15 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Maraknya kue kekinian sekarang ini tidak langsung semata-mata membuat kue basah kehilangan peminatnya. Dibalik dari kesederhanaanya, rupanya kue basah tetap menjadi camilan favorit terlebih lagi jika ada acara-acara penting

Rasanya yang enak dan memiliki banyak ragam. Kue yang pada umumnya terbuat dengan menggunakan bahan tepung terigu, sagu, gula, santan atau kentan ini ternyata juga sangat mudah untuk membuatnya.

Daripada selalu membeli kue basah di pasar, tidak ada salahnya anda juga mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah karena harga bahan-bahannya yang cukup terjangkau.


Resep Kue Basah


Jika anda tertarik untuk membuat kue basah sendiri di rumah, berikut merupakan daftar resep kue basah yang dapat anda jadikan sebagai referensi.

1. Resep Kue Cucur

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: resepkoki.id

Kue cucur merupakan jajanan tradisional berupa kue basah yang tidak hanya ada di Indonesia saja, melainkan juga ada di negara lain, seperti Malaysia dan juga Thailand Selatan. Di Indonesia sendiri kue cucur dapat dengan mudah ditemui di pasar tradisional.

Sedangkan di Thailand, kue cucur ini biasanya disajikan pada saat festival dan juga upacara pernikahan. Sementara di Malaysia (Sarawak dan juga Brunei) dan Brunei, kue cucur ini kerap disebut seabgai Pinjaram.

Kue Basah ini terbuat dari bahan tepung beras dan juga gula aren yang digoreng. Kue cucur biasanya berbentuk tebal menggembung di bagian tengahnya dan juga tipis di bagian pinggirannya. Jika kue cucur dibiarkan maka akan membantet dan juga sangat berminyak.

Berikut adalah bahan bahan yang dibutuhan dan cara membuatnya.

Bahan Bahan:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue cucur adalah sebagai berikut:

  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung beras
  • 50 gram gula pasir
  • 100 gram gula merah
  • 200 ml air
  • 1 sendok teh bubuk kayu manis
  • Sejumput garam

Cara Membuat:

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat kue cucur:

  • Langkah pertama adalah masak air dengan gula merah dan gula pasir sambil diaduk merata, kemudian dinginkan.
  • Kedua, campurkan tepung terigu, tepung beras dan juga bubuk kayu manis.
  • Ketiga, tambahkan garam secukupnya dan larutan gula merah kedalam adonan, kemudian aduk hingga merata dan diamkan selama satu jam.
  • Keempat, goreng adonan dengan menggunakan wajan cekung dengan api yang kecil sambil disiram-siram menggunakan minyak yang juga digunakan di wajan. Ketika menggoreng tidak perlu dibalik.
  • Terakhir, angkat dan tiriskan.

2. Resep Kue Lapis Legit

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: inilahtasik.com

Kue lapis legit merupakan salahs atu kue basah tradisional Indonesia yang pada awalnya dikembangkan ketika masa kolonial Belanda dan terinspirasi oleh kue lapis Eropa.

Di Indonesia sendiri, kue lapis legit sangatlah populer. Biasanya kue basah yang satu ini dihidangkan ketika acara-acara tertentu misalnya seperti hari raya, pernikahan, perayaan lokal, pengajian, dan yang lainnya.

Kue lapis legit menggunakan bahan dasar kuning telur, tepung terigu, mentega dan juga gula. Biasanya lapis legit memiliki lapisan berjumlah 18 atau lebih. Berikut adalah bahan bahan yang dibutuhan dan cara membuatnya.

Bahan bahan:

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue lapis legit adalah sebagai berikut:

  • 4 butih putih telur.
  • 30 butir kuning telur.
  • 60 gram tepung terigu
  • 30 gram tepung maizena
  • 300 gram gula pasir halus
  • Bumbu spekuk secukupnya
  • Cake emulsifier secukupnya
  • 20 gram susu bubuk
  • 400 gram mentega

Cara Membuat:

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, berikut merupakan langkah-langkah untuk membuat kue lapis legit:

  • Masukkan 30 butir kuning telur, putih telur dan gula pasir. Kemudian kocok hingga lembut dan tercampur sempurna.
  • Masukkan satu sendok kecil cake emulsifier, kemudian kocok lagi hingga adonan mengembang.
  • Masukan tepung terigu, susu bubuk, tepung maizena, dan satu sendok kecil bumbu spekuk. Kemudian aduk hingga semua bahan tercampur secara sempurna.
  • Masukan mentega yang sudah di kocok, jangan langsung memasukannya dengan cara dituang sekaligus, melainkan ambil sepertiga bagian, kemudian haduk hingga tercampur sempurna.
  • Ulangi lagi langkah keempat sampai mentega habis dan tidak ada gumpalan di adonan.
  • Panaskan oven lalu tunggu sampai benar-benar panas sebelum memasukan loyangnya.
  • Siapkan loyang yang akan digunakan dan diberi kertas roti di bagian bawahnya. Oleskan juga sedikit margarin agar tidak lengket.
  • Tuang adonan sekitar 50-60 gram untuk lapisan pertama dan ratakan.
  • Masukkan kedalam open, gunakan api bawah dan panggang hingga agak kecokelatan.
  • Tuang lagi adonan diatasnya, masukan oven, gunakan api atas sampai berwarna kecokelatan.
  • Masukkan ladi adonan sebanyak adonan pertama dan kedua lalu tekan supaya rata dengan penekan khusus yang sudah di olesi terlebih dahulu dengan mentega agar tidak lengket.
  • Panggang lagi dengan api atas hingga berwarna agak kecokelatan sekitar 5 menit
  • Ulangi hingga semua adonan habis
  • Terakhir, panggang lagi sekitar 15 menit hingga kue lapis legit benar-benar matang.

3. Resep Dadar Gulung Isi Kelapa Gula Merah

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: cookpad.com

Saat ini kue dadar gulung seringkali ditemukan di berbagai acara seperti arisan, aqiqah dan sudah menjadi variasi rasanya. Berikut resep kue dadar gulung isi kelapa gula merah.

Bahan Kulit :

  • 1/2 butir telur (kocok lepas)
  • Garam secukupnya (1/6 sdt)
  • 25 ml air dari 1 lembar daun pandang (peras ambil airnya) dan 5 lembar daun suji (peras ambil airnya)
  • 150 ml santan kelapa
  • 75 gram tepung terigu

Bahan Isi:

  • Garam (secukupnya)
  • 75 ml air
  • 1 lembar daun pandan (peras airnya)
  • 100 gram kelapa parut (pilih kelapa yang masih muda tapi juga tidak terlalu muda)
  • 75 gram gula merah (sisir halus)

Cara Membuat Kulit:

  1. Campur semua bahan hingga membentuk adonan. Pertama, campurkan terigu, telur kocok dan garam.
  2. Selanjutnya, masukkan air santan dan air daun pandan serta daun suji. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  3. Jika sudah, cetak di atas wajan (gunakan wajan teflon yang datar). Dadar tipis-tipis seperti membuat kulit lumpia
  4. Cetak semua kulit hingga adonan habis.

Cara Membuat Isi:

  1. Panaskan wajan, masukkan kelapa parut, gula merah siri dan garam.
  2. Tambahkan air lalu aduk hingga rata. Masak sampai matang dan air di dalam adonan ini berkurang (kering).
  3. Jika kulit dan isi sudah terbuat. Selanjutnya kamu bisa membuat dadar gulung.
  4. Letakkan kulit lalu beri satu sendok makan isi di atasnya. Usahakan agak di pinggir saja meletakkan isi agar mudah untuk digulung.
  5. Lipat kulit untuk menutup isi. Lipat juga bagian sisi kanan dan kiri. Selanjutnya, kamu bisa menggulungnya.
  6. Dadar gulung pun telah jadi dan siap untuk disajikan.

4. Resep Bika Ambon Bulat

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: bukalapak.com

Kue ini disebut bika ambon karena pertama kali dijual di simpang jl Ambon-sei kera Medan, dan diperkirakan sebutan bika ambon muncul dari kebiasaan masyarakat yang dahulu baru mengenal bika yang diproduksi dijalan ambon, Medan.

Bika ambon umumnya berbentuk berbentu kotak, tapi resep kali ini menggunakan cetakan kue lumpur untuk membuat bika ambon.

Bahan biang:

  • 100 gr tepung terigu
  • 125 ml air
  • 1 bungkus ragi instan

Bahan-bahan:

  • 225 gr tepung tapioka pk tani gunung
  • 25 gr tepung ketan putih
  • 7 butir telur

Bahan rebusan:

  • 300 ml santan kental
  • 1 ruas kunyit (bisa pake kunyit bubuk)
  • 15 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang serei geprek
  • 2 lembar daun pandan
  • 300 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam.
  • Kayu manis

Cara membuat:

  1. Masak bahan rebusan sampai mendidih saring biarkan hangat.
  2. Aduk bahan biang diamkan 15 menit.
  3. Campur tepung tapioka, tepung ketan dan biang aduk rata.
  4. Masukan telur satu persatu sambil di aduk sampai 20 menit.
  5. Masukan bahan rebusan sedikit demi sedikit sambil di aduk 20 menit diamkan 2-3 jam.
  6. Panaskan cetakan lumpur olesi dengan sedikit margarin.
  7. Tuang adonan 3/4 cetakan biarkan berlubang-lubang lalu tutup sebentar, angkat.
  8. Cetakan harus benar-benar panas agar seratnya cantik.
  9. Kalau mau seratnya besar bisa di oven.

5. Resep Roti Ayam Selimut

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: tribunnews.com

Menu satu ini adalah menu praktis buat sarapan pagi. Selain tidak terlalu berat, roti ini juga dapat mengenyangkan.

Menu Sarapan satu ini sangat cocok untuk orang yang sibuk dipagi hari. Misal kerja kantoran, anak sekolah, kuliah saolnya gampang untuk dibawa kemana-mana.

Bahan :

  • 10 lembar roti, digiling sampe tipis
  • 1 bungkus tepung roti kasar
  • 1 Kuning telur
  • Putih telur untuk melengketkan roti

Isi :

  • 300gr ayam dicincang-cincang
  • Keju ( keju lembaran atau sesuai selera )
  • tomat yang telah dipotong-potong
  • mentimun yang telah dipotong-potong
  • telur dadar
  • saos sambel ( bisa diganti sesuai selera)

Cara Membuat :

  1. Masukkan semua isi ke roti yang telah digiling, kemudian gulung roti dan rekatkan roti menggunakan putih telur.
  2. Roti yang telah digulung tadi dicelupkan ke dalam kuning telur kemudian masukan ke dalam tepung roti,
  3. Masukkan roti yang telah dilumuri dengan tepung roti ke dalam mentega atau minyak yang telah dipanaskan.
  4. Masak hingga kecoklatan. Kemudian tiriskan
  5. Roti Ayam Selimut siap disajikan.

6. Cara Membuat Kue Lapis Legit Kismis

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: merahputih.com

Bingung membuat suguhan apa untuk arisan, atau untuk pertemuan keluarga. Tidak usah bingung kami disini akan berikan resep kue lapis legit, yang membuat beda kue ini di dalamnya ada taburan kismis.

Lihat bahan-bahan yang kami tuliskan di bawah berserta dengan caranya, semoga bisa membantu anda semua.

Bahan-bahan :

  • Tepung Terigu 200 gram
  • Baking Powder 1/4 sendok makan
  • Soda Kue 1/4 sendok makan
  • Mentega / margarin 100 gram
  • Gula halus 500 gram
  • Susu cair 3 sendok makan
  • Kismis cincang / krenten 100 gram
  • Kuning telur 1 butir

Cara Membuat :

  1. Pertama lebih dahulu campurkan tepung terigu, gula serta mentega. Lalu remas-remas adonan sehingga bisa menjadi butiran kecil.
  2. Setelah itu masukkan susu sedikit demi sedikit, sambil diremas sampai adonan dapat dibentuk.
  3. Kemudian adonan ditipiskan lalu bentuk lembaran-lembaran persegi dengan tebal kurang lebih 0,2 cm.
  4. Jadikan adonan ini menjadi 2 bagian, lalu beri taburan kismis cincang yang sudah disiapkan, lalu tutup dengan adonan yang lain sambil ditekan agar lengket. lalu giling bersama-sama supaya tebalnya merata.
  5. Beri olesan kuning telur pada permukaan adonan, lalu potong sebesar 4X6cm, pindahkan adonan yang sudah dipotong ke loyang yang sudah disediakan.
  6. Panggang adonan hingga matang dan berwarna coklat.

7. Resep Kue Srikaya

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: tokopedia.com

Makanan satu ini sering kita temui di daerah Palembang. Makanan yang manis dan gurih ini emang benar-benar buat ketagihan.

Biasanya Kue Srikaya ini dimakan dengan ketan. Kalau di Palembang, Kue Srikaya ini sering ditemui pada saat acara-acara pernikahan maupun acara lainnya.

Membuat makanan satu ini tidak terlalu sulit, berikut resep dan cara membuat kue srikaya khas Palembang yang enaknya menggoda.

Bahan Kue Srikaya:

  • 500 gr Santan Kental
  • 1/2 kg Gula pasir
  • 5 butir telur
  • Pewarna makanan warna hijau (pasta Pandan)
  • Garam secukupnya
  • Tepung maizena ( jika perlu)

Cara Membuat Kue Srikaya:

  1. Telor dikocok lepas
  2. Kemudian telor yang telah dikocok, dicampur dengan semua bahan yang ada.
  3. Kemudian adonan dimasukkan ke dalam cetakan kecil, kemudian dikukus sampai matang.
  4. Makanan siap disajikan.

8. Resep Kue Putu Ayu

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: resepdanmasakan.com

Ada yang tahu kue putu ayu? Jika belum, artikel ini akan menjelaskan tentang apa itu kue putu ayu dan bagaimana cara membuatnya.

Kue putu ayu atau yang juga kerap disebut kue putri ayu merupakan salah satu makanan/jajanan pasar tradisional yang hingga saat ini masih populer dan digemari banyak orang.

Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan empuk serta berbentuk seperti bolu kukus. Memiliki rasa yang manis, lezat dan cita rasa yang tradisional.

Umumnya, kue putu ayu ini di beri taburan kelapa parut di atasnya. Kue putu ayu biasanya berwarna hijau muda yang lembut dan empuk.

Kue ini dibuat dengan cetakan kue putu ayu yang spesial dan dimasak dengan cara dikukus sekaligus dengan kelapa parutnya. Kue putu ayu termasuk jenis kue basah, Anda wajib mencoba resep putu ayu berikut ini.

Bahan-bahan Kue Putu Ayu atau Putri Ayu

  • 150 g tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 200 g gula pasir
  • 100g kelapa muda parut
  • 200 ml santan
  • Garam
  • Pasta Pandan secukupnya ( untuk warna hijau )

Cara Membuat Kue Putu Ayu atau Putri Ayu

  • Kocok telur dan gula pasir sampai mengembang dan tambahkan tepung terigu aduk rata
  • Tuangkan santan secara bertahap sambil diaduk sampai merata
  • Masukkan pasta pandan, aduk sampai merata,
  • Masukan kelapa dan garam, kemudian aduk kembali
  • Ambil cetakan, masukkan kelapa lalu tekan supaya padat
  • Tuang adonan sampai cetakan penuh
  • Panaskan pengukus, kukus adonan selama lebih kurang 15 menit.
  • Angkat
  • Kue putu ayu siap disajikan

9. Resep Serabi Durian Keju

√ 9 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: food.detik.com

Makanan ringan satu ini bisa dibilang pancake nya Indonesia. Serabi memang mirip bentuknya dengan pancake, tapi yang pasti beda rasa.

Apalagi kalo dibandingin dengan Resep Serabi Durian Keju Spesial yang ini. Makanan yang sangat terkenal di kota kembang Bandung ini banyak banget peminatnya.

Serabi juga banyak macamnya. Awalnya sih serabi hanya menggunakan kuah santan, tapi semakin kesini serabi lebih modern.

Kali ini aku mau berbagi Resep Serabi Durian Keju Spesial. Sebelum kita tau cara membuatnya, mending kita cari tau dulu manfaat dari durian dan keju. Jadi apa yang kita makan, kita tau bermanfaat atau nggak buat tubuh kita.

Durian merupakan buah yang amat sangat terkenal dengan bau nya yang khas dan rasa nya yang bikin orang nagih. Durian mengandung vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6.

Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein.

Phytonutrient mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, mencegah katarak dan menurunkan resiko terhadap penyakit-penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung dan hipertensi.

Kandungan yang paling penting lagi adalah Tryptopan. Tryptopan ini dikenal dapat memberikan efek mood yang baik untuk kita. Sehingga durian dapat mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, stress, rasa sakit, dll.

Sedangkan manfaat keju tidak kalah dengan durian. Keju mengandung Vitamin A, Vitamin B12, Vitamin B6, Ribovlafin, Fosfor, Selenium, dan kaya akan kalsium. Dengan mengonsumsi keju berarti kita telah menjaga kesehatan tubuh kita dari penyakit.

Nah, banyak kan manfaat durian dan keju bagi tubuh kita. Serabi yang terbuat dari tepung dan bahan lainnya juga banyak sekali mengandung zat yang dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh kita. Nggak ragu lagi kan mau belajar buat serabi?

Bahan :

  • 250 gr tepung beras
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 50 gr gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur ayam
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa parut
  • 1/4 sdt garam
  • Durian
  • Keju diparut

Bahan Saos Durian :

  • 50 gram gula merah, dibuat halus
  • 25 gram gula pasir
  • 150 mili liter santan dari 1/4 butir kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • 200 gram daging durian (sesuai selera)
  • 2 tetes esense atau perasa durian
  • Garam secukupnya

Cara Membuat :

  1. Aduk hingga rata tepung terigu, garam, serta telur. Masukkan santan hangat kuku sedikit demi sedikit sambil diaduk 20 menit sampai santan habis. Diamkan 30 menit, tambahkan baking powder. Aduk hingga rata.
  2. Tuang adonan ke atas cetakan serabi dari tanah liat yang sudah dipanaskan. Diamkan sampai berlubang atau meletup kecil.
  3. Tutup cetakan serabi dari tanah liat. Biarkan serabi matang.

Cara Membuat saos durian :

  1. Rebus gula, santan, serta garam hingga mendidih. Tambahkan daun pandan dan daging durian sampai mendidih, masukan esense atau perasa durian. Aduk hingga rata.
  2. Setelah semua selesai, sajikan serabi dan siram serabi dengan kuah durain diatasnya. Kemudian taburi keju.
  3. Selamat menikmati.

10. Resep Kue Pukis

√ 15 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: primaberita.com

Kue pukis merupakan salah satu jajanan tradisional yang termasuk kue basah dan dibuat dengan menggunakan adonan telur, tepung terigu, santan, gula pasir, dan ragi.

Adonan yang sudah dibuat tersebut kemudian akan dituangkan ke dalam cetakan dengan bentuk seperti setengah bulan lalu dipanggang di atas api, namun bukan oven.

Bentuk cetakan dari kue pukis sendiri terlihat mirip dengan kue pancong. Selain itu tidak jarang juga ada sebagian orang yang keliru mengira kue pukis adalah kue pancong ataupun sebaliknya.

Sekarang ini, kue pukis sudah tersedia banyak sekali varian yang dibuat dengan kreativitas dan menghasilkan kreasi kue pukis yang baru dan juga lezat. Selain kreasi, toping kue pukis juga sekarang sudah beragam.

Tertarik ingin mencoba membuat kue pukis sendiri di rumah? Simak resepnya di bawah ini.

Bahan:
– 25 gram tepung terigu
– ½ sendok makan ragi instan (fermipan)
– 50 ml air hangat
– 150 gram gula pasir
– 250 gram tepung terigu
– 3 telur
– 300 ml santan kental hangat
– ½ sendok the garam
– 50 minyak sayur

Cara Membuat:
1. Campurkan dan aduk bahan 25 gram tepung terigu, ½ sendok makan ragi instan dan 50 ml air hangat secara rata dan biarkan kurang lebih selama 10 menit sampai berbuih.
2. Kocok telur dan juga gula pasir sampai kental.
3. Jika menggunakan mixer, kecilkan mixer lalu masukkan bahan yang sudah diaduk di langkah pertama, terigu dan juga santan sedikit demi sedikit secara bergantian dan secara rata.
4. Masukkan garam dan juga minyak sayur, lalu aduk sampai merata.
5. Jika sudah, diamkan adonan kurang lebih selama 1 jam, sampai adonan mengembang.
6. Panaskan cetakan kue pukis dengan menggunakan api kecil, lalu oleskan margarin dan tuang adonan ¾ cetakkan kemudian tutup dan tunggu sampai matang, lalu angkat.
7. Kamu bisa menambahkan toping sesuai keinginan kamu setelah menuangkan adonan ke cetakan atau setelah matang.

Catatan:
– Gunakanlah wadah atau tempat yang besar ketika mengocok telur karena adonan yang dibuat akan mengembang menjadi 2x lipat.
– Aduklah adonan setiap kali akan menuangkannya kecetakan untuk menghilangkan gelembung dan membuat permukaan kue tetap mulus.
– Jika kamu ingin berkreasi, kamu bisa menambahkan pasta pandan atau coklat ke adonan untuk memberikan rasa yang berbeda.

11. Resep Onde-Onde

√ 15 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: cookpad.com

Onde-onde merupakan jajanan pasar yang juga populer di Indonesia dan digemari oleh banyak orang. Kue tradisional yang satu ini sangat terkenal di Mojokerto, bahkan disebut sebagai kota onde-onde sejak lama.

Awal mula dari onde-onde bisa ditelusuri di Tionkok tepatnya pada masa dinasi Tang. Makanan ini menjadi kue resmi dan dibawa oleh pendatang ke daerah selatan China sampai akhirnya berkembang luas sampai ke daerah Asia Timur dan Tenggara.

Di Indonesia sendiri onde-onde memiliki bentuk bulat dan berwarna cokelat serta dilapisi dengan banyak wijen. Di bagian dalamnya terdapat bubuk kacang hijau atau ketan hitam, namun yang paling sering digunakan adalah bubuk kacang hijau.

Kamu penasaran ingin mencoba membuat onde-onde sendiri di rumah? Simak resepnya di bawah ini.

Bahan untuk Bagian Luar Onde-Onde:
– 125 gram tepung ketan
– 25 gram gula halus
– 30 gram tepung beras
– ½ sendok teh vanili bubuk
– ¼ garam
– 1 sendok makan margarin
– ¼ baking powder (opsional)
– 110 ml air hangat
– wijen

Bahan untuk Isian Onde-Onde:
– 100 ml santan
– 100 gram kacang hijau yang sudah dikupas
– ½ sendok teh garam
– ½ sendok the vanili
– 50 gram gula pasir dan bisa disesuaikan

Cara Membuat:
1. Untuk membuat adonan kulit, campurkan gula, vanili, margarin, baking powder dan juga sedikit air lalu diaduk hingga rata. Kemudian masukkan semua tepung dan beri air (disesuaikan) lalu diuleni hingga rata dan juga bisa dibentuk.
2. Untuk membuat isiannya, rebus kacang hijau menggunakan air secukupnya sampai empuk. Kemudian blender kacang hijau dengan santan, vanili, gula dan garam hingga halus, lalu masak di wajan seperti memasak selai hingga kering dan bisa dibentuk.
3. Ambil 20 gram adonan kulit dan 10 gram untuk isiannya kemudian basahin tangan sedikit dan bentuk adonan menjadi bulat dan masukkan ke wijen.
4. Jika sudah dimasukkan ke wijen, bulatkan lagi agar wijennya bisa menempel dengan sempurna dan adonan siap digoreng.
5. Ketika menggoreng, gunakan api kecil, dan gunakan minyak yang banyak sampai onde-ondenya terendam. Kemudian di aduk pelan-pelan sampai onde-onde mengembang dan terapung.
6. Jika onde-onde sudah terapung, api yang digunakan agak di besarkan lalu masak hingga berwarna keemasan.
7. Jangan terlalu lama ketika menggoreng. Ketika sudah mengapung dan warna sudah keemasan segera di angat agar onde-onde tidak meletus.

12. Resep Kue Lapis Beras

√ 15 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: tokopedia.com

Kue lapis beras merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia dan termasuk jajanan basah serta biasanya memiliki dua warna yang berlapis, oleh karena itu kue basah yang satu ini dinamai kue lapis.

Kue lapis beras ini dibuat dengan menggunakan tepung beras, tepung tapioka, santan, gula pasir, garam, dan pewarna kue untuk adonannya. Kue ini juga banyak dan mudah ditemui di daerah-daerah di Indonesia.

Pewarna yang digunakan untuk membuat kue lapis ini bisa menggunakan pewarna makanan alami atau buatan. Namu yang sering digunakan adalah pandan untuk warna hijau dan juga sirup bunga mawar merah untuk warna merah.

Kamu ingin mencoba membuat jajanan basah kue lapis beras sendiri dirumah? Simak resepnya di bawah ini.

Bahan Kue Lapis Beras:
– 350 gram tepung beras
– 175 gram tepung tapioka
– 400 gram gula pasir
– 1 sendok teh garam
– 1450 ml santan dengan kekentalan sedang
– Pewarna Makanan

Cara Membuat:
1. Masak santan dengan menggunakan api kecil lalu biarkan dingin.
2. Masukkan santan dan gula pasir ke dalam alat chopper sampai gula larut. Kemudian masukkan garam dan tepung ke chopper lagi, lalu saring dan bagi menjadi dua.
3. Masukkan pewarna makanan ke salah satu bahan yang sudah dipisahkan menjadi dua tersebut dan biarkan yang satunya lagi tetap berwarna putih.
4. Olesi Loyang menggunakan minyak, lalu tuang adonan berwarna putih sekitar 100 cc dan kukus selama 5 menit, kemudian tuang adonan yang diberi pewarna, dan seterusnya sampai selesai.
5. Jika sudah, kukus lagi selama 30 menit
6. Dinginkan, lalu potong dengan menggunakan pisau tajam yang sudah dilapisi dengan plastik bening.

13. Resep Kue Nagasari

√ 15 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: tribunnews.com

Kue nagasari merupakan kue basah yang dibuat dengan menggunakan bahan tepung beras, santan, tepung sagu, gula dan diisi dengan pisang di bagian dalamnya. Kue basah yang satu ini biasanya dibalut dengan daun pisang kemudian dikukus.

Pisang yang digunakan sebagai isian dari kue nagasari biasanya adalah pisang raja. Kue nagasari juga tidak jarang dikukus dengan balutan daun pandan sehingga akan memunculkan aroma kue yang wangi.

Pada umumnya, kue basah nagasari ini akan ada ketika hari besar menurut tanggalan orang jawa. Salah satunya adalah Kenduri, kenduri sendiri adalah perjamuan makan, meminta berkah dan juga untuk memperingati suatu kejadian atau peristiwa.

Ingin mencoba membuat kue nagasari sendiri di rumah? Berikut merupakan resep kue nagasari yang bisa kamu gunakan.

Bahan-bahan:
– 200 gram tepung beras
– 100 gram tepung sagu / tapioka
– 130 gram gula pasir
– 800 ml santan sedang
– 3 lembar daun pandan sobek dan diikat simpul
– Sejumput garam
– Pisang secukupnya untuk isian
– Daun pisang secukupnya untuk membalut / membungkus

Cara Membuat:
1. Masak santan bersamaan dengan gulapasir, garam, dan juga daun pandan lalu diaduk sampai mendidih. Matikan api,lalu dinginkan.
2. Masukkan campuran sagu dan tepung beras ke dalam santan yang sudah dingin lalu aduk menggunakan whisker.
3. Pindahkan panci yang berisi santan dan tepung tersebut ke atas kompor, lalu masak sambil diaduk sampai terlihat mengental dan seperti bubur sumsum. Ketika mengaduk, lebih baik menggunakan whisker dan agak kuat agar adonan menjadi halus.
4. Siapkan selembar daun pisang, beri adonan putih yang dimasak tadi, lalu letakkan sepotong pisang yang sudah dipotong menjadi kecil, lalu tutup lagi dengan adonan putih lagi baru kemudian bungkus. Lakukan seterusnya sampai adonan habis.
5. Susun adonan yang sudah dibungkus ke dalam kukusan lalu kukus selama kira-kira 15 menit.
6. Selesai di kukus, keluarkan dan dinginkan.

14. Resep Kue Ape Pandan

√ 15 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: selerasa.com

Dilihat sekilas, kue yang satu ini terlihat seperti cucur dengan pandan karena berwarna hijau. Namun yang membedakannya adalah kue ini memiliki tekstur yang garing dan juga renyah dipinggirannya.

Bagian pinggir dari kue ini garing dan renyah, sedangkan bagian tengahnya lembut dan berisi. Kue yang sering dibilang sebagai kue tetek ini memiliki bentuk yang terlihat menyerupai pancake.

Kamu suka kue ape dan ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Simak resep membuat kue ape berikut ini.

Bahan:
– 1 gelas belimbing tepung beras
– 5 sendok makan tepung terigu
– 1 telur
– 1 sendok the baking powder
– 1 bungkus kara
– 5 tetes pasta pandan
– 4 sendok makan blueband yang dicairkan
– 3 sendok makan gula pasir
– Sejumput garam

Cara Membuat:
1. Di wadah pertama, campurkan tepung beras, tepung terigu, bakin powder dan juga garam.
2. Di wadah lainnya, kocok telur, gula dan juga margarin cair kemudian tuangkan santan kara lalu kocok sampai tercampur. Jika sudah, tuangkan ke wadah yang pertama dan aduk hingga rata.
3. Tambahkan air secukupnya agar adonan tidak menjadi encer dan tidak kental juga
4. Aduk adonan sampai lembut dan juga tercampur hingga rata, lalu saring adonan dan teteskan pasta pandan.
5. Aduk lagi adonan sampai merata.
6. Panaskan wajan kecil cetakan kue ape atau kue serabi dan olesi dengan mentega atau minyak.
7. Tuang adonan dengan dengan menggunakan sendok sayur cekung lalu tutup wajan hingga matang.

15. Resep Kue Lumpur

√ 15 Resep Kue Basah yang Enak, Mudah Dibuat dan Murah

Image Source: selerasa.com

Kue lumpur merupakan jajanan pasar yang juga merupakans alah satu kue basah yang cukup banyak disukai oleh orang-orang. Rasa dari kuenya yang manis tapi tak berlebihan serta teksturnya yang lembut membuat kue basah yang satu ini banyak disukai.

Bahan utama dari kue lumpur ini terdiri dari santan, kentang, tepung terigu, santan dan tepung terigu. Selain itu, tidak jarang juga vanilla digunakan sebagai pewangi. Biasanya kue lumpur ini juga terdapat hiasan kismis di bagian atasnya.

Belum jelas dari mana asalnya kue ini disebut sebagai kue lumpur, namun ada yang mengatakan karena adonan ini agak lembek dan juga lembut yang seperti lumpur, namun meskipun begitu tidak ada saus gelap yang membuat kue ini seperti lumpur.

Kue basah yang satu ini sekarang tidak hanya tersedia dalam rasa original saja, melainkan juga terdapat beberapa variasi. Meskipun begitu, variasinya pun tidaklah berlebihan dan masihlah wajar.

Kamu penasaran ingin mencoba membuat kue lumpur ini di rumah? Berikut merupakan resep kue lumpur yang bisa kamu simak.

Bahan:
– 400 gram kentang kukus
– 250 gram gula pasir
– 250 gram tepung terigu
– 100 gram margarin yang dilelehkan
– 500 ml santan
– Setengah sendok the garam
– 2 telur utuh dan 1 kuning telur

Cara Membuat:
1. Haluskan kentang yang sudah dikukus sebelumnya. Penghalusan bisa di tumbuk atau diulek, namun jika kamu ingin yang lebih praktis kamu bisa menggunakan blender atau chopper kentang kukus dan santan sampai halus.
2. Campurkan semua bahan lainnya dan aduk sampai rata sampai tekstur adonan kental.
3. Siapkan cetakan lalu olesi denga menggunakan margarin dan panaskan wajan cetakan menggunakan api kecil.
4. Tuang adonan 1 sendok sayur sampai cetakan agak penuh lalu berikan toping kismis di atasnya.
5. Resep ini bisa untuk membuat sekitar 40 kue lumpur dengan diameter 6 cm.

Demikian resep dan cara membuat beberapa kue basah yang mudah dan enak. Jika dirasa bermanfaat, silahkan share sebanyak-banyaknya. Terima kasih.

Keyword: Resep Kue Basah

Leave a Reply