Kumpulan Cerita Motivasi Yang Bisa Membuatmu Tambah Semangat

Cerita Motivasi- Bagaimana seseorang menjalani hidup memang sebuah pilihan. Tapi, tidak selamanya pilihan yang diambil sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Tentunya, dalam perjalanan hidup ada saja hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi.

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan atau masa-masa sulit dalam hidupnya. Hal tersebut bisa berdampak pada aspek psikologis, dimana seseorang akan merasa putus asa dan cenderung menyerah untuk menghadapi masalah yang sedang menimpanya.

Apakah anda termasuk orang yang mudah putus asa dan menyerah atau justru bangkit dan berjuang untuk menghadapi masa sulit yang sedang anda alami? Saya harap anda menjadi salah satu bagian yang bisa bangkit dan memilih untuk berjuang dalam setiap kondisi.

Memang pada realitanya hal tersebut tidak mudah untuk dilakukan. Semangat yang tiba-tiba hilang dari diri kita akan membuat kita sulit untuk bangkit. Nah, pada saat-saat yang seperti inilah kita membutuhkan dorongan atau motivasi untuk mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan.

Dorongan atau motivasi tersebut bisa didatang atau didapatkan dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Pastinya, setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam menanggapi dan menghadapi masalahnya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menemukan dan mengisi kembali semangat atau energi pada diri kita adalah dengan membaca cerita-cerita motivasi. Biasanya dalam cerita motivasi mengandung atau berisikan berbagai kisah inspiratif yang bisa berasal dari kisah-kisah seseorang ataupun kisah hewan sebagai tokohnya.

Berikut ini beberapa cerita motivasi yang bisa anda baca dan bisa dijadikan sebagai salah satu hal untuk mengisi kembali semangat anda yang pudar. Yuk, mari kita simak dengan seksama cerita-cerita motivasi dibawah ini.

Kumpulan Cerita Motivasi

Kumpulan Cerita Motivasi Yang Bisa Membuatmu Tambah Semangat

youtube.com

Cerita Motivasi: Kisah Ulat dan Kepik

Terdapat suatu daerah yang kondisinya cukup tidak menyenangkan dan membuat tidak nyaman bagi kehidupan seekor ulat kecil. Dimana daerah tersebut kekurangan air dan makanan, sehingga ulat kecil yang menetap sejak lahir di sana merasakan kondisi yang memprihatinkan sepanjang hidupnya.

Dalam lubuk hatinya si ulat kecil ingin sekali pindah dari tempat tinggal lamanya dan mencari rumah baru demi memiliki kehidupan yang layak dan lebih baik. Namun, ia tidak punya cukup nyali umtuk melaksanakan niatnya tersebut.

Akhirnya pada suatu hari, si ulat dengan terpaksa memberanikan diri untuk keluar dari tempat tinggalnya dikarenakan kondisi alam atau cuaca yang semakin tidak bersahabat. Kemudian si ulat mulai menuju ke tempat lain tanpa menoleh lagi ke belakang.

Tak terasa perjalanan si ulat sudah semakin jauh, dan ditengah perjalanannya ia merasa bimbang atas keputusannya. Dalam hati ia berkata “jika aku sekarang tidak melanjutkan perjalanan dan kembali menuju rumah lama sepertinya masih keburu  dan bisa kembali, selagi aku belum berjalan terlalu jauh.

Karena jika aku tetap melanjutkan perjalananku aku akan berjalan lebih jauh lagi dan nantinya aku tidak bisa menemukan jalan pulang,bahkan mungkin aku bisa tersesat dan tidak tahu bagaimana nasibku kedepannya”.

Ketika si ulat sedang ragu maju mundur memutuskan apa yang harus ia lakukan, datanglah kepik dengan tiba-tiba dan menyapa si ulat “Hai ulat kecil, apa kabar? Perkenalkan aku adalah kepik, rasanya senang sekali bisa melihatmu keluar dari rumah lamamu itu.

Kau pasti sudah muak dan tidak tahan lagi karena selalu kekurangan makanan di sepanjang musim atau cuaca yang tidak mendukung. Kepergianmu untuk menemukan kehidupan yang lebih layak bukan? Lalu si ulat kecil menjawab pertanyaan si kepik “Benar, aku memilih untuk pergi dari rumahku untuk kehidupan yang lebih baik lagi, oh iya kepik, apakah engkau tahu apa yang terdapat di depan sana?”.

Dan kepik pun menjawab “ Tentu, aku tahu jalan di depan yang akan kamu lalui nanti, ya meskipun tidak begitu jauh namun jalannya terjal dan berliku, dan jika kamu berjalan lebih jauh di sana kamu akan menemukan goa yang gelap dan harus kamu lalui.

Setelah kamu mampu melalui kegelapan tersebut, terdapat tempat yang terang, indah dan sangat subur. Aku yakin kamu pasti akan menyukai tempat tersebut, dan kamu tentu bisa hidup dengan lebih baik di sana seperti kehidupan yang telah kamu dambakan selama ini”.

Si kepik terus memberikan dorongan atau motivasi pada si ulat kecil yang sedang bimbang dan ketakutan, Lalu si ulatpun bertanya “akepik, apakah tidak ada jalan pintas yang bisa saya tempuh untuk samapi ke sana dengan cepat?” dijawab oleh kepik “Tidak ada sobat, jika kamu ingin memiliki kehidupan yang lebih baik dari hari ini, kamu harus melalui semua rintangan itu.

Tetaplah berjalan selangkah demi selangkah dan fokus pada tujuanmu. Niscaya kamu akan tiba di sana dengan selamat. Selamat menempuh perjalanan dan selamat berjuang sobat kecilku!”. Teriak Kepik penuh semangat kemudian pergi meninggalkan si ulat kecil.

Kisah tersebut menggambarkan bahwa untuk mencapai kesuksesan atau keadaan yang lebih baik, kita harus sadar dengan apa yang benar-benar kita inginkan dan harus siap menghadapi segala rintangan yang ada serta terus berjuang dengan baik dan benar untuk mencapainya.

Kotak Ciuman

Suatu hari pada hari perayaan, ada seorang anak gadis berumur 3 tahun sedang menghias atau mendekor sebuah kotak dengan menghabiskan satu rol kertas hias, dimana kotak tersebut akan diberikan pada sang Ayah sebagai hadiah lebaran.

Tetapi, tak disangka ayahnya marah besar karena putrinya telah menghabiskan satu rol kertas dan menurutnya itu merupakan sesuatu yang tidak berguna dan hanya menghabiskan uang saja karena memang kondisi keuangan keluarga mereka memang pas-pasan.

Lalu putrinya memberikan kotak tersebut dengan ketakutan dan berkata “Ini saya buat untuk Ayah”. Ayahnya sadar dan malu sudah bertindak berlebihan, tapi ia kembali marah besar ketika kotak yang diterimanya ternyata tidak ada isinya.

Marah sang ayah dan berkata “Kamu tahu tidak, seharusnya kotak hadiah itu ada isinya, kamu sudah membuang banyak kertas dengan percuma untuk hal yang tidak berguna seperti ini”. Kemudian putrinya menangis sembari berkata pada ayahnya”Ini Tidak kosong Ayah, tengoklah saya memasukkan ciuman untuk ayah”.

Bagai disambar petir, hati laki-laki tersebut sangat remuk mendengar ucapan putrinya, lalu dia memluk erat dan meminta maaf pada anak gadis kesayangannya. Namun, pada suatu waktu, nyawa putri kecilnya direnggut lebih dulu karena kecelakaan.

Pastinya sang ayah merasa sangat kehilangan dan setiap dia merasa lelah, rapuh dan kesepian maka dia akan membuka kotak hadiah pemberian gadis kecilnya lalu mengambil ciuman dari sang anak sebagai wujud cinta kasih dari putrinya.

Sungguh kisah yang miris tapi manis, cinta kasih memang merupakan hal yang paling berharga dari apapun didunia ini dan tidak bisa tergantikam. Maka hiduplah dengan cinta dan kasih.

Penutup

Demikian cerita motivasi yang memiliki kisah baik dibaliknya yang bisa dijadikan sebagai bahan inspirasi anda. Semoga cerita motivasi di atas bisa membantu anda untuk menghadapi masa-masa sulit dalam perjalanan hidup ini.

Tetap semangat serta tidak mudah putus asa untuk menjalani kehidupan yang kejam ini. Tentunya, masih banyak cerita-cerita motivasi lainnya yang dapat anda temukan. Selamat membaca dan semoga terinspirasi.

Leave a Reply