Kisah Nabi Adam AS. | Kisah Singkat 25 Nabi dan Rasul

Berikut adalah cerita atau kisah dari Nabi Adam AS. Semoga cerita super singkat ini dapat memberikan inspirasi bagi Kita semua.

Nabi Adam adalah manusia pertama yang diutus Allah ke dunia ini. Bahkan Adam ini bukan hanya bapa dari umat muslim saja namun juga sebagai nenek moyang semua manusia yang hidup di dunia ini.

Adam sendiri diciptakan dari tanah oleh Allah SWT dan kemudian diberikan roh untuk bisa membuatnya hidup. Sampai kini kepercayaan akan nabi adam sebagai manusia pertama di dunia ini, tidak hanya dipercaya oleh umat muslim saja namun juga dipercaya oleh umat-umat yang lainnya yang ada di dunia ini. Mereka mempercayai bahwa adam adalah nenek moyang dari keberadaan manusia di alam ini.

Sebelum penciptaan Adam, Allah SWT memanggil semua ciptaan lainnya mengenai ide penciptaan tersebut. Semua mahluk di alam surga pada waktu itu setuju dan bersujud kepadanya atas perintah Allah.

Namun iblis adalah mahluk yang menolak diciptakannya adam serta menolak taat kepadanya karena dia merasa bahwa dirinya diciptakan dari hal yang lebih tinggi.

Lalu kemudian, Allah mengusir iblis dari surga dan melaknatnya. Hal itu kemudian menjadi tahapan awal dimana iblis marah kepada Adam karena dia menjadi terusir dari surga. Maka dari itu iblis bersumpah untuk menggoda dan mengganggu adam dan keturunannya agar tersesat.

Pada awalnya, Adam hanya tinggal sendirian di Surga sebagai manusia. Namun kemudian dia merasa kesepian dan meminta kepada Allah untuk memberikannya pendamping.

Akhirnya Allah menciptakan Hawa sebagai pendampingnya. Hawa sendiri diciptakan oleh Allah dari tulang rusuk adam. Kemudian merekapun hidup bahagia berdua namun iblis juga tak menyerah untuk menggoda mereka berdua.

Pada waktu itu di surga, adam dan hawa bisa bebas memakan apa saja yang ada namun ada satu yang dilarang yakni buah khuldi. Karena iblis tak henti menggoda, maka kemudian pada suatu ketika, hawa tergoda dan meminta Adam untuk mengambil buah khuldi untuk dimakannya.

Melihat Adam dan Hawa melanggar apa yang menjadi aturan di surga, kemudian Allah-pun menurunkan mereka berdua ke bumi sebagai hukuman.

Di bumi mereka diturunkan secara terpisah dan kemudian mereka saling mencari sampai akhirnya bertemu. Setelah bertemu, merekapun terus melanjutkan hidup dan kemudian mengembangkan keturunan.

Keturunan yang pertama adalah anak kembar bernama Qabil dan Iqlima. Kemudian dikuti dengan anak-anak selanjutnya yang kemudian mereka dinikahkan secara silang sampai akhirnya bisa menghasilkan banyak keturunan yang ada.

Setelah turun ke bumi, iblis tidak berhenti menggoda anak adam bahkan mereka terus berusaha untuk menggoda mereka. Akhirnya terjadilah kasus –kasus seperti pembunuhan habil oleh kabil yang salah satu masalahnya adalah karena masalah perebutan perempuan yang akan dinikahi oleh mereka.

Leave a Comment