi Hud. Hal itu tentunya bisa memberikan masalah yang besar dan akhirnya Allah menurunkan azab kepada kaum tersebut.

Allah menurunkan azab dalam dua tahap yakni kekeringan dan juga angin topan. Bencana kekeringan ini diberikan sebagai peringatan kepada kaum tersebut.

Saat bencana kekeringan itu terjadi, Hud mencoba menjelaskan kepada kaumnya bahwa fenomena itu adalah sebagai hukuman dari Allah yang tidak percaya kepada tuhan Allah dan tidak mau menyembahnya.

Hud meminta agar kaumnya itu mau bertobat dan kembali ke jalan yang benar yakni meninggalkan kemusrikan menyembah berhala dan kembali menyembah Allah.

Hanya saja dalam tahapan azab peringatan ini, kaum Hud masih belum mendengar apa yang dikatakannya. Mereka tidak percaya pada Hud sehingga kemudian Allahpun menurunkan azab yang selanjutnya yakni berupa angin topan yang besar dan dahsyat.

Angin topan tersebut terjadi selama 8 hari dan memusnahkan semua tanaman serta ternak. Bahkan bencana tersebut juga memusnahkan semua umat yang melenceng dan yang diberikan keselamatan oleh Allah hanya nabi Nuh dan kaumnya yang taat saja.

Semua terjadi atas kehendak Allah kepada umat-umatnya berdasarkan apa yang mereka lakukan.

Leave a Comment