Nama Nama Hari Dalam Bahasa Arab Lengkap Yang Wajib Kamu Tahu

Nama hari dalam bahasa arab?

Penamaan hari-hari yang diterapkan dalam kehidupan manusia memiliki arti yang sangat penting. Hari-hari menjadi penanda atas waktu.

Hari-hari memudahkan orang untuk menentukan perencanaan atas waktu yang diinginkan. Hari-hari begitu sangat besar maknanya.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas mengenai Nama-nama Hari dalam bahasa arab. Penulis juga akan menyertakan nama-nama bulan dan penanda waktu yang lain yang juga lengkap beserta terjemahannya.

Sebagaimana kita tahu, pelajaran penyebutan hari dalam bahasa arab begitu penting dan mendasar. Penamaan hari dalam bahasa arab merupakan kosakata dasar yang harus bisa dimengerti dengan penuh untuk orang-orang yang sedang mempelajari keilmuan bahasa arab.

Hari dalam bahasa arab memiliki penanda waktu yang penting sebagaimana nama-nama hari dalam bahasa lainnya. nama-nama hari bahasa arab ini juga akan menambah wawasan tersendiri ketika kita dihadapkan pada orang atau sesuatu yang menunjukkan keterangan waktu namun dengan menggunakan bahasa arab sebagai pilihannya.

Penyebutan hari dalam bahasa arab memiliki tradisi yang erat dengan peradaban arab. Penamaan hari dalam bahasa arab memiliki hubungan secara langsung dengan nama-nama urutan angka dalam bahasa arab.

Begitu juga dengan penanda atas nama bulan dan lain sebagainya. orang jawa boleh dibilang juga memiliki hubungan yang erat juga dengan budaya penanda waktu dalam bahasa arab.

Orang jawa memiliki penanda waktu nama-nama bulan yang sama persis dengan nama-nama bulan dalam bahasa arab. Hal ini menunjukan masih adanya alternatif penanda waktu lain di luar penanda waktu masehi yang mayoritas digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Lebih lanjut, nama-nama hari bahasa arab ini seperti yang penulis sampaikan sebelumnya, akan juga ditambahkan penanda waktu yang mengiringi. Seperti bulan, dan ungkapan umum seperti besok, kemarin, lusa, dan sebagainya.

penulis berpendapat bahwa nama-nama hari ini setidaknya bisa menjadi pemahaman dan pengertian yang menyeluruh terlebih dahulu untuk mengenal kosakata-kosakata dasar dalam bahasa arab.

Penulis menyusun nama-nama hari dalam bahsa arab ini juga menyertakan tulisan latin dari arabnya untuk memudahkan pelafalan bagi yang ingin mengetahui.

Nama-nama hari bahasa arab ini semoga bisa menjadi tambahan referensi dan informasi untuk pembaca. Sebab, nama-nama hari dan penanda waktu yang lain adalah termasuk keterangan waktu yang itu pasti umum sekali muncul dalam kalimat atau percakapan bahasa arab.

Sehingga penting sekali untuk kita memperlajarinya atau bahkan mengulangi lagi mempelajarinya agar semakin paham, hafal, dan mengerti. Mengenai penyebutan hari dalam bahasa arab, Selengkapnya adalah sebagai berikut.

Nama Hari Dalam Bahasa Arab dengan Penanda Waktu Yang Lain

Nama Nama Hari Dalam Bahasa Arab Lengkap Yang Wajib Kamu Tahu

gurubahasamu.blogspot.com

Penulis menyusunnya dalam beberapa ungkapan yang sering muncul secara umum dalam kosakata bahasa arab. Kosakata bahasa arab yang dimaksud penulis, meliputi kalimat, percakapan, bahkan cerita –cerita yang ditulis menggunakan bahasa arab.

Kosa kata nama-nama dalam bahasa arab ini penulis kumpulkan dari berbagai sumber yang mudah-mudahan bisa dan tepat dalam memenuhi referensi atau informasi yang sedang dicari oleh pembaca. Nama-nama hari dalam bahasa arabnya adalah di bawah ini.

Satu Hari يَوْمٌ Yaum
Satu Minggu اُسْبُوْعٌ Usbuu’
Minggu اَلْاَحَدْ Ahad
Senin اَلْإِثْنَيْن Itsnain
Selasa اَلثُّلاَثَاء tsulatsa’
Rabu اَلْاَرْبَعَاءُ Arbia’
Kamis اَلْخَمِيسُ Khamiis
Jum’at اَلْجُمُعَةْ Jumu’ah
Sabtu اَلسَّبْتُ Sabtu

 

Bulan-Bulan Masehi

شُهُوْرُالْمِلَادِيَّةِ

Syuhuurul Milaadiyyah
Januari يَنَايِرُ Yanaayir
Februari فَبْرَايِرُ Fabraayir
Maret مَارِسْ Maaris
April أَبْرِيْل Abriil
Mei مَايُوْ Maayuu
Juni يُوْنِيُو Yuuniyuu
Juli يُوُلِيُوْ yuuliyuu
Agustus أَغُسْطُسْ Aghustus
September سِبْتِمْبِرْ Sibtimbir
Oktober أُكْتُوْبِر Uktuubir
November نُفَمْبِر Nupambir
Desember دِيْسَمْبِرْ Diisambir

 

Kalender Hijriyah تَقْوِيْمُ الْهِجْرِى Taquumul Hijriy
Muharram مُحَرَّمٌ Muharrom
Safar صَفَرٌ Shofar
Rabi’il awal رَبِيْعُ الْاَوَّلِ Robii’ul Awwal
Rabi’il sani رَبِيْعُ الثَّانِى Rabii’uts Tsaanii
Jumadil awal جُمَادِ الْاَوَّلِ Jumaadil Awwal
Jumadil sani جُمَادِالثَّانِى Jumaadits Tsaanii
Rajab رَجَبُ Rojab
Sya’ban شَعْبَانُ Sya’ban
Ramadan رَمْضَانُ Romadlon
Syawal شَوَالٌ Syawwal
Zul qa’dah ذُوالْقَعْدَةِ Dzul Qo’dah
Zul hijjah ذُوْالْحِجَّةِ Dzul Hijjah
Beberapa hari اَيَّامٌ Ayyaam
Sebelum قَبْلَ Qobla
Sesudah بَعْدَ Ba’da
Sekarang اَلْاَنَ Al Ana
Kemarin اَمْسِ Amsi
Besok غَدًا Ghadan
Hari apa? مَاالْيَوْمُ Maalyaum?
Besok Lusa بَعْدَالْغَدِ Ba’dal Ghad
Kemarin Lusa قَبْلَ الْاَمْسِ Qoblal Amsi

Penutup

Sekian artikel mengenai nama-nama haridalam bahasa arab. Semoga para pembaca semua bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini.

mari terus dukung keberlangsungan website ini dengan terus membacanya, memberikan komentar, atau menyebarkannya.

Semoga bermanfaat dan semoga juga dalam kesempatan yang lain bisa memberikan paparan-paparan yang lebih menarik.

Mari terus bersama-sama kita mencintai pelajaran bahasa yang bisa menambah wawasan kebahasan kita dengan bahasa-bahasa asing yang ada di dunia. sampai jumpa lagi. Semoga sehat selalu. Salam.

 

Leave a Reply