7 Panggilan Sayang Bahasa Korea Yang Wajib Kamu Ketahui

7 Panggilan Sayang Bahasa Korea Yang Wajib Kamu Ketahui

Panggilan sayang bahasa korea?

Sebuah trend atau sesuatu yang populer digemari bisa dibilang merupakan budaya yang akan berlalu, ia punya batas waktu. Meskipun kita tidak pernah tahu seberapa lama ia mencapai batasnya.

Yang jelas kata beberapa orang, semakin sesuatu tersebut sangat mudah menjadi trend, semakin cepat pula ia tenggelam.

Maka tak heran di era yang membuat orang mudah menjadi terkenal, mudah pula ia dilupakan. Mimin kurang tahu apakah logika ini tepat atau tidak. Tetapi sejauh yang mimin amati sih begitu.

Banyak trend (dalam hal apapun) yang berkembang di indonesia datang dan pergi silih berganti. Budaya dari negara-negara di luar Indonesia sangat dengan mudah diterima dan dijadikan trend di masyarakat indonesia.

Mulai dari trend budaya eropa, amerika, jepang, atau korea, budaya yang sekarang ini sedang berada di puncak kepopuleran.

Hampir semua budaya korea menjadi sangat populer di Indonesia, mulai dari kesenian seperti seni musik dan seni peran – atau lebih dikenal dengan KPOP atau Drakor-, makanan, fashion, bahasa, dan hasil budaya lainnya.

Hasil budaya korea yang pertama-tama sangat populer di Indonesia adalah KPOP dengan boyband dan girlband yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik.

Hampir semua mengakui kerupawanan para anggota boy/girl band tersebut. Selain itu Drakor juga menjadi sangat popoler dengan drama legendarisnya BBF (Boy Before Flower) meskipun sebelumnya telah ada beberapa drama yang juga fenomenal.

Dari drakor dan kpop tersebut kemudian masyarakat semakin menyukai sesuatu yang berbau-bau korea, seperti yang telah disebutkan di atas.

Salah satu yang kemudian menjadi trend hingga saat ini adalah pengadopsian bahasa korea ke dalam bahasa indonesia.

Orang-orang menyelipkan beberapa kosa kata bahasa korea yang familiar di telinga mereka. Seperti ucapan ulang tahun, terima kasih, dan juga panggilan sayang.

Nah pada artikel kali ini mimin akan membahas lebih dalam mengenai panggilan sayang bahasa korea. Yang mana telah disebutkan di atas penggunaaan panggilan sayang tersebut menjadi populer dikalangan kpopers dan penggemar drama korea. Termasuk mimin juga sih hehe.

Untuk kamu yang ingin tahu panggilan sayang dalam bahasa korea, tetap simak tulisan ini sampai habis ya. Dan di bawah ini mimin akan langsung memberikan beragam ucapan panggilan sayang tersebut:

Panggilan Sayang Bahasa Korea: Caghia

7 Panggilan Sayang Bahasa Korea Yang Wajib Kamu Ketahui

alienkoreajepang.blogspot.com

Nah sedangkan kalau chagia ini mempunyai arti sayang, beb, dan semacamnya. Panggilan sayang chagia bisa digunakan untuk pasangan kekasih baik yang sudah menikah atau yang masih pacaran.

Barangkali kamu tidak sering mendengarkan panggilan sayang chagia dalam drama korea. Karena memang panggilan oppa lebih populer dibanding chagia.

Tetapi tetap saja panggilan sayang yang satu ini juga sering digunakan oleh pasangan-pasangan di korea. Kalau kamu ingin cari tahu lebih lanjut tentang panggilan sayang ini, boleh deh tanya-tanya ke beberapa teman yang ahli atau juga bisa searching di google dan cari sumber yang terpercaya hehe.

Yeobo

7 Panggilan Sayang Bahasa Korea Yang Wajib Kamu Ketahui

popbela.com

Selain Oppa ada juga panggilan sayang yang populer dan sering kita dengar di drama korea. “Yeobo” merupakan panggilan sayang yang biasa digunakan oleh sang suami kepada istri tercintanya, dan begitu pula sebaliknya.

Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia, kata yeobo kurang lebih memiliki arti sayang atau cintaku. Kalau kamu menggunakan panggilan sayang ini berarti hubunganmu dengan pasangan bukan lagi sekedar pacar tetapi hubungan yang sudah diikat oleh pernikahan.

Kalau masih pacaran ya tinggal pilih panggilan sayang selain yeobo hehe, misal chagia, oppa, dan lain-lain.

Oppa

7 Panggilan Sayang Bahasa Korea Yang Wajib Kamu Ketahui

today.line.me

Siapa yang familiar dengan panggilan oppa? Hampir dipastikan orang yang sangat paham dengan panggilan tersebut adalah penggemar drama korea.

Yups, karena setiap drama korea pasti menggunakan panggilan oppa dalam percakapannya. Oppa pada dasarnya digunakan oleh perempuan untuk memanggil seorang lelaki yang lebih tua darinya.

Atau kalau dalam bahasa indonesia mempunyai arti kakak. Ingat ya oppa hanya digunakan oleh seorang wanita kepada laki-laki bukan laki-laki kepada laki-laki.

Lalu pada perkembangannya panggilan oppa juga diartikan sebagai panggilan sayang seorang wanita kepada pacarnya. Ya semacam mas/abang dalam panggilan kekasih gitu.

Anae

Sedangkan panggilan sayang “anae” ini barangkali juga sam asingnya dengan panggilan nampyeon, dangshin, dan bu-in.

Tetapi sedikit informasi bahwa panggilan sayang ini digunakan untuk memanggil istri tersayang. Kata “anae” sendiri dalam bahasa indonesia memiliki arti istriku.

Tetapi yang juga perlu diingat adalah panggilan sayang ini biasanya digunakan pada situasi formal. Sehingga kalau di dalam rumah atau di depan anak-anak seorang suami cukup memanggilnya dengan panggilan “yeobo” saja .

sedangkan pada situasi formal misal pada hari pernikahan atau pada pidato, dan lain-lain bisa digunakan panggilan anae ini.

Nampyeon

7 Panggilan Sayang Bahasa Korea Yang Wajib Kamu Ketahui

popbela.com

sebagaimana yang sudah disinggung di atas bahwa panggilan sayang ini akan terdengar tidak familiar bagi orang-orang di luar negara korea.

Bahkan meskipun seorang tersebut adalah pecinta drama korea. Kalau sebelumnya mimin sudah berikan informasi tentang panggilan sayang suami kepada istri.

Maka kali ini mimin akan menginformasikan salah satu panggilan sayang sang digunakan seorang istri kepada suaminya. Ya “nampyeon”.

Kata tersebut kalau diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti suamiku. Jadi silahkan saja para istri yang mencoba-coba ingin juga memanggil suaminya dengan panggilan nampyeon.

Panggilan Sayang Bahasa Korea:Dangshin

Meskipun kita bukanlah penduduk korea tetapi tentu tidak ada salahnya ya kalau kita mengetahui panggilan sayang dalam bahasa korea.

Hal ini bisa menjadi tambahan pengetahuan kan. Apalagi kalau kamu ingin tahu lebih banyak tentang segala hal yang berkaitan dengan korea.

Atau juga untuk kamu yang terobsesi ingin tinggal, atau bersekolah di sana. Setidaknya panggilan sayang yang disajikan pada artikel ini bisa menyumbang sedikit pengetahuan teman-teman.

Kali ini panggilan sayang yang akan mimin berikan adalah “dangshin”. Pernahkah teman-teman mendengar kata tersebut? barangkali banyak jawaban yang akan berkata tidak.

Karena memang panggilan sayang ini kurang populer digunakan. Dangshin merupakan panggilan sayang yang digunakan oleh sepasang suami istri. Baik dari istri kepada suami maupun sebaliknya. Kurang lebih dangshin ini memiliki arti seperti panggilan yeobo.

Panggilan Sayang Bahasa Korea: Bu-in

Dan panggilan sayang terakhir yang bisa mimin sajikan adalah bu-in. Tentu kata ini juga masih terdengar asing bagi sebagian orang.

Panggilan ini merupakan panggilan sayang yang digunakan oleh suami kepada sang istri seperti panggilan anae. Hanya saja kalau bu-in biasanya digunakan dalam situasi yang tidak formal.

PENUTUP

Sekian dulu artikel tentang panggilan sayang bahasa korea yang bisa mimin sajikan. Semoga informasi tersebut bisa membantu teman-teman yang memang ingin tahu bagaimana panggilan sayang bahasa korea.

Dan jangan malu menjadi kpopers dan pecinta drama korea ya, karena kita sama seperti pecinta anime, musik rock, dan fans-fans budaya luar lainnya kok.

Tetapi jangan lupa juga kita semua boleh menjadi penggemar siapapun, tetapi jadilah penggemar yang bijaksana. Apalagi sampai bertengkar karena beda pilihan. Hehe

 

 

Leave a Reply