10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam. Pada bulan ini, seluruh muslim di dunia menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Kegiatan di bulan Ramadhan bisa jadi hal yang sangat menyenangkan karena kita bisa berkumpul bersama saat berbuka. Moment ini mungkin akan sulit ditemui pada bulan-bulan lain sepanjang tahun.

Agar waktu berbuka semakin menyenangkan, tentu harus ada sajian spesial yang bisa menjadikan suasana buka menjadi lebih menyegarkan.

Minuman dingin/minuman segar bisa menjadi pelepas dahaga sekaligus membuat suasana berbuka semakin istimewa.


Resep Minuman Dingin untuk Buka Puasa


Berikut merupakan resep yang paling mudah untuk Anda buat sebagai minuman yang paling segar untuk menemani suasana berbuka.

Agar tidak bosan, Anda bisa mencoba masing-masing dari resep berikut selang-seling setiap harinya.

1. Es Kelapa Muda dan Blewah + Selasih Segar

√ 3 Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: pustakakulinerku.com

Es kelapa muda mungkin sudah banyak yang kenal dan tak asing lagi. Kesegaran kelapa muda yang ditambah selasih dan blewah akan menjadikan minuman ini sangat nikmat untuk menemani buka puasa.

Bahan:

  • 1,5 liter air kelapa muda segar
  • 1 buah blewah yang dikerok memanjang
  • 1 sendok teh biji selasih, rendam kemudian tiriskan
  • Sirup coco pandan
  • Es serut

Cara membuat:

Siapkan gelas untuk sajian, masukkan blewah dan biji selasih ke dalam gelas. Ambil air kelapa muda yang telah disiapkan, kemudian tuangkan dan beri es serut di atasnya. Siram dengan sirup coco pandan sebagai penutup.

2. Sop Buah Segar Istimewa

√ 3 Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: travelingyuk.com

Sop buah segar istimewa juga bisa menjadi pilihan resep minuman dingin untuk buka puasa. Kesegarannya yang istimewa dapat menghilangkan rasa haus saat berbuka. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

  • 1/4 buah melon (kerok bulat)
  • 1/4 bagian blewah
  • 5 butir anggur
  • 1 buah apel segar
  • 1 buah naga
  • 4 buah stoberi
  • 1 butir kelapa muda
  • Susu kental manis
  • Sirup coco pandan
  • Es serut

Cara membuat:

  1. Agar buah tetap segar, cuci semua buah menggunakan air es, kemudian potong sesuai selera.
    Bisa juga menggunakan pengeruk buah agar terlihat lebih menarik.
  2. Persiapkan gelas saji. Masukkan semua buah ke dalam gelas, kemudian tuangkan es kelapa muda. Masukkan es serut kemudian tuangkan sirup dan susu.

3. Es Campur Nikmat

√ 3 Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: nibble.id

Untuk menemani suasana buka puasa, Anda juga wajib mencoba es campur nikmat ini. Karena cara membuatnya cukup mudah dan pasti akan menambah kenikmatan saat berbuka bersama keluarga.

Bahan:

  • 100gr buah nanas (potong bentuk dadu)
  • 5 sendok cendol
  • 6 sendok cincau hitam(potong bentuk dadu)
  • 4 sendok blewah
  • Kolang-kaling rebus(belah jadi dua)
  • 100 gr tapai singkong
  • Susu kental manis
  • Sirup secukupnya
  • Air es
  • Es serut

Cara membuat:

Gunakan gelas saji yang lebar untuk membuat es campur. Masukkan potongan buah nanas, cincau, cendol, blewah, tapai dan kolang-kaling.

Kemudian siram dengan air es dan tambahkan es serut dan siram lagi dengan susu kental manis dan sirup. Anda siap menikmati es campur nikmat ini.

Anda bisa mencoba resep minuman dingin untuk buka puasa ini secara bergantian. Namun perlu Anda ingat, jangan terlalu banyak minum es saat berbuka. Sebab es yang dingin bisa membuat perut kaget karena seharian kosong.

4. Resep Es Dawet

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: tokopedia.com

Es dawet merupakan minuman khas dari jawa yang terbuat dari bahan tepung beras lalu disajikan dengan gula merah cair, santan dan juga es parut. Dawet sendiri adalah minuman khas dari daerah Banjarnegara.

Es dawet biasanya sangat pas disantap ketika siang dan panas hari, rasa manis dipadukan dengan segar dingin lalu lembutnya dawet membuatnya sangat menyegarkan dan nikmat ketika di santap.

Selain itu, es dawet juga dapat dijadikan sebagai salah satu menu minuman untuk buka puasa. Jika susah mencarinya, kamu pun bisa membuatnya sendiri di rumah, penasaran bagaimana? Simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan:
– 500 cc air
– 2 sendok makan tepung sagu
– 3 sendok makan tepung beras
– 1 lembar daun pandan yang disimpulkan
– Pewarna makanan berwarna hijau secukupnya

Bahan untuk Membuat Kuah Gula:
– Air secukupnya
– 1 lembar daun pandan yang disimpulkan
– ½ batok besar gula merah yang disisir

Bahan untuk Membuat Kuah Santan:
– 200 cc air
– Garam secukupnya
– 1 lembar daun pandan yang disimpulkan
– 65 ml santan kental atau satu bungkus santan kara

Bahan Lainnya:
– Es Batu

Cara Membuat:
1. Campurkan semua bahan mulai dari 500 cc air, tepung sagu, tepung beras, daun pandan dan pewarna makanan berwarna hijau secukupnya, lalu aduk sampai semuanya merata.
2. Selanjutnya siapkan panci lalu masak di atas kompor sambil terus menerus di aduk sampai matang atau sampai adonan meletup-letup.
3. Jika sudah, masukkan adonan atau bahan untuk membuat dawet ke dalam pipin bag lalu gunting bagian ujungnya kemudian cetak ke dalam wadah yang sudah berisi air es agar cendol langsung terbentuk.
4. Siapkan kuah gula, siapkan panci lalu masukkan gula dan daun pandan ke dalam air kemudian masak sampai mendidih dan juga semuanya larut.
5. Siapkan kuah santan, siapkan panci lalu masukkan santan kara ke dalam air kemudian berikan sedikit garam, lalu masukkan daun pandan dan masak kuah santan sampai mendidih, lalu dinginkan.
6. Terakhir, siapkan gelas, lalu tuang gula ke dalam gelas, kemudian dawet, santan dan es batu yang sudah dihancurkan.

5. Resep Es Cincau Hitam

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: cookpad.com

Es cincau hitam merupakan salah satu jenis minuman segar yang biasa ada ketika sedang berpuasa, tidak hanya banyak dijual, melainkan juga banyak disajikan oleh orang-orang sebagai salah satu minuman untuk berbuka puasa di rumah.

Es cincau hitam juga memiliki rasa yang adem, manis dan segar ketika diminum membuat es cincau hitam menjadi salah satu pilihan minuman yang disajikan ketika bulan puasa. Es cincau hitam juga sangat mudah dibuat.

Membuat es cincau hitam sangatlah mudah, kamu tidak perlu membuat cincau hitamnya dari awal, melainkan cukup beli saja cincau hitam yang sudah jadi. Penasaran bagaimana dan ingin membuat sendii di rumah? Berikut merupakan caranya.

Bahan:

– Cincau hitam
– 200 ml susu cair
– 100 ml air
– ¼ garam
– 1 gula jawa di iris-iris
– Es batu
– Nata de coco (opsional)

Cara Membuat:
1. Siapkan cincau hitam, potong cincau hitam yang sudah jadi menjadi potongan dadu kecil-keicl atau sesuai selera.
2. Siapkan panci lalu tuangkan air, bersama dengan gula jawa dan garam lalu panaskan dan aduk sampai semuanya larut.
3. Tuangkan susu ke dalam wadah yang berisi cincau hitam yang sudah dipotong-potong.
4. Lalu masukkan air gula jawa yang sudah disispkan sebelumnya, tambahkan nata decoco (jika menggunakan nata de coco), lalu tambahkan es batu, dan es cincau hitam yang segar siap untuk disajikan di santap.

6. Resep Es Pisang Hijau

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: idntimes.com

Selain es cincau hitam yang segar dan biasa disajikan ketika puasa, ada juga menu minuman atau sajian minuman lain yang tidak kalah enak dan juga cocok untuk dijadikan sebagai menu minuman buka puasa, yaitu es pisang hijau.

Es pisang hijau sendiri merupakan sajian khas dari Sulawesi Selatan. Es pisang hijau ini adalah es yang dipadukan dengan pisang yang dibalut menggunakan adonan tepung berwarna hijau sehingga disebut es pisang hijau.

Rasa manis dari pisang dan dipadukan dengan segarnya es, membuat es pisang hijau cocok untuk dijadikan sebagai salah satu menu minuman untuk buka puasa.

Es pisang hijaupun bisa kamu buat sendiri di rumah. Jika penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri, berikut merupakan resep dan cara membuatnya.

Bahan:
– 8 pisang raja yang sudah kuning
– 150 gr tepung terigu
– 150 gr tepung beras
– 300 ml santan kental
– 60 gr gula pasir
– 250 ml air perasan daun pandan
– 3 tetes pasta pandan atau pewarna makanan berwarna hijau
– Plastik secukupnya
– Daun pisang secukupnya
– Kertas minyak secukupnya

Bahan untuk Membuat Vla:
– 500 ml santan kental
– 100 gr gula pasir
– 2 ikat daun pandan
– ½ sdt garam
– 50 gr tepung beras

Bahan Pelengkap:
– Es Batu Secukupnya
– Kental manis dan sirup coco pandan yang berwarna merah secukupnya

Cara Membuat:
1. Cuci, bersihkan pisang raja lalu kukus selama kurang lebih kira-kira 10 menit sampai matang kemudian kupas pisang lalu sisihkan.
2. Sambil nunggu pisang yang sedang di kukus, bisa menyiapkan lainnya, blender 2 ikat daun pandan yang lebar menggunakan 250 ml air lalu peras kemudian disaring.
3. Siapkan wadah lalu campurkan air perasaan daun pandan dan santan kental, tepung beras serta tepung berigu. Lalu masukkan sedikit demi sedikit lakukan sambil diaduk sampai adondan tidka menggumpal
4. Masukkan dan tambahkan pasta pandan dan juga gula lalu aduk lagi sampai semuanya rata.
5. Jika sudah, siapkan wadah yang tahan panas lalu kukus adonan selama kurang lebih 20 menit. Jika sudah, angkat dan juga uleni adonan sampai kalis.
6. Selanjutnya ambil beberapa adonan lalu taruh di atas kertas minyak kemudian pipihkan adonan.
7. Isi adonan dengan pisang yang sudah disiapkan sebelumnya lalu tutup lagi adonan dan rapikan bentuk adonan dan lakukan seterusnya sampai adonan habis.
8. Jika sudah tata daun pisang di atash yang datar lalu mletakkan adonan pisang hijau di bagian atasnya dan kukus selama kurang lbir 15 menit.
9. Membuat vla, masukkan semua bahan untuk membuat vla ke dalam panci can masak menggunakan api kecil sambil diaduk dan sampai vla mendidih dan mengental.
10. Penyajian, letakkan beberapa sendok vla sesuai keinginan, lalu potong pisang hijau dan taruh di atas vla lalu berikan potongan es yang sudah dihancurkan, kemudian sirami menggunakan sirup dan kental manis.

7. Resep Es Blewah Nata De Coco Selasih

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: pinterest.com

Satu lagi minuman buka puasa lainnya yang juga menyegarkan dan biasa disajikan ketika puas, yaitu es blewah. Es blewah sendiri terdapat banyak variasi yang bisa di divariasikan sesuai dengan keinginan.

Salah satu dari variasi es blewah yang menyegarkan adalah es blewah nata de coco selasih. Perpaduan es blewah dengan nata de coco dan selasih menciptakan cita rasa yang menyegarkan, manis dan nikmat.

Es blewah yang satu ini juga tidaklah sulit untuk dibuat dan kamu pun bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah. Penasaran bagaimana? Simak caranya di bawah ini.

Bahan:
– Blewah yang diserut
– Nata de coco
– Biji selasih
– Air putih
– Es batu
– Sirup cocopandan

Cara membuat:
1. Pertama, siapkan gelas untu menyajikan es blewah, lalu masukkan es blewah, biji selasih dan nata de coco sesuai selera ke dalam gelas.
2. Selanjutnya masukkan air dan es , lalu masukkan sirup cocopandan.
3. Terakhir, es blewah nata de coco selasih siap untuk disajikan. Es blewah ini akan lebih nikmat lagi jika sebelum disantap di aduk terlebih dahulu sampai sirupnya bercampur rata.

8. Resep Es Lidah Buaya

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: id.tastemade.com

Selain es blewah, es lidah buaya juga tidak kalah menyegarkan untuk diminum dan dijadikan sebagai menu minuman untuk berbuka puasa. Es lidah buaya ini juga bisa divariasikan, namun pada pembahasan kali ini hanya menggunakan selasih saja.

Jika kamu suka minuman es yang manis dan menyegarkan untuk dijadikan sebagai minuman buka puasa, maka es lidah buaya bisa menjadi salah satu opsi yang bisa kamu gunakan. Es lidah buaya ini juga bisa dengan mudah kamu buat sendiri di rumah.

Jika kamu penasaran ingin mencoba membuat es blewah sendiri di rumah, berikut merupakan cara membuatnya yang bisa kamu ikuti.

Bahan:
– 500 gram lidah buaya
– 150 gram gula pasir
– 2 sendok makan sirup melon
– 1 sendok makan biji selasih yang direndam dalam air panas
– 1 sendok makan kapur sirih
– 1 sendok teh garam
– Es batu

Cara Membuat:
1. Pertama siapkan lidah buaya, kupas bagian luar lidah buaya lalu potong-potong bagian yang seperti jelinya, kemudian cuci sampai bersih dan lendir berkurang. Lalu rendam potongan lidah buaya menggunakan air yang sudah diberikan kapur sirih dan juga garam selama kurang lebih satu jam.
2. Selanjutnya bilas sampai bersih.
3. Siapkan panci lalu panaskan air di dalam panci kemudian masukkan gula, kemudian selasih dan daun pandan lalu masak sampai mendidih menggunakan api kecil.
4. Selanjutnya masukkan lidah buaya dan masak selama kurang lebih 5 menit menggunakan api sedang. Lalu dinginkan
5. Siapkan gelas untuk penyajian, masukkan bahan es lidah buaya yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam gelas, lalu tambahkan es batu sesuai keinginan. Bisa juga memasukkan es batu terlebih dahulu baru es lidah buayanya.
6. Terakhir es lidah buaya dengan selasih siap untuk disajikan dan disantap sebagai minuman untuk buka puasa.

9. Resep Es Kopyor

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: tokopedia.com

Minuman lainnya yang tidak kalah segar terkenal serta digemari oleh banyak orang adalah es kopyor. Es kopyor sendiri adalah es yang menggunakan kelapa kopyor, dipadukan dengan sirup cocopandan dan es batu.

Biasanya es kopyor sangat segar dan nikmat diminum ketika sedang siang hari dan musim panas. Namun es kopyor juga bisa diminum atau dijadikan sebagai minuman untuk berbuka puasa.

Cara pembuatan es kopyor sendiri terbilang sangat mudah, berikut merupakan caranya.

Bahan:
– Kelapa kopyor
– Air kelapa muda
– Es batu secukupnya
– Sirup cocopandan secukupnya

Cara Membuat:
1. Pertama, keluarkan daging buah dan air dari kelaa kopyor lalu sisihkan.
2. Selanjutnya siapkan gelas berukuran sedang untuk penyanjian.
3. Tuangkan sirup cocopandan secukupnya, jangan terlalu banyak, lalu tambahkan kelapa kopyor beserta dengan airnya dan juga air kelapa muda
4. Lalu tambahkan es batu.
5. Terakhir, es kopyor siap untuk disajikan. Kamu bisa mengaduknya agar rasanya rata menyebar atau juga tidak mengaduknya agar gradasi warna es dan kopyor tetap terlihat cantik.

10. Resep Es Rumput Laut

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: tribunnews.com

Es rumput laut merupakan es yang segar dan sehat ketika diminum. Es rumput laut pun bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan minuman jika kamu sedang bingung ingin menyajikan minuman segar apa untuk berbuka puasa.

Es rumput laut sendiri biasanya dipadukan dengan berbagai bahan lainnya, seperti buah-buahan sehingga membuat es ini tidak hanya segar, melainkan juga menyehatkan. Bahan-bahan yang digunakan pun mudah didapatkan.

Selain bahan yang mudah didapat, es rumput laut juga sangat mudah untuk dibuat. Penasaran bagaimana? Simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan:
– 100 gram rumput laut siap pakai
– 1 apel yang dipotong dadu
– 50 gram anggur di belah 2
– 100 gram pepaya di keruk
– 100 gram melon di keruk
– 1 alpukat di keruk
– 50 gram selasih yang direndam air matang
– Agar-agar merah yang dipotong dadu
– 200 ml sirup cocopandan
– 1 liter air matang
– Es batu secukupnya
– ½ kaleng kental manis

Cara membuat:
1. Siapkan wadah dengan ukuran cukup besar, lalu campurkan semua bahan buah-buahan, agar-agar, selasih dan rumput laut.
2. Selanjutnya tuang air matang dan masukkan sirup dan juga kental manis lalu aduk sampai rata, kemudian masukkan es batu.
3. Terakhir, es rumput laut siap disajikan dan bisa di ambil untuk dituangkan ke dalam gelas masing-masing.

11. Resep Es Teler

√ 10+ Variasi Resep Minuman Buka Puasa yang Segar dan Enak Banget

Image Source: esteler77.com

Es teler merupakan minuman manis dingin yang juga cocok untuk dijadikan minuman ketika berbuka puasa. Biasanya es teler sendiri sangan nikmat disantap ketika sedang musim panas di siang hari karena sangat menyegarkan.

Namun selain di santap di hari biasa di siang hari, es teler juga cocok untuk disajikan sebagai minuman buka puasa, atau ketika lebaran, acara keluarga ataupun hari natal dan dijadikan sebagai salah satu hidangan pencuci mulut.

Bahan untuk membuat es teler sendiri tidaklah sulit untuk ditemukan serta cara pembuatannya juga tidaklah sulit. Kamu pun bisa membuatnya sendiri dirumah. Penasaran bagaimana? Berikut merupakan caranya.

Bahan:
– 2 buah Nangka di suir
– 1 buah alpukan dikeruk dagingnya
– 1 buah kelapa muda, diambil airnya dan dikeruk dagingnya
– 4 sendok makan kental manis
– Es batu yang dihancurkan secukupnya

Cara Membuat:
1. Siapkan gelas atau mangkuk untuk penyajian, lalu masukkan es batu yang sudah dihancurkan secukupnya.
2. Selanjutnya masukkan air dan daging buah kelapa muda serta nangka dan alpulkat ke dalam gelas atau mangkuk.
3. Terakhir, masukkan kental manis dan es teler siap untunk disajikan.

Keyword: Resep Minuman Buka Puasa

Leave a Reply