5 Variasi Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Sehat dan Bergizi

Resep dan Cara Membuat Salad Buah – Tubuh manusia membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap sehat. Buah dan sayur mengandung banyak sekali nutrisi yang baik, kuat dan penting seperti vitamin, mineral, serat dan lain-lain.

Banyak jenis olahan makanan yang berbahan dasar buah atau sayur, salah satunya yang saat ini populer adalah salad buah. Sudah tahu kan apa itu salad buah?


Pengertian Salad Buah


Kata salad  berasal dari bahasa latin yaitu “herba salata”  yang artinya herba adalah sayuran dan salata yang artinya adalah digarami atau diberi garam, jadi herba salata adalah sayuran yang diberi garam.

Salad adalah menu makanan sehat yang biasanya dapat kita temukan di berbagai restoran yang menjual makanan khas dari luar negeri.

Disebut sebagai menu makanan sehat karena secara keseluruhan bahan-bahan yang digunakan terdiri dari berbagai buah-buahan atau sayuran yang kemudian disiram dengan saus spesial (dressing).

Salad buah berarti makanan yang bahan utamanya adalah campuran buah segar yang diberi tambahan saus (dressing).

Suatu salad dapat disajikan dalam keadaan dingin (setelah didinginkan terlebih dahulu dalam lemari pendingin) atau disajikan dalam temperatur ruang, dan dapat juga menjadi isi dari roti (sandwich).

Salad buah sangat bagus dikonsumsi oleh semua orang, terutama mereka yang memiliki riwayat kesehatan yang buruk atau karena memiliki berat badan berlebihan. Salad buah adalah salah satu pilihan menu makanan yang patut untuk Anda coba.


Manfaat Salad Buah


Buah adalah obat alam yang mengandung banyak vitamin, mineral, anti-oksidan dan banyak nutrisi nabati. Bukan hanya karena warna dan rasa yang lezat,  tapi yang penting adalah nutrisi untuk membantu tubuh agar tetap fit dan sehat.

Dalam salad buah biasanya terdiri dari campuran berbagai buah yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaat-manfaatnya:

  1. Buah yang rendah kalori dan lemak merupakan sumber gula sederhana dan vitamin, yang penting untuk mengoptimalkan kesehatan tubuh.
  2. Buah menyediakan banyak serat dapat membantu untuk menangkal kolesterol dan lemak dari tubuh dan dapat juga mengatasi sembelit.
  3. Buah yang mengandung banyak anti-oksidan seperti flavonoid poli-fenolik, vitamin C, dan antosianin dapat membantu tubuh manusia dari stres oksidan, kanker, serta dapat membantu tubuh mengembangkan kemampuan untuk melawan penyakit ini dengan meningkatkan tingkat kekebalan tubuh.
  4. Membantu tubuh mencegah atau setidaknya memperpanjang perubahan alami ,penuaan dini dengan melindungi dan meremajakan sel-sel, jaringan dan organ.
  5. Manfaat salad buah secara keseluruhan sangat banyak sekali, seperti melindungi diri dari penyakit ringan seperti kerutan pada kulit, rambut rontok, penyakit Alzheimer, kanker usus, tulang lemah (osteoporosis) dan masih banyak lagi yang lainnya.

Banyak sekali kan manfaat dari salad buah ini. Selain enak, lezat dan banyak manfaat, ternyata cara pembuatan salad buah ini tergolong mudah.

Untuk itu simak resep dibawah ini dan perhatikan dengan benar agar hasilnya enak dan dapat menggugah selera. Berikut cara membuatnya.


Cara Membuat Salad Buah Enak dan Sehat


Bahan Utama Salad

  • 200 gram buah anggur segar (agar lebih cantik warnanya, lebih baik jika memakai buah anggur dengan beragam warna, mulai dari yang hijau hingga yang ungu), belah menjadi dua dan buang bijinya
  • 200 gram buah apel segar, potong-potong sesuai selera
  • 200 gram buah mangga arumanis segar,vkupas dan dipotong bentuk dadu
  • 200 gram buah stroberi segar, belah menjadi dua bagian atau empat bagian (sesuaikan dengan selera)
  • 200 gram daun selada segar, potong-potong

Bahan Saus

  • 150 ml mayones
  • 2 sdm keju cheddar yang telah diparut
  • 2 sdm susu kental manis
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1/2 sendok teh kulit jeruk nipis yang sudah diparut

Cara Membuat Salad Buah


1. Masukkan semua bahan utama salad kedalam lemari es hingga menjadi lebih dingin

2. Campur dan aduk sampai rata semua bahan saus, kecuali keju parut

3. Keluarkan salad buah dari dalam lemari es dan masukkan ke dalam baskom atau wadah

4. Aduk semua buah menjadi satu lalu taburkan parutan keju di atasnya (taburan keju sesuai selera)

5. Siramkan semua saus diatas campuran buah secara merata

6. Salad buah siap untuk dinikmati

Catatan: Buah yang digunakan bisa sesuai selera, tidak harus sesuai dengan resep di atas

Video Cara Membuat Salad Buah

Catatan: Variasi buah yang dipakai untuk membuat salad buah dalam video tersebut berbeda dari resep diatas

Bagaimana? Seger banget kan? Mayonise nya lumer banget dimulut. Agar lebih segar dan dingin lagi ketika dimakan, maka sebelum disantap salad buah harus disimpan dulu dalam lemari pendingin.

Salad buah ini cocok untuk dihidangkan kapan pun, baik sebagai makanan pembuka, pendamping hidangan utama atau hidangan penutup.

Demikian resep dan cara membuat salad buah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Resep dan Cara Membuat Salad Buah Lainnya


1. Resep Salad Buah Kekinian

√ 5 Variasi Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Sehat dan Bergizi

Image Source:  cookpad.com

Sekarang ini salad buah menjadi salah satu makanan yang banyak dibuat dan di santap. Selain itu salad buah juga sekarang ini banyak dijadikan sebagai peluang bisnis. Hal ini dibuktikan dengan mulai banyaknya yang menjual salad buah.

Salad buah yang populer belakang ini adalah salad buah kekinian. Salad buah kekinian menjadi salad yang banyak disajikan, baik ketika disajikan di rumah atau ketika disajikan untuk dijual.

Namun tanpa membelinya, sebenarnya kamu pun bisa membuat sendiri salad buah di rumah. Penasaran bagaimana? Simak resep yang bisa kamu coba gunakan di bawah ini.

Bahan Buah:
– Anggur
– Buah naga
– Jelly
– Jeruk mandarin kalengan
– Kiwi
– Mangga Manalagi
– Melon Merah
– Strawberry

Bahan Saus:
– 200 ml yogurt
– 200 gr kental manis
– 100 gr mayonnaise
– Keju parut sesuai keinginan

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah atau mangkuk lalu potong semua buah-buahan sesuai dengan keinginan.
2. Siapkan wadah yang berbeda lalu campurkan bahan untuk membuat saus mulai dari yogurt, kental manis dan mayounaise dan aduk sampai semuanya tercampur rata.
3. Selanjutnya tuangkan saus yang sudah dibuat ke dalam mangkuk yang berisi buah-buahan yang sudah dipotong-potong lalu aduk aduk sampai merata.
4. Jika sudah berikan parutan keju pada bagian atasnya sesuai keinginan.
5. Terakhir salad buah kekinian siap untuk disajikan.
6. Ketika disantap, salad buah bisa diaduk-aduk lagi supaya keju parut pada bagian atasnya bisa tercampur rata dengan bahan lainnya.

2. Resep Salad Buah yang Creamy

√ 5 Variasi Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Sehat dan Bergizi

Image Source: dimanaja.com

Salad buah menjadi sebuah hidangan atau santapan yang bisa dibilang sehat, karena menggunakan buah-buahan sebagai bahannya, lalu ada juga penggunaan susu, keju dan yogurt sebagai sausnya.

Perpaduan bahan-bahan yang sehat ini juga menciptakan cita rasa yang siap memanjakan lidah. Salah satu salad buah yang digemari adalah salad buah creamy, yaitu salad buah yang sausnya terasa sangat creamy dan memanjakan lidah yang menyantapnya.

Jika kamu ingin mencicipi dan membuat sendiri salad buah creamy di rumah, berikut merupakan resep yang bisa kamu coba gunakan.

Bahan untuk Buah-Buahan:
– Anggur
– Jelly anggur
– Jelly jambu
– Jeruk
– Kiwi
– Mangga
– Pir
– Strawberry

Bahan untuk Saus Salad Buah:
– Whip cream secukupnya
– Mayonnaise secukupnya
– Kental manis secukupnya
– Keju parut secukupnya

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah untuk membuat saus salad buah. Campurkan whip cream, mayonaise dan kental manis mengugnakan mixer sampai saus terlihat kental dan juga creamy.
2. Siapkan buah-buahan, potong anggur, jelly, jeruk, kiwi, mangga, pir dan strawberry sesuai keinginan lalu taruh ke dalam mangkok.
3. Selanjutnya tungkan saus untuk salad buah yang sudah dibuat sebelumnya ke dalam mangkuk berisi buah-buahan dan aduk sampai rata.
4. Berikan parutan keju pada bagian atasnya lalu diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih satu jam atau lebih.
5. Terakhir, salad buah creamy siap untuk disajikan.

3. Resep Salad Buah yang Segar

√ 5 Variasi Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Sehat dan Bergizi

Image Source: food.detik.com

Selain rasa yang manis dan menyehatkan karena penggunaan bahan-bahannya, salad buah juga terkenal karena kesegarannya, terlebih jika disantap ketika dalam keadaan salad buah yang dingin. Kenikmatan dari salad buah terasa lebih enak lagi.

Salad buah yang segar juga menjadi kegemaran banyak orang, terlebih orang-orang yang sudah sering atau biasa menyantap salad buah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, salad buah bisa kamu buat sendiri di rumah kapanpun kamu kamu.

Karena membuatnya sendiri di rumah, kamu pun dapat membuat sebanyak apapun yang kamu mau sesuai dengan keinginan. Ingin mencoba membuat salah buah yang segar di rumah? Berikut merupakan resep yang bisa kamu gunakan.

Bahan:
– 2 buah kiwi yang dipotong sesuai dengan keinginan
– 2 buah apel merah yang dikupas
– 1 buah pir yang dikupas
– 1 buah mangga yang dikupas
– 1 bungkus nutrijel plain yang dimasak seperti biasa
– ¼ buah melon yang sudah dikupas
– ¼ buah semangka yang sudah dikupas
– ¼ kg yang sudah dikupas

Bahan untuk Saus Salad Buah:
– 100 ml kental manis putih
– 100 gram mayonaise
– 2 cup yogurt
– 1 sendok makan madu

Bahan untuk Topping:
– Keju parut secukupnya atau sesuai keinginan

Cara Membuat:
1. Siapkan buah-buahan dan potong semua buah-buahan serta jeli menjadi potongan dadu kecuali buah anggur dan juga buah kiwi lalu taruh ke dalam mangkuk.
2. Siapkan mangkuk lailnnya untuk membuat saus, campurkan yogurt, mayonaise, kental manis dan juga madu lalu aduk sampai rata. Jika sudah, cicipi, kalau dirasa masih kurang manis bisa tambahkan kental manis.
3. Selanjutnya tuangkan saus untuk salad buah ke mangkuk yang berisi buah-buahan dan jelly lalu aduk sampai semuanya tercampur dengan rata. Aduk pelan-pelan saja supaya buah dan jeli tidak hancur.
4. Jika sudah, berikan taburan keju parut pada bagian atasnya sesuai dengan keinginan. Lalu masukkan ke dalam wadah untuk penyajian yang bisa ditutup rapat.
5. Selanjutnya biarkan atau dinginkan salad buah ke dalam kulkas sekitar dua jam atau lebih agar ketika di santap dalam keadaan dingin terasa lebih segar.

4. Resep Salad Buah Naga

√ 5 Variasi Resep dan Cara Membuat Salad Buah yang Sehat dan Bergizi

Image Source: cookpad.com

Salad buah naga merupakansalad yang cukup unik karena jika biasanya salad buah memiliki saus yang berwarna putih, maka karena menggunakan campuran buah naga, salad buah ini memiliki tampilan keseuluran yang berwarna ungu seperti warna dari buah naga.

Namun meskipun begitu, rasa salad buah naga ini juga tidak kalah enaknya jika dibandingkan dengan salad buah yang lainnya. Selain itu, salad buah naga juga tetap memiliki cita rasa saus yang creamy dan secara keseluruhan terasa segar ketika disantap.

Untuk kamu yang belum pernah mencoba mencicipinya dan berencana ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut merupakan resep salad buah naga yang bisa kamu coba gunakan.

Bahan untuk Buah-Buahan:
– ½ buah quini
– ¼ buah naga dengan ukuran besar
– ¼ buah apel hijau
– Buah pepaya matang secukupnya
– Jeruk kaleng secukupnya

Bahan untuk Saus Salad Buah Naga:
– 2 sendok makan yoghurt
– 2 sendok makan mayonaise
– 1 sendok kental manis

Bahan untuk Topping:
– Keju parut secukupnya atau sesuai dengan keinginan

Cara Membuat:
1. Karena bahan-bahannya tidak untuk porsi yang banyak, siapkan terlebih dahulu buah-buahannya. Potong-potong semua buah dengan potongan dadu atau sesuai keinginan lalu taruh ke dalam mangkuk.
2. Selanjutnya buat saus, siapkan wadah campurkan yoghurt, mayonaise dan kental manis lalu aduk sampai semuanya tercampur rata.
3. Jika sudah masukkan dan campurkan saus mayonaise ke dalam mangkok yang berisi buah-buahan dan aduk semuanya sampai tercampur dengan rata. Aduk dengan cara pelan-pelan saja.
4. Jika sudah tuangkan salad buah ke wadah yang bisa ditutup dengan rapat, lalu berikan taburan keju parut secukupnya pada bagian atasnya atau sesuai dengan keinginan.
5. Terakhir diamkan di dalam kulkas selama kurang lebih dua jam atau lebih agar lebih segar ketika disantap.

Keyword: Cara Membuat Salad Buah

Leave a Reply