8 Cara Menyembuhkan Wasir (Alami dan Ampuh)

Wasir adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah vena yang ada di sekitar anus. Penyakit ini biasa dialami oleh ibu hamil atau pasien yang kesulitan buang air besar.

Namun bisa juga diderita oleh orang yang terlalu lama duduk, penderita diare kronis, obesitas, terlalu keras saat hendak buang air besar, dan kurang konsumsi makanan berserat.

Wasir memang tidak mengancam nyawa, tapi penderitanya akan mengalami rasa sakit saat buang air besar dan tidak nyaman yang mengganggu dalam kesehariannya.

Bagi anda atau orang terdekat yang menderita penyakit ini, sekarang sudah banyak cara untuk mengobatinya.


Cara Menyembuhkan Wasir


Berikut beberapa cara untuk menyembuhkan wasir yang mudah dan efektif untuk anda.

1. Bawang Putih

hellosehat.com

Image Source: detik.net.id

Senyawa aktif allisin pada bawang putih berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Sehingga bisa memperkuat pembuluh darah dan menghancurkan bakteri yang ada di sekitar anus, serta mengurangi peradangan dan rasa gatal.

Anda bisa mencincang 3-4 bawang putih lalu rebus, setelah dingin celupkan kapas dan tempelkan pada anus sampai mengering.

Atau hancurkan sampai halus dan diamkan 8-10 menit kemudian telan bawangnya seperti meminum pil, lalu minum air secukupnya.

Selain itu anda bisa menggunakan bawang putih sebagai suppositoria (obat yang dimasukkan ke dalam dubur) dengan cara kupas bawang berukuran kecil lalu lumuri dengan minyak kelapa atau zaitun lalu masukkan perlahan ke dalam dubur, diamkan semalaman dan lakukan 3 kali seminggu.

2. Daun Sirsak

hellosehat.com

Image Source: alodokter.com

Anda bisa menggunakan daun sirsak untuk mengobati wasir. Caranya cukup ambil beberapa lembar daun sirsak kemudian rebus hingga mendidih, lalu setelah dingin anda dapat minumnya.

Konsumsi setiap hari secara teratur hingga wasir sembuh.

3. Daun Ungu

hellosehat.com

Image Source: tamanminimalisku.com

Siapkan 5-7 lembar daun ungu yang sudah dibersihkan, kemudian rebus dengan air sebanyak 2 gelas. Pisahkan ampas daun dengan airnya agar bisa diminum minum. Konsumsi ramuan ini setiap hari sampai dirasa sudah hilang wasirnya.

4. Jeruk Nipis dan Jahe

hellosehat.com

Image Source: hipwee.com

Manfaatkan jahe dan jeruk nipis untuk meyembuhkan penyakit wasir. Caranya cukup campurkan air perasan jeruk nipis dengan jahe, kemudian minum ramuan ini setiap hari sampai wasir hilang.

5. Daun Binahong

hellosehat.com

Image Source: merdeka.com

Untuk manfaatkan daun binahong sebagai obat penyakit wasir, anda bisa mengambil 16-20 lembar daun binahong lalu rebus hingga mendidih.

Setelah air rebusan dingin, segera diminum sampai habis. Konsumsi 1 gelas setiap hari secara rutin untuk hasil yang cepat.

6. Cuka Apel

Image Source: liputan6.com

Cuka apel bisa dijadikan obat untuk penyakit wasir, caranya rendam kapas secukupnya dalam wadah berisi 2-3 sendok makan cuka apel.

Lalu kompres bagian wasir selama kurang lebih 30 menit. Ulangi beberapa kali setiap hari secara rutin hingga wasir sembuh.

7. Lidah Buaya

Image Source: okezone.com

Lidah buaya dengan segudang manfaat dapat digunakan pula sebagai obat wasir akut.

Bersihkan daging lidah buaya yang sudah dipisah dari kulitnya dan parut hingga halus, kemudian seduh dengan air panas dan diminum secara rutin.

Anda bisa menambahkan madu murni untuk pemberi rasa dan memaksimalkan khasiat lidah buaya.

8. Olahraga

Penderita wasir tentu sangat dianjurkan untuk berolahraga, agar peredaran darah yang tersumbat dapat lancar kembali.

Beberapa olahraga yang diperbolehkan yaitu jalan kaki atau jogging sekitar 30 menit, senam aerobik 5-10 menit, yoga, zumba, berenang, dan senam kegel.

Hindari melakukan olahraga seperti angkat besi, deep squat dan lompat tali, karena olahraga ini hanya akan memperparah kondisi anda.

Keyword: Cara Menyembuhkan Wasir

Leave a Reply