12 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat (Ampuh dan Alami)

Berat badan di bawah rata-rata, omongan orang yang membuat rasa malu karena diejek kurus, dan susah menambah berat badan meskipun sudah makan banyak setiap harinya menjadi alasan yang memicu orang untuk mencari tahu cara menambah berat badan.

Tidak semua orang dapat berhasil menambahkan berat badan dengan cara yang sama namun lebih baik jika cara yang digunakan dalam menambah berat badan merupakan cara yang sehat tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.


Cara Menambah Berat Badan


Berikut merupakan 12 cara menambah berat badan untuk anda!

1. Melakukan Cek Kesehatan

√ 12 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat (Ampuh dan Alami)

Image Source: patrika.com

Sebelum melakukan program untuk menambah berat badan, ada baiknya jika anda melakukan cek kesehatan dan konsultasi pada dokter atau ahli gizi terlebih dahulu. Anda perlu tahu penyebab kenapa berat badan anda susah naik.

Terdapat beberapa hal atau kondisi yang dapat membuat berat badan anda sulit untuk naik, misalnya seperti gangguan hormon yang mempengaruhi kondisi tubuh atau bahkan gangguan makan yang akan membuat anda sulit untuk menambahkan berat badan secara alami.

2. Makan Lebih Sering dalam Sehari

Image Source: beritagar.id

Makan dengan porsi kecil namun lebih sering lebih baik daripada makan 3x sehari namun dengan porsi yang banyak.

Hal ini karena porsi makan yang besar itu tidak baik juga untuk keseimbangan gula darah, respons glikemik dan pencernaan tidak optimal.

Anda juga dapat membaginya menjadi beberapa kali waktu makan seperti sarapan, makan ringan berupa snack pada pukul 10.00, makan siang, snack pada pukul 15.00. dan makan malam.

Untuk snacknya anda dapat mengonsumsi buah atau melanjutkan sisa porsi makan sebelumnya.

3. Pilih Makanan dengan Nutrisi Tinggi

√ 12 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat (Ampuh dan Alami)

Image Source: alodokter.com

Tidak hanya dengan lebih sering makan, namun anda juga harus memperhatikan apa yang anda makan. Ingin menambah berat badan namun juga jangan sampai mengorbankan kesehatan.

Menambah berat badan bukan hanya berarti harus mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi, namun harus memperbanyak konsumsi makanan yang memiliki nutrisi tinggi seperti buah, sayur dan kacang-kacangan.

4. Mengonsumsi Susu, Perbanyak Karbohidrat dan Cukupi Kebutuhan Lemak

Image Source: doktersehat.com

Jika anda jarang atau bahkan tidak pernah mengonsumsi susu, mulailah untuk meminumnya, tidak harus susu murni, namun susu yang sudah menjadi olahan seperti yoghurt, pudding atau eskrim.

Jika anda tidak ingin mengonsumsinya sebagai camilan anda juga dapat meminumnya sebagi minuman penutup setelah makan siang.

Selain susu, anda juga perlu mencukupi kebutuhan lemak dan memperbanyak konsumsi karbohidrat dapat menjadi salah satu cara menambah berat badan.

Dengan perbanyak konsumsi karbohidrat, dapat membantu untuk memicu agar lebih banyak asupan kalori pada tubuh untuk menambah berat badan secara sehat.

Sedangkan untuk kebutuhan lemak, jangan terlalu berlebihan karena tidak akan baik untuk kesehatan anda.

Sumber lemak dapat anda temui pada makanan yang di konsumsi sehari-hari misalnya seperti minyak sayur, kelapa, jagung, ikan dan masih banyak lagi.

5. Mengonsumsi Protein Berkualitas

√ 12 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat (Ampuh dan Alami)

Image Source: zliving.com

Untuk menambah berat badan dan membuat otot-otot yang kuat, pemilihan sumber protein perlu diperhatikan.

Anda dapat memenuhi kebutuhan protein dengan mengonsumsi sumber protein yang berkualitas tinggi misalnya seperti telur, daging, ikan, biji-bijian atau susu.

Setiap harinya tubuh memerlukan protein sebanyak 0.8 gran/berat badan per hari. Oleh karena itu, jika anda mengonsumsi lebih banyak protein berkualitas, maka proses pembentukan otot dan menambah berat badan secara sehat akan berjalan dengan baik.

6. Perbanyak Minum Air Putih

√ 12 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat (Ampuh dan Alami)

Image Source: health.detik.com

Sudah menjadi rahasia umum kalau air putih memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, karena air sangat diperlukan untuk fungsi berbagai organ tubuh seperti lambung dan usus sewaktu menyerap nutrisi.

Konsumsi air putih 2 liter per hari, tidak langsung diminum dalam jumlah banyak, namun anda dapat meminumnya sedikit demi sedikit dan membaginya pada beberapa waktu dari pagi, siang, sore hingga malam hari.

7. Mengonsumsi Jus

√ 12 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat (Ampuh dan Alami)

Image Source: sahabatnestle.co.id

Selain makanan, mengonsumsi minuman jus juga dapat menjadi salah satu cara yang sehat untuk menambahkan berat badan.

Kalau anda menyukai susu atau yoghurt, anda dapat membuat smoothies untuk sarapan setiap paginya.

Dua minuman ini cocok untuk anda yang ingin menambahkan berat badan karena nutrisinya lebih mudah diserap oleh tubuh.

8. Mengonsumsi Madu Khusus

√ 12 Cara Menambah Berat Badan dengan Cepat (Ampuh dan Alami)

Image Source: kompasiana.com

Tentunya sudah banyak orang tahu kalau madu memiliki banyak manfaat dan khasiat. Madu merupakan salah satu yang diperlukan jika anda sedang menjalani program untuk menambah berat badan.

Madu penambah berat badan merupakan madu khusus untuk anda yang ingin menambahkan berat badan.

Madu ini diolah dari berbagai ramuan herbal yang alami dan memiliki kandungan yang sangat terpercaya untuk menambah berat badan secara alami tanpa memiliki pengaruh pada gangguan kesehatan.

9. Tidak Minum Sebelum Makan

Image Source: inspiradata.com

Tidak minum sebelum makan dilakukan agar dapat menghindari rasa kenyang yang datang di awal, karena air dapat memberikan rasa kenyang yang akan mengurangi nafsu makan dan membuat lebih sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Alangkah lebih baik jika minum air pada saat makan, selesai makan atau 30 menit setelahnya, hal ini dilakukan karena dapat membantu penyerapan nutrisi yang lebih baik.

10. Mulai Berhenti Merokok

Image Source: kompas.com

Sudah menjadi hal umum kalau rokok tidak baik untuk kesehatan, tidak hanya untuk mereka yang perokok, melainkan juga orang-orang disekitarnya yang terkena asap rokok dari perokok.

Rokok secara tidak langsung menjadi salah satu hal yang memicu turunnya nafsu makan. Hal ini akan berpengaruh pada tubuh karena tidak mendapatkan nutrisi maupun segala kebutuhan gizi dengan baik.

Oleh karena itu, untuk anda yang sedang atau ingin menjalankan program menambah berat badan, mulailah untuk berhenti merokok dan mengalihkannya dengan mengonsumsi makanan-makanan atau minuman sehat seperti yang sudah di bahas sebelumnya.

11. Berolahraga

Image Source: doktersehat.com

Olahraga tidak hanya dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan, namun lebih tepatnya olahraga dilakukan agar hidup lebih sehat.

Olahraga secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk menambah berat badan secara alami, Setelahnya, nafsu makan akan meningkat dan tubuh anda akan mendapatkan asupan kalori yang lebih banyak.

Mulailah untuk secara rutin berolahraga jika anda sedang menjalakan program untuk menambah berat badan.

12. Menghindari Begadang

Image Source: squarespace.com

Begadang merupakan musuh besar untuk anda yang ingin menambah berat badan. Hal ini mungkin akan sulit dilakukan apalagi jika anda termasuk orang yang senang memainkan gadget sebelum tidur.

Tidak hanya berpengaruh untuk orang yang sedang ingin menambahkan berat badan.

Justru begadang memiliki efek buruk antara lain dapat membuat anda menjadi pelupa, menurunkan kemampuan berpikir, depresi, resiko terkena penyakit kanker dan parahnya dapat meningkatkan resiko kematian sebesar 12 persen.

Jika anda termasuk orang yang sering begadang dan sedang melakukan program menambah berat badan, mulailah tinggalkan kebiasaan buruk itu, cukupi kebutuhan tidur anda dan jalani gaya hidup sehat.


Obat Penggemuk Badan Alami


Pada umumnya, setiap orang tentu ingin mempunyai ukuran dan bentuk tubuh yang ideal. Tapi terkadang, hal tersebut tidak bisa didapat karena banyak faktor.

Masalah yang paling sering berhubungan dengan berat badan ialah obesitas dan sulit gemuk. Kedua masalah berat badan tersebut sama-sama banyak orang yang menderitanya.

Namun bedanya adalah cara untuk menguruskan badan lebih gampang jika dibanding dengan menggemukkan badan.

Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai penyebab badan yang kurus dan obat tradisional yang dapat menambah berat badan.

Penyebab Badan Kurus

Image Source: viva.co.id

Badan yang kurus terjadi karena adanya banyak faktor, antara lain sebagai berikut:

  • Faktor Keturunan

Faktor keturunan merupakan salah satu faktor paling mempengaruhi kurangnya berat badan atau badan kurus. Dan faktor ini adalah faktor yang tidak bisa dicegah dengan cara apapun.

  • Kurang Asupan Gizi

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap berat badan adalah asupan gizi. Tubuh yang kurang mendapatkan asupan gizi pasti akan lebih kurus jika disbanding dengan tubuh yang mendapat asupan gizi sesuai.

Jadi sangat disarankan bagi Anda yang kurus untuk memperbaiki asupan gizi Anda agar mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

  • Kurang Olahraga

Olahraga juga memiliki pengaruh besar terhadap berat badan. Orang yang kurang melakukan olahraga bisa jadi badannya akan gemuk dan bisa jadi badannya akan kurus.

Yang jelas orang yang gemar berolahraga akan memiliki berat badan ideal dan bentuk atau ukuran tubuh yang baik.

  • Insomnia atau Kurang Tidur

Faktor insomnia atau kurang tidur juga memiliki pengaruh terhadap berat badan seseorang. Hal ini karena insomnia merupakan kesalahan dalam pola hidup seseorang.

Oleh karenanya, sebaiknya Anda lebih mengutamakan pola hidup yang baik dengan mengatur waktu tidur yang cukup atau sesuai porsinya.

Dampak dari tubuh yang kurus adalah menurunnya kesehatan fisik atau terjadi gangguan fungsi organ tubuh lainnya.

Contohnya seperti kulit yang dapat mengering apabila kurang asupan nutrisi dan dapat mengganggu siklus menstruasi pada wanita sebab hormon akan bermasalah jika kurang asupan nutrisi.

Oleh karenanya, untuk menambah berat badan perlu untuk mencari sumber penyebab kenapa susah gemuk dan kemudian mencari solusi untuk menaikkan berat badan.

Apabila masalah sudah teratasi, maka langkah selanjutnya adalah menjaga kesehatan tubuh, mengatur pola hidup, dan mengatur pola makan serta asupan gizi yang masuk kedalam tubuh.

Obat Penggemuk Badan Alami

Image Source: cara-wanita.com

Jika yang bermasalah adalah nafsu makannya, maka Anda bisa menggunakan obat gemuk tradisional untuk meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan berat badan. Berikut uraian obat gemuk tradisional ampuh yang bisa Anda gunakan.

1. Kunyit

Banyak sekali bahan-bahan alami yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menambah berat badan atau sebagai obat gemuk agar nafsu makan semakin meningkat.

Salah satu bahan alami tersebut adalah kunyit, kunyit memang sejak jaman dulu sudah dikenal sebagai obat alami untuk meningkatkan nafsu makan seseorang.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mengonsumsi kunyit setiap hari, baik dalam bentuk minuman atau dijadikan olahan lain.

2. Brotowali

Membuat obat gemuk alami menggunakan daun brotowali sangatlah mudah. Yaitu dengan merebus daun brotowali lalu mengonsumsinya setiap hari.

3. Madu

Biasanya anak-anak kecil susah untuk disuruh minum obat, baik bentuknya pil maupun cair. Madu mempunyai manfaat sebagai penambah nafsu makan, sehingga Anda bisa memberikan madu agar anak-anak suka karena rasanya manis dan enak.

4. Temulawak

Temulawak juga merupakan bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat gemuk penambah nafsu makan.

Cara membuat ramuannya sangat mudah, Anda hanya perlu menjadikannya bahan minuman atau bisa langsung direbus. Lalu minum setiap hari untuk meningkatkan nafsu makan.

Selain menggunakan obat gemuk tradisional untuk menambah berat badan, biasanya orang-orang juga menggunakan obat herbal yang dijual di toko-toko obat, salah satunya seperti kianpi pil.

Demikian penjelasan mengenai penyebab badan kurus dan obat tradisional yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Semoga bermanfaat.

Keyword: Cara Menambah Berat Badan

Leave a Reply