21+ Pilihan Kata kata Hijrah terbaik Yang Menginspirasi Hati Dan Pikiranmu

Kata kata hijrah?

Dalam kesempatan yang selalu dalam keberkahan Allah swt ini penulis akan mengulas artikel mengenai pilihan kata-kata bertemakan hijrah terbaik.

Yang dimaksud terbaik di sini adalah dalam pendapat sederhana penulis tentu saja. Sebagaimana kita tahu, secara singkat hijrah bisa dikatakan adalah medium perpindahan.

Perpindahan yang dimaksud adalah perpindahan dari yang kurang baik menuju sesuatu yang lebih baik. Dalam hal ini, hijrah dari yang awalnya tidak begitu rajin menjalankan perintah agama kemudian berubah menjadi semakin giat dan tekun dalam melakukan perintah agamanya.

Baik yang bersifat amar ma’ruf (memerintahkan kebaikan) atau nahi munkar (mencegah kemungkaran). Istilah hijrah pertama kali menjadi sesuatu yang penting dalam agama adalah didasarkan dari perjalanan hidup nabi muhammad saw.

Yaitu perjalanan atau perpindahan nabi dari makkah menuju madinah untuk mengembangkan ajaran agama islam menjadi semakin lebih baik lagi.

Kondisi saat itu, di Makkah memang terjadi situasi yang kurang kondusif sehingga dalam waktu sejenak nabi harus berpindah untuk menyelamatkan agama islam.

Juga semakin memntapkan ajaran islam yang telah diterimanya dari Allah swt melalui perantara malaikat jibril. Hijrah pada perkembangannya menjadi sesuatu yang kemudian dijadikan medium juga oleh orang-orang dalam melakukan perjalanan diri untuk menjadi lebih baik.

Dimana prosesi hijrah sendiri adalah melepaskan sesuatu yang mungkin sudah membuat kita nyaman. Hijrah bisa dikatakan bukan sesuatu yang mudah begitu saja.

Ia adalah prosesi berat yang pada akhirnya membuat tangguh seseorang dalam laku keimanannya. Berdasarkan beberapa kalimat pengantar tersebut, pada tulisan ini, penulis akan menyusun pilihan kata-kata hijrah dalam berbagai kategori.

Harapannya, kata-kata hijrah tersebut bisa dijadikan referensi atau sekadar informasi yang bisa dimaknai bersama. Jadi, simak artikel ini dari awal sampai akhir ya.

Pilihan kata-kata Hijrah

Penulis membagi beberapa kategori terkait contoh-contohnya. Diantaranya adalah pilihan kata-kata hijrah bijak, hijrah dalam doa, dan hijrah bertaubat. Selengkapnya adalah sebagai berikut:

Pilihan kata-kata hijrah bijak

21+ Pilihan Kata kata Hijrah terbaik Yang Menginspirasi Hati Dan Pikiranmu

juproni.com

Hijrah sendiri sebenarnya adalah sesuatu yang bijak. Pilihan kata-kata hijrah bijak di sini dimaksudkan penulis untuk memberikan pemaknaan tersendiri bahwa hijrah muncul dan ahir dari kedalaman hati manusia.

Ia adalah suara jiwa yang menggerakan pada akhirnya memilih apa yang terbaik untuk dirinya. Mengenai beberapa contoh pilihan kata-katanya, adalah sebagai berikut:

“Semua yang berawal pasti ada akhir. Dan sebelum semuanya berakhir dan aku menjadi sia-sia. Akan kutinggalkan semua dan segala yang tercela.”

“Hari esok menyambutku dengan cahaya. Kutinggalkan hari ini dan kemarin yang dipenuhi kegelapan dosa.”

“Ada banyak jalan menuju Roma. Tapi hanya kebaikan dan meninggalkan segala keburukan yang kelak bisa mengantarkanku menuju sorga. Amin semoga.”

“Tidak mudah menapaki jalan terjal menuju puncak gunung. Begitupun laku hidup ini. jangan terlena dengan pemberhentian yang melenakan. Kita adalah musafir yang mengumpulkan bekal untuk menujuNya.”

“tak ada kesalahan yang tak termaafkan, tak ada dosa yang tak terampuni, tak ada kebaikan jika kita tak dilakukan, dan tak ada pertaubatan jika tidak meninggalkan semua yang dibenci oleh Illahi.”

“Hijrah adalah berpindah. Jangan berdiam di tempat yang menjerumuskan kembali ke lembah hitam. Raihlah cahaya. Kejarlah ia. Sebelum ia benar-benar tidak terbit lagi.”

“lalui liku jalan sunyi. Keramaian seringkali membingunkan. Tetapkan tekad pada hati. Menuju ridlo illahi.”

“sebelum terlambat, selagi semua masih sempat. Jalani apa yang digariskan. Tinggalkan semua yang dilarang. Lakukan kesejatian perjalanan hati.”

“Para orang bijak melakukan perjalanan dalam meneguhkan hati. Hati kita yang rapuh, kuatkanlah dengan perjalanan jiwa itu. sebab kepada Allah lah semua menuju.”

“tangga perjalanan hidup yang kita tempuh hari ini pasti menjadi arti. Meskipun berat. ia adalah yang membuat keteguhan iman yang kuat.”

Pilihan kata-kata hijrah dalam doa

Hijrah sebagai usaha tidak bisa tidak jika tidak dibarengi dengan doa. Laku hidup manusia diserahkan kembali kepada Tuhannya.

Semakin kuat doa dipanjatkan, semakin keras usaha hijrah dilakukan. Semua dilakukan demi menuju ksesmpurnaan. Doa sangat dibutuhkan di sini. Mengenai contoh pilihan kata-katanya, adalah sebagai berikut ini:

“Kepada sang penguasa alam, Dzat yang maha membolak-balikkan hati. Terimalah perjalanan hati dan iman ini. meninggalkan semua kegelapan menuju cahaya.”

“Perjalanan ini sungguh tidak mudah, hanya kepada Allah aku berserah. Segala niat dan usaha. Semata-mata hanya kepadamulah aku berpasrah.”

“terangi jalanku, Allahku. Tetapkan hatiku. Aku akan tinggalkan semua semu yang membuat nyaman ini. meskipun tidak mudah, tapi tiada jalan yang lebih benar selain menuju jalanMu.”

“Air mata yang jatuh dalam langkah ini semoga menjadi ketulusan yang menyelamatkanku. Aku bergelimang dosa. Aku langkahkan kakiku menuju gersang padang pasir yang selalu berdzikir menyebut namamu, tuhanku. Yaa Rahman, Yaa Rachiim.”

“Hanya kepadamu kuserahkan semua hidup dan matiku. Hanya kepadamu kuserahkan semua diam dan hijrahku. Hanya kepadamu pujian dan doa disematkan. Hanya kepadamu penguasa seluruh alam.”

“kebenaran yang sesungguhnya begitu sulit aku mengertinya. Maka aku berpegang pada apa yang kau gariskan. Tinggalkan keburukan, tegakkan kebaikan. Selalu menyebut nama Allah dan tidak berpaling dariNya.”

“Restui aku berjalan meninggalkan kotaku, kota bergelimang cahaya palsu. Sibaklah jalan menujumu. Jalan gelap terjal yang menuju cahaya sesungguhnya.”

“Hidup ini bisa berjalan karena karunia yang Engkau ciptakan. Aku mensyukuri semuanya, Tuhan. Termasuk perjalanan hati ini, yang mungkin orang-orang membenci, tapi asal bisa mendapat cinta penuh dari Dzatmu yang sejati.”

“Oh Tuhan, tetapkan selalu hati ini. pada kuasamu. Pada segala usaha menujumu. Oh tuhan, Jaga hati ini. pada Rahmatmu. Pada segala yang bisa menjauhkanku padaMu.”

“Aku nyanyikan dzikir malam. Mengiringi langkah mengetuk pintuMu. Rumah hamba memulangkan segalanya. Mengantarkan segala kebaikan yang diniatkan kepadaNya.”

Pilihan kata-kata hijrah bertaubat

21+ Pilihan Kata kata Hijrah terbaik Yang Menginspirasi Hati Dan Pikiranmu

fokussatu.com

Taubat juga erat kaitannya dengan usaha hijrah. Taubat adalah penyerahan diri kepada Allah. Tentu saja hal ini bebarengan dengan perjalanan menuju kebaikan sebagaimana arti dari hijrah itu sendiri. mengenai pilihan kata-kata hijrah bertaubat, adalah sebagai berikut ini:

“Telah melekat semua dosa, aku yakin tuhan mengampuninya. Maka kulakukan perjalanan hati. Semata semoga Allah menerimanya.”

“Tak akan terulang semua keburukan. Di hati telah kutanamkan. Niat baik mengantarkan kebaikan. Prinsip jiwa meneguhkannya.”

“Taubat pada diri, berserah pada maha besarnya. Tak hanya diam, kuatkan langkah bersama tekad meraih ridloNya.”

“Ketulusan dalam jiwa, penuhi tapak-tapak menujuNya. Tinggalkan semua hitam. Bintang-bintang gemerlapan ciptaanNya menunjukkan anugerah hadirNya.”

“Menutup mata ini, sesali semua dosa. Langkahkan ibadah, melampaui pahala, hanya berserah kepadaNya.”

Penutup

Sekian artikel mengenai pilihan kata-kata hijrah terbaik menurut versi penulis. Tentu saja para pembaca bisa mengembangkan diri untuk menemukan kata-kata terbaiknya.

Mari saling mengingatkan untuk menghijrahkan diri. Meninggalkan semua kelam menuju yang sejati. Memang tidak mudah, tapi tidak ada salahnya untuk segera dilakukan.

Sebelum semua terlambat. Dan segalanya hanya akan menjadi sesal abadi. Selebihnya, penulis berharap semoga tetap memberi manfaat. Salam dan sampai jumpa lagi.

Leave a Reply