Struktur Cerita Rakyat Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Cerita rakyat dalam bahasa inggris?

Kalian suka baca cerita? Cerita dengan genre apa yang kalian gemari? Banyak orang membaca cerita untuk mengisi waktu luang atau bahkan membaca cerita untuk keperluan studi.

Salah satu jenis cerita yang sudah akrab kita kenal sejak kecil adalah cerita rakyat. Selain disebarkan melalui media bacaan, cerita rakyat menjadi populer sebab tersebar melalui tradisi lisan.

Sebenarnya, apakah cerita rakyat itu? Cerita rakyat merupakan cerita yang berkembang pada masyarakat tertentu di masa lampau.

Meski begitu ada pula cerita rakyat yang berkembang lebih luas dengan cakupan suatu bangsa. Cerita rakyat bisa menjadi ciri khas suatu bangsa. Kekayaan budaya dan sejarah milik suatu bangsa biasanya tercermin dalam cerita rakyat.

Struktur Cerita Rakyat Dalam Bahasa Inggris

Struktur Cerita Rakyat Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

jagad.id

Selain cerita rakyat dalam bahasa Indonesia, kita tentu juga familiar dengan cerita rakyat berbahasa Inggris. Istilah yang digunakan untuk menyebut cerita rakyat dalam bahasa Inggris ialah folktale.

Terdapat beberapa jenis teks yang sering ditemui saat belajar atau mengerjakan soal reading bahasa Inggris. Folktale termasuk ke dalam jenis narative text atau teks cerita.

Sebagaimana teks cerita lainnya, folktale memiliki tujuan untuk menghibur pembaca serta menarik minat baca masyarakat secara umum. Folktale diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.

Folktale yang diceritakan melalui teks memiliki struktur seperti narative text lainnya. Pada awal teks cerita bisa ditemukan kalimat-kalimat pembuka yang disebut orientation.

Bagian ini berisi perkenalan tentang tokoh, waktu kejadian, serta tempat kejadian cerita. Orientation berperan untuk memberikan gambaran kepada pembaca mengenai cerita yang dibaca.

Setelah pembaca mengetahui tokoh, waktu, dan tempat kejadian, bagian cerita selanjutnya mulai menampilkan interaksi antartokoh serta rentetan peristiwa sehingga muncul permasalahan.

Saat permasalahan sudah mencapai klimaks maka tahap selanjutnya adalah anti klimaks. Permasalahan mereda dan cerita hampir mencapai akhir.

Bagian ketika masalah mulai muncul sampai masalah mulai reda disebut complication. Bagian ini dapat disebut sebagai inti cerita.

Teks cerita ditutup dengan resulotion. Masalah yang mereda disusul dengan penyelesaian. Semua permasalahan dalam cerita diselesaikan sehingga cerita dapat berakhir. Resolution bisa berisi akhir cerita yang menyenangkan atau happy ending, maupun akhir cerita yang menyedihkan atau sad ending.

Jalannya cerita dari awal sampai akhir seringkali meninggalkan pesan yang dapat diteladani. Oleh sebab itu pada bagian paling akhir cerita biasanya terdapat kalimat berisi nilai moral. Bagian ini disebut reorientation dan tidak selalu ada pada setiap teks.

Contoh Cerita Rakyat

Struktur Cerita Rakyat Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

pinterest.com

Nah, sekarang coba kita amati struktur teks naratif dalam cerita rakyat Malin Kundang di bawah ini:

Once upon a time, there was a poor woman in north Sumatera. She lived with her beloved son named Malin Kundang. Their only income for their daily need was just fishing. So they kept living in poverty. Malin Kundang wanted to change that condition, he wanted to be rich. Malin Kundang decided to leave his village so he could change his fate (Paragraf ini disebut orientation, teks naratif biasanya dibuka dengan “once upon a time, long time ago, dst”).

After years, Malin became a rich man successfully and married a beautiful woman. Malin had never told his mother since the first day he left home. While Malin’s mother waited him for night and day. Malin’s mother really missed Malin along the time (Paragraf ini memasuki complication, permasalahan mulai dimunculkan).

One day there was a big and luxurious ship anchored on the beach near Malin’s mother house. A man who looked prosperous got off the ship with his wife. Malin’s mother still recognized the man as Malin. He was very happy and immediately approached Malin. “Malin my son, I miss you very much, son, you became rich man,” said Malin’s mother, crying. However, Malin showed a bad response. He did not admit the woman was his mother. He ignored his mother and prepared to continue sailing (Paragraf ini masih termasuk complication) .

Malin’s mother was hurt by Malin’s attitude. He cried louder and cursed Malin to become a stone. After that the wind blew hard and a thunderstorm came. Slowly, Malin Kundang’s body turned to stone (Paragraf ini disebut resolution, masalah diselesaikan). Mother’s love all the time, but child love is not certain (Kalimat ini menunjukkan nilai moral cerita atau reorientation).

Leave a Reply