Cara Menentukan Broker Saham Terbaik (Penjelasan Lengkap)
harapanrakyat.com

Cara Menentukan Broker Saham Terbaik (Penjelasan Lengkap)

Posted on

Broker saham terbaik merupakan gelar yang diberikan kepada pialang saham yang berhasil mencapai tujuan.

Tiap-tiap broker memiliki tujuan beragam ada yang ingin meraih prestasi penjualan saham terbanyak, hingga prestasi dalam merekrut investor terbanyak.

Gelar tersebut umumnya tertera dalam majalah bisnis hingga surat kabar harian sebagai bahan referensi untuk nasabah yang ingin menjadi investor saham.

Harapannya Broker mendapatkan banyak kepercayaan dari calon investor sehingga akan semakin banyak yang menggunakan jasa broker dari perusahaan sekuritas tersebut.

Dengan begitu broker dapat menghemat anggaran untuk biaya iklan untuk mendapatkan kepercayaan calon investor.


Cara Menentukan Broker Saham Terbaik


Secara umum untuk mendapatkan kepercayaan broker saham terbaik dari banyak investor dan mendapat gelar terbaik sebagai broker terdapat beberapa criteria yang harus terpenuhi.

Broker dapat menjadi partner terbaik bagi calon investor

Terbaik ini memiliki arti luas, dimana broker dapat memberikan pelayanan terbaiknya, sehingga calon investor menanamkan uangnya lebih banyak pada perusahaan sekuritasnya tersebut.

Selain itu criteria terbaik disini pun juga termasuk selalu dapat membawa keuntungan untuk investor.

Memiliki izin resmi dan sudah berlisensi broker legal, serta memahami tentang struktur permodalan.

Broker dapat menjadi penasehat keuangan yang baik bagi investor

Hal ini menunjukkan bahwa broker sebagai penyedia jasanya saja dan tidak semata-mata untuk mengambil untung saja, sehingga calon investor diberikan keleluasaan untuk memilih investasi saham apa yang akan diambil.

Ini ditunjukkan dengan investor mereferensikan temannya, atau loyal dalam menggunakan jasa broker tersebut.

Broker memiliki layanan trading online

Hal ini memudahkan calon investor pemula sekalipun dalam melakukan investasi serta memantau perkembangan saham yang telah dipilihnya.

Selain itu dengan layanan digital tersebut akan membuat biaya komisi lebih rendah sehingga meringankan calon investor pemula sekalipun.

Biaya serta komisi transaksi rendah

Hal ini memang walau terlihat kecil namun sangat berpengaruh kepada calon investor yang sangat suka sekali menghitung-hitung keuntungan yang sudah di dapatnya.

Dengan biaya rendah akan membuat calon investor banyak melakukan transaksi jual beli saham.

Broker memiliki jumlah nasabah banyak

Dengan mengetahui jumlah nasabah yang sudah bergabung dengan perusahaan sekuritas tersebut menandakan bahwa broker tersebut dapat dipercaya.

Sehingga calon investor pemula sekalipun tidak akan ragu lagi untuk dapat bergabung.

Setoran awal yang beragam

Dikarenakan tidak semua calon investor sudah memahami cara bermain saham, maka alangkah baiknya memiliki pilihan setoran awal berdasarkan criteria profil calon investor.

Dari beberapa criteria tersebut jika broker sudah dapat memenuhinya maka dapat dikatakan sebagai broker saham terbaik.

Beberapa broker Indonesia yang sudah dapat dipercaya oleh cukup banyak investor dan mendapat gelar terbaik hingga saat ini seperti BNI Securities, lalu CIMB Securities Indonesia, First Asia Capital, ada juga Indo Premier Securities, Sinarmas Securities dan masih banyak lagi.

Dari beberapa broker saham tersebut saat ini juga sudah memberikan layanan saham online.

Dengan begitu baik broker hingga calon investor dapat lebih berhemat dalam sisi biaya operasional.

Pastikan pilihan saham yang akan anda beli nantinya adalah yang direkomendasikan oleh broker Anda.

Ini dikarenakan saham yang direkomendasikan tersebut adalah hasil dari analisa beberapa perusahaan sekuritas.

Sehingga memudahkan Anda para calon investor yang akan membeli saham. Selain itu sudah kewajiban broker Anda memberikan rekomendasi saham yang akan dibeli.

Dengan begitu investor akan semakin loyal menggunakan jasa dari brokernya tersebut.

Selain itu broker terbaik pun akan mengarahkan Anda untuk memiliki rekening saham agar Anda mudah dalam melakukan trading saham.

Rekening ini juga berfungsi untuk menarik keuntungan dari saham yang Anda miliki, sehingga dapat ditransfer ke rekening rill Anda.

Perusahaan sekuritas yang menjadi broker sekaligus partner Anda sebaiknya memang harus melalui riset yang Anda lakukan.

Misalnya Anda dapat melihat review pengguna lain yang memberikan minimal empat bintang dan jika memungkinkan lima bintang.

Pastikan Tujuan Anda berinvestasi melalui saham untuk meningkatkan keuangan Anda, sehingga motivasi melakukan trading pun dapat lebih member.

Dari sisi dana yang dianggarkan untuk melakukan trading memang harus uang dingin, artinya uang tersebut memang tidak direncanakan untuk digunakan dalam kepentingan apapun.

Agar selama melakukan trading operasional seperti makan, serta keperluan lainnya dapat tetap berjalan tanpa terganggu.

Sama hal nya seperti investasi lainnya jangka waktu dalam trading pun harus ditentukan berapa lamanya Anda akan bermain saham.

Ini dikarenakan tidak selamanya orang tersebut selalu tepat keputusannya serta selalu sama kondisi keuangannya.

Strategi yang dipergunakan oleh Anda sebagai pemain saham juga harus dimiliki agar tidak ketergantungan kepada analisa broker dan mungkin Anda ingin melakukan improvisasi.

Hal tersebut dipengaruhi oleh pertimbangan toleransi resiko dalam menganalisa saham.

Menganalisa platform juga merupakan salah satu cara untuk melakukan riset untuk dapat mengetahui sebaik apa platform yang diberikan oleh broker.

Hampir setiap waktu yang digunakan untuk melakukan trading saham dilakukan melalui platform yang disediakan.

Jika platform yang digunakan ternyata lebih nyaman dan user friendly sekaligus untuk memuat halamannya tidak membutuhkan waktu lama, maka broker tersebut termasuk broker terbaik. Ini dikarenakan pelayanan kepada investor merupakan hal yang utama.

Broker yang terbaik pastinya akan menjadi partner Anda dalam bermain saham, yang selalu memberikan saran terbaiknya dalam memutuskan atau menjual saham.

Sebab jika Anda mendapat keuntungan ia pun juga akan mendapatkan hal yang sama.

Terlepas dari itu sebelum Anda mempelajari riwayat saham dari perusahaan yang akan Anda beli, sebaiknya justru pelajari riwayat broker yang akan dijadikan partner Anda.

Sebab Ada broker yang memanipulasi harga, serta membatasi gaya pemain saham sehingga justru sangat senang membuat Anda rugi.

Broker yang bersikap seperti itu cenderung melawan trading saham yang Anda lakukan yang dikenal dengan istilah Dealing Desk.

Sedangkan Yang selalu ikut serta dengan Anda ke market dalam trading saham dikenal dengan istilah Non Dealing Desk.

Broker Non dealing desk lebih senang jika tradernya menang dan mendapatkan keuntungan karena akan membuat broker pun mendapat keuntungan pula.

Memang untuk broker saham terbaik mendapat keuntungan dari biaya setiap transaksi beli maupun jual saham yang nilainya dapat berubah-ubah tergantung harga jual dan belinya.

Sisi positifnya memang ada transparansi yang didapatkan oleh trader sehingga dapat mengetahui langsung harga yang sebenarnya di pasar saham.

Dengan begitu Anda bebas menggunakan gaya trading saham Anda sendiri karena tidak dibatasi oleh broker.

Kriteria tersebut memang hanya ada pada broker resmi baik milik pemerintah, swasta nasional maupun asing.

Ada pula broker hybrid yang memiliki cirri-ciri kombinasi dari keduanya yang akan senang membantu pemain saham untuk yang nilainya kecil, tidak termasuk yang nilainya besar.

Jadi pilihan ada pada Anda, apakah akan memilih broker saha terbaik atau tidak, karena yang dipertaruhkan adalah keuangan yang Anda miliki yang digunakan untuk berinvestasi di saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published.