Contoh Kosa Kata Bahasa Sunda beserta Artinya Lengkap

Kosa Kata Bahasa Sunda beserta Artinya Lengkap

Bumi priyangan adalah salah satu tempat yang memiliki sejarah panjang. Maka tak heran jika banyak sekali warisan yang dijaga sampai hari ini. Salah satu yang diwariskannya itu berupa bahasa.

Bahasa yang banyak digunakan kedua  di Indonesia setelah bahasa jawa ini disebut bahasa sunda. Pada mulanya bahasa ini ditemukan pada beberapa catatan tertulis di batu (prasasti) juga lembaran daun kering.

Kemudian Bahasa ini secara meluas dituturkan hampir di seluruh wilayah Jawa Barat dan Banten. Selain itu bahasa sunda juga tersebar di beberapa wilayah Indonesia (diluar bumi priyangan) yang ditinggali oleh penduduk bersuku sunda.

Keeksisan bahasa sunda tersebut menandakan bahwa memang orang-orang sunda sangat menjaga apa yang harus dijaga, yakni warisan dari leluhur mereka.

Meskipun orang-orang sunda bertransmigrasi ke berbagai daerah di Indonesia tetapi mereka tetap tidak melupakan bahasa ibu mereka. Dan yang terpenting banyak dari mereka masih menggunakannya dalam keseharian.

Jika berbicara tentang bahasa sunda ada beberapa hal yang harus diketahui, salah satunya yakni dialek. Seperti halnya bahasa jawa, bahasa sunda juga memiliki beberapa dialek yang berbeda-beda.

Para ahli bahasa membagi dialek tersebut menjadi enam jenis. Apa saja dialek itu dan bagaimana penggunaannya? Penjelasan tersebut dapat dilihat di bawah ini:


Dialek-dialek Bahasa Sunda


Dialek Barat

Digunakan oleh seluruh orang sunda yang menduduki wilayah di Provinsi Banten (kecuali Kota Tanggerang dan Tanggerang Selatan)

Dialek Utara

Dialek ini dituturkan oleh hampir seluruh penduduk di Kabupaten Bogor, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi (kecuali kota Depok), Kota Bogor

Dialek Selatan

Untuk dialek Selatan biasanya digunakan oleh orang-orang yang berada di daerah Bandung Raya yakni meliputi Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, dan Kota Cimahi. Selain itu dipakai juga oleh penduduk Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Sumedang, dan kota Sukabumi.

Dialek Tengah Timur

Dituturkan oleh orang-orang yang berada di Kabupaten Majalengka, dan juga di sebagian Kabupaten Indramayu bagian Selatan

Dialek Timur Laut (termasuk bahasa sunda Cirebon)

Sedang untuk dialek timur laut digunakan oleh penduduk yang tinggal di Kabupaten Kuningan, sebagian Selatan Kabupaten Cirebon bagian, dan juga Sebagian Barat Kabupaten Brebes (Jawa Tenga)

Dialek Tenggara

Dan untuk dialek Tenggara dituturkan oleh hampir seluruh penduduk di Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kota Banjar, Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah)


Contoh Kosa Kata Bahasa Sunda Berdasarkan Tingkatan Bahasa


Setiap dialek tersebut terkadang memang sangat jauh berbeda satu sama lainnya. Misalnya saja bahasa sunda yang digunakan di Banten.

Umumnya bahasa sunda banten tidak mengenal tingkatan karena memang dulunya tidak berada di bawah kekuasaan kerajaan Mataram yang sangat menjunjung tinggi undah-unduh atau tata krama, dan undak-usuk atau tingkatan bahasa .

Berbicara tentang undak usuk dalam bahasa sunda terdapat tingkatan bahasa mulai dari bahasa alus,lomal lancaran, hingga bahasa kasar. Adapun beberapa contoh kosa kata bahasa sunda dengan undak usuk tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Bahasa Indonesia

Bahasa Sunda Normal

Bahasa Sunda Sopan/lemes

Rumah Imah Bumi/Rorompok
Belakang Tukang Pengker
Depan Hareup Payun
Dahulu Baheula/Bareto Kapungkur
Lama Heubeul Lami
Besok Isuk Enjing
Nanti Engke Engkin
Saya Urang Abdi/Kuring/Sim Kuring/Pribados
Bukan Lain Sanes
Makan Dahar/Enam Tuang
Ada Aya/hana Nyondong

Sebenarnya masih banyak contoh kosa kata bahasa sunda  dengan undak-usuk yang bisa disajikan, namun karena keterbatasan penulis contoh kosa kata sunda dengan tingkatannya tersebut hanya disajikan beberapa saja.


Kosa Kata Bahasa Sunda yang Digunakan Sehari-Hari


Untuk teman-teman yang ingin belajar bahasa sunda tentu saja kosa kata menjadi hal yang penting untuk dipelajari.

Oleh karenanya selanjutnya penulis akan memberikan contoh tentang kosa kata bahasa sunda yang biasa dipakai sehari-hari beserta artinya agar teman-teman yang sedang belajar bahasa sunda bisa mempraktikannya langsung kepada temannya:

Bahasa Sunda Bahasa Indonesia
Kumaha, damang? Bagaimana, sehat?
Aya- aya wae Ada- ada saja
Hatur Nuhun Terima Kasih
Punten Permisi
Wilujeng enjing Selamat pagi
Wilujeng siang Selamat siang
Wilujeng wengi Selamat malam
Wilujeng sonten Selamat sore
Kumaha Bagaimana
Bade kamana? Mau kemana?
Naon Apa?
Kunaon Kenapa
Kamana Kemana
Nanaonan leu Apa- apaan ini
Nuju naon Lagi ngapain
Aya naon Ada apa?
Kumaha anjeun weh Terserah kamu aja
Lieur ah Pusing ah/bingung
Geulis pisan Cantik banget
Kasep pisan Ganteng banget
Namina saha? Namanya siapa?
Hoyong/hayang Pengen
Tunduh euy Ngantuk ih
Bade, moal? Jadi nggak?
Geleuh ih Jijik ih
Gelo maneh Gila kamu
Hareudang euy Gerah ih
Angger weh Tetap aja
Kadieu atuh Kesini dong
Kumaha anjeun weh Gimana nanti aja
Kamana deui Kemana lagi
Tipayun nya Duluan ya
Ngan kitu hungkul Cuma itu doang
Karunya teuing Kasihan
Rame jigana Banyak maunya
Nu leres? Yang bener?
Dangukeun Dengarkan
Lupa deui Lupa lagi
Tong Jangan
Sabodo teuing Bodo amat
Tong kitu atuh Jangan begitu dong
Ngawadul Ngebohong
Gampil pisan Mudah banget
Kaduhung pisan Nyesel banget
Bageur pisan Baik banget
1 Hiji
2 Dua
3 Tilu
4 Opat
5 Lima
6 Genep
7 Tujuh
8 Dalapan
9 Salapan
10 Sa-puluh
11 Sa-belas
12 Dua belas
13 Tilu belas
…. ….
20 Dua puluh
21 Salikur
22 Dua likur
29 Salapan likur
…. ….
100 Sa-ratus
101 Sa-ratus hiji
….. ….
200 Dua ratus
201 Dua ratus hiji
1000 Sa-rebu
1.000.000 Sa-juta
1.000.000.000 Sa-miliar
1.000.000.000.000 Sa-triliun
1.000.000.000.000.000 Sa-quadriliun
Sakeudik Sedikit
Seueur Banyak
Tong nglamun Jangan melamun
Ayeuna Sekarang
Raos pisan Enak sekali
Sugan teh Kirain
Teu ngartos Tidak mengerti
Dangukeun Dengarkan
Sami-sami Sama- sama
Hoream ah Males ah
Salawasna Selamanya
Mangga Silahkan
Alit Kecil
Antosan Tunggu
Alus Bagus
Anom Muda
Awis Mahal
Asak Masak, matang
Meuli Beli
Wilujeng ngaraosan Selamat menikmati
Barudak Anak muda
Kabeneran Kebetulan
Bantos Bantu
Wilujeng tepang taun Selamat ulang tahun
Waktos Waktu
Mau-maunya Mau-maunya
Seuri Ketawa
Baeud Cemberut
Sawangsulna Sama-sama
Sampeyan Kaki
Leungen Tangan
Ceurik Menangis
Deudeuh Sayang
Bogoh Cinta
Tarang Kening
Patuangan Perut
Mumucangan Mata kaki
Abdi bogoh ka anjeun Saya suka sama kamu
Sirah Kepala
Kabuju Keburu
Pami Jika
Siga Bagai
Lawas tilawas Lama sekali

Demikian beberapa contoh kosa kata bahasa sunda yang bisa dipelajari dan kemudian jangan lupa dipraktikan. Karena seperti kata pepatah ala bisa karena biasa, belajar bahasa juga seperti itu.

Jadi kalau kamu ingin benar-benar bisa suatu bahasa termasuk bahasa sunda jangan malu untuk membiasakan berbicara dengan temanmu atau kerabatmu menggunakan bahasa yang sedang kamu pelajari.

Pada akhirnya harus dikatakan kosa kata bahasa sunda yang ditulis di atas memang masih sangat sedikit sehingga kalau kamu ingin mengetahui lebih banyak bisa langsung bertanya kepada orang-orang sunda yang lebih mengerti benar bahasa ibu mereka.

Keyword: kosa kata bahasa sunda

Avatar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *