10+ Pilihan Panggilan Sayang Terbaik Dalam Bahasa Arab

Dalam kesempatan yang luar biasa baik kali ini, penulis akan membahas mengenai pilihan panggilan sayang dalam bahasa arab.

Sebagaimana kita tahu, bahasa arab merupakan bahasa yang cukup familiar di kehidupan kita sehari-hari, terutama bagi para pembaca yang beragama islam.

Bahasa arab memiliki serapan kata yang juga cukup banyak sekali dalam bahasa Indonesia. Bahasa arab sendiri pun juga pernah menjadi bahasa yang berkembang di Indonesia ini ketika zaman perdagangan dahulu.

Tepatnya ketika era penyebaran islam pertama kali di Nusantara. Hal tersebut secara tidak langsung membawa pengaruh kebahasaan arab yang juga besar di Indonesia saat ini.

Itu pun masih ditambah dengan adanya juga beberapa keuarga berdarah arab yang berkembang di Indonesia.

Pada kesempatan kali ini penulis akan coba menyusun pilihan panggilan sayang terbaik dalam bahasa arab.

Harapanya nanti pilihan panggilan tersebut bisa digunakan pembaca atau menjadi referensi pengetahuan sendiri terkait khazanah panggilan sayang dalam bahasa arab.

Kemudian pilihan panggilan sayang ini juga akan menjadi catatan tersendiri jika pembaca memiliki kosakata lain atau jika ditemukan kesalahan yang bisa dikomentari.

Namun, sebelum kita ke contoh-contoh pilihan panggilan sayang dalam bahasa arab tersebut. penulis akan menjelaskan singkat tentang penjelasan panggilan sayang dalam bahasa arab.

3819104_0

teepublic.com

Sekilas Tentang Panggilan Sayang Dalam Tradisi Arab

Tradisi arab menjunjung tinggi rasa kasih atau perasaan sayang pada sesama manusia. Terlebih pada keluarga dan orang-orang terdekat.

Mengenai hal ini bahkan di arab, tepatnya di arab saudi ada gunung yang dinamai untuk menghormati perasaan cinta tersebut.

Nama gunungnya adalah Jabal Rahmah, artinya gunung kasih sayang. Gunung ini biasanya dikunjungi oleh jamaah haji atau umroh yang sedang menunaikan ibadah ziarah ke tanah suci.

Gunung jabal rahmah tersebut dipercaya menjadi tempat pertemuan dari nabi adam dan hawa setelah dipisahkan sekian tahun di Bumi.

Mengenai beberapa poin atas tradisi tersebut, penulis menyusunnya dalam beberapa garis besar sebagai berikut

Arab, dalam hal tradisi Islam mengukuhkan diri sebagai Rahmatal Lil Alamin

Ada banyak sekali keterangan menyebut hal ini. bahwa islam adalah agama kasih sayang untuk seluruh alam.

Terlebih, dalam masa mulanya, nabi muhammad memberikan teladan bahwa kita harus memberikan sikap kasih sayang kepada siapa saja.

Bahkan tanpa memandang latar belakang dari keluarga kaya atau miskin. Rahmatal Lil Alamin dalam hal ini kemudian menjadi tonggak pewarisan untuk memberikan kasih sayang kepada yang lain. termasuk sikap-sikap dan panggilannya.

keep-calm-and-be-my-habibi-6

arabamerica.com

Panggilan Sayang berkembang dalam tradisi Kesusastraan Arab

Arab memiliki tradisi kepenyairan yang baik. Bahkan ada perlombaan-perlombaan khusus dalam beradu sajak dengan penuh panggilan sayang dan keromantisan yang membuat melelehnya hati dan dinilai oleh juri.

Panggilan sayang dalam bahasa arab ini juga akan mudah kita temui dalam karya satra dan puisi arab yang bisa kita baca dan temukan makna-maknanya.

Lebih jauh, tradisi kesusastraan arab yang menyebut panggilan-panggilan sayang ini kemudian menjadikan referensi tersendiri dalam kosa kata bahasa arab tentang panggilan sayang tersebut.

Panggilan Sayang diajarkan oleh nabi-nabi

Sebagaimana umum kita ketahui, nabi-nabi adalah sosok yang mengajarkan dan memberikan keteladanan atas ajaran hidup dengan penuh kasih sayang.

Dalam hal ini, misalkan pada agama islam. Nabi Muhammad adalah sosok penting dan utama dalam pembahasan mengenai ajaran yang penuh kasih sayang tersebut.

Lengkap dan meliputi perbuatan sekaligus pengucapannya. Sebagai contoh, nabi muhammad memiliki panggilan sayang yang romantis terhadap istri-istri, lalu anak-anaknya, dan juga kepada para sahabat.

Selanjutnya, kita akan membahas terkait contoh-contoh panggilan sayang dalam bahasa arabnya. Tentu saja berdasarkan beberapa pembagian tertentu.

Pilihan Panggilan Sayang Dalam Bahasa Arab

Berikut ini adalah beberapa panggilan sayang yang disusun penulis berdasarkan pilihan kata dan kategori tertentu. Contohnya adalah sebagai berikut:

Panggilan sayang Bahasa Arab dalam beberapa pilihan kata

Habibii/Habibatii

Panggilan ini jika diartikan adalah kekasihku. Panggilan ini boleh dibilang yang paling umum digunakan dalam penyebutan nama kekasih.

Habibi untuk kekasihku (laki-laki) dan habibatii (perempuan). Panggilan ini boleh dibilang yang paling populer untuk panggilan sayang dalam bahasa arab. Contohnya adalah sebagai berikut:

حبي انا احبك سيكون دائما هكذا. أنا دائما أحبك يا حبي. اراك لاحقا إلى الأبد.

kekasihku, aku mencintaimu. sampai kapanpun akan terus begitu. aku selalu mencintaimu, kekasihku. sampai maut nanti. sampai selamanya.

حبيبي هو نوري. أنت فقط أحب بلدي فقط بالنسبة لك. لن تمحى هذه الظلمة إلا بحضوركم. تبقى معي حتى نهاية الوقت.

Kekasihku engkau lah cahayaku. hanya kamu. kasih sayangku hanya untukmu. kegelapan ini hanya akan terhapus oleh kehadiranmu. teruslah bersamaku sampai berakhirnya waktu.

Zaujii/Zaujatii

Panggilan ini jika diartikan adalah berarti suamiku/istriku. Panggilan ini juga merupakan panggilan populer untuk penyebutan panggilan sayang suami istri dalam bahasa arab.

Penyebutan zaujii untuk suamiki dan zaujatii untuk istriku. Pada perkembangannya, panggilan ini memiliki daya romantis sekaligus klasik tersendiri.

Penyebutannya selalu bernada menghargai dan mengapresiasi suami atau si istri dalam penyebutannya masing-masing. Contohnya adalah sebagai berikut:

زوجتي ، شكرا لك على كل الحب الذي أعطيته. سأحاول أن أجعلك سعيدًا دائمًا. هذه الحياة حقا لن تكون ذات معنى دون وجودك. لأنك فقط أنت قادر على أن تجعلني سعيدًا في أيام العمل الطويلة الكاملة.

Istriku, terimakasih atas segala cinta yang kau beri. aku akan berusaha untuk membahagiakanmu selalu. hidup ini sungguh tidak akan bermakna tanpa kehadiranmu. sebab hanya kamu yang mampu membahagiakanku dalam hari-hari yang panjang dan penuh kebersamaan.

زوجي ، أن أكون معكم في هذه الحياة هدية. أدعو الله دائما أن يكون حبنا محميًا بالله العظيم. آمل أن تكون هذه المودة مثل ما علمه الأنبياء السابقون. هذا هو الحب الكامل من اللطف والمثالية. اشتقت لك يا زوجي.

Suamiku, bersamamu dalam kehidupan ini adalah anugerah. aku selalu berdoa agar cinta kita selalu dalam lindungan tuhan yang maha agung. aku berharap kasih sayang ini bisa seperti apa yang diajarkan nabi-nabi terdahulu. yaitu cinta yang penuh kebaikan dan memberi keteladanan. aku merindukanmu, suamiku.

Yaa Jamilatii

Panggilan ini bisa diartikan dengan: wahai cantikku. Panggilan ini diucapkan lelaki kepada kekasih perempuannya dengan memuji kecantikannya dan untuk memunculkan kesan romantis tertentu.

Biasanya panggilan ini disertakan dalam merayu, memuji, dan memberikan pujian-pujian indah kepada sang kekasih.

Panggilan yaa jamilatii ini biasanya juga digunakan dalam syair-syair bahasa arab. Contohnya adalah sebagai berikut:

يا جميلة ، كيف حالك ، أتمنى أن تكون بصحة جيدة وفي وفرة الخير دائمًا. أنا أعظ هذا الحنين إليك ، وسأظل أتطلع إلى أن أكون معكم. في وقت تتفتح فيه الزهور والسماء تشرق ساطعًا بسبب وجودك في هذا العالم.

wahai kekasihku, apa kabarmu, semoga sehat dan dalam limpahan kebaikan selalu. kukabarkan rindu dari jauh ini kepadamu, aku selalu akan menantikan saat bersamamu. saat dimana bunga berbunga dan langit bersinar cerah karena adanya kehadiranmu di dunia ini.

500_F_181034079_l77I6eXMyyL7p3r6QzATNPFyKRx3BGdn

stock.adobe.com

Panggilan sayang bahasa arab dalam beberapa kalimat singkat

Berikut ini adalah pilihan beberapa panggilan sayang yang dikemas dengan kalimat-kalimat yang lebih ringkas. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Yaa Ruuhii

يَا رُوْحِي wahai ruhku
  • Yaa Hayaatii
يَا حَيَاتِي wahai hidupku
  • Yaa Umrii
يَا عُمْرِي wahai umurku
  • Yaa Qalbii
يَا قَلْبِي wahai hatiku
  • Yaa Ghaaliyatii
يَا غَالِيَتِي wahai yang mahal (berharga bagi)-ku
  • Ya ‘Asalii
يَا عَسَلِي wahai maduku (manisku)
  • Ya Umma Fulaan
يَا أُمَّ فُلَانٍ wahai ibu/mama fulan
  • Ya Umma Awlaadii
يَا أُمَّ أَوْلَادِي wahai ibu anak-anakku

 

  • Yaa Zahratii
يَا زَهْرَتِي wahai bungaku
  • Yaa Zahrata Hayaatii
يَا زَهْرَةَ حَيَاتِي wahai bunga (yang menghiasi) hidupku
  • Yaa Zahrata Qalbii
يَا زَهْرَةَ قَلْبِي wahai bunga hatiku
  • Yaa Ahlaz Zuhuur
يَا أَحْلَى الزُّهُوْرِ wahai bunga terindah atau termanis

Sekian artikel mengenai pilihan panggilan sayang dalam bahasa arab terbaik menurut versi penulis. Semoga bermanfaat. Salam.

Leave a Reply