Kosa Kata Bahasa Sunda beserta Artinya Lengkap

120+ Contoh Kosa Kata Bahasa Sunda beserta Artinya Lengkap

Bumi priyangan adalah salah satu tempat yang memiliki sejarah panjang. Maka tak heran jika banyak sekali warisan yang dijaga sampai hari ini. Salah satu yang diwariskannya itu berupa bahasa.

Bahasa yang banyak digunakan kedua  di Indonesia setelah bahasa jawa ini disebut bahasa sunda. Pada mulanya bahasa ini ditemukan pada beberapa catatan tertulis di batu (prasasti) juga lembaran daun kering.

Kemudian Bahasa ini secara meluas dituturkan hampir di seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten. Selain itu bahasa sunda juga tersebar di beberapa wilayah Indonesia (diluar bumi priyangan) yang ditinggali oleh penduduk bersuku sunda.

Keeksisan bahasa sunda tersebut menandakan bahwa memang orang-orang sunda sangat menjaga apa yang harus dijaga, yakni warisan dari leluhur mereka.

Meskipun orang-orang sunda bertransmigrasi ke berbagai daerah di Indonesia tetapi mereka tetap tidak melupakan bahasa ibu mereka. Dan yang terpenting banyak dari mereka masih menggunakannya dalam keseharian.

Jika berbicara tentang bahasa sunda ada beberapa hal yang harus diketahui, salah satunya yakni dialek. Seperti halnya bahasa jawa, bahasa sunda juga memiliki beberapa dialek yang berbeda-beda.

Para ahli bahasa membagi dialek tersebut menjadi enam jenis. Apa saja dialek itu dan bagaimana penggunaannya? Penjelasan tersebut dapat dilihat di bawah ini:


Dialek-dialek Bahasa Sunda


Dialek Barat

Digunakan oleh seluruh orang sunda yang menduduki wilayah di Provinsi Banten (kecuali Kota Tanggerang dan Tanggerang Selatan)

Dialek Utara

Dialek ini dituturkan oleh hampir seluruh penduduk di Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi (kecuali kota Depok), Kota Bogor

Dialek Selatan

Untuk dialek Selatan biasanya digunakan oleh orang-orang yang berada di daerah Bandung Raya yakni meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Cimahi. Selain itu dipakai juga oleh penduduk Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang, dan kota Sukabumi.

Dialek Tengah Timur

Dituturkan oleh orang-orang yang berada di Kabupaten Majalengka, dan juga di sebagian Kabupaten Indramayu bagian Selatan

Dialek Timur Laut (termasuk bahasa sunda Cirebon)

Sedang untuk dialek timur laut digunakan oleh penduduk yang tinggal di Kabupaten Kuningan, sebagian Selatan Kabupaten Cirebon bagian, dan juga Sebagian Barat Kabupaten Brebes (Jawa Tenga)

Dialek Tenggara

Dan untuk dialek Tenggara dituturkan oleh hampir seluruh penduduk di Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah)


Contoh Kosa Kata Bahasa Sunda Berdasarkan Tingkatan Bahasa


Setiap dialek tersebut terkadang memang sangat jauh berbeda satu sama lainnya. Misalnya saja bahasa sunda yang digunakan di Banten.

Umumnya bahasa sunda banten tidak mengenal tingkatan karena memang dulunya tidak berada di bawah kekuasaan kerajaan Mataram yang sangat menjunjung tinggi undah-unduh atau tata krama, dan undak-usuk atau tingkatan bahasa .

Berbicara tentang undak usuk dalam bahasa sunda terdapat tingkatan bahasa mulai dari bahasa alus,lomal lancaran, hingga bahasa kasar. Adapun beberapa contoh kosa kata bahasa sunda dengan undak usuk tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Bahasa Indonesia

Bahasa Sunda Normal

Bahasa Sunda Sopan/lemes

Rumah Imah Bumi/Rorompok
Belakang Tukang Pengker
Depan Hareup Payun
Dahulu Baheula/Bareto Kapungkur
Lama Heubeul Lami
Besok Isuk Enjing
Nanti Engke Engkin
Saya Urang Abdi/Kuring/Sim Kuring/Pribados
Bukan Lain Sanes
Makan Dahar/Enam Tuang
Ada Aya/hana Nyondong

Sebenarnya masih banyak contoh kosa kata bahasa sunda  dengan undak-usuk yang bisa disajikan, namun karena keterbatasan penulis contoh kosa kata sunda dengan tingkatannya tersebut hanya disajikan beberapa saja.


Kosa Kata Bahasa Sunda yang Digunakan Sehari-Hari


Untuk teman-teman yang ingin belajar bahasa sunda tentu saja kosa kata menjadi hal yang penting untuk dipelajari.

Oleh karenanya selanjutnya penulis akan memberikan contoh tentang kosa kata bahasa sunda yang biasa dipakai sehari-hari beserta artinya agar teman-teman yang sedang belajar bahasa sunda bisa mempraktikannya langsung kepada temannya:

Bahasa Sunda Bahasa Indonesia
Kumaha, damang? Bagaimana, sehat?
Aya- aya wae Ada- ada saja
Hatur Nuhun Terima Kasih
Punten Permisi
Wilujeng enjing Selamat pagi
Wilujeng siang Selamat siang
Wilujeng wengi Selamat malam
Wilujeng sonten Selamat sore
Kumaha Bagaimana
Bade kamana? Mau kemana?
Naon Apa?
Kunaon Kenapa
Kamana Kemana
Nanaonan leu Apa- apaan ini
Nuju naon Lagi ngapain
Aya naon Ada apa?
Kumaha anjeun weh Terserah kamu aja
Lieur ah Pusing ah/bingung
Geulis pisan Cantik banget
Kasep pisan Ganteng banget
Namina saha? Namanya siapa?
Hoyong/hayang Pengen
Tunduh euy Ngantuk ih
Bade, moal? Jadi nggak?
Geleuh ih Jijik ih
Gelo maneh Gila kamu
Hareudang euy Gerah ih
Angger weh Tetap aja
Kadieu atuh Kesini dong
Kumaha anjeun weh Gimana nanti aja
Kamana deui Kemana lagi
Tipayun nya Duluan ya
Ngan kitu hungkul Cuma itu doang
Karunya teuing Kasihan
Rame jigana Banyak maunya
Nu leres? Yang bener?
Dangukeun Dengarkan
Lupa deui Lupa lagi
Tong Jangan
Sabodo teuing Bodo amat
Tong kitu atuh Jangan begitu dong
Ngawadul Ngebohong
Gampil pisan Mudah banget
Kaduhung pisan Nyesel banget
Bageur pisan Baik banget
1 Hiji
2 Dua
3 Tilu
4 Opat
5 Lima
6 Genep
7 Tujuh
8 Dalapan
9 Salapan
10 Sa-puluh
11 Sa-belas
12 Dua belas
13 Tilu belas
…. ….
20 Dua puluh
21 Salikur
22 Dua likur
29 Salapan likur
…. ….
100 Sa-ratus
101 Sa-ratus hiji
….. ….
200 Dua ratus
201 Dua ratus hiji
1000 Sa-rebu
1.000.000 Sa-juta
1.000.000.000 Sa-miliar
1.000.000.000.000 Sa-triliun
1.000.000.000.000.000 Sa-quadriliun
Sakeudik Sedikit
Seueur Banyak
Tong nglamun Jangan melamun
Ayeuna Sekarang
Raos pisan Enak sekali
Sugan teh Kirain
Teu ngartos Tidak mengerti
Dangukeun Dengarkan
Sami-sami Sama- sama
Hoream ah Males ah
Salawasna Selamanya
Mangga Silahkan
Alit Kecil
Antosan Tunggu
Alus Bagus
Anom Muda
Awis Mahal
Asak Masak, matang
Meuli Beli
Wilujeng ngaraosan Selamat menikmati
Barudak Anak muda
Kabeneran Kebetulan
Bantos Bantu
Wilujeng tepang taun Selamat ulang tahun
Waktos Waktu
Mau-maunya Mau-maunya
Seuri Ketawa
Baeud Cemberut
Sawangsulna Sama-sama
Sampeyan Kaki
Leungen Tangan
Ceurik Menangis
Deudeuh Sayang
Bogoh Cinta
Tarang Kening
Patuangan Perut
Mumucangan Mata kaki
Abdi bogoh ka anjeun Saya suka sama kamu
Sirah Kepala
Kabuju Keburu
Pami Jika
Siga Bagai
Lawas tilawas Lama sekali

Contoh Kosa Kata Bahasa Sunda dalam bentuk puisi


Berikut penulis sertakan juga secara spesial contoh kosa kata bahasa sunda dalam bentuk puisi. Sebagaimana kita tahu, dalam bahasa juga dikenal istilah kebahasaan yang sastrawi. Yaitu kalimat yang dirangkai dalam bentuk yang indah. Contohnya beserta terjemahannya adalah sebagai berikut:

Lahan éndah

tanah ieu mangrupikeun tempat kuring

lahan subur tur makmur

lahan anu tumbuh sadayana anu hirup

masihan kahirupan

taneuh baseuh saatos hujan

seungit kembang sareng torojol

tanah abdi hirup sareng bet hirup

margi jelema-jalma rewog ieu

racun tutuwuhan sareng beton tinggi

poho subur sareng héjo kami

kahirupan nagara

doa urang

pikeun turunan

ngantunkeun bumi hirup

hurungkeun kaaslian

Tanah yang indah

tanah ini muara kelahiranku

tanah subur makmur dan jaya

tanah yang menumbuhkan segala yang hidup

memberi kehidupan

tanah basah setelah hujan

wangi bunga dan kelahiran

tanahku hidup dan bertaruh nyawa

sebab orang-orang serakah itu

tanami racun dan beton inggi

lupakan hijau dan subur kami

penghidup negeri

doa kami

untuk anak cucu

sisakan tanah kehidupan

menghidupkan kesejatian

abdi bogoh ka anjeun

ti mimiti dugi ka ayeuna sami. tetep diduruk sareng setia. tetep damai sareng sederhana. tetep masihan kahirupan.

cinta kuring pikeun anjeun ngajalankeun walungan. walungan kahirupan. cinta kuring pikeun anjeun ogé janten hujan. ngabuahan tangkal. cinta kuring pikeun anjeun ngalangkungan sadayana cuaca. panas tiis. haneutkeun hawa tiis.

cinta kuring pikeun anjeun bakal salawasna jadi. saterasna. dugi ka waktos eureun.

cinta kuring pikeun anjeun teras janten doa. Abdi ngarepkeun kabagjaan anu aya. meureun kasalametan sareng anjeunna. sareng sapertos doa anu sanés. anjeunna lahir ti pangjerona. pikeun ogé hal anu teu kurang.

cintaku padamu

dari dulu sampai sekarang sama saja. tetap membara dan setia. tetap damai dan sederhana. tetap memberi nyawa.

cintaku padamu mengalirkan sungai. sungai kehidupan. cintaku padamu juga menjadi hujan. menyuburkan pepohonan. cintaku padamu melewati segala cuaca. meneduhkan panas. menghangatkan dingin.

cintaku padamu akan selalu begitu. seterusnya. sampai berhenti waktu.

cintaku padamu lalu menjadi doa. seboga kebahagiaan hadir. semoga keselamatan menyertainya. dan seperti doa-doa yang lain. ia lahir dari yang terdalam. untuk juga sesuatu yang tak kalah dalam.

ka anjeun, bapa

kuring sono. di tempat anu tebih ieu kuring sok émut pesen anjeun. yén dimana waé kuring, kuring ogé manusa.

tugas utama nyaéta pikeun hormat sasama manusa sareng ngajagaan aranjeunna. bapak kuring, kuring sok neneda kanggo anjeun di bumi séhat sareng aman.

salaku anak, kuring masih nyobian pangsaéna pikeun ngajantenkeun anjeun bagja. margi cinta anjeun parantos masihan piwulang anu berharga pikeun kuring.

Bapa, putra anjeun di kajauhan bakal salawasna ngantosan dinten-dinten anu badé. nalika urang dipaké pikeun ngabahas sareng ngabahas sadaya masalah.

salawasna ngadoakeun anak anjeun, bapa. upami henteu, dunya bakal langkung lurus tanpa kéngingkeun persetujuan anjeun. Kolotna ridlo, abadi sadaya waktos.

Padamu, ayahku

aku rindu. di tempat yang jauh ini selalu kuingat pesanmu. bahwa dimanapun aku berada, aku adalah manusia. tugas utama menghormati sesama manusia dan menjaganya.

Ayahku, selalu kuberdoa engkau di rumah dalam keadaan sehat dan sentosa. sebagai seorang anak, aku masih berusaha melakukan yang terbaik untuk membuatmu bahagia.

Sebab kasih sayangmu selama ini telah begitu banyak memberiku pelajaran berharga. ayah, anakmu di kejauhan ini akan selalu menanti hari kepulangan tiba.

Saat dimana kita biasa berdiskusi dan membicarakan semua problema. doakan selalu anakmu ini, ayah. tanpa itu, akan terjal sekali dunia tanpa mendapatkan ridlomu. ridlo orang tua, abadi sepanjang masa.


Contoh Kosa Kata Bahasa Sunda dalam karangan bebas


Berikut penulis sertakan juga secara spesial lagi contoh kosa kata bahasa sunda dalam bentuk karangan bebas.

Sebagaimana kita tahu, dalam bahasa juga dikenal istilah kebahasaan yang sastrawi dalam bentuk cerita. Yaitu kalimat yang dirangkai dalam bentuk yang indah serta memiliki alur dan jalan ceritanya tersendiri. Contohnya beserta terjemahannya adalah sebagai berikut:

Carita pangharepan

di jaman kuno aya hiji awéwé kolot anu cicing waé. sapopoé awéwé kolot cicing di leuweung ku kumpulan sato. unggal dinten anjeunna nimbalan ti buah anu tumbuh di leuweung sareng lauk di walungan. saatos anjeunna uih deui milarian tuangeun sareng karasa cape, anjeunna uih deui ka pondokna. tong hilap awéwé kolot anu sok bersyukur sareng ngado’a kalayan harepan anu salawasna dipasihkeun kahirupan anu hadé.

saperti biasa, saatos ngalaksanakeun ritual harapan, anjeunna saré teras ngimpi. dina impianna, awéwé kolot ningali buah sareng lauk dumadakan asup ka bumi. Nalika anjeunna hudang, anjeunna ngira yén ngimpi impian nya éta nyangking buah pikeun disimpen di sapanjang pondok sareng lauk. mimitina anjeunna nempatkeun buah éta ku marengan ngurilingan bumi na. bari lauk, anjeunna damel kolam renang sareng ditunda didinya.

poéna sabot kaluar tina gubug, anjeunna ningali buah anu dipotong dina lini anu parantos janten tangkal leutik dumasar kana jinis buah. sareng nalika anjeunna ningali lauk dina balong, naon anu anjeunna ningalkeun yén éta ngagaduhan ratusan lauk leutik anu napel na. anjeunna uih deui bersyukur sareng ngaharepkeun uih deui ka Maha Kawasa supados dipasihan kakuatan pikeun ngarawat anjeunna.

nalika anjeunna bobo wengi, anjeunna ngimpi deui. waktos ieu anjeunna ngimpi patepungan manusa sanés di leuweung anu ngageroan anjeunna. isuk-isuk, sateuacan ngantosan pondok, anjeunna wangsul ngado’a sareng mugia anu maha parah dikabulkeun panyalindungan anu hadé pikeun nyawana.

nalika anjeunna bade mendakan buah, anjeunna dumadakan nguping sora ti sakitar walungan. sareng leres pisan, anjeunna kaget ku orok alit anu aya dina satengahing cau. geuwat anjeunna ngadeukeutan orok sareng ngabawa ka pondok. awéwé kolot katingali bagja pisan. margi parantos wengi telat, anjeunna sare sareng orok.

Salaku hasilna teu bagja teuing, awéwé kolot éta poho ngado’a sareng ngarep deui ka Nu Maha Kawasa, sareng wengi éta anjeunna bobo tanpa ngalamun. kagetna nalika isuk-isuk, orok gigireun anjeunna parantos aya. nalika anjeunna kaluar ti pondok anjeunna ogé henteu ningali. komo lauk di balong ogé teu aya tangkal tatangkalan.

awéwé kolot éta kuciwa kana naon anu kajantenan. dina tungtungna awéwé kolot éta terus ngado’a sareng ngarepkeun ka Maha Kawasa. janten terus-terusan. saterasna.

Cerita tentang harapan

pada zaman dahulu hiduplah seorang permpuan tua yang hidup sendirian. sehari-harinya perempuan tua tersebut tinggal di dalam hutan bersama kumpulan binatang. setiap hari ia mencari makan dari buah-buahan yang tumbuh di dalam hutan tersebut dan mencari ikan di sungai. setelah ia pulang dalam mencari makanan dan merasa lelah, ia kembali ke gubuknya untuk beristirahat. tidak lupa perempuan tua tersebut selalu bersyukur dan berdoa dengan penuh harapan agar selalu diberikan kehidupan yang baik.

seperti biasanya, setelah melakukan ritual harapan tersebut, ia tertidur dan bermimpi. dalam mimpinya, perempuan tua tersebut melihat buah-buahan dan ikan-ikan tiba-tiba masuk ke rumahnya. seketika terbangun, ia berpikir bahwa arti mimpinya tersebut adalah untuk membawa buah-buahan untuk diletakkan di sekitar gubuk beserta juga ikan-ikannya. mulanya ia menaruh buah tersebut dengan berbaris di sekitar rumahnya. sedangkan ikannya, ia buatkan kolam dan meletakkannya di situ.

keesokan harinya saat ia keluar dari gubu\k, ia melihat buah yang ia letakkan berbaris tersebut telah menjadi pohon-pohon kecil sesuai dengan jenis buahnya. dan saat ia melihat ikan di dalam kolam, yang ia lihat adalah ikan itu memiliki ratusan anak ikan kecil yang menyertainya. ia kembali bersyukur dan berharap kembali kepada yang maha kuasa agar diberikan kekuatan untuk merawatnya.

saat tertidur di malam hari, ia kembali bermimpi. kali ini ia bermimpi  bertemu seorang manusia lain di hutan yang memanggil-manggilnya. saat pagi harinya, sebelum keluar dari gubuk, ia kembali berdoa dan berharap kepada yang maha kuasa agar diberikan perlindungan yang baik untuk kehidupannya.

saat ia akan mencari buah-buahan, tiba-tiba ia mendengar suara dari sekitar sungai. dan benar sekali, ia dikejutkan oleh bayi kecil yang berada diatas pelepah pisang yang tersususn. segera saja ia menghampiri bayi tersebut dan membawanya ke gubuk. perempuan tua itu terlihat senang sekali. karena hari sudah mulai malam, ia pun tidur bersama bayi tersebut.

akibat terlalu senang, perempuan tua tersebut lupa untuk berdoa dan berharap lagi kepada yang maha kuasa, dan malam itu ia tertidur tanpa bermimpi. betapa terkejutnya saat di pagi hari, bayi di sampingnya sudah tiada. saat ia keluar dari gubuk juga ia tidak menjumpai. bahkan ikan di dalam kolam juga tidak ada beserta pohon buah-buahannya.

perempuan tua itu begitu menyesali yang telah terjadi. pada akhirnya perempuan tua itu kembali terus berdoa dan berharap kepada yang maha kuasa. begitu terus menerus. sampai seterusnya.


Demikian beberapa contoh kosa kata bahasa sunda yang bisa dipelajari dan kemudian jangan lupa dipraktikan. Karena seperti kata pepatah ala bisa karena biasa, belajar bahasa juga seperti itu.

Jadi kalau kamu ingin benar-benar bisa suatu bahasa termasuk bahasa sunda jangan malu untuk membiasakan berbicara dengan temanmu atau kerabatmu menggunakan bahasa yang sedang kamu pelajari.

Pada akhirnya harus dikatakan kosa kata bahasa sunda yang ditulis di atas memang masih sangat sedikit sehingga kalau kamu ingin mengetahui lebih banyak bisa langsung bertanya kepada orang-orang sunda yang lebih mengerti benar bahasa ibu mereka.

Keyword: kosa kata bahasa sunda

Leave a Reply