3 Cerita Inspiratif Singkat Yang Membangkitkan Semangat Hidupmu

Cerita Inspiratif Singkat- Dalam melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari secara berulang-ulang tentunya akan membuat kita jenuh atau muak untuk melakukannya seperti bekerja dan sekolah. Sering kali kita kehilangan semangat untuk melaksanakan kegiatan tersebut yang biasa dilakukan.

Tak hanya dalam berkegiatan sehari-hari, semangat juga akan lenyap atau menurun jika kita sedang menghadapi suatu masalah atau kesulitan dan gagal dalam melakukan suatu hal yang ingin kita capai.

Bahkan tak hanya semangat atau gairah hidup saja yang hilang akan tetapi bisa berujung pada depresi. Pastinya dalam kehidupan ini kita pernah merasakan depresi atau kesulitan akan suatu hal. Dalam kondisi yang seperti itulah patutnya kita sadar dan bersyukur atas segala hal apapun yang pernah kita dapat atau kita alami.

Jangan sampai kesulitan tersebut menyeret anda dalam keputusasaan yang berkepanjangan dan membuat anda semakin tersiksa dalam menjalani kehidupan ini. Ketika hal tersebut terjadi yang perlu kita lakukan adalah kembali bangkit dan menemukan semangat untuk menghadapinya.

Ada berbagai hal yang bisa dilakukan untuk kembali menemukan semangat hidup dan melupakan sejenak kepenatan yang anda alami. Misalnya dengan menghibur diri dengan menonton film atau berpergian ke tempat-tempat yang kita suka.

Selain hal tersebut, anda juga bisa membaca berbagai cerita inspiratif singkat yang didalamnya banyak inspirasi atau motivasi yang bisa anda temukan. Dibawah ini terdapat beberapa kisah atau cerita inspiratif singkat yang bisa anda jadikan untuk penyemangat atau motivasi hidup.

Kumpulan Cerita Inspiratif Singkat

3 Cerita Inspiratif Singkat Yang Membangkitkan Semangat Hidupmu

thegorbalsla.com

Cerita Tentang John Bramblitt yang belum pernah melihat lukisannya sendiri

John Brambliit, nama yang sudah tidak asing lagi dan sering muncul di televisi dan radio luar, tapi belum banyak dikenal di Indonesia. Ia merupakan seorang pelukis yang lahir pada tahun 1971, El Paso, Texas, Amerika Serikat.

John Brambliit bukan pelukis biasa, ia adalah pelukis tunanetra yang berulang kali menerima berbagai penghargaan melalui karyanya dan juga kisah hidupnya yang mennginspirasi. Bramblitt tidak pernah melihat hasil lukisannya atau karyanya sendiri, namun hal itu tidak membuat ia untuk berhenti berkarya.

Ia memang sempat mengalami depresi pada awalnya karena mengalami kebutaan diakibaatkan penyakit yang dideritanya yakni komplikasi epilepsi dan penyakit Lyme pada tahun 2001. Sehingga ia harus merelakan cita-citanya sebagai guru menulis.

Depresi yang mendalam tersebut akhirnya membawa ia pada lukisan yang mengubah kehidupannya. Bramblitt belajar membedakan warna warni cat dengan merasakan teksturnya.

Ia juga menggunakan jari-jarinya untuk meraba subjeknya untuk kemudian dilukisnya. Bramblitt menciptakan lukisan dengan sentuhan.

Karya seninya itu telah dipajang diberbagai Negara dan ia juga telah menjadi narasumber pada berbagai media. Sekarang John Bramblitt mempunyai bengkel seninya sendiri.

Bengkel tersebut dibuatnya bukan semata untuk dirinya sendiri, bahkan ia membukanya bagi para seniman termasuk para penyandang difabel.

Bramblitt membuktikan bahwa keterbatasan tak menghalanginya untuk tetap berkarya. Ya memang, bagi sebagian orang keterbatasan mungkin bisa jadi sebuah penghalang dirinya untuk membuat suatu karya.

Namun bagi sebagian orang lagi, seperti Bramblitt, keterbatasan tersebut justru menjadi semangat dan motivasi untuk terus bangkit dan menemukan sesuatu yang unik dalam diri yang belum diketahui sebelumnya.

Sebagai manusia memang sudah sepatutnya kita bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki. Setiap permasalahan atau kesulitan dalam hidup dapat kita ambil pelajaran atau hikmah dibalik peristiwa-peristiwa tersebut.

Apakah anda masih ingin mengeluh dan berputus asa setelah membaca cerita inspiratif John Bramblitt di atas?

Cerita inspiratif “Thomas Alva Edison, Ilmuan yang Tidak Pantang menyerah”

3 Cerita Inspiratif Singkat Yang Membangkitkan Semangat Hidupmu

succesbefore30.co.id

Siapa yang tak kenal dengan ilmuan yang satu ini, tentu namanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Dia adalah Thomas Alva Edison seorang ilmuan tersohor yang merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara.

Ia hasil buah cinta dari Ayah seorang pejuang yang diasingkan dan dari seorang Ibu yang memiliki profesi sebagai guru. Tak hanya menjadi guru bagi murid-muridnya di sekolah, Ibunya juga menjadi guru bagi anak-anaknya di rumah.

Setiap manusia tidak ada yang sempurna, hal tersebut berlaku juga pada seorang  Thomas Alva Edison. Ya, Thomas memiliki suatu kekurangan pada dirinya yaitu ia mempunyai gangguan pendengaran atau gangguan telinga sampai ia harus menerima kenyataan bahwa ia dikeluarkan dari sekolahnya dikarenakan Thomas dianggap tidak mampu dalam mengikuti pelajaran dengan baik.

Memang sejak Thomas kecil ia menyukai penelitian dan melakukan berbagai macam eksperimen kimia. Bahkan ia pernah berhasil meledakkan bekas gerbong kereta api akibat adanya kegagalan saat melakukan eksperimen.

Tak hanya rajin melakukan penelitian dan eksperimen,ia juga seorang pekerja keras. Thomas  rajin bekerja sebagai penjual koran dan petugas telegraf kemudian ia menjadi seorang jurnalis.

Hal yang sulit menerpa kehidupannya Ketika Thomas berusia 19 tahun.

Dimana Ibunya mengalami gangguan jiwa dan ayahnya juga menjadi pengangguran. Keadaan yang sulit ini menjadi titik balik bagi dirinya untuk kembali bekerja ke Boston pada perusahaan Western Union.

Tak hanya sekedar bekerja,Thomas bekerja sambil melakukan eskperimen dan berhasil menciptakan sebuah penemuan bernama Universal Stock Printer yang bermanfaat bagi perusahaan telegraf. Hasil penemuan atau Karyanya tersebut telah dijual dengan harga 40 ribu dolar amerika dan menjadi awal kemapanan dan kesejahteraan Thomas beserta keluarganya.

Tak hanya sampai disitu, dengan rajin dan semangat Thomas terus melakukan penelitian-penelitian hingga memperoleh ribuan hak paten, salah satunya adalah penemuan lampu pijar yang sangat terkenal dan tentunya bagi kehidupan manusia di bumi.

Berkat semangat, kerja keras, ketekunan atau kegigihannya yang tidak pernah takut dalam menghadapi kegagalan dan cemoohan bisa membuatnya sukses dan terkenal hingga menjadi tokoh penting dalam jajaran sejarah dunia.

Thomas Alva Edison, seorang penemu profesional sejak muda hingga akhir hayatnya. Nama dan kisahnya menjadi pembicaraan di seluruh dunia. Ya begitulah cerita inspiratif singkat Thomas Alva Edison yang mengajarkan kita bagaimana kegagalan bisa menjadi sebuah kesuksesan dengan semangat dan kerja keras yang tinggi.

Cerita inspiratif singkat dengan judul “Titik Hitam”

Suatu hari yang sibuk seperti biasanya, seorang profesor masuk ke dalam kelas yang diampunya dan meminta murid-muridnya untuk bersiap-siap dikarenakan adanya ujian atau tes dadakan. Pastinya, para murid terkejut dan terlihat khawatir karena adanya tes dadakan ini.

Setelah para murid diberi waktu untuk menyiapkan tes dadakan tersebut,akhirnya tesnya pun dimulai. Kemudian, profesor membagikan kertas pertanyaan atau soal, dengan teks yang menghadap ke bawah  sama seperti biasanya ketika diadakan ujian.

Setelah ia selesai membagikan kertas soalnya, lalu ia meminta murid-muridnya untuk membalik kertas tersebut dan mulai untuk mengerjakannya. Akan tetapi, semua murid dikelasnya terkejut karena tidak ada pertanyaan sama sekali didalam kertas tesnya, yang ada hanyalah sebuah titik hitam tepat di tengah halaman. Profesor melihat bagaimana ekspresi di wajah semua muridnya, lalu berkata kepada mereka:

“Saya ingin Anda menuliskan apa yang Anda lihat di dalam kertas tersebut.”

Tentunya, para siswa bingung dan bertanya-tanya, bagaimana caranya untuk menjelaskan tugas itu.

Kemudian, pada akhir jam kelas dan waktu untuk memberikan jawaban telah habis, profesor mengambil semua kertas jawaban dan mulai membacakan setiap hasil jawaban dengan suara lantang di depan semua siswanya.

Ternyata semua murid tanpa pengecualian hanya menjelaskan tentang bintik hitam yang ada didalam kertas tersebut tanpa memperhatikan sekitar atau sekeliling gambar tersebut. Dan mencoba untuk menjelaskan posisinya di tengah-tengah lembar, dan lain sebagainya.

Setelah semua kertas jawaban telah selesai dibacakan semua, kondisi kelas menjadi hening dan semua siswa menjadi diam, lalu profesor lalu mulai menjelaskan: “Saya tidak akan mengambil nilai dari tes ini, saya hanya ingin memberikan sesuatu kepada Anda semua untuk direnungkan.

Namun, tidak ada satupun dari kalian yang menulis tentang bagian putih dari kertas dan hanya terfokus pada titik hitam yang ada. Hal tersebut bisa diibaratkan seperti yang sedang terjadi dalam hidup kita.

Hidup merupakan karunia dari Tuhan yang diciptakannya dengan penuh kasih dan cinta sehingga sudah selayaknya untuk kita selalu bersyukur atas apa yang sudah diberikan. Namun, sangat disayangkan kita sering berfokus hanya pada titik-titik bintik gelap.

Yakni kesulitan-kesulitan dalam hidup seperti masalah kesehatan yang mengganggu kita, masalah keuangan, hubungan yang rumit dengan anggota keluarga, kekecewaan dengan teman, dan masih banyak yang lainnya.

Jika direnungkan kembali titik-titik hitam dalam hidup ini sangatlah kecil apabila dibandingkan dengan segala sesuatu yang telah kita miliki dalam hidup kita, tetapi titik-titik hitam selalu mencemari dan mengganggu pikiran kita. Seihingga lupa bersyukur bahwa banyak sekali hal-hal baik yang telah diberikan Tuhan kepada kita.

Oleh sebab itu, sebaiknya singkirkan jauh-jauh pandangan Anda dari titik-titik hitam dalam hidup Anda. Bersyukurlah atas setiap berkat yang kita terima dan setiap keadaan yang diberikan dalam kehidupan kepada Anda. Pastinya jangan lupa untuk berbahagia dan jalani hidup ini dengan pikiran yang positif!.

Penutup

Demikian beberapa kisah atau cerita inspiratif singkat yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk menemukan inspirasi dan memotivasi diri anda untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Sebenarnya masih banyak sekali kisah-kisah yang begitu menginspirasi hidup anda.

Mungkin anda bisa menemukannya dengan mudah disekitar anda, bisa dari cerita atau kisah dari tetangga, teman atau bahkan keluarga anda sendiri. Hanya saja anda tidak sadar dan tidak melihat betapa hebatnya orang-orang disekitar anda menjalani masalah-masalah kehidupan yang sulit.

Sehingga anda selalu merasa kurang dan tidak bersyukur atas apa saja ayang anda alami di kehidupan ini. Memang tidak mudah untuk menjadi sadar dan tetap positif Thinking atas semua kesulitan hidup, namun anda harus tetap mencoba untuk mengatasinya.

Anda juga bisa membaca cerita inspiratif singkat lainnya di media social yang anda miliki. Tentunya dalam cerita-cerita tersebut mengandung penyemangat yang mungkin bisa mengubah hidup anda dan membantu anda dalam menghadapi masalah-masalah yang terus datang silih berganti.

Semoga dengan membaca dan merenungi kisah-kisah yang menginspirasi tersebut membuat anda untuk tetap semangat dan menghilangkan  rasa keputusasaan yang menguasai diri anda. Selamat membaca dan merenung. Jangan lupa untuk bergembira. Keep Fighting!!.

Leave a Reply