6 Aplikasi Android Terbaik yang Paling Bermanfaat
canva.com

6 Aplikasi Android Terbaik yang Paling Bermanfaat

Posted on

Dalam kegiatan sehari-hari, kita membutuhkan ponsel untuk melakukan banyak hal. Mulai dari bertukar pesan, mencari jalan pintas menuju ke kantor, hingga mencari segala hal yang ingin diketahui melalui Google.

Hal itu dapat terwujud dengan berkembangnya teknologi yang semakin memudahkan kita untuk beraktivitas.

Ponsel pintar saat ini sudah menjadi satu barang wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Hal ini dikarenakan sebagian besar hidup kita bergantung pada gadget tersebut.

Kita juga dapat mengunduh berbagai aplikasi yang bermanfaat, seperti aplikasi kesehatan, buku, sampai aplikasi resep makanan.

Adanya aplikasi-aplikasi tersebut juga akan membantumu lebih produktif dalam menjalani hari.

Selain itu, masih ada banyak aplikasi lain yang bisa kamu unduh untuk membuat aktivitas menjadi lebih mudah.

Berikut ini adalah 6 aplikasi terbaik yang bermanfaat khususnya untuk kamu yang memakai HP Android. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Aplikasi Adobe

Adobe memiliki berbagai aplikasi yang bermanfaat untuk pekerjaan.

Aplikasi dari Adobe umumnya berkisar dari pengeditan foto hingga utilitas, termasuk Adobe Acrobat pembaca dokumen PDF, Adobe Lightroom dan Photo Express untuk pengeditan foto, Illustrator Draw untuk menggambar, Scan pemindai dokumen, Premiere Clip pengeditan video, dan masih banyak lagi.

Beberapa aplikasi dari Adobe sangatlah unik karena tidak dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga lainnya.

Selain itu, aplikasi-aplikasi ini bisa digunakan dalam mendukung kegiatan sehari-hari yang membutuhkan fitur-fitur di atas. Semuanya gratis untuk diunduh dan kamu bisa dapatkan di Google Play Store.

Akan tetapi, ada beberapa dari aplikasi-aplikasi tersebut yang mungkin memerlukan langganan Adobe Creative Cloud untuk memanfaatkan semua fitur.

2. Microsoft

Microsoft menjadi aplikasi yang paling berguna bagi hampir semua orang, mulai dari pekerja hingga pelajar.

Beberapa di antara aplikasi Microsoft yang dapat mempermudah kita untuk melakukan pekerjaan adalah Microsoft OneDrive untuk penyimpanan cloud, Microsoft Office untuk pembuatan dokumen, spreadsheet, dan presentasi, dan Microsoft Launcher.

Bukan hanya pada laptop, kamu juga bisa menggunakan aplikasi Microsoft pada ponsel.

Selain itu, Microsoft bisa bekerja dengan cara mirroring layar Android langsung pada Windows 10. Bahkan, di beberapa ponsel sudah dibekali dengan aplikasi bawaan Microsoft secara langsung.

Dengan adanya aplikasi ini di ponselmu, pekerjaan atau tugasmu akan lebih mudah tanpa harus membukanya dari laptop.

Akan tetapi, jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini secara bebas dan leluasa, kamu harus melakukan upgrade dengan membayar biaya langganannya.

3. Google Translate

Apakah kamu sering mengalami kendala dalam mengartikan kata dari bahasa asing? Kalau iya, Google Translate adalah aplikasi yang cocok untukmu!

Google Translate adalah aplikasi terjemahan instan yang bisa digunakan untuk platform mana pun.

Aplikasi ini telah menerima sejumlah pembaruan selama bertahun-tahun, termasuk kemampuan untuk menggunakan kamera Anda untuk menunjuk sesuatu dan langsung menerjemahkannya.

Google Translate memiliki banyak fitur tambahan juga, termasuk kemampuan untuk menerjemahkan percakapan dua arah secara real-time.

Ada banyak aplikasi terjemahan lainnya seperti Microsoft Translate, tetapi Google Translate masih menjadi aplikasi yang paling sering digunakan masyarakat.

4. Google Workspace

Ruang penyimpanan dalam ponsel yang terbatas saat ini bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan karena kita dapat menyimpan berbagai dokumen dan foto di Google Drive.

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi produktivitas paling populer di Android. Koleksi lengkapnya meliputi Google Drive, Google Documents, Google Spreadsheet, Google Slide, dan Google Keep.

Di antara aplikasi ini, Anda memiliki aplikasi pencatat, penyimpanan cloud, dan tempat untuk backup semua foto dan video secara gratis.

Google Drive hadir dengan penyimpanan gratis sebesar 15GB, tetapi Anda dapat menambah ruang penyimpanan cloud dengan berlangganan bulanan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memberikan link data seperti dokumen serta video yang bisa kamu bagikan dan langsung berkolaborasi dengan orang lain.

5. Google Maps

Penunjuk jalan memiliki peran penting khususnya saat kita ingin mencari jalan atau pergi ke suatu tempat supaya tidak tersesat.

Google menghadirkan aplikasi yang dapat menuntunmu menuju tempat tujuan dan mengarahkanmu melewati jalan pintas. Google Maps menjadi aplikasi andalan semua orang saat menentukan arah.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, kamu tinggal menuliskan tujuan dan Google Maps akan mengarahkanmu ke tempat tersebut.

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengeraskan suara saat menunjukkan jalan. Jadi, kamu tidak perlu terus-menerus menoleh ke arah ponsel saat sedang menyetir. Dengan Google Maps, kamu tidak perlu takut tersasar, deh!

6. Aplikasi Meeting dan Video Call

Saat ini, pertemuan secara virtual menjadi awal sebuah tren baru. Orang-orang jadi memiliki alternatif lain jika terlalu sibuk sehingga sulit menemukan waktu yang pas untuk bertemu satu sama lain.

Ada banyak aplikasi video call dan meeting yang dapat kamu unduh di Google Play Store, seperti Zoom, Cisco Webex, dan Skype.

Ada banyak fungsi dari aplikasi-aplikasi yang telah kita unduh. Selain untuk membantu pekerjaan, ada banyak aplikasi yang bisa menghibur kita saat jenuh seperti games dan video. Itulah 6 aplikasi terbaik di Android yang bermanfaat. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published.