Pengertian Bisnis Online (Penjelasan Lengkap)
pexels.com

Pengertian Bisnis Online (Penjelasan Lengkap)

Posted on

Bisnis online ada banyak sekali sumbernya. Beberapa diantaranya mengatakan bahwa bisnis online yaitu membuat suatu hal yang baru, yang bisa memudahkan siapa saja dalam melakukan apapun.

Misalnya sebagai contoh, Saya senang menghabiskan waktu berlibur saya di luar kota. Namun bagaimana saya dapat membeli tiket pada saat tanggal terjepit seperti ini?

Coba saja buka aplikasi online tiket, banyak tersedia. Oh iya, kemudahan itu sekarang membuat saya berpikir untuk ikut bisnis online tiket.

Apa itu bisnis online? Bagaimana cara memulainya? Keuntungan apa yang didapat dalam berbisnis online? Bagaimana perkembangan bisnis online saat ini? Apakah berkembangannya bisnis online saat ini bisa tidak di lirik sebagai lapangan pekerjaan?

Dari sekian banyak pertanyaan yang kita pertanyakan seperti di atas tentu membuat kita ingin mengerti lebih dalam mengenai bisnis online.

Jika pada sejatinya perkembangan teknologi saat ini dapat dengan mudah mempercepat akses untuk berkomunikasi dan juga berbisnis. Lalu seperti apa pengertian bisnis online itu?

1. Apa itu bisnis online?

Sebelum anda memulai menjadi seorang pengusaha atau pebisnis online, ada baiknya anda ketahui dulu tentang pengertian bisnis online.

Bisnis online seperti yang sudah dikenal masyarakat luas adalah sebuah usaha yang dilakukan baik dalam sektor skala kecil ataupun besar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan modal maupun tidak.

Sedangkan bagi masyarakat awam bisnis online itu sendiri diartikan dengan berjualan menggunakan internet.

Tidak ada yang salah dalam pengertian bisnis online di atas, karena pada kenyataannya bisnis online memang memerlukan modal penting yaitu teknologi.

Dalam berbisnis online kita tidak perlu memusingkan modal besar, hanya dengan sebuah komputer atau handphone dan koneksi internet, kita sudah dapat memulai usaha.

Cukup dengan mengambil foto barang yang kita jual, lalu diunggah ke berbagai media sosial yang ada dan dengan tag line yang menjual, anda sudah bisa dibilang memulai langkah awal anda menjadi pengusaha online.

2. Bagaimana cara memulai bisnis online?

Seperti penjelasan di atas mengenai pengertian bisnis online. Modal awal yang anda perlukan dalam memulai bisnis online adalah komputer atau handphone serta koneksi internet, jika sebelumnya anda telah memiliki produk yang ingin anda jual dan pasarkan melalui online.

Sedangkan bagaimana dengan Anda yang baru pertama kali ingin memulai bisnis online tetapi tidak mempunyai produk untuk dijual?

Bagi Anda yang belum memiliki modal produk untuk dijual, Anda bisa menjadi reseller dari produk-produk yang sudah ada di pasaran, atau mungkin jika anda kreatif, anda bisa menjual produk hasil buah tangan anda sebagai produk yang baru.

Cara memulai bisnis online lainnya adalah dengan melihat minat anda. Bisa Anda menjual barang sesuai dengan hobi atau minat anda sehingga anda dapat dengan mudah menentukan pangsa pasar yang tepat untuk meraih keuntungan yang lebih.

Satu hal lagi yang anda perlu perhatikan dalam memulai bisnis online Anda sendiri, yaitu adalah action.

Jika Anda sudah berniat memulai bisnis online Anda dan telah mempelajari prospek pasar dari bisnis yang akan Anda geluti, berarti ini saatnya Anda memulai bisnis Anda.

Seperti pepatah mengatakan, keinginan yang tidak dilakukan dengan sebuah tindakan, tidak akan menghasilkan apa-apa.

3. Keuntungan dalam berbisnis online

Keuntungan berbisnis online itu sendiri dapat dikatakan cukup menggiurkan. Sayangnya masih kurangnya kesadaran untuk memulai berbisnis online dan juga rasa takut gagal, membuat bisnis online hingga saat ini masih diragukan.

Jika anda bisa membayangkan anak sekolah sudah bisa menghasilkan keuntungan Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000 dari menjual coklat batangan melalui online, lantas kenapa kita tidak mencoba memulai bisnis online dari sekarang.

Lagi, seorang pebisnis online sekelas Hendrik Tio yang memulai bisnis online pada tahun 1999 dengan toko online miliknya bernama Bhinneka.com memiliki omzet per bulan mencapai 60 milyar setiap tahunnya.

Sosok lainnya yang juga merupakan pebisnis online yang sukses adalah Andrew Darwis, pelopor komunitas terbesar Kaskus.co.id.

Mereka adalah contoh pebisnis online yang sebelum memulai usahanya mengalami kegagalan dan juga jatuh bangun dalam merintis usaha di bidang online. Jadi, tunggu apalagi segera mulai bisnis online anda.

4. Berkembangnya bisnis online saat ini

Di abad ke 21 ini, teknologi sudah bukan lagi barang baru dalam kehidupan sehari-hari masyarakat luas. Kemudahan yang didapat dari berkembangannya teknologi, membuat kita lebih mudah untuk berhubungan dengan orang yang bahkan jauh di negeri seberang. Begitu juga dalam memudahkan kita berbelanja.

Jika pada sebelumnya kita harus capek-capek pergi ke Singapura atau Eropa untuk membeli sebuah tas branded, sekarang hanya dengan duduk manis di depan komputer dan berselancar di dunia maya mencari toko online yang menjual barang yang ingin kita beli, kita hanya tinggal mengklik item tersebut dan beberapa menit kemudian barang yang anda inginkan sudah bisa anda miliki.

Tak perlu lagi memusingkan membeli tiket pesawat, memilih tempat penginapan dan biaya lainnya yang akan anda habiskan jika anda pergi membeli sebuah barang yang hanya ada di negara lain.

Mudahnya berbelanja dan mencari tempat berlibur yang menyenangkan pun bukan hal yang sulit lagi untuk kita.

Pesatnya perkembangan bisnis online saat ini juga membuat kita lebih mudah dalam menentukan jadwal penerbangan pada saat terdesak. Karena banyaknya aplikasi untuk booking tiket pesawat secara online.

5. Bisnis online menciptakan lapangan kerja baru

Tidak dipungkiri lagi bisnis online juga menciptakan lapangan kerja baru bagi banyak masyarakat. Munculnya perusahaan startup saat ini juga menjadikan bukti bahwa bisnis online sukses menjamur di dunia.

Perusahaan startup saat ini memiliki andil yang cukup besar dalam memperluas adanya bisnis online, karena perusahaan startup pun membuka jalan bagi pengusaha kecil atau menengah untuk menjual produk mereka.

Salah satu contoh perusahaan startup adalah Tokopedia.com. Toko online yang menjual berbagai keperluan sehari-hari ini pun juga turut serta menjual berbagai produk jual yang dihasilkan dari pengrajin kreatif Indonesia.

Selain itu juga adanya perusahaan startup di bidang freelance juga memberikan kemudahan bagi para pekerja freelance dalam menjual jasa yang mereka miliki, baik itu dalam bidang industry kreatif, pendidikan ataupun penulisan.

Jika dalam setiap sektor perusahaan startup ditingkatkan terus menerus dan pemerintah ikut mengambil peran, maka bisnis online bisa menjadi salah satu jalan keluar untuk mengurangi pengangguran di Indonesia.

Bisnis online apapun yang nantinya akan anda jalankan, tetap harus diperhatikan untuk segala sektor yang menjadi factor pendukung atau penting dalam menjalankannya.

Sebab itu merupakan hal penting yang harus anda ingat agar bisnis online anda dapat berjalan sukses.

Jangan menyerah jika mengalami kegagalan dalam memulai. Banyak berusaha dan terus mencoba yang terbaik dalam bisnis anda.

Nantinya bukan hanya uang yang akan anda dapatkan, tetapi keuntungan yang lebih besar juga menanti anda di depan sana.

Itulah pengertian bisnis online yang sangat menarik dan bisa membantu Anda yang kesulitan dalam bisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.