Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

20 Contoh Iklan Layanan Masyarakat | Pengertian dan Fungsinya

Apa yang terbesit ketika mendengar iklan layanan masyarakat? Tentu saja karena ditujukan untuk melayani masyarakat iklan tersebut tidak bersifat komersil.

Kalau dijelaskan secara rinci iklan layanan masyarakat dapat diartikan dengan iklan yang memuat pesan-pesan sosial yang dapat membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap suatu masalah yang dihadapi bersama, yaitu keadaan yang dapat mengancam kelangsungan hidup orang banyak.

ILM (iklan layanan masyarakat) tersebut biasanya dibuat oleh organisasi profit dan non profit. Tetapi sekali lagi bukan untuk tujuan komersil tetapi sosial ekonomis. Sosial ekonomis disini memiliki tujuan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Karena banyak sekali ragam iklan tentunya setiap jenisnya memiliki standar tersendiri yang dapat mencirikan setiap jenis iklan tersebut. Untuk mengetahui apakah sebuah iklan layak disebut dengan iklan layanan masyarkat Dewan Periklanan Amerika Serikat telah menentukan kriteria-kriterianya.

Adapun beberapa kriteria yang bisa dijadikan indikator sebuah iklan layanan masyarakat adalah sebagai berikut:


Kriteria iklan layanan masyarakat


1. Tidak komersil
2. Tidak bersfat keagamaan
3. Tidak bersifat poltis
4. Berwawasan nasional
5. Ditujukan untuk semua lapisan masyarakat
6. Diajukan oleh organisasi yang telah diakui
7. Dapat diiklankan
8. Memiliki dampak dan kepentingan umum yang tinggi, sehingga dapat memperoleh dukungan media lokal ataupun nasional


Fungsi iklan layanan masyarakat


Meskipun di atas telah sedikit disinggung mengenai fungsi iklan layanan masyarakat, namun secara detail fungsi tersebut dapat disimak pada penjelasan di bawah ini:

1. Informing

adalah  memberikan informasi kepada khalayak umum/masyarakat mengenai program atau layanan, juga aktivitas suatu organisasi yang berkaitan dengan sosial.

2. Persuading

yaitu  iklan dapat berfungsi untuk membujuk atau mengajak masyarakat untuk ikut serta dengan program lembaga/organisasi yang dibuat misalkan program BPJS, KTP, KB juga program pemerintah lainnya.

3. Reminding

berarti iklan berfungsi untuk membuat masyarakat selalu ingat dengan program yang dijalankan oleh lembaga/organisasi termasuk lembaga pemerintah

4. Adding Value

Adding value berarti iklan berfungsi untuk memberikan nilai tambah kepada program tertentu melalui persepsi dari masyarakat.


Contoh iklan layanan masyarakat


1. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

porosilmu.com

Seperti yang kita ketahui meskipun tidak ada larangan untuk merokok namun merokok memang dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan diri sendiri maupun orang lain.

Kendati demikian masih banyak orang yang tetap merokok baik di ruang pribadi maupun ruang publik. Sehingga langkah kecil yang bisa dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi jumlah tersebut adalah mengkampanyekan bahaya rokok melalui iklan yang dapat dilihat oleh masyarakat.

Salah satu contoh teks iklan layanan masyarakat terkait bahaya merokok dapat dilihat di bawah ini:

“Setiap kali kamu menghisap rokok, rokok akan membunuhmu hidup hidup.
Merokok dapat merusak dan menghancurkan secara perlahan organ dan jaringan vital
tubuhmu, jantung, paru- paru, mulut, gigi, tenggorokan dan otak…
Berhenti merokok sekarang juga. Rokok Membunuhmu Hidup- Hidup!!”

2. Iklan Layanan Masyarakat Lalu Lintas

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

youtube.com

Diberikannya aturan dalam berlalu lintas adalah agar menjaga keselamatan jiwa manusia ketika berada di jalan raya. Sayangnya masih terdapat pengendara yang malah melanggar aturan tersebut dengan segala alasan, entah karena tidak mengetahui aturan tersebut atau memang dengan sengaja melanggarnya.

Untuk itu pihak kepolisisan lalu lintas membuat sebuah iklan layanan masyarakat terkait lalu lintas agar setiap pengendara dapat mematuhi aturan yang ada.

“Hati-hati d jalan. Keluarga Anda menanti di rumah.”

“Gunakan helm bagi pengendara roda dua dan kenakan sabuk pengaman bagi Anda pengendara mobil. Hati-hat di jalan, semoga saelamat sampai tujuan.”

“Nyaman berkendara dengan menggunakan helm , sarung tangan dan jaket.”

“Ingat GATEL. Gerakan Tertib Lalu Lintas.”

“Bahaya menggunakan gadget saat berkendara.”

“Pastikan semuanya baik-baik saja. Jangan lupa periksa kelayakan kendaraan Anda sebelum berkendara.”

“Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.”

“Ingin selamat? Taati peraturan lalu-lintas.”

“Hati-hati di jalan, jangan lupa berdoa, keselamatan Abda adaah yang nomor satu.”

“Patuhi aturan lalu lintas dan berkendaralah dalam kecepatan yang wajar.”

3. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Pendidikan

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

azizahrempong.blogspot.com

Iklan layanan masyarakat terkait pendidikan biasanya dikampanyekan oleh pihak pemerintah dimana Ia lah pihak yang bertanggung jawab dalam memenuhi hak rakyat untuk memperoleh pendidikan.

Yang sedang dikampanyekan oleh pemerintah terkait pendidikan tersebut salah satunya adalah wajib belajar 9 tahun yang diberikan secara gratis oleh pemerintah. Dengan adanya iklan tersebut harapannya masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya pendidikan, dan juga mengingatkan pemerintah untuk benar-benar memenuhi hak pendidikan tersebut.

Selain itu nilai/value yang didapat dari pendidikan juga sangat penting salah satunya yang sedang dikampanyekan adalah persoalan budi pekerti, seperti contoh teks iklan berikut ini:

“Sekolah adalah rumah kita, sedang guru adalah orang tua dan sahabat yang membimbing kita. Pelajar berbudi pekerti.. cinta damai dan saling tolong menolong, memiliki rasa belas kasih. bersahabat dan tersenyum bersama. Pelajar Indonesia.. Pelajar Berbudi Pekerti!.” (iklan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

4. Iklan Layanan Masyarakat Lingkungan / Go Green

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

fathulsblog.blogspot.com

Kebakaran hutan, penebangan hutan, pemanasan global, sampah platik, semuanya mempunyai dampak yang buruk bagi bumi ini. Sehingga salah satu hal yang bisa dilakukan adalah merawatnya dengan sebenar-benarnya.

Namun langkah tersebut harus dilakukan bersama-sama oleh banyak orang untuk mendapatkan dampak yang maksimal. Karenanya diperlukan kampanye lewat iklan layanan masyarakat yang sangat mungkin dilihat oleh banyak orang. Salah satu contoh teks iklannya dapat dilihat di bawah ini:

“Ada tindakan yang lebih bijaksana, dibanding dengan membuang sampah sembarangan. Salah satunya yaitu kita dapat memanfaatkan kembali botol bekas air mineral ini untuk dijadikan vas bunga, tempat pensil dan celengan. Kita harus mulai peduli tentang dampak yang ditimbulkan dari membuang sampah sembarangan. Semua dapat dilakukan dari hal yang kecil. “*Reuse, Reduce, Recycle”.* Bila masih sulit untuk melakukan hal ini. Mari kita mulai dengan membuang sampah pada tempatnya” (sumber; multimedia SMK sukawati Sragen).

5. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Narkoba

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

jejakkasus.info

Narkoba juga menjadi salah satu hal yang sedang diperangi bersama hampir oleh seluruh bagian dunia karena efeknya yang dapat mengancam jiwa manusia.

Oleh karenanya pemerintah Indonesia juga mengkampanyekan jauhi narkoba melalui iklan layanan masyarakat. hal yang dimuat dalam iklan tersebut tentu saja dampak/bahayanya seseorang jika menggunakan narkoba, atau juga langkah yang perlu dilakukan agar dapat terhindar dari narkoba.

Berikut adalah salah satu contoh teks iklan tersebut:

“Ketika tekanan kerja mendera, dan hidup terasa membebani, jiwa dan langkah kehilangan arah. Saat itulah, narkoba mengulurkan tangan-tangan kejinya, merenggut karir, merampas pekerjaan, menghancurkan orang -orang tercinta, tak ada tempat untuk lari. Kecuali memperteguh diri dan kembali ke pelukan keluarga. Sayangi keluargamu – JAUHI NARKOBA!!” (iklan layanan BNN).

6. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Keluarga Berencana

Iklan Layanan Masyarakat: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Lengkap

contohmajasku.blogspot.com

Keluarga berencana adalah salah satu hal yang juga dikampanyekan oleh pemerintah melalui iklan layanan masyarakat, dimana iklan tersebut memuat pentingnya KB demi kebaikan keluarga. Selain itu iklan tersebut juga menginformasikan betapa mudahnya melakukan keluarga berencana tersebut.

7. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Berolahraga

Kita sering mendengar pepatah “di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Untuk bisa sehat setidaknya kita harus berolahraga secara teratur.

Oleh karena itu banyak pihak yang membuat iklan layanan masyarakat tentang pentingnya berolahraga untuk membangun kesadaran bersama masyarakat agar giat berolahraga.

Nah kalau kamu juga ingin turut mengkampanyekan pentingnya olahraga, coba dulu deh lihat contoh iklan layanan masyarakat di bawah ini:

“Mari biasakan pola hidup sehat dengan makan-makanan yang bergizi, istirahat yang ckup dan olah raga teratur.”

“Olah Raga dengan porsi yang tepat akan memelihara kebugaran dan kesehatan Anda.”

“Mulailah seribu langkah Anda dengan satu langkah kecil. Jalan kaki dan perbanyak aktivitas fisik.”

“Cegah obesitas dengan pola makan sehat yang teratur, dan rutin berolahraga.”

“Perbanyak aktivitas fisik dan ikuti berbagai event olah raga. Agar tubuh selalu fresh dan sehat.”

8. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Posyandu

Posyandu ini merupakan salah satu kegiatan kesehatan dasar yang dilakukan oleh dan untuk masyarakat.

Harapannya pelayanan kesehatan terpadu ini bisa membantu kesejahteraan kesehatan masyarakat.

Pelayanan ini harus disosialisasikan kepada seluruh masyarakat dengn masif. Sehingga sosialisasi tersebut dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah melalui iklan layanan masyarakat.

“Anak harus diajak ngobrol dan bermain. Agar mereka mau makan 3x sehari, diselingi buah 2x agar anak sehat dan tinggi. Itu merupakan salah satu cara agar Anak Bergizi Tinggi Berprestasi.”

“Pantau tumbuh kembang putra putri Anda di posyandu terdekat.”

“Ingat, selalu cek kondisi ibu hamil oleh bidan di posyandu.”

9. Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Demam Berdarah Dengue

Penyakit demam berdarah adalah penyakit yang mematikan. Oleh karena itu kita tidak boleh menganggapnya remeh.

Banyak pihak mulai dari pemerintahan dan lainnya berusaha untuk mengkampanyekan tentang bahaya demam berdarah melalui iklan layanan masyarakat.

Harapannya dengan adanya iklan tersebut masyarakat menjadi mengetahui bahaya serta cara pencegahan penyakit demam berdarah. Di bawah ini terdapat beberapa contoh iklan layanan masyarakat yang sering kita lihat:

“Kelembapan udara membuat nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Nyamuk berkembang biak ditempat yang tergenang air, nyamuk menggigit sembari menyebarkan parasit ke darah. Mereka menggigit dan menyebarkan dari orang yang terinfeksi virus. Akibatnya, bila tak acuh pada dan lingkungan. Waspada demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ada Disekitar Kita!!”

“Waspadalah terhadap cuaca yang tak menentu. kelmbapan udara membuat nyamuk aedes aegypti berkembang biak. Nyamuk berkembang biak ditempat yang tergenang air, nyamuk menggigit sambil menyebarkan parasit ke darah. menggigit dan menyebarkan dari orang yang terinfeksi virus. IAkibat bila tak acuh pada dan lingkungan. Waspada demam berdarah, nyamuk aedes aegypti. Ada Disekitar Kita!!”

“Mari lakukan gerakan 3 M untuk mencegah perkembang-biakan nyamuk Aides Agepty. Menguras bak mandi, menutup bak penampungan ir dan engubur sampah yang berpotensi digenangi air. Ayo mulai dari diri sendiri.”

“Biasakan menerapkan pola hidup bersih pada lingkungan Anda. Agar tiada celah bgi Aides Agepty berkembangbiak di lingkungan Abda. Tanggap DBD.”

10. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Hemat Energi Listrik

Berikut ini terdapat beberapa contoh iklan layanan masyarakat tentang hemat energi listrik yang bisa dijadikan referensi. Siapa tahu di antara teman-teman ada yang sedang membutuhkan informasi tentang hal ini:

“Yuk sama-sama biasakan mematikan lampu di siang hari. Cabut chareger ketika selsai mengisi daya. Mulailah dari diri kita sendri. Listrik terkontrol, nyaman di hati!”

“Hemat energi, untuk bumi yang lebih baik.”

“Istirahatkan lampu bila tak dgunakan.”

“Mematikan lampu dan peralatan elekronik satu jam sehari setara dengan memberikan akses listrik kepada satu rumah tangga kecil di daerah terpencil.”

“Ayo hemat energi! Matikan lampu dan peralatan saat tidak digunakan.”

“Hemat energi, untuk masa depan yang lebih baik.”

11. Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Mencuci Tangan

Kebersihan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga bersama. Mulai dari kebersihan lingkungan sampai pada kebersihan diri sendiri.

Mari kita mulai dengan kebersihan yang ada pada tubuh kita yaitu tubuh. Salah satu bagian tubuh yang menjadi tempat bersarangnya kuman adalah tangan.

Karena di dalam keseharian baik disengaja atau tidak disengaja mengharuskan kita untuk menyentuh banyak hal yang terdapat kuman dan sumber penyakit.

Sayangnya banyak orang yang menganggap remeh hal kecil tersebut. Oleh karena itu harapannya melalui iklan layanan masyarakat tentang gerakan mencuci tangan masyarakat akan sadar tentang hal itu.

Adapun contoh iklan layanan masyarakat tersebut dapat dilihat di bawah ini:

“Ayo cuci tanganmu pakai sabun.”

“Yuk, cuci tanganmu sebelum makan.”

“Ayo mulai perilaku hidup sehat dengan rajin cuci tangan pakai sabun.”

“Hati-hati wabah penyakit di tanganmu! Selalu cuci tanganmu ketika sebelum makan, setelah dari toilet dan setelah bepergian atau bermain dengan sabun dan air mengalir. Pastikan tangan Anda senantiasa bersih.

12. Iklan Layanan Masyarakat Menggosok Gigi

Masih berhubungan dengan kebersihan tubuh. Kali ini kebersihan yang harus dijaga dan ditanamkan sejak dini adalah gigi.

Banyak orang yang mengeluh gigi sakit karena berlubang. Hal ini salah satunya disebabkan oleh diri sendiri yang tidak menjaga kebersihan gigi.

Oleh karena itu banyak iklan tentang pentingnya menggosok gigi sebagai cara kita untuk menjaga kebersihan gigi.

Harapannya mulai dari anak-anak sampai orang dewasa akan lebih sadar untuk menjaga hal tersebut. Adapun contoh iklan tersebut di antaranya adalah:

“Selamatkan gigimu dari kuman.”

“Sikat gigi dengan pasta gigi agar  gigi terawat dan mulut sehat.”

“Rajin sikat gigi sebelum tidur sama halnya dengan menghindari gigi berlubang.”

“Yuk rajin menyikat gigi pagi dan malam hari, agar gigi terawat dan bebas dar kuman penyebab bau mulut dan gigi berlubang.”

“Mari biasakan gosok gigi dengan baik dan benar. Yaitu dengan gerakan sikat secara vertikal.”

13. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Imunisasi

Imunisasi ini merupakan program pemerintah untuk turut menjaga kesehatan masyarakat sejak dini.

Vaksinasi atau kita mengenalnya dengan imunisasi merupakan pemberian vaksin supaya tubuh memiliki kekebalan terhadap penyakit.

Nah akhir-akhir ini banyak isu yang beredar bahwa vaksinasi malah akan membawa penyakit ke dalam tubuh seseorang.

Dan kemudian beberapa orang percaya akan isu tersebut. Oleh karenanya pemerintah juga gencar mengkampanyekan tentang pentingnya imunisasi lewat iklan layanan masyarakat seperti contoh di bawah ini:

“Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit campak dan rubella. Segera berikan Imunisasi MR.”

“Yuk lindungi buah hati Anda dari bahaya campak dan rubella dengan imunisasi MR.”

“”Nggak mau sakit kan? Ayo datang ke pekan imunisasi Nasional.”

“Bersama wujudkan cakupan imunisasi yang tinggi dan merata.”

“Aku sehat karena sudah imunisasi MR.”

“Sayangi buah hati Anda dengan imunisasi campat dan rubela.”

14. Iklan Layanan Masyarakat Tentang Gadget Dan Media Sosial

Perkembangan ilmu pengetahuan memang tidak pernah stagnan. Di era dimana internet adalah hal yang sangat dibutuhkan, pemakaian gadget dan media sosial merupakan hal yang tidak bisa dibendung lagi.

Hampir semua orang merasa senang dengan kehadiran dua hal tersebut hingga beberapa orang sampai terlalu asyik dengan dirinya dan gadget atau mdia sosial yang dimainkannya.

Hingga akhirnya ada yang sampai harus direhabilitasi karena terlalu ketergantungan. Oleh karenanya mari kita bersama-sama mengkampanyekan tentang penggunaan gadget yang bijak melalui berbagai hal.

Salah satunya misal dengan iklan layanan masyarakat seperti contoh berikut ini:

“Era digital ini bukan lagi mulutmu harimaumu, namun jarimu pisaumu. Jangan terlena mengomentari kehidupan orang lain sementara kita lupa seperti apa diri kita.”

“Selalu berhati-hatilah Anda dalam berkomentar. Kenyataannya, sosial media tak seindah drama Korea.”

“Jangan biarkan waktumu terbuang untuk gadgetmu. Mari istirahatkan gadget kita dan mulai mengerjakan hal-hal yang bermanfaat.”

“Mari menjadi generasi yang bijak dan pintar dalam bersosial media.”

“Kenali, waspadai dan hindari kejahatan di sosial media.”

“Stop Hoax. Klarifikasi, konfirmasi dan validasi informasi yang Anda terima.”

“Sudah bijakkah kamu dalam bersosial media?”

“Stop tebar hoax, mari tebar kebaikan.”

15. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Makan Ikan

Menteri kelautan belum lama ini mengajak masyarakat untuk makan makanan yang bergizi seperti ikan.

Karena selain bergizi tersebut, kita bersama-sama juga bisa sedikit membantu untuk menyejahterakan kehidupan nelayan. Berikut terdapat salah satu contoh iklan layanan masyarakat tersebut:

“Makan ikan, atau tenggelamkan!”

“Ikan bergizi tinggi, sehat dan enak.  Apapun jenis kannya, lemak yang terdapat pada ikan adalah lemak tak jenuh. Mudah dicerna tubuh dengan baik.”

“Ikan mengandung omega tiga yang baik untuk perkembangan tak, terutama bagi janin dalam kandungan ibu. Jadi jangan ragu lagi untuk makan ikan.”

“Ikan adalah sumber gizi teramah bagi katong masyarakat Indonesia, gizinya pun tidak kalah dengan sumber protein hewani lainnya.”

16. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Sadari Kanker Payudara

Kanker payudara adalah penyakit yang rentan diderita oleh seorang wanita. Dan sayangnya penyakit ini tidak bisa dianggap remeh karena bisa menyebabkan kematian.

Untuk itu sebaiknya sejak awal setiap perempuan harus bisa mendeteksi keberadaan kanker payudara tersebut agar nantinya penanganannya bisa lebih optimal.

Gerakan untuk sadari kanker payudara ini kemudian membuat sebuah iklan layanan masyarakat terkait hal tersebut. Beberapa contoh iklannya dapat kita lihat di bawah ini:

”Tiga dari sepuluh wanita tak menyadari gejala awal kanker payudara. SADARI, periksa payudara sendiri sebagai langkah awal deteksi kanker payudara.”

“Selalu ada waktu untuk sinema favorite, namun jangan sampai tak ada waktu untuk SADARI deteksi dini kanker payudara.”

17. Kampanye Anti Korupsi

Korupsi adalah warisan kelam tentang sejarah penguasa di Indonesia yang sampai hari ini masih eksis.

Padahal kita tahu benar bahwa korupsi merupakan tindakan yang mencederai kemanusiaan. Ia lahir dari keserakahan manusia untuk bisa hidup sejahtera seorang diri.

Semua orang yang mempunyai hati nurani sepakat untuk mengukuti hal tersebut. Sayangnya meskipun kita sudah sepakat tetapi pada akhirnya ada beberapa orang yang berkata “ ya sudah lah sudah budaya, susah untuk dihilangkan”.

Sikap pesimis yang khawatirnya akan berakhir menjadi apatis. Oleh karena itu pihak-pihak terkait perlu mengkampanyekan anti korupsi terus menerus kepada masyarakat supaya kita bersama-sama sadar bahwa kita harus melakukan sesuatu untuk membasmi korupsi.

Gerakan anti korupsi ini kemudian dikampanyekan lewat berbagai hal salah satunya yaitu melalui iklan layanan masyarakat seperti contoh di bawah ini:

20 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Pengertian dan Fungsinya

kompasiana.com

18. Kampanye Tentang HIV/AIDS

Ada yang salah kaprah tentang penyakit yang belum ditemukan obatnya ini. Bahwa kita begitu membenci orang-orang yang menderita HIV/AIDS.

Ada yang menganggapnya sampah masyarakat dan balasan atas perbuatan buruknya. Padahal penyakit tersebut bisa menyerang siapa saja tanpa kita melakukan seks bebas atau memakai narkoba.

Jadi pada dasarnya yang harus kita perangi adalah penyakit tersebut bukan malah orang yang terserang penyakit. Oleh karena itu perlu ada pemahaman bagi siapapun terkait penyakit ini.

Nah supaya masyarakat paham sebenarnya penyakit seperti apa HIV /AIDS itu dan bagaimana pencegahannya, serta lain-lainnya perlu adanya kampanye tentang HIV/AIDS seperti contoh berikut:

20 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Pengertian dan Fungsinya

fonetekno.com

19. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Tentang Bahaya Asbes

Kita masih sering menemukan rumah, toko, ruko, dan bangunan lain yang atapnya masih menggunakan asbes.

Dan selama ini kita merasa baik-baik saja dan tak ada yang janggal dari asbes. Kemudian ternyata beberapa tahun terakhir ini terdapat beberapa orang yang terkena penyakit asbestos atau penyakit yang disebabkan oleh asbes terutama buruh pabrik yang memproduksi asbes.

Oleh karena itu kemudian beberapa serikat buruh asbes atau juga pemerintah melakukan kampanye tantang bahaya asbes.

Kampanye ini juga dilakukan melalui iklan layanan masyarakat seperti contoh di bawah ini:

20 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Pengertian dan Fungsinya

sijai.com

20. Contoh Iklan Layanan Masyarakat Pencemaran Udara

isu tentang pencemaran udara telah lama dikampanyekan. Hal ini karena memang semakin hari udara menjadi menjadi semakin tercemar.

Polusi udara senantiasa meningkat apalagi di kota-kota besar, dan kota-kota industri. Bahkan menurut data, kualitas udara di Jakarta termasuk dalam deretan kualitas udara terburuk di dunia.

Oleh karena itu, sekali lagi semua orang harus bersama-sama sadar untuk menjaga kebersihan udara, di samping harus adanya kebijakan pemerintah yang dibuat agar bisa mengurangi pencemaran udara tersebut.

20 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Pengertian dan Fungsinya

smk-dewantara.sch.id

Semoga artikel di atas dapat menambah pengetahuan baru untuk siapapun. Jika ada yang mau menambahkan ilmunya bisa langsung ditulis di kolom komentar ya, agar bisa saling belajar.

Dan semoga dengan adanya iklan layanan masyarakat menjadikan masyarakat lebih dapat menjaga apa yang perlu dijaga, menghindari apa yang perlu dihindari dan melakukan apa yang perlu dilakukan demi kelangsungan hidup bersama di bumi ini.

Selamat merawat kehidupan teman-teman!

Keyword: Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Leave a Reply