17+ Pilihan Ucapan Lebaran Terbaik dan Lengkap [Terbaru]

Pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas tentang pilihan ucapan lebaran terbaik. Sebagaimana kita tahu, lebaran boleh dibilang adalah hari yang cukup penting dalam tradisi umat islam di Indonesia.

lebaran dalam hal ini juga merupakan hari libur penting di negeri ini yang melibatkan banyak orang berbondong-bondong untuk merayakannya.

Terlebih bagi orang-orang yang merantau dan kembali ke kampung halaman, lebaran menjadi sesuatu yang benar-benar istimewa.

Lebaran mempertemukan dan menyatukan orang sekaligus dalam semangat kebersamaan yang juga luar biasa hebatnya.

Lebaran kemudian menjadi perayaan penting dengan ucapan-ucapan yang beraneka rupa untuk disampaikan kepada kerabat, kawan dekat, keluarga besar, rekan kerja, dan lain-lain.

Pokoknya semuanya saling berucap kebaikan dalam perayaan lebaran ini. sampai-sampai lebaran sebisa mungkin menjadi momentum semua orang untuk berbahagia, bersuka cita, dan memulai lembaran baru yang lebih baik lagi setelahnya.

Mengenai ucapan pilihan perihal lebaran tersebut, penulis akan coba menyusunnya dalam bebagai tema agar bisa menjadi referensi atau rangkaian kalimat yang bisa pembaca gunakan.

Bisa digunakan dalam memilih ucapan lebaran yang akan digunakan nantinya. Sebelum kita ke contoh-contohnya, jangan lupa ikuti artikel ini dari awal sampai akhir.

Pertama-tama kita akan memulainya dari penjelasan mengenai lebaran, mengapa menjadi penting dan patut kita rayakan.

1498261579594da84b58447

nu.or.id

Arti Penting Lebaran

Lebaran adalah nama lain dari Hari Raya umat Islam, baik hari raya Idul Fitri maupun hari Raya Idul Adha yang dirayakan setiap tahun atau setiap bulan Syawal.

Yaitu setelah sebulan umat Muslim melaksanakan puasa di bulan Ramadan.Lebar-an dalam bahasa Jawa artinya Sudah-an/Setelah-an atau Sesudahnya/Setelahnya.

Dan kalimat ini sudah terbiasa digunakan dalam Islam ketika umat muslim Indonesia telah menyelesaikan kewajiban berpuasa.

Lebaran dalam Islam yaitu Sesudah/Setelah melakukan kewajiban berpuasa dalam bulan Ramadhan, kaum muslim Indonesia lebih familiar dengan kalimat Lebaran dalam merayakan Hari Kemenangan.

Lebaran Idul Fitri atau biasa disebut “Lebaran Mudik” saja dilaksanakan ketika hari raya Idul Fitri tiba, orang-orang Islam umumnya saling bersalam-salaman dan bermaaf-maafan dengan tetangganya, juga keluarganya setelah menunaikan Salat Ied.

Lebaran Idul Adha biasa disebut “Lebaran Haji”, karena memang pada saat-saat itu orang-orang Islam umumnya menunaikan ibadah Haji.

Seusai Salat Ied, biasanya diadakan pemotongan hewan Qurban, dan daging hasil sembelih itu kemudian dibagikan kepada warga di daerah yang bersangkutan.

Atau bisa juga kepada warga yang kurang mampu. Di lebaran Idul Adha masyarakat Muslim juga menunaikan ibadah Salat Ied.

Ketika Lebaran tiba, sudah biasa umat Muslim melakukan “Mudik”, pergi menuju kampung halaman untuk berkumpul dengan sanak saudara,

Khususnya bagi yang tinggal di kota besar seperti Jakarta, bekasi, karawang, makassar, medan, atau kota besar yang lain.

Lebih lanjut, lebaran memiliki arti penting untuk momentum  kembali ke fitrah, menjadi suci kembali, dan semakin meningkatnya lagi perbuatan-perbuatan baik yang akan dilakukan setelahnya.

Lebaran adalah hari dimana orang juga kembali merefleksikan peranannya dalam kehidupan ini. sudahkah berbuat baik kepada sesama manusia.

Sudahkan memberi maaf dan meminta maaf pada orang yang pernah berhubungan baik dengan kita namun lama tak pernah berjumpa kembali.

Pun lebaran juga mengingatkan kita pada keluarga yang telah tiada. Tentang semangat yang pernah dihadirkan semasa hidup.

Tentang pelajaran-pelajaran penting yang pernah diajarkan kepada kita semasa hidupnya dan pelajaran itu selalu penting untuk direnungkan maknanya.

Mengenai lebaran lagi, ucapan yang baik akan senantiasa baik jika kita tulus untuk mengucapkannya. Maka, pilihlah kalimat yang baik dan lakukanlah juga perbuatan-perbuatan baiknya.

lebaran

lampost.co

Pilihan ucapan lebaran terbaik

Berikut ini penulis susun rangkaian kalimat ucapan lebaran terbaik dalam sudut pandang penulis yang bisa digunakan atau dijadika referensi oleh pembaca. Yuk langsung saja beberapa di bawah ini adalah contohnya:

Ucapan Lebaran untuk Orang tua

Selamat lebaran bapak dan ibu. Pertama sekali anakmu ini pasti bersimpuh untuk memohon maaf kepadamu. Ucapan maaf yang lahir dari ketidakmampuan anakmu ini untuk selalu memberikan yang terbaik kepadamu. Dan tak lupa juga, ucapan terimakasih yang begitu besarnya. Karena sampai hari ini kasih sayangmu tak juga berkurang sedikitpun jumlahnya.

Dalam momentum lebaran yang indah ini, anakmu menghaturkan doa yang begitu sungguh kepada yang maha kuasa, sebab masih saja dalam lebaran kali ini kita masih diberikan kesehatan yang luar biasa baik dan keselamatan yang senantiasa terjaga.

Selamat lebaran untuk kita semua. Teruntuk keluarga yang semoga tuhan yang maha kuasa selalu melimpahkan rahmat dan kebaikan berlipat-lipat ganda agar selalu bisa kita tunaikan ibadah yang terus lebih baik. Akan lebih baik. Sampai lebaran-lebaran berikutnya.

Ucapan Lebaran Untuk Sahabat

Sahabatku. Selamat lebaran ya. Terimakasih sudah menjadi sahabatku sampai hari ini dan aku memohon maaf yang tak terhingga atas kenakalan-kenalan dan perbuatan-perbuatan tidak menyenangkan yang pernah aku lakukan saat kita bersama.

Selamat lebaran untukku dan untukmu. Mari kita semakin memperbaiki dan menguatkan persahabatan ini sebagai upaya kita untuk bisa erus bersama saling tolong menolong. Saling berbuat baik untuk sesama dalam kehidupan yang kita jalani ini. mari kita semakin menata hati untuk bisa lebih melangsungkan jalan persahabatan ini dan tak mampu ditaklukan oleh waktu untuk kebersamaannya.

Selamat lebaran juga untukmu dan keluargamu. Terhatur salam terindah dariku untuk senantiasa kesehatan, rizki, dan keberkahan dianugrahkan Tuhan yang maha esa kepadamu. Kepada keluarga yang selalu dijamin kebaikan dan kebahagiaan dalam menapaki jalan terjal dan berliku di dunia ini.

Ucapan Lebaran Untuk Pacar/Kekasih

Selamat Lebaran, Sayang. Selamat berbahagia dan bersuka cita di kampung halaman. Bersama ini, kuucapkan maaf yang tulus dari lubuk hati atas hal-hal yang tidak mengenakkan dan pernah terjadi dalam hubungan kita. Juga tak lupa, ucapan terimakasih yang begitu jujur. Karena tanpamu, jelas saja aku sudah merasa sangat kesepian karena tiada seorang sepertimu yang menyayang.

Dalam momentum lebaran ini, aku berharap kita semakin menguatkan hubungan ini hingga tiba saatnya nanti kita akan dipersatukan dalam ikatan yang bernama pernikahan. Jangan lupa, salamkan kepada ayah dan ibumu tentang aku yang memperjuangkan anaknya. Tentang aku yang akan hadir dengan seperangkat alat sholat nantinya.

Selamat lebaran sekali lagi. Mari kita songsong hari esok yang lebih baik lagi. Mari kita tanamkan selalu di hati kita bahwa selama lebaran kita lewati, kita akan semakin baik lagi, semakin lebih baik lagi, semakin akan menjadi lebih kuat dalam beribadah dan berbuat baik terhadap sesama.

009321500_1436770863-Untitled-30

fimela.com

Ucapan Lebaran Untuk Rekan Kerja

Selamat lebaran kawan kerjaku. Bersama momentum lebaran ini, kuucapkan mohon maaf lahir dan batin kepadamu dan keluargamu. Terutama sekali kepadamu karena aku banyak sekali merepotkan dan berbuat salah selama kita bekerja bersama.

Semoga kesehatan selalu tercurah padamu dalam momentum lebaran ini. dimana kita semua terutama semakin bisa lebih baik dan luar biasa lagi dalam meningkatkan kualitas kerja setelah muhasabah penting saat ramadlan dan refleksi yang luar biasa besar dalam momentum hari raya.

Selamat lebaran untuk kita ini akan membuat hari esok lebih baik. Lebih baik dalam kita melangsungkap pekerjaan yang ditujukanutama kepada-Nya, karena tanpa rahmat dan karuniaNya, kita hanyalah hamba yang benar-benar tidak beruntung dan sia-sia.

Ucapan Lebaran dalam pilihan kalimat-kalimat yang lebih singkat

Orang yang paling mulia adalah
Orang yang mau memaafkan kesalahan orang lain
Bersihkan diri, sucikan hati Di hari yang Fitri ini mohon maaf lahir batin

Bila Idul Fitri adalah lentera, izinkan membuka tabirnya dengan maaf agar cahayanya menembus jiwa fitrah dari tiap khilaf  Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440H

Ramadhan membasuh hati yang berjelaga Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya
Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum

Kita hanya bisa angkat JEMPOL padaNya yang selalu buat kita HOKI dalam mencari kartu AS dan STAR ONE selama hidup, kita harus FLEXI-bel untuk menerima semua pemberianNYA dan menjalani MATRIX kehidupan ini… dan semoga amal kita tidak ESIA-ESIA.
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

Bryan Adams said “Please Forgive Me..”
Rio Febrian said “Ooo.. Maaf, maafkan diriku..”
Ruben Studdard said “Well this is my sorry for 2019.”
Yuni Shara said “Mengapa tiada maaf bagiku.”
Elton John said “Sorry seems to be the hardest word.”
Mpok Minah said “Maaf.. bukannya saya ngak ngerti.. bukannya saya nggak sopan..”
I said “Minal Aidin wal faizin..”

Kata-kata ku tlah banyak menyakitimu, perbuatanku tlah bnyak melukaimu. di hari nan fitri ini, ijinkan kuucapkan “TAQOBBALALLAHUMINNA WA MINKUM”, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir & bathin

Berbuat khilaf adalah sifat
Meminta maaf adalah kewajiban
Dan kembalinya Fitrah adalah tujuan
MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN

Ketupat udah dipotong
Opor udah dibikin
Nastar udah dimeja
Kacang udah digaremin
Gak afdhol kalo gak Minal Aidin wal Faizin
Taqobalallahu minna wa minkum

Jika HATI sejernih AIR, jangan biarkan IA keruh,
Jika HATI seputih AWAN, jangan biarkan dia mendung,
Jika HATI seindah BULAN, hiasi IA dengan IMAN.
Mohon Maaf lahir Dan batin

Aduh, duh, duh, aye mesti berkata apa ye.. Puisi ude kebanyakan. Sajak ude pasaran. Ampir semua SMS bunyinye sama aje. Pokoknye maap, maap, maap. Maapin semua kesalahan aye ye..

Bulan Ramadhan telah berlalu
Dan hari Kemenangan telah datang
Untuk itu mari kita bersihkan hati dan jiwa kita
Dari gelimang dosa
Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Andai jemari tak sempat berjabat.
Jika raga tak bisa bersua.
Bila Ada kata membekas luka.
Semoga pintu maaf masih terbuka.
Selamat Idul Fitri 1440 H

Bila ada langkah membekas lara
Ada kata merangkai dusta
Ada tingkah menoreh luka
Mohon maaf lahir dan bathin
Selamat hari raya Idul Fitri 1440 H

“Bibirku bak pisau, perbuatanku bak iblis, kugoreskan semua luka dalam hatimu, kusayat hatimu tak terkira menggoreskan luka terdalam dalam hatimu. Taqobalallahu minna wa minkum. Maafkan segala dosa dan kesalahanku.”

“Fitrah sejatinya adalah meng-Akbarkan Allah dan syariat-Nya di alam jiwa, di dunia nyata, dalam segala gerak, di sepanjang nafas dan langkah. Semoga seperti itulah diri kita di hari kemenangan ini. Selamat Idul Fitri 1440 H, mohon maaf lahir batin.”

“Untuk hati yang pernah terluka oleh tajamnya lidah. Untuk jiwa yang perih oleh buruknya tingkah laku. Untuk perasaan yang hancur oleh ego yang tak mau mengalah. Mohon maaf lahir dan batin.”

“Bila kata merangkai dusta, bila langkah membekas lara, bila hati penuh prasangka, dan bila ada langkah yang menoreh luka, mohon bukakan pintu maaf. Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir batin.”

“Tiada kesucian menjadi sempurna tatkala ada salah satu kebencian tertanam dalam jiwa membasuh jiwa dengan permintaan maaf. Terkirim dari lubuk hati atas kesalahan selama ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir batin.”

“Faith makes all things possible. Hope makes all things work. Love makes all things beautiful. May you have all of the three. Happy Idul Fitri.”

“Mawar berseri di pagi hari. Pancaran putihnya menyapa nurani. SMS dikirim pengganti diri. Selamat Hari Raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin.”

“Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila Ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat Idul Fitri.”

“Tiada yang seindah ketika hati tersucikan. Bersih tanpa noda kebencian yang terbasuh oleh ramadhan dan kemurnian hati untuk saling memaafkan. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Minal aidzin wal fa idzin. Mohon maaf lahir batin.”

“Sebelas bulan kita kejar dunia, kita umbar napsu angkara. Sebulan penuh kita gelar puasa, kita bakar segala dosa. Sebelas bulan kita sebar dengki dan prasangka, sebulan penuh kita tebar kasih sayang sesama. Dua belas bulan kita berinteraksi penuh salah dan khilaf, di hari suci nan fitri ini, kita cuci hati, kita buka pintu maaf. Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin.”

“Selembut apapun angin berhembus pasti pernah menebarkan debu. Seputih apapun baju tak ada yang tanpa noda. Sebaik apapun manusia pasti pernah khilaf dan melakukan kesalahan. Menyambung kasih, merajut cinta, beralas ikhlas, beratap doa. Semasa hidup bersimbah khilaf dan dosa, berharap dibasuh maaf. Selamat Idul Fitri.”

“Jangan terputus silaturahmi karena sepatah kata yang terucap tanpa sengaja atau perbuatan yang tidak terencana. Mohon maaf atas segala kesalahan, minal aidzin wal fa idzin, selamat Hari Raya Idul Fitri.”

” Selamat Hari Lebaran Di Hari yang Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin Taqabalallahu minnaa wa minkum”

” Selamat Hari Lebaran 1 Syawal 1440 H , Kami Segenap Keluarga Besar Indobolanews.com Mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin , Mohon Maaf Lahir Dan Batin Jika kami Ada Kesalahan Dalam Menyampaikan Berita Yang Kami Update”

” Minal Aidin Wal Faidzin , Tak Ada Manusia Yang Tak Bisa Luput Dari Salah Baik Di Sengaja Atau Tidak , Dengan Kerendahan Hati Kami Mohon Maaaf Lahir Dan Batin. Dan Semoga Di Hari Yang Suci Ini , Dosa Dosa Kita Di Ampuni Oleh Allah Yang Maha Pengampun”

” Wahai Sahabatku , Di Hari Yang Suci Ini Izinkan Aku Mengucapkan Minal Aidin Wal Faidzin , Aku Minta Maaf Bila Kita Selama Barbagi Waktu Dan Pengorbanan Dalam Menjalin Persahabatan Ini Pernah menyakiti Hatimu. Mari Kita Tatap Lembaran Baru Agar Kita Selamanya Bisa Bersama Sama Dan Tak Terpisahkan”

“Ramadhan membasuh hati yang berjelaga ,Saatnya meraih rahmat dan ampunan-Nya”

“Untuk lisan dan sikap yang tak terjaga, Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya.”

Sekian artikel mengenai ucapan lebaran. Mari semakin dan senantiasa untuk menjadi lebih lagi. Semoga bermanfaat. Salam.

Keyword: Ucapan Lebaran Terbaik

Leave a Reply