40 Pilihan Kata Kata Jawa Lucu Untuk Teman, Dan Pacar Yang Bikin Ngakak

40 Kata Kata Jawa Lucu Untuk Teman dan Pacar Bikin Ngakak

Kata kata jawa lucu?

Bahasa jawa merupakan salah satu bahasa daerah yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat yang mendiami pulau jawa, khususnya yaitu di daerah jawa tengah, yogyakarta, dan jawa timur.

Meskipun bahasa jawa di setiap daerah tersebut memiliki ciri khas yang berbeda-beda, tetapi secara umum bahasa jawa tersebut masih bisa dipahami satu sama lainnya.

Secara tata bahasa, bahasa jawa sendiri memiliki 3 tingkatan yaitu ngaka (red- ngoko), madya, dan krama (kromo). Bahasa jawa ngaka merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh orang orang pada umumnya. Baik di daerah pulau jawa atau penduduk bersuku jawa yang tinggal di luar pulau jawa.

Tingakatan bahasa ini memiliki tingkat kesopanan yang paling rendah. Sehingga sebaiknya kamu gunakan bahasa jawa ngaka hanya dengan teman-teman mu saja.

Selanjutnya bahasa jawa yang memiliki tingkat kesopanan lebih dari ngaka adalah madya. Sedangkan bahasa krama merupakan tingkatan bahasa jawa yang paling tinggi, dan memiliki tingkat kesopanan yang paling baik.

Dulu bahasa krama digunakan oleh rakyat biasa ketika berbicara kepada para bangsawan. Dalam perkembangannya bahasa krama digunakan ketika berbicara kepada orang yang lebih tua dari kita.

Berbicara soal bahasa jawa, kali ini mimin juga akan membahas tentang kata kata bahasa jawa lucu. Kata kata tersebut bisa menjadi hiburan bagi orang orang jawa yang sedang merasa bosan, gabut, galau, sedih, dan semacamnya. Yuk langsung saja simak kumpulan kata kata berikut ini:

Kata Kata Bahasa Jawa Lucu Tentang Cinta

40 Pilihan Kata Kata Jawa Lucu Untuk Teman, Dan Pacar Yang Bikin Ngakak

brilio.net

Perihal cinta setiap orang akan selalu membicarakannya, tak pandang suku, agama, atau bahasa, termasuk orang yang menggunakan bahasa jawa.

Nah kalau kamu ingin membuat kata kata bahasa jawa yang lucu, supaya cinta yang diagung agungkan itu menjadi sesuatu yang menggembirakan. Barangkali kamu masih harus menyimak artikel ini sampai habis:

“Bojo ki asline awet sing biasa-biasa, mergo ayu ki paling banter 20 tahun wes ilang ayune. Lha bojo sing biasa, sampek tuek yo tetep biasa.” (Istri itu aslinya lebih awet yang biasa-biasa saja, karena wajah cantik itu paling lama hanya bertahan 20 tahun. Kalau istri yang biasa, sampai tua juga akan tetap sama)”

“Truk wae nduwe gandengan, mosok kowe ora nduwe gandengan?” (Truk saja punya pasangan, masak kamu nggak punya?)”

” Pacaran kui ra usah diumbar-umbar, sing penting undangan teko-teko kesebar.” (Pacaran itu tidak perlu dipamerkan, yang penting tiba-tiba menyebar undangan)”

“Cintaku nang awakmu iku koyok kamera, fokus nang awakmu tok liyane ngeblur.” (Cintaku hanya fokus pada dirimu seperti kamera, hanya fokus pada dirimu saja yang lainnya blur)”

“Najan awakmu lemu, ning isih amot ning atiku.” (Walaupun badanmu besar, masih muat kok di hati ku)”

“Pantesan awakku ora lemu-lemu. Sing tak pangan harapan palsu.” (Pantas saja badanku tidak gendut-gendut. Yang aku makan harapan palsu)”

“Ojo godain bojone wong. Biarlah bojone wong sing nggodain kita.” (Jangan menggoda istri orang. Biarlah istrinya orang yang menggoda kita)”

“Kowe nek sayang ngomong, ojo ngode terus. Aku dudu brangkas sing butuh kode.” (Kamu kalau sayang itu bilang, jangan memberikan kode saja. Aku bukan brangkas yang butuh kode)”

“Tresno iku mergo ati, ra bakal owah tekane mati.” (Cinta itu datang karena hati, tidak akan berubah hingga mati)”

“Sliramu manis dek, kaya gula.” (Dirimu manis dek, seperti gula)”

Kata Kata Bahasa Jawa Lucu Untuk Mantan

Mantan biasanya akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk sembuh atau hilang. Ia tetap membekas, walau hari hari berlalu, dan tahun-tahun berganti.

Oleh karena itu yang harus dilakukan adalah bukan menghilangkan luka itu secara total tetapi kita cukup menyembuhkannya agar tidak timbul rasa sakit.

Untuk menyembuhkan luka tersebut kamu harus melakukan dan mencoba banyak cara. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah membaca kata kata positif, atau juga kata kata yang lucu tentang mantan seperti contoh di bawah ini:

“Wis ta titeni, wong wedok sing ayu kui mesti wis ono sing nduwe.” (sudah aku cermati, perempuan cantik pasti sudah ada yang punya)”

“Aku mung iso maca buku, durung iso maca atimu.” (Aku hanya bisa membaca buku, belum bisa membaca hatimu)”

“Cukup nyawang koe sing ta sayang, kangen iki langsung ilang.” (Cukup melihat kamu yang aku sayang, rindu ini sudah langsung hilang)”

“Obat sing pait wae iso nggawe mari, mosok koe sing manis iso nggawe loro?” (Obat yang pahit saja bisa membuat sembuh, masa kamu yang manis malah bikin sakit?)”

“Rasah sok romantis, nek akhire mung tragis. Mending seng humoris tapi akhire manis.” (Nggak perlu romantis, kalau akhirnya hanya tragis. Mending yang humoris tapi akhirnya manis)”

“Nanging tresno iki udu es teh plastikan. Sing mbok cantelke lalu engkau tinggalkan.” (Tapi cintaku ini bukanlah es teh di dalam plastik. Yang hanya kamu gantung lalu kamu tinggalkan begitu saja)”

“Kui mantan opo pahlawan? Kok dikenang wae?” (Itu mantan atau pahlawan? Kok kamu kenang terus?)”

“Aku kon ngerteni kowe terus. Lha rumangsamu aku cctv opo?” (Aku diminta untuk mengerti dirimu terus, memangnya aku ini cctv apa?)”

“Dipikir loro, dirasake yo malah loro, loro tambah loro sama dengan papat.” (Dipikir sakit, dirasakan juga tambah sakit. Sakit tambah sakit sama dengan empat)”

“Awake bareng, tapi atine cemantel neng awake wong lia.” (Badannya bersama, tapi hatinya berlabuh pada orang lain)”

Kata Kata Bahasa Jawa Lucu Tentang Kehidupan

40 Pilihan Kata Kata Jawa Lucu Untuk Teman, Dan Pacar Yang Bikin Ngakak

posbagus.com

Bahasa jawa sendiri menjadi bahasa yang terdengar cukup aneh bahkan dianggap lucu kalau kita tidak terbiasa mendengarnya atau menggunakannya.

Jadi sudah barang tentu kalau kamu membuat kata kata bahasa jawa yang lucu, tingkat humor tersebut seperti meningkat dua kali lipat.

Bahkan ketika kita berbicara tentang sesuatu yang bijak seperti kehidupan sekalipun. Ya bagaimana ya jadinya kalau kita berbicara tentang kehidupan tetapi menggunakan kata kata bahasa jawa yang lucu? Kalau penasaran, yuk simak selengkapnya di bawah ini:

“Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit.” (Dosa yang paling menyedihkan itu adalah mengeluh tidak punya uang)”

“Jenenge urip mesti akeh cobaan, yen akeh saweran kui jenengan dangdutan.” (Namanya hidup itu pasti banyak cobaan, kalau banyak saweran itu namanya dangdutan)”

“Wong lemu kui, dudu kakean mangan, tapi program diete sing gagal. (Orang gemuk itu, bukan kebanyakan makan, tapi program dietnya gagal)”

“Sopo sing gelem mijeti aku. Nek wedok tak pek bojo. Nek lanang, bojone tak pek.” (Siapa yang mau mijitin aku. Kalau perempuan akan aku jadikan istri. Kalau laki-laki, istrinya akan kujadikan istriku)”

“Kacang iku gurih, tapi nek dikacangin yo rasane perih.” (Kacang itu gurih, tapi kalau dikacangin itu rasanya ya perih)”

“Gendut kui montok, mung kebablasen.” (Gendut itu montok, hanya berlebihan saja)”

“Sorry.. Orangnya lagi fitnes awak’e fit atine ngenes.” (Maaf.. Orangnya baru fitnes. Badannya fit tapi hatinya sakit)”

“4 hal sing ora iso dipokso, cinta, ukuran baju dan celana, ukuran bh, ukuran semvak. Nek dipokso efeke nyesek.” 4 hal yang tidak bisa dipaksakan, cinta, ukuran baju dan celana, ukuran baju dalam, ukuran celana dalam. Kalau dipaksakan efeknya sesak)”

“Combro bae ana isine, masa atimu kosong.” (combro saja ada isinya, masa hatimu kosong)”

“Masalah wedokan iku gampang, penting iso nyaur utang sek.” (Masalah perempuan itu mudah, yang penting bisa membayar hutang dulu)”

Kata Kata Bahasa Jawa Untuk Teman Lucu

Selain kata kata di atas, mimin juga masih menyajikan contoh kata kata bahasa jawa untuk teman yang lucu dan menghibur. Kalau tidak percaya lihat saja sendiri contohnya berikut ini:

“Udane awet, koyo lambemu nek ngomel, gak leren-leren.” (Hujannya awet nggak reda-reda, seperti mulutmu kalau ngomel, tidak pernah berhenti)”

“Wong Jowo kui jos! Bensin dadi bengsin, cokelat dadi soklat, mobil dadi montor, utang dadi lali.” (Orang jawa itu memang mantap! Bensin jadi bengsin, cokelat jadi soklat, mobil jadi montor, hutang jadi lupa)”

“Dadi wong ojo kaku-kaku, ndak koyo kanebo garing.” (Jadi orang jangan terlalu kaku, nanti seperti kanebo kering)”

“Yen tak sawang sorote mripatmu, ketoke kowe arep nembung utang karo aku.” (Kalau aku lihat sorot matamu, sepertinya kamu akan meminta hutang padaku)”

“Konco kok moro nek butuh tok. Rumangsamu aku pom bensin?” (Teman kok kalau datang hanya pas butuh saja. Menurutmu aku ini pom bensin apa?)”

“Nek ngomong ojo manis-manis, mundak cangkeme dirubung semut.” (Kalau bicara jangan terlalu manis-manis, nanti mulutnya diserbu semut)

“Aku janji ra nakal maneh, kecuali nakali koe.” (Aku berjanji tidak akan nakal lagi. Kecuali nakalin kamu)”

“Kerjo tak tekuni. Duit tak celengi, dolan tak kurangi. InsyaAllah taun ngarep sholatmu tak mamumi.” (Kerja tak tekuni. Uang aku kumpulkan, main aku kurangi. InsyaAllah tahun depan kamu jadi makmum sholatku)”

“Cinta mesti ono loro ati, nek kowe wegah loro ati, kowe gak bakalan nemu cinta sejatimu ndes!!” (Cinta itu pasti pernah bikin sakit hati, kalau kamu nggak mau sakit hati, kamu nggak bakal menemukan cinta sejatimu)”

“Tresnomu koyo rumah makan padang akeh cabange.” (Cintamu seperti rumah makan padang banyak cabangnya)”

Penutup

Demikianlah beberapa kumpulan kata kata bahasa jawa yang bisa mimin sajikan. Semoga beberapa di antara kata kata di atas bisa menghiburmu ya. Dan kalau kamu sudah terhibur jangan lupa share kata kata tersebut ke media sosialmu yaa.

Leave a Reply