10 Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

15 Contoh Daftar Riwayat Hidup Beserta Cara Menulisnya [Lengkap]

Daftar riwayat hidup atau juga disebut dengan curriculum vitae merupakan sebuah daftar yang memuat informasi umum terkait hidup seseorang, mulai dari identitas diri seseorang, riwayat pendidikan, atau bahkan keahlian seseorang.

Curriculum vitae tersebut digunakan untuk banyak keperluan seperti melamar kerja, menjadi narasumber/pembicara di sebuah seminar, menjadi pelengkap informasi dari buku/karya yang dibuatnya, dan lain-lain.

Pada intinya daftar riwayat hidup memang dibutuhkan dalam banyak hal, sehingga setidaknya setiap orang mampu untuk membuat daftar riwayat hidupnya sendiri.

Meskipun hari ini karena semakin banyak keperluan yang membutuhkan CV, banyak sekali penyedia jasa pembuat CV berbayar. Nah karena berbayar tidak semua orang bisa atau mau menyerahkan pembuatan CV tersebut kepada penyedia jasa.


Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam CV


Meskipun pada artikel ini akan disajikan beberapa contoh daftar riwayat hidup atau CV, tetapi sebelum itu setidaknya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam CV tersebut.

Nantinya hal-hal ini akan membantu teman-teman dalam membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar.

Selain itu, hal yang akan dijelaskan berikut merupakan pengetahuan dasar dalam membuat CV, yakni berisi informasi apa saja yang harus dimuat dalam daftar riwayat hidup.

Oleh karena itu, mari langsung kita simak bersama penjelasan tentang hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat CV berikut ini:

Data Pribadi

Salah satu informasi penting yang harus ada dalam daftar riwayat hidup adalah data pribadi. Data pribadi ini menjadi sangat dibutuhkan oleh HRD suatu instansi ketika kamu melamar pekerjaan.

Dalam data diri setidaknya kamu harus mencantumkan nama lengkap, tanggal lahir, alamat, usia, nomor telepon, serta alamat email.

Informasi ini harus ditulis dengan sejelas mungkin, sehingga tidak akan ada salah pengertian terkait data dirimu.

Begitu pula dengan alamat email, sebaiknya cantumkan alamat email yang tidak lebay dan terlalu panjang yaa. Hal ini menghindari adanya salah eja atau salah kirim informasi oleh HRD tersebut.

Deskripsi Diri

Pada bagian ini kamu harus mendeskripsikan dan menggambarkan dirimu semenarik mungkin dengan narasi yang tidak berlebihan namun juga tidak kering.

Pada intinya narasi tersebut harus memiliki porsi yang pas. Untuk menarik HRD perusahaan, kamu bisa loh menuliskan kemampuan atau keunggulan dirimu secara ringkas dan jelas.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa HRD perusahaan pasti akan melihat kemampuan para calon pegawainya.

Nah penilaian tentang kompetensi yang kamu miliki ini dapat dilihat dari sertifikat yang dilampirkan.

Selain itu penilaian juga bisa dilihat dari gambaran tentang deskripsi diri ini. Semakin kamu bisa menarik perhatian sang HRD, semakin lebih besar kamu bisa diterima kerja. Jadi pastikan ya buat deskripsi diri yang menarik.

Riwayat Pendidikan Dan Pelatihan

Selanjutnya hal atau informasi penting yang harus juga dicantumkan adalah catatan mengenai riwayat pendidikan dan pelatihan.

Tentu riwayat pendidikan ini akan menjadi pertimbangan HRD dalam menerima calon pegawai. Hal ini sangat wajar karena pendidikan ini bisa menunjukkan kualifikasi yang sesuai dengan posisi yang diinginkan.

Misalkan saja jika perusahaan sedang mencari posisi akuntan maka calon yang diprioritaskan biasanya adalah orang yang pernah mendapatkan pendidikan akuntansi secara mendalam.

Atau dengan kata lain seseorang tersebut mengambil pelatihan atau pendidikan dengan jurusan akuntansi.

Pengalaman Organisasi

Apakah pengalaman organisasi penting untuk dicantumkan? Tentu saja iya. Karena semua sepakat bahwa organisasi memberikan pengaruh yang besar dan pembelajaran hidup yang berarti bagi seseorang.

Organisasi melatih seseorang untuk mengatur atau memanajemen banyak hal mulai dari waktu, sumber daya alam dan juga sumber daya manusia dimana hal ini sangat diperlukan ketika bekerja di suatu perusahaan, instansi, atau lembaga.

Selain itu, seseorang juga bisa belajar bersosialisasi, bekerja sama dengan tim, sekaligus membangun sebuah jaringan. Dan hal tersebut juga menjadi pertimbangan penting bagi HRD perusahaan.

Keahlian Tambahan

Selanjutnya jangan lupa untuk mencantumkan keahlian tambahan, karena hal ini bisa menjadi nilai plus untuk kamu di mata HRD perusahaan.

Jadi cantumkan semua kursus yang pernah kamu ikuti ya terutama yang berkaitan dengan posisi yang diinginkan.

Semoga dengan sertifikat kursus tersebut bisa menjadikan peluang untuk diterima lebih besar  dari yang lainnya.

Prestasi Yang Pernah Dicapai

Informasi tentang prestasi yang pernah dicapai juga bisa menjadi nilai tambahan loh untuk kamu.

Apalagi kalau prestasi tersebut berhubungan dengan kualifikasi pekerjaan yang diinginkan tersebut.

Tetapi kalau memang tidak ada prestasi apapun kamu jika tidak usah memaksa untuk menuliskannya. Toh prestasi bukan satu-satunya hal yang akan dinilai.

Pengalaman Kerja Dan Referensi Perusahaan

Hal yang tak kalah penting untuk dicantumkan dalam CV mu ketika kamu melamar kerja adalah tentang pengalaman kerja.

Pada informasi pengalaman kerja ini tulislah dimana kamu pernah bekerja, kapan waktu yang kamu habiskan untuk pekerjaan itu, apa posisi jabatanmu dalam pekerjaan tersebut, sampai pada kenapa kamu mengundurkan diri.

Tulislah point-point di atas dengan sangat jelas sehingga HRD perusahaanpun dapat memahaminya dengan mudah.

Itulah beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah CV. Pastikan hal penting di atas tercantum dalam daftar riwayat hidupmu yaa.

Dan selanjutnya supaya kamu bisa membuat daftar pustaka dengan mudah, di bawah ini akan disajikan beberapa contoh daftar pustaka yang dirangkum dari berbagai sumber.


Contoh Daftar Riwayat Hidup


Untuk itu pada artikel ini tersedia beberapa contoh daftar riwayat hidup yang bisa dijadikan referensi bagi kamu yang ingin membuat CV dengan usahamu sendiri. Berikut adalah contoh-contohnya:

1. Contoh daftar riwayat hidup bahasa inggris

Seperti yang kita tahu bahasa inggris ditetapkan sebagai bahasa internasional. Dan karena itu pada era yang sudah memasuki pasar bebas ini bahasa inggris semakin dibutuhkan di berbagai negara.

Banyak perusahaan lokal ataupun internasional yang mewajibkan pegawainya untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar, atau hanya mengharuskan pegawainya menguasai bahasa inggris untuk menunjang kerjanya.

Pada intinya keduanya pasti mewajibkan calon pegawainya untuk membuat surat lamaran, CV, dan melakukan wawancara kerja dengan bahasa inggris.

Sayangnya tidak semua orang menganggap membuat CV dalam bahasa inggris adalah hal yang mudah. Untuk itu di bawah ini terdapat contoh daftar riwayat hidup bahasa inggris yang bisa dipelajari:

10 Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

maxmanroe.com

2. Contoh CV kreatif

Dewasa ini banyak orang yang membuat inovasi dalam banyak hal termasuk dalam pembuatan CV. Barangkali karena persaingan kerja yang tinggi membuat seseorang memutar otak untuk terlihat berbeda dari yang lain salah satunya dengan cara membuat CV yang menarik.

CV yang menarik dapat dilihat dari dua sisi yaitu content atau isinya dan juga designnya. Di bawah ini terdapat contoh daftar riwayat hidup yang kreatif dan menarik:

10 Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

kelasdesain.com

3. Contoh daftar riwayat hidup fresh graduate

Fresh graduate adalah masa-masa yang rentan dihinggapi quarterlife crisis (krisis setengah abad). Salah satu krisis yang biasanya dihadapi adalah masalah pekerjaan.

Ada saja yang digalaukan mulai dari bingung ingin kerja apa? sesuai dengan keinginan atau sesuai peluang yang didepan mata, dan kegalauan-kegalauan lainnya yang menyangkut tentang pekerjaan. Nah atau juga bingung ingin melamar kerja tapi merasa fresh graduate dan belum memiliki pengalaman pekerjaan.

Atau bisa jadi galau karena bingung membuat daftar riwayat hidup atau CV yang sesuai fresh graduate?

Tidak perlu khawatir berikut ini terdapat salah satu contoh daftar riwayat hidup untuk fresh graduate kok, siapa tau bisa kamu jadikan referensi. Yuk lihat contoh selengkapnya di bawah ini:

10 Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

maxmanroe.com

4. Contoh daftar riwayat hidup penulis buku

Selain untuk melamar pekerjaan, daftar riwayat hidup juga biasanya dicantumkan dalam karya seseorang termasuk buku.

Biasanya dalam sebuah buku pada bagian akhirnya terdapat daftar riwayat hidup penulis yang memuat beberapa informasi pribadi tentang penuli.

Meskipun memang penulisan daftar riwayat hidup untuk melamar kerja dan untuk buku memang berbeda. Penulisan daftar riwayat hidup pada buku lebih berbentuk narasi ketimbang point-point.

Untuk itu di bawah ini sudah terdapat contoh daftar riwayat hidup penulis buku yang bisa dipelajari:

10 Contoh Daftar Riwayat Hidup Lengkap

slideshare.net

5. Contoh CV untuk asisten apoteker

Seperti melamar pekerjaan pada umumnya yang mengharuskan daftar riwayat hidup turut dicantumkan, tak terkecuali menjadi asisten apoteker.

Untuk kamu yang ingin mendaftar atau melamar kerja menjadi asisten apoteker dan masih bingung bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang sesuai untuk pekerjaan tersebut simak salah satu contoh berikut ini:

Daftar Riwayat Hidup

Nama  : Andrian
Tempat/Tanggal/Lahir : Padang/13 Oktober 1989
Alamat  : Komp Kopo kencana Blok B3 No 25 Bandung
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Status : Sudah Menikah
Tinggi/Berat Badan : 175 CM/58 KG
Golongan Darah  : O
Kesehatan: Sangat baik
Kewarganegaraan  : Indonesia
Email :[email protected]
Hobi : Bermain Bola

RIWAYAT PENDIDIKAN

  • Tahun 1995-2001 SD Nilem Bandung
  • Tahun 2001-2004 SMPN 8 Bandung
  • Tahun 2004-2007 SMAN 22 Bandung
  • Universitas Padjajaran Jurusan Farmasi

KEMAMPUAN/KEAHLIAN

  • Mampu meracik obat dengan baik dan tepat
  • Mampu melaksanakan berbagai tugas dan kewajiban seorang asisten apoteker
  • Mampu mengoperasikan komputer
  • Kemampuan menggunakan internet

PENGALAMAN KERJA

  • Pernah bekerja di Puskesmas Kiaracondong Bandung
  • Periode tahun 2011-2013: Posisi asisten apoteker

Uraian singkat pekerjaan :

  1. Menyimpan, memelihara, dan mencatat berbagai mutasi obat serta perbekalan kesehatan, baik yang dikeluarkan maupun yang diterima oleh kamar obat di Puskesmas dalam bentuk buku catatan khusus mengenai mutasi obat.
  2. Membuat laporan pemakaian dan juga permintaan obat serta perbekalan dalam hal kesehatan.
  3. Menyerahkan setiap obat yang rusak atau yang kadaluwarsa pada setiap petugas di gudang obat.
  4. Menyerahkan obat sesuai dengan resep ke para pasien
  5. Memberikan informasi pada pasien mengenai pemakaian obat.
  • Pernah bekerja di rumah sakit Persimpangan Bandung
  • Periode tahun 2013-2015: Posisi sebagai asisten apoteker yang ditempatkan di apotik dan gudang obat

Uraian singkat pekerjaan :

  1. Menerima obat dan setiap perbekalan kesehatan dari bagian PBF.
  2. Memeriksa kelengkapan obat dan perbekalan kesehatan.
  3. Menyimpan dan mengatur obat dan setiap hal yang berhubungan dengan perbekalan kesehatan.
  4. Mendistribusikan obat dan perbekalan kesehatan pada setiap unit-unit yang ada di rumah sakit.
  5. Membuat catatan dan laporan.
  6. Menjaga mutu dan keamanan obat yang ada di apotik dan gudang obat, dan perbekalan kesehatan yang ada.
  7. Menyerahkan obat sesuai dengan resep kepada setiap pasien.
  8. Memberikan informasi mengenai pemakaian obat kepada pasien.

Demikianlah daftar riwayat hidup saya sebagai asisten apoteker, yang dibuat dengan sebenar-benarnya.

Hormat saya,

 

Andrian

6. Contoh daftar riwayat hidup untuk adminitrasi perkantoran

Nah kalau kamu juga ingin melamar pekerjaan di bidang administrasi perkantoran kamu juga bisa membuat daftar riwayat hidup yang sesuai dengan pekerjaan tersebut seperti contoh di bawah ini:

Curriculum Vitae (CV)

BIODATA PRIBADI

Nama  : Mulia Yulistiawati
Tempat/Tanggal/Lahir : Garut/29 Juni 1987
Alamat : Gg. H. Imran Jl. Mutiara Selatan No 57 Bandung
No HP : 08959012643
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama  : Islam
Status : Pernah Menikah
Tinggi/Berat Badan : 160 CM/48 KG
Email  :[email protected]

RIWAYAT PENDIDIKAN

  • Tahun 1993-1999 – SDN Pira Graha I
  • Tahun 1999-2002 – SMPN 2 Bandung
  • Tahun 2002-2005 – SMU Jaya Wijaya Bandung
  • Politeknik Kesekretarisan Bandung

PENGALAMAN BEKERJA

  • Administrasi The Executive di Pabrik Dia Graha
  • Administrasi di PT Guling Sejati
  • Administrasi keuangan di CV Jaya Abadi
  • Staff administrasi penjualan di CV Laksana Sejahtera

7. Contoh daftar riwayat hidup lulusan SMK Akuntansi

Lulusan SMK akuntansi bisa saja langsung melamar perkerjaan di bidang terkait tanpa perlu melanjutkan kuliah di perguruan tinggi, karena memang terdapat beberapa perusahaan atau instansi yang memberikan persyaratan dengan kualifikasi lulusan SMK Akuntansi.

Karena SMK termasuk sekolah kejuruan yang alumninya bisa langsung terjun ke dunia kerja. Bagi kamu yang merupakan lulusan SMK Akuntansi. Dan ingin membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja, berikut adalah contohnya:

Daftar Riwayat Hidup

 DATA PRIBADI

Nama : Laras Sentausa
Tempat/Tanggal Lahir : Bandung 5 Juni 1995
Alamat : Jl Sudirman No 54 Bandung
No HP : 0817869765
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status : Belum Menikah
Tinggi/Berat Badan : 160 cm/45 kg
Kesehatan : Baik
Email :[email protected]
Blog  : Dunialaras.blogspot.com
Hobi  : Menyanyi

PENDIDIKAN

  • SD Banjarsari Bandung
  • SMP 2 Bandung
  • SMA 1 Bandung
  • S1 Fakultas Ekonomi Universitas Padjajaran

KEMAMPUAN

  • Menyusun atau menyajikan suatu laporan keuangan pada perusahaan dagang atau pun jasa
  • Menghitung, menyusun dan membuat laporan perpajakan suatu perusahaan
  • Menyusun anggaran keuangan suatu perusahaan
  • Membuat dokumen audit perusahaan
  • Mampu bekerja menggunakan software accounting
  • Mampu mengoperasikan komputer

BIDANG YANG DIMINATI

  • Bidang keuangan
  • Bidang akunting
  • Bidang perpajakan
  • Bidang auditing

8. Contoh daftar riwayat hidup untuk beasiswa

Pemberi beasiswa tentu membutuhkan informasi tentang calon penerima beasiswanya dong. Oleh karenanya untuk mendaftar beasiswa pun seseorang harus membuat daftar riwayat hidup atau CV yang selengkap mungkin, agar pemberi beasiswa pun puas dengan informasi yang ingin diketahui.

Jika kamu masih bingung dalam membuat CV untuk keperluan mendaftar beasiswa yuk simak salah satu contoh daftar riwayat hidup untuk beasiswa di bawah ini:

Daftar Riwayat Hidup

BIODATA

Nama  : Agung Laksmono
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta/ 17 Juli 1994
Alamat  : Jl Sidareng Selatan V No 104 Jogja
No HP : 08789085632
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Warga Negara : Indonesia
Fakultas : Teknik Sipil Universitas Nasional Jogjakarta
Status  : Lajang
Tinggi/Berat Badan : 170 CM/60 KG
Kesehatan  : Sangat baik
Email :[email protected]
Hobi : Bermain musik dan bermain bola

PENDIDIKAN FORMAL

  • SD Mulia Harapan Jogjakarta
  • SMP 1 Jogjakarta
  • SMU 1 Jogjakarta
  • Universitas Nasional Jogjakarta

PENGALAMAN BERORGANISASI

  • Anggota himpunan mahasiswa Universitas Nasional
  • Anggota unit kegiatan mahasiswa paduan suara Universitas Nasional

KEMAMPUAN

  • Mampu menggunakan komputer
  • Mampu membuat desain web, blog, dan sebagainya

PENGALAMAN KERJA

  • Asisten praktikum teknik sipil di Kantor Kecamatan Jogjakarta
  • Staff di CV Indah Mulya Jaya

9. Contoh CV web designer

Di era yang serba digital ladang pekerjaan semakin mudah didapatkan untuk seseorang yang memiliki skill di bidang tersebut, misalnya menjadi seorang web designer.

Karena tidak bisa dipungkiri hari ini hampir setiap perusahaan/instansi/kelompok atau perorangan merambah ke dunia web. Karena website dianggap cara yang membantu meningkatkan pendapatan dengan mudah.

Untuk itu banyak sekali lowongan kerja untuk web designer, nah jika kamu ingin membuat CV yang sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan di atas, yuk simak salah satu contoh daftar riwayat hidup berikut ini:

CURRICULUM VITAE

I’M A WEB GRAPHIC DESIGNER

Saya adalah seseorang yang memiliki minat dalam bidang desain grafis, sinematigrafy, videografi, fotografi, serta beberapa pengembangan di berbagai aplikasi dan informasi yang berbasis web. Saya juga senang mengimplementasikan ide saya ke dalam sebuah gambar atau audio dan video, sehingga hal itu bisa bermanfaat baik bagi diri saya sendiri maupun bagi orang lain.

ABOUT ME

Nama : Lira Adelia
Alamat  : Jl Sediatama II No 153 Jakarta Barat
No Handpone : 08916742938
Facebook : Lira Adelia
Instagram/Twitter : @Liraliralira
Web : SecondAdelia.co.id
Blog : Disiniduniaku.wordpress.com

INDIVIDUAL

  • Creatif
  • Communicatif
  • Good teamwork
  • Intuitif

EDUCATION

  • 1993-1998 SD Terang Bulan Jakarta
  • 1999-2002 SMP 78 jakarta
  • 2003-2005 SMU Biada Bakti Jakarta
  • Universitas Indonesia

ORGANIZATION

  • Bendahara ekstrakurikuler bengkel seni di SMU Biada Bakti Jakarta
  • Ketua Ikatan Alumni Universitas Indonesia lulusan tahun 2008

WORK EXPERIENCE

  • Web design at Multicommunication Inc
  • UI Designer at Media Online Kurukuru Design
  • Graphic Designer at Studio Art Insight

SKILLS

  • Design grapichs at corel, photoshop, etc
  • Videografi at adobe premier
  • Making web design at HTML, CSS, PHP
  • Membuat aplikasi perkantoran di microssoft office

10. Contoh Daftar Riwayat Hidup sederhana

Adapun contoh daftar riwayat hidup yang ditulis dengan sederhana dapat dilihat pada salah satu contoh berikut ini:

Nah setelah melihat contoh di atas sepertinya penulis ingin menambahkan cara menulis CV untuk melamar kerja yang baik dan benar seperti penjelasannya berikut:

Daftar Riwayat Hidup

Nama : Anggun Cahaya Kasih
Tempat/Tanggal/Lahir : Bandung/15 Mei 1994
Alamat : Komp Asri Indah Utama Blok J8 No 90 Bandung
Nomor HP : 0856432657
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama  : Islam
Email :[email protected]

RIWAYAT PENDIDIKAN

  • Tahun 2000-2006 : SD Islam Alfalaq
  • Tahun 2006-2009 : SMP Islam Alfalaq
  • Tahun 2009-2012 : SMAN 11 Bandung
  • Tahun 2012-2015 : Universitas Pasundan Bandung

PENGALAMAN KERJA

  • Praktik kerja dan magang di PT Sari Purna Sempurna tahun 2014-2015
  • Sebagai administrasi penjualan di CV Sari Indah Sentosa tahun 2015
  • Sebagai sales marketing di Bank Utama tahun 2017

KEAHLIAN LAIN

  • Membuat program komputer
  • Menulis artikel

11. Contoh CV Lamaran Kerja Dokter Rumah Sakit

Ketika kita ingin bekerja di suatu tempat tentu ada hal penting yang harus dicantumkan sebagai syarat administrasi. Salah satunya yaitu daftar riwayat hidup atau CV.

Tak terkecuali kalau kamu ingin mendaftar kerja sebagai dokter di sebuah rumah sakit. Maka selain surat lamaran kerja kamu juga harus mencantumkan CV yang akan menjadi bahan pertimbangan pihak rumah sakit.

Bagaimana contoh daftar riwayat hidup tersebut yuk simak contoh di bawah ini:

CV Lamaran Kerja Dokter Rumah Sakit

CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: Chandra Tris Fajar Uji Putra
Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1986
Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
No Hp: 0817262533930
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: [email protected]
Hobi: Membaca
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unibraw Malang
PENDIDIKAN FORMAL

1992-1998 SDN 1 Magetan
1998-2001 SMP 3 Takeran
2001-2004 SMA 2 Madiun
2004-2010 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang
PELATIHAN DAN SEMINAR

Pelatihan BCLS Di UGD RS Saiful Anwar Malang
Pelatihan EKG DI RS Husada Utama
Contoh Poster
PENGALAMAN KERJA

Dokter jaga UGD RSUD Magetan
Dokter praktek pribadi
Dokter pengganti di PUSKESMAS Takeran
PRESTASI

Olimpiade Sains Tingkat Universitas Peringkat 1 Tahun 2005
Karya Ilmiah Remaja Antar Universitas Se Indonesia Juara 3 Tahun 2006
Lomba Cerdas Cermat Di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008
Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Chandra Tris FUP

12. Contoh CV Untuk Guru TK

Ada yang bilang menjadi guru TK itu mudah kamu tak perlu repot-repot membuat CV yang bagus untuk mendaftar.

Pemikiran tersebut menurut mimin salah besar, karena sejatinya guru TK merupakan guru yang tak kalah penting dalam memberikan kontribusi dalam perkembangan seorang peserta didik.

Ia harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan profesinya. Oleh karena itu tidak semua orang bisa menjadi guru TK.

Oleh karena itu kalau kamu serius ingin menjadi guru TK maka buatlah CV yang semenarik mungkin.

Kalau kamu masih bingung bagaimana membuat daftar riwayat hidup tersebut, yuk simak contoh berikut ini:

CV Unik Untuk Guru TK
CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: Diah Mardiani
Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1986
Alamat: Jalan Simogunung kwagean Timur Nomor 6, Surabaya
No Hp: 081234567689
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Menikah
Email: [email protected]
Hobi: Membaca
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: D3 Pendidikan TK Universitas Negeri Surabaya
PENDIDIKAN FORMAL

1992-1998 SDN 1 Simo
1998-2001 SMP 3 Surabaya
2001-2004 SMA 2 Surabaya
2004-2010 Fakultas Keguruan Universitas Negeri Surabaya
PENDIDIKAN NON FORMAL

Kursus Bahasa Inggris
Kursus Bahasa Jepang
Kursus Komputer
PENGALAMAN KERJA

Guru TK Tunas Bangsa 2010-2012
Pengajar Bimbingan Belajar Membaca 2012-2014
Guru TK Tunas Muda Surabaya 2014 – sekarang
PRESTASI

Lomba senam Peringkat 1 Tahun 2003
Lomba Puisi SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2002
Lomba Menyanyi Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008
Lomba Menari Di Universitas Juara 3 Tahun 2009
Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Diah Mardiani

13. Contoh CV Sederhana Untuk Satpam

Adapun untuk kamu yang ingin melamar sebagai satpam dari suatu perusahaan, tetapi masih awam dalam membuat daftar riwayat hidup.

Boleh deh lihat contoh di bawah ini, semoga bisa menjadi referensi untuk kamu:

CV Sederhana Untuk Satpam
CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: Chandra Tris Fajar Uji Putra
Tempat Tanggal Lahir: Magetan, 3 Juni 1991
Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
No Hp: 081235374748
Jenis Kelamin: Laki-laki
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: [email protected]
Hobi: Ikut Bela Diri
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: SMK Tunas Bangsa Jurusan Mesin
PENDIDIKAN FORMAL

1997-2003 SDN 1 Magetan
2003-2007 SMP 3 Takeran
2007-2010 SMK 2 Madiun
PENDIDIKAN NON FORMAL

2012 Pendidikan Dan Pelatihan Satpam Di Madiun

2013 Kursus Bahasa Inggris Di EF

PENGALAMAN KERJA

Pegawai Foto Kopi
Operator Mesin Percetakan
Satpam Rumah Sakit Swasta
PRESTASI

Kejuaraan Pencak Silat Daerah Peringkat 1 Tahun 2005
Lomba Pencak Silat Nasional Juara 3 Tahun 2006
Lomba Cerdas Cermat Di Sekolah Juara Umum Tahun 2008
Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Chandra Tris Fajar UP

14. Contoh Riwayat Hidup PNS

Nah kalau kamu seorang PNS dan ingin membuat sebuah daftar riwayat hidup untuk kepentingan tertentu, yuk simak contoh berikut ini:

Contoh Riwayat Hidup PNS
CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: Meyvia Rifak
Tempat Tanggal Lahir: Malang, 3 Mei 1992
Alamat: Jalan Tirto Rahayu no 11 Malang
No Hp: 0817262533930
Jenis Kelamin: Perempuan
Agama: Islam
Kewarganegaraan: Indonesia
Status: Belum Menikah
Email: [email protected]
Hobi: Menulis
Kesehatan: Baik
Pendidikan Terakhir: S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
PENDIDIKAN FORMAL

1998-2004 SDN 1 Malang
2004-2007 SMP 3 Takeran
2010-2013 SMA 2 Madiun
2013-2017 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
PRESTASI

Olimpiade Akuntansi Peringkat 1 Tahun 2013
Karya Ilmiah Remaja Antar SMA Se Indonesia Juara 2 Tahun 2013
Lomba Cerdas Cermat Di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2017
Demikian daftar riwayat hidup yang saya buat dengan sebenarnya dan secara sadar, agar bisa dijadikan pertimbangan untuk lamaran kerja saya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanda Tangan

Meyvia R

15. Contoh CV Presentasi Seminar

Pada umumnya pada acara seminar, kuliah umum, dan semacamnya seorang moderator akan membacakan CV pembicara atau narasumber dalam acara tersebut.

Karena CV tersebut akan menjadi gambaran umum bagi audiens terhadap kualifikasi narasumber atau pembicara tersebut. Adapun contoh CV presentasi seminar dapat dilihat dibawah ini:

CV Presentasi Seminar
CURRICULUM VITAE

DATA PRIBADI

Nama: Almaira Tirta Chandara
Tempat Tanggal Lahir: Surabaya, 26 Juni 1986
Alamat: Jalan Simogunung kramat Timur Nomor 6, Surabaya
No Hp: 081726253
Status: Belum Menikah
Email: [email protected]
Hobi: Membaca
Pendidikan Terakhir: Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Unair Surabaya
PENDIDIKAN FORMAL

1992-1998 SDN 1 Sawahan
1998-2001 SMP 3 Surabaya
2001-2004 SMA 2 Surabaya
2004-2010 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya
2010-2013 Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Universitas Airlangga
PENDIDIKAN NON FORMAL

Kursus Bahasa Inggris Di English First
Kursus Komputer
PELATIHAN DAN SEMINAR

Pelatihan K3 Di RS Kariadi Semarang
Pelatihan BTLS Di RS Saiful Anwar Malang
Pelatihan ISO Dan Akreditasi RS di RS Hasan Sadikin Bandung
Seminar “Fungsi Endokrin” Di RS Soetomo Surabaya
PENGALAMAN KERJA

Dokter jaga UGD RSUD Dr Soetomo
Dokter praktek pribadi
Dokter Tetap Di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Unair Surabaya
Pemateri Di Seminar “ Menjaga Jantung Dengan Pola Makan Benar” Di RS DR Soetomo Surabaya
Dosen Terbang Di FK UDAYANA Bali
PRESTASI

Olimpiade Sains Tingkat Universitas Peringkat 1 Tahun 2005
Karya Ilmiah Remaja Antar Universitas Se Indonesia Juara 3 Tahun 2006
Lomba Cerdas Cermat Di Universitas Antar Fakultas Juara Umum Tahun 2008

Setelah melihat contoh di atas sepertinya penulis ingin menambahkan cara menulis CV untuk melamar kerja yang baik dan benar seperti penjelasannya berikut:


Cara Menulis Daftar Riwayat Hidup


1. CV ditulis dengan tinta merah atau biru

Nah meskipun banyak CV yang menggunakan komputer untuk menulisnya tetapi juga masih ada beberapa instansi yang mengharuskan surat lamaran ditulis tangan. Untuk CV yang ditulis tangan sebaiknya menggunakan bolpoint dengan tinta hitam/biru agar terlihat formal.

2. Usahakan tidak ada coretan pada CV (jika ditulis tangan)

3. Sertakan pengalaman kerja beserta sertifikat yang dipunyai

4. Tulis dengan bahasa yang rapi

Karena CV bersifat formal maka sebaiknya gunakan bahasa yang sesuai dengan ejaan yang disempurnakan (EYD).

Tips Membuat CV Yang Baik Dan Menarik

  • Melakukan Job Research
  • Mencari Informasi Tentang CV
  • Memulai Membuat CV
  • Membaca Kembali CV

Kesalaham Dalam Membuat CV

  • Typo atau salah ketik

Dalam penulisan daftar riwayat hidup hindari salah ketik atau typo karena bisa menyebabkan penafsiran buruk terhadap informasi yang disampaikan. Oleh karena itu harus teliti ya dalam membuat daftar pustaka.

  • Terlalu bertele-tele

Kesalahan kedua yaitu informasi yang dipaparkan terlalu bertele-tele sehingga tim HRD malah menjadi malas untuk membaca CV mu lebih lanjut.

  • Data yang tercantum tidak valid

Selanjutnya kesalahan yang tidak boleh kamu lakukan adalah memberikan data yang tidak valid. Misalkan menambahkan prestasi tanpa menyertakan bukti.

  • Satu CV untuk semua lamaran

Banyak dari kita yang karena malas membuat ulang CV akhirnya ketika mendaftar di banyak perusahaan kita menggunakan CV yang sama. Padahal setiap perusahaan memiliki kualifikasi yang berbeda.

Demikian beberapa contoh daftar riwayat hidup untuk berbagai keperluan yang bisa dijadikan referensi. Semoga dengan adanya contoh di atas dapat memudahkanmu dalam membuat daftar riwayat hidup yang baik, menarik dan tentu saja sesuai dengan keinginanmu. Selamat mencoba! Selamat berkreativitas! Dan good luck !

Keyword: Contoh Daftar Riwayat Hidup

One Response

  1. Avatar andika Nur

Leave a Reply