50+ Contoh Kata Kata Gaul yang Populer dan Bikin Kamu NgeHits

Kata kata gaul?

Pada kesempatan yang penuh dengan semangat masa muda ini, penulis akan membahas tentang pilihan kata kata gaul terbaik menurut versi penulis.

Tentu kata gaul sangat tidak asing di telinga kita ya. Tapi sebenarnya tau gak sih apa itu bahasa gaul? Kok bisa ada bahasa gaul? Kapan bahasa gaul itu muncul?.

Mari kita jawab pertanyaan tersebut satu persatu. Jadi bahasa gaul atau bahasa prokem, atau juga bisa disebut dengan bahasa slang indonesia merupakan bahasa yang nonstandar atau tidak ada dalam kamus besar bahasa indonesia yang biasa digunakan masyarakat di jakarta.

Kemunculan bahasa gaul ini kurang lebih dimulai pada tahun 1970 an. Dan kemudian seiring berjalannya waktu, bahasa gaul yang dulu hanya digunakan dalam keseharian orang jakarta, menyebar ke hampir seluruh daerah di Indoensia.

Menariknya ternyata bahasa prokem ini mulanya digunakan oleh preman di dalam pergaulannya dengan preman lain.

Artinya bahasa prokem merupakan bahasa komunikasi yang digunakan oleh para preman agar dapat menyampaikan rahasia secara aman.

Barangkali informasi selengkapnya mengenai bahasa gaul tersebut bisa kamu cari di wikipedia ya. Karena ternyata pembahasan tentang bahasa gaul ini bisa menjadi sangat panjang. Dan penulis tidak mungkin untuk menulis seluruhnya pada artikel ini.

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa kali ini penulis hanya akan berfokus pada contoh kumpulan kata kata gaul yang sering digunakan oleh banyak orang, terutama di kalangan remaja.

Meskipun kamu tak tertarik dengan bahasa gaul, tetapi tidak ada salahnya dong kalu kamu juga ikut mempelajarinya. Setidaknya supaya nanti ketika diajak berkomunikasi dengan bahasa tersebut kamu bisa memahaminya.


Contoh Kata Kata Gaul Jaman Sekarang


Image Source: files.wordpress.com

1. Afgan

Tahu kan siapa Afgan? Pernah dengar lagunya yang judulnya sadis. Isitilah ini awalnya dipake sama orang-orang di forum jual beli.

Misal ada iklan, “Jual motor, bisa nego, no afgan,” itu artinya, bisa nego tapi jangan sadis!

2. A.K.A

As Known As / alias.

Oke buat agan Deddy AKA pejuang cinta

3. Alay

Banyak versi yang menyebutkan. Mulai dari anak lebay, anak kelayapan, namun yang sering disebut adalah anak layangan. Konon, istilah ini digunakan untuk menyebut anak-anak yang sering nongol di musik tv. Berambut merah, dan berkulit gelap seperti kebanyakan main layangan gitu. Namun seiring waktu, kata alay sering dipakai untuk anak-anak yang sok eksis, narsis, norak dsb.

4. Bais

Bais berarti habis, cuma di bolak-balik aja susunan hurufnya.
“Pulsa gw bais, ntr kabarin ya kalo sudah kumpul!”

5. Boil

singkatan dari mobil
Boil lu mana jek, ujan nih?

6. Brb

Be right back (bakal kembali)
(lg chat)
A: BUZZ!! Lg apa cuy?
B: tar, lg ngmng sm bokap, brb..

7. Cmiiw

Correct Me If I Wrong
Maaf jika saya salah. Setelah menuliskan pendapat/saran, biasanya diikuti dengan kata CMIIW.
Setau gw itu sih harus direndam pake air garam, brooo…
CMIIW

8. Cukstaw

Kata ini merupakan singkatan dari cukup tahu.
Oke, cukstaw! “oh, gitu ya? Fine! cukstaw!”

9. Curcol

singkatan dari curhat colongan, artinya curhat yang dilakukan bersamaan dengan hal lain yang tidak berhubungan secara langsung
A: Gw lagi nyari boil baru nih…
B: Yaa, gw baru putus nih
A: Curcol nih?

10. Eaa

Di Twitter, sering banget gw liat hastag seperti ini. Biasanya #eaaa digunakan seseorang utk nge-tweet kata-kata gombal. Kata ini diciptakan dan dipopulerkan oleh Tukul Arwana, biasanya diucapkan pas Tukul melakukan gerakan yang aneh-aneh.

11. Elo Gue End

Kalimat yang lagi banyak ditirukan orang ini dipopulerkan Wendy Cagur dalam tanyangan Opera Van Java. Kata-kata ini sempat jadi Trending Topic di Twitter. Kalimat ini digunakan hanya untuk bercandaan saja.

12. Fudul

Kurang lebih artinya sama kayak stalking atau kepo. Digunakan buat menunjuk sifat orang yang want to know something sampe ngorek-ngorek informasi dari mana saja, termasuk jejaring sosial.

13. Galau

Untuk yang satu ini, teman gue sampe ada yang dinobatkan sebagai raja galau. Entah kapan diresmikan kepadanya. Kata galau sebenarnya termasuk dalam Bahasa Indonesia baku yang terdaftar di kamus, artinya perasaan kacau nggak karuan, resah, bimbang. Tapi entah siapa yang memulai. Kata galau mendadak populer di jejaring sosial. Sering muncul dengan #galau dan yang berbau galau kayak #galaucity, #galaugombal, #lagugalau.

14. Gengges

berasal dari kata ganggu yang diubah dikit, dikasih imbuhan *-es* dibelakangnya.
“Gw unfollow ah, soalnya gengges, fotonya sok imut.*

15. GJ

Gak Jelas.

16. Geje

Geje adalah pelafalan dari GJ, yaitu singkatan dari Gak Jelas. Biasa digunakan untuk percakapan ketika lawan bicara berbicara tentang hal – hal yang tidak jelas
A: Woi, gue kemaren baru beli kertas, pensil, dan penghapus lho…
B:Terus?
A:Ya nggak papa curhat aja..
B:Geje…

17. GWS

Get well soon atau semoga lekas sembuh. Kata ini biasanya di ucapkan bila ada orang yang terkena musibah /sakit.
Eh,gua denger elu sakit GWS yee.

18. Hoax

Berarti berita palsu, diambil dari kata sama dalam bahasa Inggris yang berarti cerita bohong. Bisa juga di film Amerika berjudul The Hoax (2006) yang dianggap mengandung kebohongan. Awalnya cuma pengguna Internet di Amerika saja yang make istilah Hoax, tapi lama-lama kata ini menjadi dipake di seluruh dunia.

19. Jutek

Sering banget dengar ini. Kata ini sering dipake Pekerja Seks Komersil (PSK) di awal tahun 2000-an buat nyebut pria sombong dan jarang senyum. Kata ini akhirnya jadi kata umum yang dipake buat menunjuk orang yang judes, galak dan nggak ramah.

20. Kamseupay

KAMpungan Sekali Udik Payah.
Kamseupay banget tuh orang !!


Kata Kata Gaul Terbaru


Image Source: googleusercontent.com

21. Kepo

kepo adalah akronim dari Knowing every Particular Object adalah sebutan untuk orang yang serba tahu detail dari sesuatu, apapun yang lewat di hadapannya selama itu terlihat oleh matanya walaupun hanya sekelebat
dalam beberapa kasus orang kepo adalah orang yang serba ingin tahu, bisa jadi kayak semacam kecanduan untuk tahu segala hal yang sepele dan itu bisa dia unggulkan sebagai kekuatan orang tsb, hati hati jika berhadapan dengan orang kepo, hal yang anda sembunyikan tak lama kemudian akan muncul ke permukaan (rahasia yang bocor).

Ciri ciri orang kepo :

  • serba ingin tahu
  • kadang sok tahu
  • mempunyai mata yang sangat amat jeli dan tajam
  • cikal bakal geek (evolusi sebelum orang itu jadi geek)
  • Kepo banget sih lho!
  • mo tw aja

22. Kicep

Artinya diem atau mematung biasanya karena malu atau nggak tau apa yang mesti dilakuin.
“Langsung kicep gw begitu ngeliat soal ulangan Fisika…”

23. Kongkow

artinya nongkrong getoch…
dipake ya ama anak-anak gaul lah….
di daerah jalan-jalan gelap tanpa penerangan sedikitpun yuuukkk….
yuk qta kongkow-kongkow

24. LDR

Long Distance Relationship / Pacaran Jarak Jauh.

25. Lebeh

perkembangan dari kata lebay yang juga merupakan bahasa populer sejak sekitar tahun 2006, yang artinya berlebihan.
“Nggak ketemu cowok gw sehari rasanya nggak ketemu setahun”” Iiih, lebeh lo!”

26. LOL

LOL (juga ditulis lol) adalah akronim dalam bahasa Inggris, biasanya untuk “laugh out loud” (tertawa terbahak-bahak) atau, “lots of luck” (semoga banyak beruntung) atau “lots of love” (banyak cinta). Istilah LOL berasal dari Usenet dan menjadi elemen umum bahasa gaul Internet. LOL juga digunakan dalam bentuk komunikasi melalui komputer, seperti instant messaging, dan bahkan sudah menyebar ke komunikasi antar seseorang. Istilah ini juga digunakan dalam bahasa-bahasa selain Bahasa Inggris.
Sis A: Aduh sis, kemarin saya salah masuk ke kamar ganti cowo.
Sis B: LOL…

27. Maaciw

Artinya terima kasih atau makasih, tapi di ucapkan dgn nada suara yg genit dan di plesetkan.

28. Mager

Singkatan dari kata males gerak. “Laper tapi mager.”

29. Malay

kata lain/variasi dr kata Malas
Malay nih ke kampus hari ini, dosennya reseh-reseh !

30. Menel

Menunjukkan pada perilaku centil demi menarik perhatian orang yang disukai.

31. Meper

Adalah mengelapkan tangan yang kotor atay terkena sesautu secara diam2, bisa ke tembok, baju orang lain dll.

32. Narsis

Bukan istilah baru sih. Tapi mungkin banyak yang belum tahu, narsis juga punya legenda lho. Berasal dari cerita yunani, ada seseorang lelaki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang cewek bernama Echo. Kemudian patah hati dan mengutuk Narcissus buat jatuh cinta dengan bayangannya sendiri di kolam. Sekarang, kata narsis digunakan buat menggambarkan orang yang terlalu suka sama diri sendiri, salah satu tandanya adalah hobi banget foto sendiri.

33. Oretz

Artinya oke, berasal dari bahasa Inggrs, “all right” yang diplesetin penulis maupun pengucapannya.

34. Palbis

Singkatan dari kata-kata “PALING BISA.
” Cobaan terberat itu saat ngeliat tweet kamu sama dia..””Yelah, palbis lo, hahah!”

35. Pecah

Istilah ini biasanya digunakan buat mengomentari hal-hal yang keren, gokil, heboh. “Rugi lo nggak dateng, pecah banget acaranya semalem!”

36. Pertamax

Istilah pertamax pertama kali datang di sebuah blog bernama KafeMotor dan dipopulerkan oleh pemilik blog tersebut.Penjelasan yang mungkin dapat menjelaskan darimana asal-usul kata tersebut ditemukan ialah karena blog tersebut mengangkat tema otomotif sebagai bahan pembahasannya. Oleh karena itu, digunakanlah istilah pertamax untuk menandai komentar pertama pada sebuah tulisan. Istilah ini kemudian menyebar ke banyak kalangan blogger Indonesia, yang kemudian diikuti oleh kalangan non-blogger lainnya semisal pada forum internet.
A: Pertamax, Gan!
B: Kacrut loe, udah dibilangin basi tetep aja komen gak penting.

37. Peres

artinya palsu, bohong, nggak tulus.

38. PHP

merupakan sebuah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu atau dapat diartikan sebagai omong kosong.
dasar lo cewe php!!! huft.. sebel !

39. Prikitiew

Jangan ditanya deh. Istilah ini sering kita dengar lewat lawakan si Sule. Penggunaannya hampir mirip dengan “cieee” atau “ihiiy”.

40. Pundung

Berasal dari bahasa Sunda, artinya tersinggung, ngambek dan kesel.

41. Rempong

Berarti ribet, repot atau rese.
“Ngapain sih lo telepon gue tengah malah gini? Rempong deh!”

42. Saiko

Gila, maniak. Asal kata dari “psycho”.
Gila, tante kos gw emang saiko!

43. Sekem

Indonesianisasi dari kata ‘scam’. Artinya kena tipu.
Aduh, kena sekem lagi sama tukang hape.

44. Selon

Bisa diartikan santai, slow, pelan-pelan

45. Sokil Gob

Merupakan plesetan dari kata “Gokil,sob!” Artinya sama aja kayak gokil, yaitu gila tapi dalama artian positif. Biasanya dipake buat menggambarkan sesuatu yang heboh, lucu atau unik. Sedangkan sob adalah kebalikan dari kata bos, yang biasa digunakan sebagai pangggilan akrab untuk seseorang.

46. Spupet

Plesetan dari kata sepupu.

47. Ucul

berasal dari kata lucu, cuma dibolak – balik.

48. Unyu

lucu, menggemaskan, biasanya diikuti dengan emoticon :3
Uhhh,,,, unyu banget sih kamu….
:3

49. Woles

berasal dari bahasa inggris SLOW, dibalikin jadi WOLS dibaca WOLES. artinya nyantai aja, jangan buru-buru
x: lu udah ngerjain tugas geologi
y: woles aja sih, masih lama bro

50. Yalsi

Ucapkan kata yalsi berulang-ulang, kata baru apa yang kita dengar? Yalsi merupakan plesetan dari kata sial.
“Omongan nggak nyambung gara-gara BBM pending, yalsi!”

51. Japri

Japri yaitu singkatan dari jalur pribadi,

52. Kuy

Kuy : Kebalikan dari Yuk

Semoga bermanfaat kata kata alay ini

53.ABABIL

Kata ini merupakan singkatan dari anak baru gede labil. Biasanya kata ini digunakan untuk menyebut seorang remaja yang dianggap emosinya masih labil.

Contoh kalimat: duh jangan kayak ababil deh, dikit dikit nangis, dikit dikit bahagia, terus nangis lagi.

54.AOTD

Adalah singkatan dari answer of the day yang biasa digunakan untuk menjawab pertanyaan hits dari QOTD.

55.OOTD

Seperti halnya kata sebelumnya, OOTD memiliki kepanjangan yang ahampir mirip dengan kata gaul sebelumnya.

Hanya saja huruf O pertama ini merupakan singkatan dai outfit. Jadi OOTD adalah outfit of the day atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia pakaian yang sedang dipakai hari ini.

Contoh kalimat: OOTD, pakai kaos rajut, celana jeans yang sedikit cutbray, sandal slip, dan totebag. Semoga bisa menginspirasi kamu kalau ingin terlihat casual.

56.ASTAGADRAGON

Tentu kalau kata astaganaga hampir dari kita pernah mendengarnya dong ya. Nah jadi kalau astagadragon merupakan plesetan dari astaganaga tersebut. jadi kata naga diterjemahkan dalam bahasa inggris. Biasanya ahasa gaul ini digunakan agar perbincangan terkesan lebih lucu.

Contoh kalimat: yaampun! Astagadragon! Udah seminggu kamu gak ganti baju, terus udah 3 hari kamu mandi, dan kamu merasa fine fine aja gak ada masalah!

57.BPJS

Kata ini juga tak kalah menarik dan populer, merupakan singkatan dari budget pas pas an jiwa sosialita. Jadi kalau kamu termasuk orang yang gak punya duit tapi keinginannya beli sesuatu yang mahal mahal kayak cewek cewek sosialita, kamu adalah BPJS.

Contoh kalimat: gue tuh suka sebel deh liat youtuber yang suka pamer rumah mewah, mobil mewah, jam tangan mewah, isi atm, atau apapun yang serba mahal. Gue sebagai BPJS merasa semakin tersiksa dengan kenyataan ini. Pingin discribe tapi kok penasaran juga haha.

58.BAPER

Hayo siapa yang sering baper. Kamu tahu dong artinya baper, ya bawa perasaan. Istilah ini digunakan untuk orang orang sensitif yang mudah memasukkan segala sesuatu ke dalam hatinya.

Contoh kalimat: aku tuh baper tau gak sih, soalnya sering banget di chat, ditanya kabar, udah makan belum. Kan berasa kayak punya pacar./ dia itu Cuma bercanda loh jangan baper deh.

59.BOSQUE

Sedangkan kata bosque merupakan panggilan untuk seseorang yang sejenis “bro, lur”, dan semacamnya.

Contoh kalimat: aku kemarin udah hubungin dia bosque, katanya dia juga gak bisa ikut acara kita soalnya lagi banyak kerjaan.

60.COD

Bagi kamu yang sering melakukan transaksi jual beli tentu sangat memahami apa itu cod. Cod adalah singkatan dari cash on delivery. Hal ini menunjukkan pada proses pembayaran yang dilakukan secara langsung di dunia nyata.

Contoh kalimat: mas kalo beli sepedah ini bisa cod gak? Soalnya takut kalau gak sesuai sama yang digambar/ oke gan gak masalah.

61.DARING

Pada era digital segala sesuatunya harus menggunakan internet. Jadi kamu pasti sudah tahu apa arti daring. Bagi kamu yang belum tahu, jadi istilah ini digunakan untuk menyebut kondisi seseorang yang sedang online atau terhubungan dengan jaringan internet.

Contoh kalimat: kita santai aja ya kuliahnya, lewat daring aja ya biar kamu gak repot.

62.DUREN SAWIT

Hayo apa itu duren sawit, sebelumnya penulis juga belum tahu arti dari kata tersebut. Dan ternyata duren sawit adalah duda keren sarang duit. Waw mantap.

Contoh kalimat: pak marko sekarang udah jadi duren sawit tuh, ayo ambil kesempatan sebelum direbut sama orang lain.

63.Endorse

Apa itu endorse? Istilah ini merujuk pada sebuah kesepakatan yang berbentuk promosi antara salah satu brand dan seseorang yang terkenal seperti selebgram, artis, dan lain sebagainya.

Contoh kalimat: bagi yang ingin endorse silahkan langsung hubungi manajer saya ya.

64.FYI

Adalah For your information

65.Hashtag

Hashtag adalah tanda di media sosial untuk mengurutkan suatu topik, yang hari ini berkembang menjadi cara untuk menyatakan sikap.

Penutup

Bagaimana kata kata gaul di atas? Apakah dengan membaca contoh tersebut membuatmu merasa menjadi anak gaul yang gak ketinggalan jaman.

Kalau kamu tidak setuju dengan penggunaan bahasa gaul tersebut sah sah saja. Kamu hanya cukup tidak perlu menggunakannya di dalam keseharian.

Dan kalau untuk sekedar membaca kata kata gaul pada artikel ini tak apa lah ya. Anggap saja sebagai tambahan pengetahuan baru.

Baiklah cukup sekian kumpulan kata kata gaul yang bisa penulis sajikan. Semoga bermanfaat. Dan mari menjadi gaul yang bijak hehe.

2 Comments

  1. Avatar Cetak Majalah Murah
  2. Avatar Katagaul.com

Leave a Reply