Cara Beli Saham Gampang Untuk Para Pemula
pexels.com

Cara Beli Saham Gampang Untuk Para Pemula

Posted on

Cara beli saham dapat diketahui dengan mengunjungi agen investasi melalui sebuah perusahaan jasa keuangan seperti perbankan, perusahaan sekuritas, hingga perusahaan asuransi.

Mengapa harus melalui seorang agen atau broker? Karena Anda tidak dapat langsung bertransaksi di pasar modal langsung.

Orang yang dapat melakukan transaksi di pasar modal harus memiliki lisensi resmi.

Dengan cara ini seorang calon investor pun akan terbantu dalam menentukan jenis saham apa yang akan dibeli dan dijual berdasarkan analisa dari seorang broker.

Setiap transaksi yang terjadi baik untuk pembelian atau penjualan saham, maka broker pun akan mendapatkan komisi yang besarnya dapat ditentukan dari skema berubah atau skema tetap.

Artinya bila broker menggunakan skema tetap akan membuat setiap transaksi dikenakan biaya komisi yang nilainya tetap, walaupun nilai transaksinya hingga miliaran rupiah.

Langkah Awal Cara Beli Saham

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam cara beli saham adalah, dengan membuka rekening saham yang dapat dilakukan di perusahaan sekuritas.

Seperti pada hal nya membuka rekening tabungan di bank, mengisi formulir tentu adalah hal pertama dilengkapi dengan data yang dibutuhkan seperti kartu identitas, NPWP, data pekerjaan, data ahli waris, foto copy buku rekening tabungan dan sebagainya.

Setelah semua hal berkaitan dengan administrasi dilengkapi selanjutnya Anda tinggal menyetorkan dana untuk deposit agar dapat melakukan transaksi membeli saham.

Sebelum dapat melakukan pembelian Anda harus pastikan saham yang Anda beli adalah saham juara atau yang selalu menang di pasar dengan karakteristik nilai sahamnya yang terus mengalami kenaikan.

Sama hal nya seperti mencari pasangan benar-benar harus diseleksi ketat baik dari segi riwayat keluarga dan lainnya.

Analisa secara fundamental harus dilakukan kondisi sehatnya perusahaan hingga perkembangan serta keuntungan yang perusahaan dapatkan setiap tahun.

Setelah Anda melakukan hal tersebut, maka silahkan Anda membeli saham yang akan menuntun Anda menuju kemenangan.

Sedikit repot memang, namun jika salah membeli saham kerugian yang akan di dapat cukup banyak mulai dari modal yang berkurang dan hilang hingga waktu yang tidak akan pernah kembali lagi.

Ketika Anda salah membeli saham kemudian menjual dan membeli saham lain secara sporadis pun tetap akan membuat kerugian secara perlahan namun pasti.

Keuntungan dalam Membeli Saham

Keuntungan dalam membeli saham ada dua jenis, ada keuntungan penjualan dan keuntungan yang didapat dari pertumbuhan dan pergerakan perusahaan setiap tahunnya yang dikenal dengan deviden.

Jika Investor mengambil keuntungan saja dari saham yang dimiliki, maka tinggal memetik hasilnya setiap tahun bergantung dari keuntungan yang didapat dari perusahaan dimana saham Anda diinvestasikan.

Jadi bila keuntungan perusahaan hanya sedikit setiap tahun maka perolehan deviden anda pun disesuaikan.

Akan tetapi bila Anda agresif dan tidak mau menunggu lama untuk mendapatkan keuntungan, maka dapat mengambil keuntungan dari jual beli saham atau dikenal dengan trading.

Peluang keuntungan yang didapatkan bisa setiap hari, dengan catatan Anda harus melakukan pemantauan pergerakan saham.

Setelah melihat ada pertumbuhan nilai dari harga awal pembelian, maka Anda dapat melakukan penjualan.

Seperti diawal dikatakan semua transaksi penjualan dan pembelian dilakukan melalui broker. Jadi Anda dapat menghubungi broker lewat telpon atau dapat dengan datang langsung ke kantor perusahaan sekuritas tempat Anda membuka rekening saham.

Jika Anda terbiasa melakukan transaksi secara online, pembelian atau order saham pun dapat dilakukan dengan mengisi form yang disediakan oleh broker dengan sistem online.

Pastikan jaringan internet Anda stabil agar form yang sudah diisi tersebut sampai ke broker dan tidak pending.

Umumnya saat ini semua perusahaan sekuritas sudah memiliki sistem order online yang dimaksud tersebut.

Setelah melakukan pembelian saham bukan berarti selesai dan menunggu keuntungan, trader harus memantau perkembangan saham yang dimilikinya setiap menit dan jam nya agar peluang keuntungan hariannya bisa didapatkan.

Profit taking atau tindakan mengambil keuntungan dapat dilakukan ketika harga saham yang anda miliki terpantau mengalami kenaikan padahal saham tersebut belum lama Anda beli.

Aksi tersebut memang bukan hal baru di dunia pasar modal, dimana dampaknya secara umum akan mengalami pelemahan nilai rupiah dan sebagainya.

Memang segala sesuatunya diciptakan berpasangan, ada keuntungan di satu pihak dan ada juga kerugian di pihak lainnya.

Hal tersebut tidak usah anda pikirkan karena dalam investasi saham memang terdapat resiko yang besar namun keuntungan yang bisa didapatkan mencapai dua puluh persen.

Oleh karenanya trading saham merupakan hal yang tepat untuk menggandakan keuangan Anda tanpa harus bekerja.

Pastikan perusahaan sekuritas tempat anda membeli saham Adalah yang memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Saat ini ada perusahaan sekuritas pemerintah, perusahaan sekuritas swasta nasional, hingga perusahaan sekuritas asing.

Jangan mudah terpengaruh dengan keuntungan yang dijanjikan oleh perusahaan sekuritas asing, karena uang Anda yang dipertaruhkan.

Tips Pintar Membeli Saham

Jika Anda baru memiliki produk investasi dari perusahaan asuransi, maka pertahankanlah karena hal tersebut tetap akan berpeluang mendapatkan keuntungan besar walaupun dalam jangka waktu yang cukup lama minimal delapan hingga lima belas tahun.

Produk tersebut memberikan manfaat perlindungan jiwa, sehingga bila terjadi sesuatu musibah terhadap Anda, maka ahli waris pun akan mendapatkan santunan dari Asuransi yang diikutinya tersebut.

Namun ada pula produk investasi murni yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi salah satunya adalah Manulife investment securities.

Perusahaan sekuritas yang terbentuk masih dalam grup manulife ini menawarkan produk investasi disesuaikan dengan profil dari calon investor mulai dari investasi beresiko rendah hingga beresiko tinggi namun peluang keuntungan pun tinggi. Akan tetapi tetap saja Anda tidak dapat membeli langsung harus melalui broker.

Pastikan Anda mendapat broker yang terbaik dalam segi pelayanan sehingga dapat bekerja sebagai partner dalam hal bermain saham.

Broker terbaik umumnya dapat diketahui dari jumlah investor yang sudah bergabung, semakin banyak yang bergabung dengan broker tersebut menandakan broker tersebut handal dan terbaik.

Anda pun dapat mengetahui broker terbaik melalui majalah keuangan hingga surat kabar, karena umumnya media cetak tersebut akan memberikan penghargaan kepada para broker terbaik yang berhasil meraih keuntungan besar bagi para investor.

Beberapa cirri-ciri broker terbaik diantaranya :

  • Memiliki layanan saham online
  • Memudahkan calon investor dalam segi setoran awal
  • Memiliki pialang yang dapat menjadi penasehat keuangan yang baik
  • Memiliki izin resmi serta legal
  • Menguasai struktur permodalan local dan asing

Dari cara beli saham tersebut para calon investor dapat menentukan akan memilih broker yang dipercaya seperti apa yang akan membantu mengelola Uang Anda agar lebih meningkat nilainya.

Saat ini beberapa broker terbaik yang sudah diakui dan mendapat penghargaan seperti BNI Sekuritas, Panin Sekuritas, Sinarmas Sekuritas, Indo Premier sekuritas dan masih banyak lagi.

Jadi dengan uraian tersebut para investor dapat mempertimbangkan broker yang memberikan setoran awal ringan serta yang memiliki biaya komisi ringan yang dapat memudahkan Anda dalam bermain saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.