7 Daftar Makanan yang Tinggi Protein Beserta Penjelasannya

Dalam ilmu gizi, nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh terbagi menjadi dua jenis yaitu makronutrien dan mikronutrien. Keduanya sama-sama sumber nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Disebut ‘makro’ karena nutrisi ini dibutuhkan dalam jumlah banyak, sebaliknya disebut ‘mikro’ karena nutrisi terebut penting keberadaannya namun dalam jumlah sedikit.

Tiga komponen makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat, lemak, dan protein.

Pada ulasan kali ini kita akan fokus membahas mengenai berbagai sumber makanan dengan kadar protein tinggi.

Sekilas Tentang Protein Sebagai Makronutrien

Makro artinya “besar”, sehingga dalam hal ini keberadaan protein sangatlah penting di dalam tubuh manusia.

Protein memegang peranan penting dalam proses pertumbuhan, membentuk jaringan maupun organ, regenerasi sel, membentuk jaringan otot, kulit, hingga hormon.

Sebuah riset menyebutka, menjadikan protein sebagai sumber makanan utama untuk diet dapat membantu seseorang menurunkan berat badan.

Sebagai nutrisi makro, kebutuhan protein antara pria dan wanita berbeda. Kisaran 56 gram/konsumsi harian bagi pria dan 46 gram/konsumsi harian bagi wanita.

Standar di atas merupakan kadar minimal yang dibutuhkan setiap orang. Karena banyak para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi protein di atas jumlah minimal. Tujuannya agar sel maupun organ-organ pada tubuh Anda bekerja dengan optimal.

Untuk itu pastikan konsumsi protein harian Anda tidak kurang dari standar minimal di atas. Anda dapat dengan mudah menghitungnya berdasarkan kadar protein yang terdapat pada makanan yang Anda konsumsi.

Setiap makanan memiliki kandungan protein yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kadar protein rendah namun ada pula makanan dengan kadar protein sangat tinggi.

Sejauh ini makanan apa saja yang Anda ketahui mengandung protein tinggi? Yuk, teruskan membaca tulisan ini sampai akhir.


Makanan Dengan Kadar Protein Tinggi


Sebelum masuk ke dalam bahasan makanan dengan kandungan protein tinggi, ada baiknya Anda memahami cara penulisan kandungan protein terlebih dahulu.

Secara umum kandungan protein dinyatakan dalam x gram/100gram. Misal makanan A mengandung 30 gram/100gram protein, artinya dalam 100 gram makanan A terdapat 30 gram protein di dalamnya.

Tanpa bertele-tele berikut daftar makanan yang tinggi protein:

1. Dada Ayam

Ternyata di satu ekor ayam utuh masing-masing bagiannya mengandung kadar protein yang berbeda.

Contohnya dada ayam, merupakan salah satu bagian dari ayam yang banyak disukai karena mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya.

Dalam 100 gram dada ayam terdapat kurang lebih 32,1 gram protein. Tidak heran jika dada ayam sering dkonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet.

2. Tuna

Sudah menjadi rahasia umum ikan adalah sumber protein dan keberadaannya melimpah. Bahkan pemerintah Indonesia mencanangkan program “Gemar Makan Ikan” bagi masayarakatnya.

Salah satu jenis ikan dengan kandungan protein tertinggi adalah ikan tuna. Tak heran jika tuna dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Terdapat sekitar 29,9 g/ 100 g protein dalam raw tuna. Keunggulan tuna sebagai sumber protein yaitu memiliki kandungan lemak yang lebih sedikit dibandingkan dada ayam.

3. Tempe

Makanan lokal asli Indonesia ini kini sudah mendunia, dimana para bule sering menyebutnya sebagai “tempeh”.

Dari segi Ilmu Pangan tempe didefinisikan sebagai hasil olahan fermentasi dari kacang ‘biji’ kedelai oleh beberapa jenis kapang atau jamur.

Dalam keadaan mentah tempe dari kedelai murni mengandung kira-kira 27,5 g/ 100 g protein. Sedangkan setelah digoreng berkurang menjadi 23,8 g / 100 g protein.

4. Ikan Kering

Di luar negeri ikan kering (dried fish) merupakan snack atau camilan yang terdiri dari berbagai macam jenis dan rasanya enak.

Usut punya usut ternyata dried fish memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yakni 63 g/ 100 g bahan. Sangat tinggi bukan, melebihi kandungan protein pada ikan dan ayam.

5. Daging

Sumber daging sangatlah banyak, mulai dari daging sapi, kambing, kerbau, maupun domba. Namun secara umum kisaran protein dalam 100 gram daging kurang lebih sebanyak 28,7 gram.

6. Udang

Udang menjadi pilihan menu terbaik untuk diet, selain karena tinggi protein udang rendah akan kalori dan lemak.

Dalam 100 gram udang Anda dapat memperoleh 23 gram protein saat mengkonsumsinya. Selain itu udang juga kaya akan mineral dan terdapat banyak jenis vitamin di dalamnya.

7. Putih Telur

Salah satu makanan yang keberadaannya mudah ditemukan dimanapun Anda berada. Sebagai makanan yang terhitung murah dan mudah dijangkau oleh semua kalangan telur menjadi sumber nutrisi terbaik.

Dalam 100 gram Putih telur terdapat 11 gram protein yang siap mencukupi kebutuhan protein harian tubuh Anda.

Itulah top 7 (top seven) jenis makanan dengan kandungan protein tertinggi. Bagi yang sedang diet, beberapa pilihan di atas dapat dimasukkan ke dalam list menu harian Anda.

Leave a Reply