Nama Bulan Dalam Bahasa Arab Serta Penjelasan Lengkapnya

Nama bulan dalam Bahasa Arab?

Pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas kosa kata tentang nama nama buah dalam Bahasa Arab. Dan kali ini untuk menambah mufradatmu kami masih ingin menyajikan nama bulan dalam Bahasa Arab.

Dimana nama bulan ini menjadi sesuatu yang pasti sering kita dengar dan kita ucapkan, karenanya alangkah lebih baiknya kalau teman teman yang sedang belajar Bahasa Arab, tidak lupa untuk menghafal nama bulan tersebut.

Seperti yang kita tahu mufradat/kosa kata inii nantinya bisa berguna ketika kalian ingin melakukan percakapan atau dialog.

Karenanya kami ingin membagikan nama bulan dalam Bahasa Arab, yang kemungkinan besar akan mudah dihafal oleh pembaca sekalian.

Kosa kata tentang nama bulan ini akan terbagi menjadi dua, yaitu nama bulan pada tahun hijriyah, dan nama bulan tahun Masehi. Tanpa berlama lama lagi yum langsung saja kita simak nama bulan dalam Bahasa Arab di bawah ini:

Nama Bulan Dalam Bahasa Arab Tahun Hijriyah

Nama Bulan Dalam Bahasa Arab Serta Penjelasan Lengkapnya

abimuda.com

No

Bahasa Indonesia Bahasa Arab

Arab-Latin

1 Muharam مُحَرَّمٌ Muharram
2 Safar صَفَر Shaffar
3 Robiul awal رَبِيْعُ اْلأَوَّلِ Rabii’ul Awwal
4 Robiuts tsani رَبِيْعُ الثّانِي Rabii’uts Tsaanii
5 Jumadal awal جمادي الأولي Jumaadal Uula
6 Jumadal akhir جمادي الأخرة Jumadal Aakhirah
7 Rojab رجب Rojab
8 Sya’ban شعبان Sya’baan
9 Ramadhan رمضان Romadlon
10 Syawal شوال Syawwal
11 Dzul qo’dah ذو القعدة Dzul Qo’dah
12 Dzul hijjah ذو الحجة Dzul Hijjah

Nama Bulan Dalam Bahasa Arab Tahun Masehi

Nama Bulan Dalam Bahasa Arab Serta Penjelasan Lengkapnya

fatihsyuhud.com

No

Bahasa Indonesia Bahasa Arab

Arab-Latin

1 Januari يَنَايِرْ Yanaayir
2 Februari فِبْرَايِرْ Fibraayir
3 Maret مَارِسْ Maaris
4 April أَبْرِيلْ Abriil
5 Mei مَايُو Maayuu
6 Juni يُوْنِيُوْ Yuuniyuu
7 Juli يُوْلِيُوْ Yuuliyuu
8 Agustus أَغُسْطُسْ Aghusthus
9 September سبْتَمْبِرْ Sibtambir
10 Oktober أُكْتُوْبِرْ Uktuubir
11 November نُوْفَمْبِرْ Nuufambi
12 Desember دِيْسَمْبِرْ Diisambir

Sejarah Penamaan Bulan Pada Kalender Hijriyah

Kalender hijriyah ini dikenal dengan kalendernya orang Islam, sebab memang nama bulan yang digunakan berdasarkan perhitungan kalender hijriyah.

Perhitungan bulan hijriyah ini dimulai dari peristiwa hijrahnya Rasulullah dari kota mekkah menuju kota Madinah atau Yastrib.

Jadi sebenarnya nama hijriyah ini berasal dari kata hijrah. Nah ternyata setiap penamaan nama bulan pada kalender hijriyah ini memiliki sejarahnya masing-masing loh. Seperti apa sejarah tersebut? yuk kita simak selengkapnya pada penjelasan berikut ini:

  1. Muharrom

Bulan ini adalah bulan yang sangat mulia dan dihormati. Di bulan ini semua perbuatan manusia yang merusak seperti perang, menggunduli hutan, dan perbuatan merusak lainnya dilarang atau diharamkan.

Karenanya bulan ini disebut dengan muharrom atau yang diharamkan (perbuatan merusak). Sekarang jadi tau dong ya mengapa bulan ini dinamakan muharrom.

  1. Safar

Secara bahasa, kata صفر ini memiliki arti perjalanan. Lalu mengapa dinamakan safar, karena menurut Muhammad Hadi Basori, dahulu para saudagar Arab biasanya melakukan perjalanan dagang menuju daerah Yaman pada bulan ini.

Pendapat lain mengungkapkan bahwa bulan ini diambil dari kata Al-ashfar yang berarti kuning. Hal ini dikarenakan pada bulan inilah daun daun mulai menguning dan akhirnya berguguran.

  1. Rabi’ul Awwal Dan Rabi’uts Tsani

Bulan ini diambil dari kata ربيع yang memiliki makna musim semi. Artinya bisa dikatakan bahwa rabi’ul awwal adalah musim semi pertama, dan rabi’uts tsani merupakan musim semi kedua.

Pada bulan ini pula lah Nabi Muhammad SAW dilahirkan ke dunia, tepatnya pada tanggal 12. Sehingga sampai hari ini setiap 12 Rabi’ul Awwal tiba akan diperingati Maulid Nabi.

Sedangkan pada Rabi’uts tsani para pedagang akan memulai mempersiapkan diri untuk mengunjungi negeri negeri yang jauh.

  1. Jumadil Awwal Dan Jumadil Akhiroh

Nama bulan ini masih juga berhubungan dengan musim, tepatnya yaitu musim kemarau. Bulan ini berasal dari kata جماد yang artinya kerontang. Karenanya bulan ini bisa dinamakan dengan musim kemarau.

Jumadil awwal berarti musim kemarau pertama, dan jumadil akhiroh adalah musim kemarau kedua.

  1. Rojab

Selain bulan Muharrom, bulan ini juga melarang adanya perang dan perbuatan merusak. Karena secara bahasa kata رجب memiliki arti menghormati.

Dan karena memang pada zaman jahiliyyah sebelum Islam masuk, bangsa arab juga menghormati bulan ini dengan cara menyembelih anak unta pertama yang lahir dari induknya.

  1. Sya’ban

Pada masa silam penduduk arab diwaktu bulan ini tiba mereka akan pergi berbondong mengunjungi setiap lembah dan oasis untuk menggembala ternaknya dan mengelola pertanian.

Karenanya bulan ini disebut dengan sya’ban, dimana kata tersebut berasal dari “Syi’b” yang artinya adalah lembah.

  1. Romadlon

Semua umat Islam pasti mengelu elukan bulan ini, sebab banyak rahmat dan keberkahan akan diturunkan pada bulan ini.

Saat itu pula setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Sebenarnya secara bahasa kata رمضان ini memiliki makna panas terik.

  1. Syawwal

Kata شوال memiliki arti peningkatan atau terbit. Sehingga bulan ini bisa dimaknai dengan peningkatan kualitas diri setelah bulan sebelumnya melakukan latihan melawan hawa nafsu.

  1. Dzulqaidah Dan Dzulhijjah

Dua bulan ini termasuk dalam 4 bulan yang diharamkan untuk berperang atau melakukan perbuatan keji.

Secara harfiah kata dzulqo’idah memiliki arti “yang empunya rumah sedang duduk”. Karena memang pada zaman dahulu penduduk Arab mempunyai kebiasaan tinggal di rumah sepanjang bulan ini.

Sedangkan kata dzulhijjah memiliki arti “yang empunya haji”. Tersebab itu pada bulan ini seluruh umat muslim melaksanakan ibadah haji.

Asal Usul Penamaan Bulan Pada Kalender Masehi

Nama Bulan Dalam Bahasa Arab Serta Penjelasan Lengkapnya

aruncomell.blogspot.com

Berbeda dengan bulan Hijriyah, kalender Masehi ditentukan berdasarkan perhitungan matahari, atau tepatnya bagaimana perputaran matahari. Putaran ini pun kemudian sebagai penentu jumlah hari pada bulan Masehi.

Berikut kami cantumkan pula asal usul penamaan bulan pada tahun Masehi, mari simak selengkapnya di bawah ini:

  1. Januari

Nama bulan ini diambil dari nama dewa kepercayaan bangsa Roma yaitu Janus. Dewa itu memiliki dua wajah yang saling bertolak belakang.

Arah wajah yang menghadap ke depan dimaknai sebagai gambaran masa depan, sedangkan arah yang menghadap ke belakang memilki makna pandangan masa lalu.

  1. Februari

Kata ini diambil dari istilah pesta penyucian yang dilangsungkan setiap tanggal 15 Februari oleh bangsa Romawi. Isitilah tersebut disebut diambil dari kata latin yaitu Februa.

  1. Maret

Sedangkan bulan ini berasal dari nama dewa perang dalam kepercayaan bangsa Romawi Kuno yang bernama Mars. Ia dikenal dengan keberaniannya yang tak terkalahkan.

  1. April

Menurut beberapa pendapat asal kata bulan ini berasal dari kata Aphrodite yang merupakan dewi cinta. Sedangkan pendapat lain mengungkapkan bahwa kata april berasal dari kata Aperire yang artinya membuka.

  1. Mei

Berdasarkan sejarah, nama bulan ini diambil dari nama seorang dewa musim semi kepercayaan masyarakat Eropa yang bernama Maia Majesti.

  1. Juni

Orang Eropa mempercayai bahwa bulan ini merupakan bulan yang baik untuk melakukan pernikahan.

Karenan memang konon kata juni berasal dari nama seorang dewi feminim bernama Juno. Ia adalah dewi yang merepresentasikan harkat kewanitaan yang bisa membawa kebahagiaan.

  1. Juli

Bulan juli berasal dari nama seorang pemimpin Romawi yakni Julius Caesar sebagai bentuk penghormatan.

  1. Agustus

Nama bulan ini juga diambi dari nama kaisar Romawi pertama yaitu Galius Julius Caesar Augustus.

  1. September

Sedangkan nama bulan september berasal dari kata septa yang artinya tujuh. Karena memang mulanya pada kalender Julian bulan ini berada diurutan ketujuh.

  1. Oktober

Nama bulan ini juga sama dengan sebelumnya diambil dari kata Okto atau delapan.

  1. November

Kata november berasal dari bahasa latin yang berarti sembilan. Artinya bulan ini dulu adalah bulan ke sembilan pada kalender Julian.

  1. Desember

Nama bulan ini diambil dari kata Decem yang memiliki arti sepuluh.

Penutup

Bagaimana informasi di atas? Apakah menambah pengetahuanmu tentang sejarah dibalik penyebutan nama nama bulan? Atau juga membuat kosa kata Bahasa Arabmu semakin kaya?

Kami berharap demikian. Semoga apa yang disampaikan di atas bisa bermanfaat untuk para pembaca meskipun hanya sedikit sekali.

Demikianlah artikel tentang nama bulan dalam Bahasa Arab yang bisa kami bagikan. Sekali lagi semoga bermanfaat, tetap sehat semuanya.

Leave a Reply