10 Puisi Guru Berbagai Tema Tentang Rindu, Cinta, dan Benci

10 Contoh Puisi Guru Berbagai Tema Tentang Rindu, Cinta, dan Benci

Kamu butuh inspirasi untuk menulis puisi tentang guru? Yuk simak artikel berikut ini

Guru adalah salah satu orang yang berjasa dalam hidup kita. Kendatipun terkadang kita jengkel, sebal, atau bahkan marah karena titahnya.

Tetapi toh niat seorang guru adalah baik, memberikan ilmu kepada murid. Oleh karenanya sudah sepatutnya kalau kita menghormati dan mencintai beliau seperti kita menghormati dan mencintai orangtua kita.

Kita mungkin tidak bisa membalas kebajikannya dengan setimpal, tetapi setidaknya kita membalasnya dengan sikap hormat kita kepada seorang guru.

Sikap hormat ajuga ta’dzim ini bisa juga diekspresikan dalam banyak hal loh. Selain dari perbuatan dan ucapan, kita juga bisa mengekspresikannya lewat tulisan yang disusun dengan kata-kata indah berupa puisi.

Lewat puisi ini kita bisa mengungkapkan rasa cinta dan hormat kita kepada seorang guru.Dan kalau kamu juga tertarik ingin membuat sebuah puisi tentang guru, coba deh simak beberapa contoh puisi guru di bawah ini. Siapa tahu bisa menginspirasimu dalam membuat sebuah puisi:


Puisi  Tentang Kerinduan Kepada Guru


10 Puisi Guru Berbagai Tema Tentang Rindu, Cinta, dan Benci

jagad.id

Tema puisi tentang guru ini memang sangat luas. Salah satu sub tema yang kemudian bisa diambil untuk dijadikan bahan puisi adalah tentang kerinduan kepada guru.

Seorang murid yang taat dan ta’dzim pastilah pernah merasakan kerinduan kepada guru, seperti halnya kita merindukan seorang kekasih.

Baginya guru adalah orang terkasih karena telah memberi ilmu yang barangkali ia dapat dengan susah payah.

Guru adalah orang yang penuh dengan kebijaksanaan, sehingga pantaslah jika ia dirindukan seperti isi dari puisi berikut ini:

Pak Mamad

Suatu pagi kala aku masih anak-anak

Kulihat sosoknya begitu bijak

Usianya sudah tak muda lagi

Tapi jiwanya selalu berapi api

Ia masuk kelas dengan senyuman ramah

Salam tak lupa ia ucapkan

Kemudian perlahan ia duduk dan meletakkan tas

Ia juga meminta kami melakukan hal yang sama

Dan tentu saja ia mengajak kami berdoa

Aku selalu menunggu momen berdoa usai

Sebab, setelah nya aku akan mendengar dongeng yang memikat

Ia pandai membaca suasana hatiku dan teman-temanku

Ketika kami mulai bosan, ia dengan cerdiknya mengubah suaranya dan membawa kami masuk kembali ke dalam cerita itu

Pada waktu lain, ia juga membacakan saja-sajak yang indah

Dan untuk pertama kalinya aku juga berniat menjadi seorang penyair

yang menulis kesedihan, kebahagiaan, kemarahan, dan kebencian dengan sajak.

Ia pak mamad

Selalu mengingatkan kami

Anak-anak yang lugu dan polos

hiduplah sesuka kalian

Asal tidak menyakiti kemanusiaan, katanya.

Tentu dulu kami tak mengerti maksudnya

Tetapi kami tetap mengingatnya sampai hari ini

Lalu pada suatu tahun

Ia berhenti menjadi guru

Bukan karena pensiun

Ia dipecat

Karena menuntut kepala sekolah yang korupsi.


Puisi Tentang Kritikan Terhadap Guru


Meskipun seorang guru adalah sosok yang mestinya bijaksana, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa memang terdapat beberapa guru yang tidak bisa menjadi sosok tersebut.

Oleh karenanya diperlukan sebuah kritik agar guru tersebut bisa memperbaiki diri. Nah gimana ya kalau kritikan tersebut dituangkan dalam bentuk puisi?

Yuk deh kita lihat contoh puisi yang berisi keritikan terhadap guru berikut ini:

Guru Sejati

Seorang guru

Seharusnya digugu dan ditiru

Seperti kata pepatah

Guru kencing berdiri, murid kencing berlari

Ia mengemban tanggung jawab besar

Tidak hanya sekedar memberikan tugas dari buku-buku pelajaran

Atau juga memberikan ujian

Lalu memberikan nilai yang memuaskan

Seorang guru

yang kutahu

Tak pernah membandingkan murid satu dan lainnya

Karena ia tahu benar

Bahwa setiap orang punya potensi yang berbeda-beda.

Bahwa ikan tidak bisa dinilai dari caranya memanjat pohon

Dan kera tidak bisa dinilai dari caranya berenang

Seorang guru

Tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan

Ia tidak memanfaatkan ilmunya untuk kepentingan pribadinya saja

Sebab ia tahu

Ilmu itu tidak berarti apa-apa

Jika hanya mandek pada dirinya

Seorang guru

Yang ku tahu

Hanyalah manusia biasa

Tetapi memberi peran besar pada kehidupan

Puisi Guru Berbahasa Inggris Dan Artinya

10 Puisi Guru Berbagai Tema Tentang Rindu, Cinta, dan Benci

silabus.org

Nih untuk kamu yang sedang coba-coba membuat sebuah puisi dalam bahasa inggris, boleh deh kamu memulainya dengan membuat puisi tentang seorang guru.

Di bawah ini mimin sajikan contoh puisi tentang guru dalam bahasa inggris beserta artinya. Supaya teman-teman yang kurang paham banget dengan bahasa inggris bisa juga menghayati puisi tersebut. langsung saja kita lihat puisi tersebut, check this out:

Teachers

Teachers, you open up young minds

Show them the wonders of the intellect

And the miracle of being able

To think for themselves

Teachers, you are exercises the mental muscles of students

Stretching and strengthening

So they can make challenging decosions

Finding their way in this world

The best teachers care enough

To gently push and prod students

To do their best and fulfill their potential

Thank you, teachers

 

Artinya:

Guru, kaulah orang yang telah membuka pemikiran

Menunjukkan kepada mereka tentang keajaiban intelektual

Keajaiban tentang berpikir terbuka

Juga mandiri

Guru, kaulah orang yang telah melatih mental murid-murid

Orang yang selalu menguatkan

Agar sang murid berani mengambil keputusan tepat

Kaupun yang menemukan jalan mereka di dunia ini

Kaulah guru terbaik

Yang selalu lemah mengajar dengan penuh lemah lembut

Tuk melakukan yang terbaik sesuai dengan potensi mereka

Terimakasih, Guru.


Puisi Tentang Guru Karya Penyair Ternama


Penyair-penyair ternama pun tidak lupa kepada guru yang telah memberikan ilmu. Karena guru adalah orang yang juga berkontribusi dalam membuat namanya menjadi besar.

Barangkali guru itu sendiri merasa tidak memberikan banyak hal, tetapi seorang yang berjiwa besar tetap mengingat jasa itu.

Meski bahkan namanya lebih besar dari guru tersebut. yuk kita simak puisi dari penyair ternama di bawah ini, semoga kita bisa mendapat pelajaran darinya:

Karya Gus Mus

Siapa sih yang tidak kenal Gus Mus? Seorang Ulama, Kyai, Sastrawan, Juga guru besar ternyata pernah membuat puisi tentang guru yang begitu liris.

Dan tentu saja ada sedikit sindiran terhadap sikap kita terhadap guru hari ini. Langsung saja kita lihat puisi tersebut:

Ketika aku kecil dan menjadi muridnya

Dialah di mataku orang terbesar dan terpintar

Ketika aku besar dan menjadi pintar

Ku lihat dia begitu kecil dan lugu

Aku menghargainya dulu

Karena tak tahu harga guru

Ataukah kini aku tak tahu

Menghargai guru?

Karya Kahlil Gibran

Kahlil Gibran penyair asal lebanon yang terkenal dengan puisi-puisi cintanya, juga pernah membuat puisi untuk seorang guru. Mari kita lihat bagaimana puisi tersebut:

Barang siapa mau menjadi guru

Biarlah dia memulai mengajar dirinya sendiri

Sebelum mengajar orang lain

Dan biarkan pula dia mengajar dengan teladan

Sebelum mengajar dengan kata-kata

Sebab, mereka yang mengajar dirinya sendiri

Dengan membenarkan perbuatan-perbuatan sendiri

Lebih berhak atas penghormatan dan kemuliaan

Daripada mereka yang hanya mengajar orang lain

Dan membenarkan perbuatan-perbuatan orang lain

Karya W.S Rendra

Nah kalau sajaknya W.S Rendra tentang guru ini penuh dengan kritikan, yuk kita lihat langsung:

“Sajak SLA” (22 Juni 1977)

Murid-murid mengobel kentit ibu gurunya

Bagaimana bisa itu mungkin?

Itu mungkin.

Sebab tak ada patokan untuk apa saja

 

Semua boleh.

Semua tak boleh.

Tergantung pada cuaca

Tergantung pada amarah dan girangnya sang raja

Tergantung pada kuku-kuku garuda dalam mengatur kata

 

Ibu guru perlu sepeda motor dari Jepang

Ibu guru ingin hiburan juga cahaya

Ibu guru ingin atap rumahnya tak bocor

Ibu guru ingin pula jaminan pil penenang,

Tonikum-tonikum dan obat perangsang yang dianjurkan dokter

 

Maka berkatalah dia kepada murid-muridnya

“Kita bisa mengubah keadaan.

Anak-anak akan lulus lulus ujian kelas,

Terpandang diantara tetangga,

Boleh dibanggakan pada kakak mereka.

Soalnya adalah tentang kerjasama antara kita.

Jangan sampai kerjaku terganggu,

Sebab atap bocor.”

 

Dan papa-papa semuanya senang

Di pegang-pegang tangan ibu guru,

Dimasukkan duit daam genggaman,

Serta sambil lalu,

Dalam suasana persahabatan,

Teteknya disinggung dengan siku.

 

Demikian murid-murid mengintip semua ini.

Itulah ajaran tentang perundingan,

Perdamaian, juga santainya kehidupan.

 

Ibu guru berkata

“Kemajuan akan berjalan lancar.

Kita harus menguasai mesin industri.

Kita harus maju seperti Jepang, Amerika, Jerman

Sekarang keluarkanlah daftar logaritma.”

 

Murid-muridpun tertawa,

Dan mengeluarkan rokok mereka.

 

“Karena mengingat kesopanan,

Jangan kalian merokok.

Kelas adalah ruang tuk belajar

Dan sekarang daftar ogaritma!”

 

Murid-muridpun tertawa dan berkata

“Kami tak suka daftar logaritma.

Taka da gunanya!”

 

“Kalian tak ingin maju?”

 

“Kemajuan bukan soal logaritma,

Namun adalah soal perundingan.”

 

“Jadi, apa yang kalian inginkan?”

 

“Kami tak ingin apa-apa.

Kami sudah punya semuanya.”

 

“Kalian ngacau!”

 

“Kami tak mengacau

Kami tak berpolitik

Kami merokok dengan santai

Seperti ayah-ayah kami di kantor mereka:

Santai, tanpa politik berunding dengan Cina

Berunding dengan Jepang

Mencipta suasana girang.

Dan di saat ada pemilu,

Kami membantu keamanan,

Meredakan partai-partai.”

 

Murid-murid tertawa

Mereka menguasai perundingan

Ahli lobbying

Paham akan gelagat

Pandai mengikuti keadaan

 

Mereka duduk di kantin,

Minum sitrun,

Menghindari ulangan sejarah.

Mereka tertidur di bangku kelas,

Yang telah mereka bayar sama mahal

Seperti sewa kamar hotel.

 

Sekolah adalah pergaulan,

Yang ditentukan oleh mode.

Yang dijiwai oleh impian kemajuan menurut iklan.

Dan bila ibu guru berkata:

“Keluarkan daftar logaritma!”

Murid-muridpun tertawa

Dan di dalam suasana persahabatan,

Mereka mengomel ibu guru mereka


Puisi Tentang Guru Lainnya


10 Puisi Guru Berbagai Tema Tentang Rindu, Cinta, dan Benci

ibnudin.net

Selain dari contoh-contoh di atas mimin juga masih akan memberikan puisi-puisi yang bertemakan guru dengan pembahasan yang berbeda-beda.

Mulai dari ungkapan terimakasih, penggambaran guru adalah pahlawan, atau juga yang lain-lainnya. dari pada berlama-lama yuk langsung saja kita lihat puisi di bawah ini. Semoga bisa dijadikan referensi, atau juga inspirasi, atau setidaknya tambahan diksi deh. Let’s kill this love, eh let’s check this out maksudnya hehe:

Perubahan

Aku tahu benar

Bahwa segala sesuatu pasti berubah

Dan yang tidak pernah berubah

Adalah perubahan itu sendiri

Aku tahu benar

Zaman semakin canggih

Segala hal bisa didapatkan dengan mudah

Setiap orang bisa tenar dalam hitungan jam

Aku tahu benar

Peradaban manusia juga berkembang

Orang mengecam perbudakan

Orang juga menjunjung tinggi HAM

Tapi aku tak tahu benar

Kenapa orang menjadi semakin brutal

Guru-guru diancam dengan kasar

Bahkan dipukul hingga memar

Terima Kasih Atas Jasamu Wahai Guruku

Mengajar mendidik dan memberikan segala ilmumu setiap hari

Kau tidak pernah merasa jemu memberikan kami pengetahuan

Terima kasihku untukmu guruku yang sabar dan baik hati

Terima kasihku persembahkan hanya untukmu wahai guruku

Setiap hari kami panjatkan doa untukmu

Semoga kau ceria selalu

Segala perhatianmu kau berikan untuk kami

Setiap hari kau tanamkan benih pengetahuan dan motivasi

Kaulah yang menunjukkan potensi yang kumiliki

Terima kasih telah kami ucapkan atas segala hal yang kau lakukan

Kami sangat kagum denganmu setiap hari

Guruku kaulah yang utama dihatiku

Terima Kasih Guruku Yang Baik

Terima kasih guruku yang ku cinta

Kau ajarkan ku menjadi orang yang pintar dan pandai

Terima kasih guruku engkaulah favoritku

Kau luangkan waktu hanya untuk kami

Kau ajarkan kami pelajaran yang sulit menjadi mudah

Terima kasih atas perhatian dan ilmumu

Banyak hal yang kami dapatkan darimu

Rasanya terima kasih tidak cukup untuk kami berikan untukmu

Guruku yang baik hati kau telah membunuh ketakutanku

Kau membuatku lebih percaya diri

Kebodohan yang kumiliki sirna karenamu

Kini ku menjadi insan yang cerdas dan berbudi pekerti

Karenamu kini ku merasa hebat

Terima kasih sekali lagi kami ucapkan untukmu wahai guruku

Terimakasih Guru Karenamu Ku Gapai Cita-Citaku

Guruku kau ajarkanku arti hidup yang sebenarnya

Kau berikan ilmu sedikit demi sedikit hingga kami paham

Kau tidak pernah merasa lelah dan letih

Dengan ilmu yang kumiliki aku bisa menggapai cita-citaku

Aku bisa menjadi apa yang aku inginkan

Saat kau mengajarkan ilmumu aku selalu memperhatikan

Kau selalu sabar saat ku selalu bertanya

Guruku kaulah seorang yang memiliki kharisma

Kau yang memberikan ilmu yang bermanfaat

Terima kasih Guruku tersayang

karena telah menjadi panutan hidup ku

aku selalu mengingat banyak hal yang engkau ajarkan

Aku ingin sepertimu

Guruku kau seorang yang cerdas  dan menarik

Kau orang yang percaya diri serta bersahaja.

Guruku kau memiliki pengetahuan yang luas dan mudah dimengerti

Kau mengajarkan kami dengan hati dan sikap yang lemah lembut

Kau selalu mendorong kami dalam kebaikan

Segala kekuatan telah engkau berikan untuk kami

Masa depan kami tampak cerah karena ilmu darimu

Kami sangat beruntung memiliki guru sepertimu

Kini tujuan hidupku menjadi jelas karenamu

Karenamu rasa ragu dan gelisah kini hilang

Terima kasih guruku kau telah memberikan titik terang untuk masa depanku

Doa Kami Selalu Untukmu Guruku Tercinta

Saat kami bertemu denganmu di kelas kami sangat senang

Berbagai tantangan engkau berikan untuk kami agar kami cerdas

Kau berikan motivasi dan ilmu agar kami pandai

Kau selalu memberikan kami yang terbaik

Tutur katamu membuka wawasan dan pikiran kami agar selalu berkembang

Guruku kau sangat bijaksana dan bersahaja

Kau yang membantu kami menemukan tujuan hidup dan cita-cita kami

Guruku kini kami mengerti bagaimana harus berjuang

Terima kasih yang mendalam untukmu guruku

Tanpamu kami bukan apa-apa wahai guruku

Kami sangat bahagia karena kehadiranmu di hidup kami

Kami jadi mengetahui banyak hal yang sebelumnya kita tidak tahu

Kau adalah kenangan terindah kami yang tidak akan terlupakan

Kami selalu mendoakan kebahagiaan dihidupmu serta umur yang panjang

Doa kami selalu menyertaimu wahai guruku tercinta


PENUTUP


Sekian dulu puisi tentang gurunya ya. Semoga beberapa contoh puisi di atas bisa menambah wawasanmu, dan juga bisa membantumu dalam membuat sebuah puisi untuk guru.

Akan sangat baik loh mendedikasikan sebuah puisi untuk seorang guru yang tercinta dan berjasa. Meskipun guru tersebut sudah berbeda alam dengan kita.

Hal itu seperti bentuk apresiasi dan juga penghargaan kita kepada guru. Kendatipun toh guru sejati tidak perlu penghargaan seperti itu.

Pokoknya selamat mencoba membuat puisi untuk gurumu! Seburuk-buruknya guru ia tetap guru yang punya niatan untuk membagi ilmunya kepada kita semua.

Keyword: Contoh puisi guru

Leave a Reply