30+ Pilihan Kata Kata Sunda Lucu dan Bijak terbaru dan terbaik

Kata kata sunda?

Dalam kesempatan yang masih hangat dengan kebersamaan ini, penulis akan mengulas artikel mengenai pilihan kata-kata sunda lucu dan bijak terbaik.

Terbaik menurut versi penulis tentu saja. Sebagaimana kita tahu, bahasa sunda adalah salah satu bahasa yang ada di Indonesia.

bahasa sunda umumnya ada di daerah jawa barat dan sekitarnya. Bahasa sunda erat kaitannya dengan sejarah kerajaan sunda galuh.

Kerajaan yang bercokol dan memberikan pengaruh kuatnya di bumi sunda. Adapun dalam kebahasaan sunda tersebut juga terdapat banyak penggunaan.

Selain percakapan sehari-ada juga dari bahasa sunda tersebut yang menjadi kata-kata lucu dan juga bijak. Bahasa sunda yang kaya dengan nilai hidup itu juga memberikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya.

Bahasa sunda menambah cakrawala kebahasaan tersendiri dari bahasa-bahasa yang ada di Indonesia. bahasa sunda memberi khazanah nilai atau prinsip-prinsip yang memang erat kaitannya dengan fungsi bahasa.

Yaitu sebagai penuntun laku dan pedoman sikap dalam tata hidup bersosial. Pernah ada kalimat populer mengatakan, barang siapa menguasai bahasa suatu kaum maka dia akan selamat dari tipu daya tersebut.

hal ini yang kemudian membuat fungsi bahasa menjadi begitu penting dalam tata hidup dalam daerah-daerah atau negeri tertentu.

Ia adalah fondasi atau dasar utama berhubungan dengan orang lain sesuai dengan konteks atau fokus wilayahnya. Pada artikel ini, lebih lanjut penulis akan memberikan beberapa contoh kata-katanya berdasarkan tema dan kategori lucu dan juga bijak.

Tak lupa penulis juga akan memberikan terjemahannya untuk semakin memudahkan pembaca dalam memahami. Jadi ikuti artikel ini dari awal sampai akhir ya.

Contoh pilihan kata-kata Sunda

Berikut ini penulis akan khusus membaginya dalam kategori pilihan kata-kata sunda lucu dan juga bijak. Di kesempatan lain, semoga bisa mengulas kategori yang lain. selengkapnya adalah sebagai berikut:

Pilihan kata-kata Sunda bijak

30+ Pilihan Kata Kata Sunda Lucu dan Bijak terbaru dan terbaik

cahpeni.com

Kebijakan memang penting dan diperlukan oleh umat manusia. Hal itu juga dibarengi atau mengikuti kebahasaan tertentu.

Dalam bahasa sunda yang kaya tersebut, tentu saja kita akan menjumpainya. Penting kiranya dari pilihan kata-kata dari penulis yang hanya beberapa ini, pembaca bisa sendiri menambahkannya. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

kawijakan dina kahirupan ieu perenahna pikeun jalma anu hirupna hirup sacara serius sareng pantes

kebijakan dalam hidup ini terletak pada manusia yang manjalani kehidupan dengan sungguh-sungguh dan sewajarnya

euweuh anu sia-sia. hirup sadayana lumrah. Allah nyiptakeun jagat raya pikeun ngagaduhan fungsina sareng hubungan masing-masing. manuk butuh tangkal. ogé walungan sareng lautan anu eusina.

tak ada yang sia-sia. hidup ini semuanya beralasan. tuhan menciptakan alam semesta memiliki fungsi dan hubungannya masing-masing. burung membutuhkan pohon-pohon. begitu juga sungai dan lautan bersama isinya.

sadaya umat suci ngagaduhan masa lalu sareng unggal jalma anu gaduh dosa. Janten teras cobian, ulah nyerah, euweuh urusan kumaha susahna hirup, masih aya harepan anu urang gaduh. naon bae lah, panjang hirup manusa.

semua orang suci memiliki masa lalu dan setiap pendosa memiliki masa depan. Jadi teruslah berusaha, jangan menyerah, sekeras apapun hidup, masih ada harapan yang kita punya. apapun itu, panjang umur kemanusiaan.

kami didamel dina sagala rupa etnik sareng béda. nya memang mangrupakeun manusa. kedah mikawanoh hiji anu séjén, kedah hormat hiji-hiji. urang teu tiasa hirup waé. urang kedah masihan anu pangsaéna pikeun hirup babarengan. urang sadayana ngajaga babarengan.

kita diciptakan dalam berbagai suku bangsa dan berbeda-beda. itu adalah sejatinya seorang manusia. harus saling mengenali satu sama lain, harus menghormati satu sama lain. kita tidak bisa hidup sendiri. kita harus memberikan yang terbaik untuk hidup berdampingan bersama. kita semua bersama menjaga kebersamaan.

jalma wijaksana sakali nyarios yén hirup téh sangsara. ku sabab, urang henteu kedah kaleuleuwihi dina ningali penderitaan. sagalana kedah lulus. aya salawasna sangsara. urang kedah salawasna ngalakukeun anu saé pikeun kahirupan samentawis. sareng urang ngantunkeun anu saé saengga kita tiasa émut saleresna.

orang bijak pernah berkata bahwa hidup adalah penderitaan. oleh karena itu, kita dalam memandang derita jangan terlalu berlebihan. semuanya pasti berlalu. derita selalu ada. kita harus senantiasa melakukan yang terbaik untuk hidup kita yang sementara. dan kita tinggalkan sesuatu yang baik agar kita bisa dikenang untuk selamanya.

tempat bumi dumasar, aya langit dilaksanakeun. dimana waé tempatna, urang kedah hormat hukum sareng adat. sadaya tempat anu raket patalina jeung sajarahna. sadaya tempat ngagaduhan akal sareng karakter anu luhur. urang kedah tiasa diajar éta, supaya urang aman salamet sasarengan.

dimana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. dimanapun tempat, kita harus menghormati hukum dan adatnya. segala tempat erat kaitannya dengan sejarahnya. segala tempat memiliki luhur budi pekertinya. kita harus bisa mempelajarinya, agar tenang selamat kita hidup bersama.

Manusa mangrupikeun tempat salah jeung dosa. ulah gampang nangtoskeun kasalahan batur, urang tiasa langkung lepat sareng goreng ti aranjeunna. janten wijaksana. siga hujan anu henteu kantos angkat kamana. atanapi ogé cai walungan anu henteu milih saha anu nginum. Gusti sadayana adil. urang ogé kedah adil.

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. jangan mudah menghakimi kesalahan orang lain, bisa jadi kita lebih salah dan buruk dari mereka. bersikaplah yang bijaksana. seperti hujan yang tidak pernah memilih untuk turun dimana. atau juga air sungai yang tidak memilih untuk diminum siapa. tuhan maha adil. kita sepatutnya bersikap adil juga.

Pilihan kata-kata sunda lucu

30+ Pilihan Kata Kata Sunda Lucu dan Bijak terbaru dan terbaik

brilio.net

Segala hal yang lucu juga erat kaitannya dengan berbagai daerah yang berbeda-beda. Hal lucu tersebut bisa hadir dalam perbincangan.

Bisa juga hadir dalam tindakan dan juga kata-katanya. Kata-kata lucu bahasa sunda ini juga memiliki karakternya masing-masing.

Sebagaimana dalam bahasa lain, bahasa sunda memiliki kekhasannya sendiri. namun yang pasti, hal lucu ini tetap dibutuhkan dimanapun.

Karena ia adalah bumbu-bumbu kehidupan. Dan kita akan semakin berwarna karena adanya kehadirannya. Jadi yuk langsung saja. Tidak menunggu waktu lama lagi. Beberapa contoh kata-kata sunda lucunya adalah sebagai berikut:

“Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.”

Artinya: Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.

“Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah.”

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masala

“Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.”

Artinya: Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

“Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok.”

Artinya: Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.

****

“Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah.”

Artinya: Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.

****

“Lamun hirup ulah lempeng-lempeng teuing meni jiga jidar.”

Artinya: Kalau hidup jangan lurus-lurus amat seperti penggaris.

****

“Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang”

Artinya: Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.

****

“Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh.”

Artinya: Sobat ingat hidup itu tidak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie saja”

****

“Ek sakumaha wae beuratna pagawean, bakalan hampang lamun henteu dipigawean”

Artinya: Seberat apapun pekerjaan, akan terasa ringan jika tidak dikerjakan.

****

“Hirup ieu kedah dimimitian ku kalawan du’a serta ditutup ku rasa sukur.”

Artinya: Hidup ini harus diawali dengan do’a dan ditutup dengna rasa syukur.

****

“Hirup mah ulah loda gaya gaya tapi kudud loba duit”

Artinya : Hidup itu jangan banyak gaya tapi banyak uang.

****

“Hirup itu harus loba seuri, iar kalihatannya teh bagja alias senang. Meskipun mah hate keur notog titajong boleksek.”

Artinya: Hidup itu harus banyak tertawa agar terlihatbagian atau senang. Meskipun hati dalam keadaan gundah.

****

“Terus aing kudu kitu, terus aing kudu kieu. Hayoh we terus-terus, emang aing tukang parkir.

Artinya: Terus gue harus gitu, terus gue harus gini. Terus aja terus-terus, emang gue tukang parkir.

****

“Sakabeh perjalanan nu teu dihareupkeun pasti bakal sae dina palebahtung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.”

Artinya: Semua perjalanan yang tidak diharapkan pasti bakal indah pada waktunya. Itu juga kalau lagi beruntung.

****

“Aya kahayang bari jeung dibarengan ku usaha mah sarua jeungg ngabodor.”

Artinya: Punya keinginan tapi tidak disertai usaha sama saja dengan bercanda.

****

Penutup

Sekian artikel mengenai pilihan kata-kata bahasa sunda dalam kategori lucu dan bijak terbaik. Sekali lagi, kategori terbaik ini adalah berdasarkan ukuran penulis semata.

Para pembaca bisa menemukan dan mengolahnya sendiri. beberapa contoh yang sudah dihadirkan penulis di atas, harapannya bisa memberi referensi dan manfaat kepada para pembaca.

Baik yang memang sekadar mencari pilihan kata-kata tersebut atau yang iseng ingin sesekali belajar kata-kata sunda.

Selebihnya, dalam daerah apapun, bahasa selalu menjadi pedoman dan dasar prinsip yang utama. Kita tidak mungkin bisa hidup tanpa bahasa.

Bahasa selalu menjadi penting karena ia menghubungkan satu orang dengan yang lainnya. atau kelompok yang satu dengan yang lainnya. sekali lagi penulis ucapkan, semoga bermanfaat. Salam dan sampai jumpa lagi.

Leave a Reply