14 Contoh Iklan Produk Niaga | Cara Membuat Iklan yang Menarik

Pernah mendengar iklan produk niaga?

Iklan sendiri merupakan kegiatan yang membawa pesan promosi tentang suatu barang atau jasa agar diketahui oleh khalayak umum. Terdapat beberapa jenis iklan bergantung pada sifat, ruang, dan tujuan iklan tersebut dibuat.

Salah satu iklan yang sangat populer adalah iklan produk/iklan niaga. Iklan tersebut memuat produk-produk komersil. Tujuan dibuat iklan produk niaga tentu saja untuk mempromosikan suatu barang, agar kemudian masyarakat luas mengetahui dan membeli produk tersebut .

Melalui iklan penjualan produk bisa melonjak pesat. Dewasa ini banyak cara untuk menyebarluaskan sebuah iklan. Jika cukup banyak dana, kita bisa menyiarkannya di televisi nasional, radio, atau lewat koran dan majalah.

Namun jika dana terbatas maka kita dapat memanfaatkan sosial media yang banyak digunakan masyarakat, dimana biaya untuk menyiarkan iklan tersebut lebih terjangkau.

Selain itu untuk membuat iklan yang menarik kita bisa meminta bantuan penyedia jasa layanan iklan yang sudah profesional dalam membuat iklan. Tapi sekali lagi jika budget terbatas kita bisa loh membuat ide/konsep iklan itu sendiri.

Untuk itu alangkah lebih baiknya sebelum membuat iklan, kita bisa mencari tahu tips menulis iklan yang baik, dan jangan lupa juga melihat referensi berupa contoh iklan produk niaga yang sudah lebih dulu beken . Yuk simak cara membuat iklan dan contohnya di bawah ini:


Pengertian Iklan Produk Niaga


Sebelum nanti mimin akan membahas tentang contoh iklan produk niaga, mimin ingin memberikan pengertian secara jelas tentang apa itu iklan produk niaga.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa iklan produk niaga merupakan salah satu jenis iklan yang memuat informasi tentang suatu barang yang dengan tujuan untuk mengajak masyarakat agar tertarik dan membeli produk tersebut.


Cara Membuat Iklan agar Menarik


Barangkali membuat iklan mudah-mudah saja tetapi jika permasalahannya adalah membuat iklan agar terlihat menarik tentu beda cerita.

Tidak semua orang dapat menciptakan ide yang menarik dalam sebuah iklan. Oleh karenanya di bawah ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membuat iklan agar terlihat menarik:

Pertama, Buat iklan yang mampu menarik perhatian banyak orang

Hal ini bisa dilakukan dengan membuat slogan yang menggunakan kata-kata menarik dan meyakinkan. Misalnya “ cokelat belgia, enaknya tanpa banyak bicara”

Kedua, Upayakan iklan yang dibuat dapat menimbulkan minat

Bagaimana caranya? Bisa saja dengan menunjukkan manfaat yang didapat dari produk tersebut. Bisa juga sebutkan keunggulan produk tersebut dibanding produk serupa lainnya. Jangan lupa tunjukkan bahan-bahan pilihan yang digunakan dalam membuat produk tersebut.

Ketiga, Iklan harus mampu menimbulkan keinginan memiliki

Hal ini juga dapat dilakukan dengan mengolah teks klan atau slogan sehingga pembaca dapat merasakan manfaat dari produk tersebut

Keempat adalah action

Maksudnya adalah setelah mampu membuat iklan yang bisa menimbulkan minat untuk membeli maka targetkan iklan agar pembaca bisa memesan dan membelinya.

Kelima, buat iklan yang berbeda dari iklan pada umumnya

Hal ini berhubungan dengan konsep/ide sebuah iklan. Misalkan jika biasanya iklan makanan cokelat akan menampilkan beberapa orang yang memakan produk tersebut, maka kita harus membuat konsep yang berbeda.

Misalkan malah dengan tidak menampilkan orang yang memakannya, tetapi menampilkan cokelat secara utuh pada background hitam, yang seolah-olah cokelat tadi dihujani oleh caramel dan kacang almond. Dan masih banyak ide lainnya yang bisa kamu ciptakan agar iklan produk mu berbeda dari lainnya.


Contoh Iklan Produk Niaga


Mungkin kalau hanya membaca penjelasan di atas teman-teman belum memiliki gambaran yang jelas bagaiman iklan produk niaga yang baik dan menarik.

Untuk itu kali ini mimin akan menyajikan beberapa contoh iklan produk niaga yang bisa dipelajari bersama. Adapun beberapa contoh iklan yang bisa dijadikan referens adalah sebagai berikut:

1. Contoh Iklan Produk Minuman

7 Contoh Iklan Produk Niaga

idpengertian.com

Mimin adalah salah satu orang yang juga sering mengkonsumsi minuman-minuman yang dikemas dan didistribusikan secara global.

Baik itu berupa susu, jus, penambah nutrisi, dan lain sebagainya. Nah barangkali faktor yang membuat mimin jadi suka dan mulai mengkonsumsi minuman tersebut adalah dampak dari iklan-iklan produk minuman yang mimin lihat.

Karena dari iklan tersebut mimin jadi mengetahui ada produk yang seperti itu dan membuat mimin penasaran untuk mencobanya.

Iklan yang baik pasti memuat slogan, gambar, dan teks iklan yang menarik. Seperti gambar di atas. Pada gambar tersebut terdapat gambar produk yang simpel namun menarik.

Sprite minuman berkarbonasi itu seolah-olah membuat kita bisa merasakan kesegarannya meskipun hanya dengan melihat gambarnya.

Yang tak kalah menarik adalah slogan yang dipakai yaitu “nyatanya nyegerin”. Adapun contoh slogan dari produk minuman lain diantaranya:

Pocari Sweat: Kembalikan ionmu
You C1000: Healthy Inside Fresh Outside
Energen: Nutrisi Setiap Hari
Mizone: Bantu Semangat Ok Lagi
Teh Kotak: Persembahan Dari Alam
Teh Botol Sosro: Apapun makanannya minumnya teh botol sosro

2. Contoh Iklan Produk Makanan

7 Contoh Iklan Produk Niaga

student.blog.dinus.ac.id

Terdapat berbagai macam makanan yang bisa diiklankan. Mulai dari makanan ringan dan kering yang diproduksi secara besar-besaran serta tahan lama.

Atau juga makanan berat cepat saji yang hanya diproduksi oleh perusahaan tertentu dan bersifat tidak tahan lama atau sekali makan saja.

Bagaimanapun jenis makanan tersebut sebuah iklan produk makanan haruslah mencantumkan beberapa hal dasar.

Pada pembuatan iklan produk niaga jenis makanan yang harus dicantumkan adalah mengenai bahan-bahan pilihan pembuatan makanan tersebut sehingga bisa menghasilkan citarasa yang berbeda.

Selain itu pilihan gambar yang menggugah selera juga dapat membuat iklan lebih menarik. Jika perlu dicantumkan pula harga yang menunjukkan bahwa dengan kualitas makanan yang tinggi, harga tetap terjangkau.

Slogan yang unik pada iklan makanan juga bisa menjadi daya tarik tersendiri loh. Jadi pastikan ketika kamu ingin mempromosikan sebuah makanan buatlah slogan yang singkat tetapi unik dan menarik.

Adapun contoh slogan pada produk makanan lainnya dapat dilihat di bawah ini:

McDonalds: I’m Lovin it
KFC: Jagonya Ayam
Pizza Hut: Berbagi bersama di Pizza Hut

3. Contoh Iklan Produk Sabun Mandi

7 Contoh Iklan Produk Niaga

wingscorp.com

Produk sabun mandi merupakan produk kebutuhan sehari-hari yang dipakai oleh semua jenis umur mulai dari anak-anak, dewasa, sampai tua.

Karenanya produk tersebut bisa dibuat segmented seperti sabun kecantikan yang menarik para wanita untuk membuat kulitnya tampak lebih halus, bersih, dan putih.

Atau juga bisa general seperti sabun kesehatan yang bisa melindungi anak dan keluarga dari kuman penyebab penyakit.

Adapun salah satu contoh teks iklan yang bisa kamu jadikan referensi ketika kamu membuat iklan produk sabun bisa dilihat pada iklan sabun nuvo berikut ini:

“Nuvo family baru, dengan 3x perlindungan, TCC. Dapat melindungi tubuh dari kuman dan bakteri, moisturizingnya dapat melembutkan kulit. Kekuatan body shield melindungi sesudah mandi sampai mandi berikutnya, keluarga bebas bereksplorasi, generasi sehat, Generasi Nuvo Family”.

4. Contoh Iklan Produk Shampo

7 Contoh Iklan Produk Niaga

serbakuis.com

Hal yang perlu ditonjolkan pada iklan shampo adalah kegunaannya beserta bahan-bahan pembuatannya. Selain itu disebutkan pula keunggulan produk shampo tersebut dibanding shampo lainnya. Yang juga tidak kalah penting adalah slogan. Misalnya pada shampo clear slogan berbunyi “ketombe siapa takut”

5. Contoh Iklan Produk Minuman Kesehatan

7 Contoh Iklan Produk Niaga

soundcloud.com

Produk minuman kesehatan yang sering kita jumpai banyak sekali. Dengan berbagai manfaat yang terkandung di dalam minuman tersebut kita bisa memilih minuman yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Pada iklan tersebut pun manfaat dari minuman akan menjadi informasi penting yang harus dicantumkan.

Selain itu bagaimana minuman itu diproduksi pun akan bisa meyakinkan pembeli. Nah Iklan produk minuman kesehatan yang masih eksis hari ini adalah yakult.

Target pasarnya dari semua kalangan baik anak-anak, dewasa, bahkan lanjut usia. Pada iklan tersebut dijelaskan apa manfaat dari minum yakult untuk kesehatan.

Memang sangat perlu diperhatikan manfaat, bahan-bahan, dan cita rasa ketika akan membuat iklan minuman kesehatan.

Slogan yang digunakan dalam iklan yakult adalah “cintai ususmu minum yakult tiap hari”.

6. Contoh Iklan Produk Kopi

7 Contoh Iklan Produk Niaga

biellsoft.blogspot.com

Karena produk kopi juga beragam maka iklan yang dibuat harus lebih menarik dari yang lainnya. Mulai dari teks iklan, gambar, dan juga slogan.

Pada iklan tersebut harus disebutkan bagaimana rasa kopi tersebut, kopi apa yang digunakan, dan bahkan bagaimana seharusnya penyajian agar lebih enak untuk dinikmati.

Nah di pasaran sendiri banyak sekali produk kopi yang terpampang pada iklan. Iklan tersebut tidak hanya ada di televisi saja, tetapi juga ada pada reklame, dan baleho di jalan raya atau supermarket.

Salah satu contoh slogan produk kopi yang terkenal adalah good day “karena hidup banyak rasa”.

Adapun teks iklannya berbunyi “Minuman kopi instan enak yang pas dibuat jadi kopi panas atau kopi dingin. Rasakan sensasi hidup yang banyak rasa bersama kopi Good Day!

Kopi instant enak? Ya kopi Good Day! Karena hidup banyak rasa, kopi Good Day punya banyak pilihan rasa untuk harimu!”.

Dan masih banyak lagi contoh iklan produk kopi lainnya yang tak kalah menarik

7. Contoh Iklan Produk HP

7 Contoh Iklan Produk Niaga

style.tribunnews.com

Biasanya iklan produk hp akan menampilkan kecanggihan mutakhir dari hp yang dikeluarkan. Mungkin dari spesifikasi kamera, RAM, Desain HP ataupun yang lainnya.

Setiap perusahaan dengan label atau merek nya masing-masing bersaing di pasaran . Untuk itu supaya masyarakat mengetahui keunggulan serta produk terbaru yang dikeluarkan dari perusahaan tersebut, maka dibutuhkan iklan yang dilakukan dengan kreatif, unik, dan masif.

Karena tidak bisa dipungkiri semakin sering kita melihat iklan suatu produk semakin otak kita terpatri pada produk tersebut. Adapun contoh iklan produk HP dapat dilihat di bawah ini:

“Vivo: Perfect Shoot, Perfect View”

8. Contoh Iklan Produk Pencuci Lantai

Pembersih lantai juga menjadi produk yang dibutuhkan dalam menjaga kebersihan setiap bangunan yang berlantai.

Tidak hanya rumah, tetapi juga gedung-gedung sekolah, perusahaan, dan lain-lainnya. Oleh karena itu banyak juga yang memproduksi pembersih lantai dengan berbagai jenis dan manfaat.

Kita hanya tinggal memilih pembersih yang sesuai dengan kebutuhan kita. nah Salah satu kesuksesan produk pembersih lantai di pasaran adalah karena iklan yang telah dilakukannya secara masif.

Untuk melihat salah satu contoh iklan produk tersebut dapat dilihat pada contoh berikut ini:

14 Contoh Iklan Produk Niaga | Cara Membuat Iklan yang Menarik

salamadin.com

“so klin lantai kini 7 kali harum lebih lama. dengan nano technology basmi kuman sampai terkecil
nikmati sensasi parfume aromatic, hanya dari soklin lantai. tetap pilihan nomor satu keluarga indonesia”

9. Contoh Iklan Produk Minyak Angin

Iklan produk minyak angin ini sering kita lihat di televisi dengan berbagai merek. Tentu setiap merek pasti memiliki cara yang kreatif dan unik dalam mengiklankan produknya masing-masing.

biasanya yang pasti akan ditonjolkan dalam iklan tersebut adalah keunggulan dari masing-masing produk.

Dan dengan menampilkan keunggulan produk, hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat masyarakat memutuskan untuk memilih produk tersebut.

Di bawah ini terdapat contoh iklan produk niaga berupa minyak angin yang bisa dipelajari bersama:

  • Masuk Angin? dikit- dikit jangan minum obat. Gosok dengan balsem lang. Ahlinya mengatasi masuk angin. pusing, mual, pegal- pegal dan gatal- gatal akibat gigitan serangga. – Balsem Lang dengan aromatherapy efektif meredakan masuk angin. – Masuk Angin? BALSEM LANG ahlinya!

  • Badan gereges, masuk angin? Balsem lang bantu rejakan gejala sakit ringan, hangatya pas bikin nyaman – Balsem lang, kehangatan yang ibu percaya.!

10. Contoh Iklan Produk Shampo

Selain sabun, shampo juga merupakan kebutuhan yang digunakan untuk mandi, khusunya untuk mencuci rambut.

Produk shampo juga diproduksi oleh banyak perusahaan sehingga setiap perusahaan tersebut memiliki merek yang berbeda-beda.

Untuk bisa menarik pembeli supaya memilih produknya, setiap perusahaan pasti akan mempromosikan produk dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah melalui iklan produk niaga yang bisa diiklankan di televisi, brosur, billboard, dan lain sebagainya.

Salah satu contoh iklan produk shampo tersebut dapat dilihat di bawah ini. semoga bisa menjadi inspirasi teman-teman yang akan membuat iklan sebuah produk niaga ya.

14 Contoh Iklan Produk Niaga | Cara Membuat Iklan yang Menarik

koleksigambars.com

11. Contoh Iklan Produk Sabun (Cuci)

Kebutuhan sehari-hari yang sering kita gunakan salah satunya adalah sabun. Entah itu sabun mandi atau sabun cuci.

Keduanya kita pakai setiap hari. Bahkan dalam satu hari kita memakainya tidak hanya sekali saja tetapi juga berkali-kali.

Sehingga berbagai macam produk sabun dari berbagai merek akan terus menerus dikonsumsi. Karena memang sabun merupakan kebutuhan sehari-hari.

Tetapi selain itu pembeli pasti akan memiliih salah satu merek produk yang menurutnya dianggap cocok.

Oleh karena itu para pengusaha sabun tersebut harus berlomba-lomba untuk menarik peminat konsumen melalui iklan produk niaga. Nah di bawah ini mimin sudah menyajikan contoh iklan produk sabun yang bisa dipelajari:

14 Contoh Iklan Produk Niaga | Cara Membuat Iklan yang Menarik

yukampus.com

12. Contoh Iklan Produk Mie Instan

Salah satu makanan yang paling mimin sukai adalah mie instan. Yang selain memang praktis dalam penyajiaannya, rasanya pun sangat lezat.

Di Indonesia sendiri banyak perusahaan yang memproduksi mie instan. Sehingga kita disuguhi berbagai macam pilihan mie instan dari segi rasa dan merek.

Merek mie instan yang sering ditemui misalnya mie sedap, indomie, supermi, mie gaga, mie ABC, dan masih banyak lainnya.

Nah dari merek-merek terkenal tersebut kita bisa belajar untuk membuat iklan yang sudah terbukti menarik banyak peminat. Adapun contoh iklan produk mie instan bisa kita simak bersama pada contoh di bawah ini:

“Indomie Goreng, Bikin nonton bola makin semangat”

14. Contoh Iklan Produk Niaga Pepsodent

Pepsodent merupakan salah satu produk dari perusahaan besar unilever. Perusahaan ini mengeluarkan berbagai macam produk mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti sabun mandi, sabun cuci, shampo, pasta gigi, dan sebagainya, sampai juga produk makanan.

Produk-produk dari unilever tersebut sangat mudah kita temui di toko kelontong atau juga supermarket besar.

Dan pepsodent ini merupakan label produk pasta gigi dari unilever yang sering kita gunakan dalam sehari-hari.

Melihat dari banyaknya peminat produk tersebut barangkali kita bisa belajar dari iklan produk pepsodent, apalagi untuk kamu yang sedang merintis usaha di bidang yang sama. Berikut adalah contoh produk pepsodent yang sering kita temui:

14 Contoh Iklan Produk Niaga | Cara Membuat Iklan yang Menarik

salamadin.com

Demikianlah beberapa contoh iklan produk niaga yang bisa mimin sajikan. Semoga penjelasan di atas dapat menginspirasi teman-teman untuk terus semangat membuat iklan produk yang menarik pembeli.

Sehingga usaha bisnis yang kamu bangun bisa semakin berkembang. Membuat iklan produk niaga ini bisa menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan penjualan produkmu loh.

Jadi silahkan dicoba yaa. Selamat berkreativitas tanpa batas dalam membuat iklan produk niaga. Yang terpenting asal tidak menjual kemiskinan dan agama saja hehe.

Keyword: Contoh Iklan Produk Niaga

2 Comments

  1. Avatar Rasyaa
  2. Avatar Angga Ferdian

Leave a Reply