6 Contoh Pantun Nasehat Beserta Penjelasan dan Maknanya

Pantun nasehat merupakan salah satu jenis dari puisi lama yang sampai saat ini masih dipergunakan.

Mungkin sering sekali teman-teman mendengar bahkan mengucapkan kata pantun, dalam pelajaran Bahasa Indonesia pantun juga merupakan mata pelajaran yang wajib.

Selain menjadi salah satu mata pelajaran Pantun Nasehat juga sangat berarti dan sangat efektif untuk menambah pengetahuan maupun mengajak seseorang untuk melakukan hal yang baik dan benar menurut pantun nasehat tersebut.

Tidak hanya ada di sekolah saja pantun nasehat juga sering kita dengar di tempat hiburan, saat ini pantun sering digunakan dalam komedi atau juga Stand Up Komedi yang sering kita lihat di televisi.

Ada banyak sekali jenis pantun, seperti pantun cinta, pantun untuk anak dan masih banyak lagi jenis pantun lainnya.

Namun disini kita akan fokus pada pembahasan pantun nasehat yang dapat merubah kehidupan anda dan juga cara pandang anda dalam menjalani hidup.


Contoh Pantun Nasehat


harian.analisadaily.com

Hidup adalah anugerah, maka jangan sia-siakan kehidupan ini. Perbanyak amal perbuatan untuk bekal di akhirat. Disini akan dibahas mengenai beberapa jenis contoh pantun nasihat sebagai berikut.

1. Contoh Nasehat Kemanusiaan

Hati-hati menyeberang
Jangan sampai titian patah
Hati-hati di rantau orang
Jangan sampai berbuat salah

Maknanya: Setiap manusia pasti mempunyai apa yang dinamakan salah, karena hakikatnya manusia memang tempatnya salah.

Dalam pantun di atas menjelaskan bahwa kita harus berusaha menahan amarah dan selalu bersabar, karena jika cepat marah kita akan menyakiti seseorang, maka jagalah kesabaran itu, sabar adalah emas.

2. Contoh Pantun Nasehat Tentang Kepercayaan

Jalan kelam disangka terang
Hati kelam disangka suci
Akal pendek banyak dipandang
Janganlah hati kita dikunci

Penjelasannya adalah: Kita hidup di dunia sangat tergantung dengan orang lain, namun jangan mudah percaya kepada orang lain sebelum melihat buktinya.

Seperti sekarang ini banyak sekali teman makan teman, jangan cepat percaya dengan sesorang atau berita yang belum jelas keasliannya (hoax).

3. Contoh Nasehat Balas Budi

Ada ubi ada talas
Ada budi ada balas
Sebab pulut santan binasa
Sebab mulut badan merana

Maknanya adalah : Jika kalian di tolong oleh orang lain maka jangan enggan untuk membalasnya, karena kita manusia pasti akan membutuhkan pertolongan orang lain.

Manusia merupakan makhluk sosial yang selalu butuh akan pertolongan orang lain, balaslah kebaikan dengan kebaikan, balaslah keburukan dengan kebaikan.

4. Contoh Pantun Nasehat Tentang Menuntut Ilmu

nasehatquran.com

berakit rakit ke hulu
berenang renang ke tepian
bersakit sakit dahulu
bersenang-senang kemudian

Artinya adalah: Jika kita ingin sukses dalam segi apapun maka bersusah-susah dahulu, berpayah-payah dahulu untuk menggapai impianmu.

Maka setelah kalian mendapatkan apa yang kalian mimpikan kemudian kalian bisa bersenang-senang, namun jangan sampai kebablasan terlalu senang akan prestasi juga akan mengakibatkan kerusakan dalam berfikir.

Bersenang-senang boleh saja namun perlu dibatasi sesuai dengan kebutuhan, baik itu materi dan kebutuhan yang lainnya.

5. Contoh Nasehat Tentang Tolong Menolong

Wahai ananda kuntum pilihan
Syarak dan sunnah jangan abaikan
Berbuat baik janganlah segan
Supaya engkau dirahmati Tuhan

Makna yang terkandung adalah: Berbuat baiklah maka anda akan disayang Tuhan, dengan kita berbuat baik, menolong sesama maka kita akan dimudahkan dalam segala hal oleh Tuhan.

Berbuat baik akan mendatangkan Rahmat, Rahmat adalah kasih sayang yang Tuhan berikan kepada kita.

Sebagai contoh pada saat kita ditolong oleh orang lain untuk menyelesaikan urusan atau masalah, nah itulah bentuk Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa yang diberikan kepada kita.

6. Contoh Pantun Nasehat Mengenai Rajin Belajar

Jika angin berputar-putar
Layang-layang tak terkejar
Jika adik ingin pintar
Rajin-rajilah belajar

Penjelasannya yaitu: Seperti pantun di atasnya, pantun ini juga menjelaskan bahwa jika kita ingin pintar maka rajin-rajinlah untuk belajar, jangan malas belajar agar anda pintar.

Jangan lelah untuk belajar, jika kalian menyepelekan belajar maka bersiap-siaplah menelan kepahitan kebodohan di masa mendatang.

Keyword: Contoh Pantun Nasehat

Leave a Reply