Cara Main Saham Online Bagi Para Pemula

Bermain saham secara online dapat dilakukan melalui dengan membelinya terlebih dulu melalui broker online dengan mendaftar di salah satu website yang menawarkan jasa penjualan saham di salah satu negara.

Jika anda di Indonesia saat ini Anda dapat melakukan transaksi secara online melalui perusahaan sekuritas swasta nasional ataupun asing. Memang syaratnya harus membuka rekening saham terlebih dulu baru Anda dapat melakukan trading saham.

Cara membuka rekeningnya pun cukup mudah cukup masuk ke website perusahaan sekuritas yang Anda percaya dan yakini, kemudian isi formnya dengan lengkap mulai dari nama lengkap, email dan sebagainya.

Setelah hal administratif tersebut dilakukan tinggal melakukan deposit sehingga Anda sudah dapat ikut serta dalam trading saham online.

Keuntungan membeli saham secara online ini Anda dapat memantau perkembangan saham langsung secara real time, mulai dari pertumbuhan dan perkembangan saham setiap tahunnya lengkap dengan grafiknya.

Dengan begitu anda dapat membandingkan portofolio saham yang dimiliki dengan return yang dimiliki IHSG setiap harinya.

Selain itu Anda pun dapat memantau perkembangan ekonomi negara seperti kebijakan yang diambil pemerintah, hingga berita keuangan lain seperti transaksi saham dalam periode tertentu.

Dalam beberapa website dari perusahaan sekuritas pun terdapat fitur yang dapat menyeleksi saham-saham tertentu yang sudah diatur oleh trader atau broker.

Yang perlu diperhatikan Adalah jika Anda memilih untuk membeli langsung tanpa melalui sales biaya nya lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan sales.

Beberapa perusahaan sekuritas yang tidak menggunakan sales adalah perusahaan sekuritas pemerintah salah satunya adalah Bni sekuritas.

Ketika Anda sudah memahami cara bermain saham Online, maka pilihlah broker saham online yang terbaik dalam memberikan pelayanannya.

Sebab jika Anda bermain saham harus memiliki izin resmi dan lisensi, dengan izin inilah Anda dapat bermain saham langsung di pasar modal.

Oleh karenanya jika Anda ingin bermain modal namun tidak memiliki lisensi dapat melalui broker yang menawarkan biaya dan komisi rendah, sehingga keuntungan yang didapatkan jauh lebih besar.

Untuk mendapatkan izin memang sedikit rumit harus melalui tahapan seleksi, dan melewati berbagai macam tes salah satunya pengetahuan tentang struktur permodalan.

Broker yang saat ini menawarkan biaya komisi rendah salah satunya adalah BNI sekuritas yang menawarkan biaya pembelian saham hanya 0,15 persen dan untuk pejualan hanya 0,25 persen saja, cukup rendah bukan?

Sebelum Anda mulai bermain saham online, sebaiknya dapat memilih jenis saham yang direkomendasikan agar lebih efisien dalam mengambil keputusan.

Dikatakan efisien karena Anda cukup mempelajari riwayat transaksi saham yang direkomendasikan dan memahami perkembangan perusahaan hingga profit yang didapat per tahunnya.

Walaupun terkesan seperti ikut-ikutan, Anda tidak perlu khawatir karena rekomendasi saham yang dimaksud bersumber dari beberapa perusahaan sekuritas.

Sehingga dapat dikatakan peluang menjadi saham unggulannya 80% lebih, jadi cukup efektif dalam mempercepat Anda mengambil keputusan.

Rekomendasi saham tersebut pun sudah dianalisa oleh beberapa broker, sehingga Anda tinggal menentukan akan membeli berapa lot untuk meningkatkan keuangan Anda .

Pastikan juga sebelum bermain Anda sudah memiliki rekening saham yang tujuannya untuk melakukan deposit dan bertransaksi pembelian dan penjualan saham.

Fungsi rekening ini juga dapat membantu  investor dalam mengambil keuntungan yang didapat saat trading saham. Jadi pastikan broker yang Anda pilih telah membantu mengarahkan untuk pembukaan rekening saham.

Seandainya tidak mengarahkan hal tersebut, apalagi ditambah broker tersebut tidak pernah memberikan analisa serta saham yang direkomendasikan setiap paginya, maka Anda berhak untuk pindah ke broker lainnya yang dapat memberikan pelayanan jauh lebih baik, karena Anda berhak untuk itu.

Cara main saham online sama hal nya dengan bermain forex online, karena keduanya sama-sama merupakan produk keuangan dari pasar modal.

Itulah mengapa setiap berita ekonomi akan mengupdate angka IHSG serta mata uang agar para trader yang bermain secara konvensional dan online dapat terbantu dalam segi menganalisa dan menetapkan keputusan.

Saham merupakan sebuah wujud bukti kepemilikan terhadap sebuah perusahaan dengan jumlah lot sebagai satuan kepemilikannya.

Semakin banyak lot saham yang dimiliki menandakan seberapa besarnya kepemilikan saham yang Anda miliki di perusahaan tersebut.

Dalam bermain saham gunakan orang-orang yang ada di belakangnya sebagai pendukung kesuksesan Anda. Gunakan pula tools yang terdapat dalam platform yang disediakan oleh broker serta lakukan analisis.

Pastikan data keuangan yang diberikan Adalah sebagai referensi Anda dalam menganalisa dan memutuskan saham yang Akan dibeli atau dijual.

Ini dikarenakan pergerakan saham tidak dapat diduga-duga, jadi tidak selamanya data dapat dipercaya sepenuhnya.

Langkah yang baik dalam memiliki saham adalah dengan memilih saham-saham blue-chip sebagai pilihan pertama Anda.

Namun Anda beli dan miliki ketika harganya turun, karena harga saham tersebut saat ini cukup tinggi. Walaupun kondisi harga turunnya tidak terlalu lama dan umumnya akan merangkak naik lagi secara perlahan, namun pilihan saham tersebut cukup menjanjikan dalam jangka panjang.

Tetapi memang keuntungan yang di dapat pun rata-rata, tidak terlalu besar maupun kecil. Agar kemampuan menganalisa lebih tajam memang dibutuhkan jam terbang yang tinggi dalam trading saham online.

Namun Anda dapat melatihnya dengan memperhatikan beberapa factor yang mempengaruhinya, seperti ekonomi nasional, angka pengangguran, daya beli masyarakat, dan masih banyak lagi.

Terkadang juga dapat terjadi sentiment positif maupun negative terhadap pasar, sehingga mempengaruhi dalam melakukan pembelian saham maupun penjualan saham.

Beberapa pemain saham besar umumnya memanfaatkan saham-saham yang nilainya kecil yang jarang sekali dilihat oleh trader lain.

Saham kecil ini karena peminatnya tidak terlalu banyak, maka naik dan turunnya dapat dipengaruhi dengan pemain tunggal.

Namun perkembangan untuk jenis saham tersebut tetap harus diwaspadai karena pasar dapat berubah seketika yang dapat membuat Anda terkejut karena nila saham anjlok.

Maka dari itu Anda harus menetapkan batas atas dan bawah dalam pergerakan saham tersebut agar anda tidak kehilangan walaupun nilai saham Anjlok. Misalnya menetapkan batas atas profit taking tiga puluh persen dan batas bawah lima persen.

Komitmen dengan batas tersebut dan jangan terburu-buru  nafsu untuk meningkatkan nilai uang yang akan Anda tambah dalam investasi. Dibutuhkan ketekunan untuk mencapai nilai kekayaan tertentu serta keseriusan dalam bermain saham.

Disarankan untuk secara berkala melakukan analisa portofolio dari saham-saham unggulan, kemudian anda pilih maksimal dua saham saja yang paling baik riwayat dalam pembayaran keuntungan perusahaan.

Jika Anda memiliki rejeki lebih, Alangkah baiknya mengajak broker Anda untuk makan siang layaknya partner bisnis Anda.

Dengan sikap seperti itu akan membawa hubungan kerja lebih akrab sehingga akan dengan tulus broker melakukan tanggung jawabnya.

Pastikan ajakan makan siang tidak ada maksud lain-lain agar broker pun juga dapat professional menerima ajakan Anda tersebut.

Beberapa cara main saham online yang sudah dijelaskan bisa dilakukan langsung, tapi pastikan Anda punya pembimbing dalam melakukan saham online.

Leave a Reply

Your email address will not be published.