10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Resep Bakso – Anda pecinta kuliner bakso? Jika ya , sudah pernahkah Anda menikmati bakso urat yang spesial ini.

Jika sudah pernah menikmati tapi tidak tahu bagaimana cara membuatnya, maka kali ini resepnya akan kami bagikan secara jelas dan tuntas sehingga Anda dapat mencoba membuatnya sendiri dirumah.


Resep Bakso


Resep bakso urat merupakan salah satu resep masakan bakso yang paling banyak di nanti oleh penggemar makanan yang satu ini. Pecinta bakso tidak hanya orang dewasa tapi saat ini anak-anak juga suka makan bakso.

Ada banyak sekali variasi bakso antara lain bakso sapi, bakso goreng, bakso krikil, bakso mercon dan masih banyak lagi jenis bakso lainnya. Tapi yang akan kita bahas kali ini yaitu bakso urat daging sapi.

1. Resep Bakso Urat Sapi

√ 2 Resep Bakso Enak dan Kenyal (Sapi dan Goreng)

Image Source: koran-jakarta.com

Bakso biasanya dilengkapi dengan kuah segar yang masih panas dengan isi mie kuning, mie bihun, bawang goreng , siomay, tahu dan masih banyak lagi pelengkap yang digunakan untuk bakso.

Citarasa yang diperoleh dari makan bakso memang patut di acungi jempol karena kuahnya yang segar dan gurih serta baksonya sendiri yang sangat kenyal sehingga tidak heran lagi jika hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini.

Variasi bakso sangat beraneka macamvnya mulai dari bentuk dan bahan yang digunakan. Ada yang bentuk seperti bola pingpong, bakso jumbo seperti bola tennis, ada bakso segitiga, bakso kotak, dan yang populer saat ini bakso berbentuk hati yang disebut dengan I Love you.

Sajian masakan bakso ini sangat cocok dihidangkan pada saat acara spesial, seperti pernikahan, selamatan, ibu-ibu arisan dan acara spesial lainnya.

Bakso urat sendiri terbuat dari daging sapi , usahakan memakai urat sapi yang segar sehingga menghasilkan bakso urat sapi yang super dan kenyal.

Perpaduan dari urat tepung dan urat sapi menghasilkan bakso yang sangat enak. Kebanyakan orang biasanya lebih menggemari bakso urat yang memiliki citarasa yang khas, karena apabila dimakan tidak hanya kenyal namun juga ada rasa keras dan terasa ada serat nya.

Rasa segar dari kuah nya sangat menambah selera makan Anda jadi tambah nikmat. Untuk itu simak resepnya di bawah ini.

Jika Anda sudah membaca resep ini maka langsung saja Anda praktekan agar bisa menikmati bakso urat buatan sendiri dirumah.

Bahan bakso urat sapi :

  • 200 gram daging sapi, pilih yang ada urat nya, potong kasar
  • 50 gram tepung tapioka
  • 50 gram es batu, pecah kasar

Bumbu-bumbu bakso urat sapi :

  • 1 sendok makan bawang merah, haluskan
  • 1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa, sesuai selera
  • 1/2 sendok teh merica bubuk

Bumbu – bumbu kuah bakso urat sapi :

  • 1 Liter air
  • 1/2 sendok makan bawang merah goreng, haluskan
  • 1 sendok makan bawang putih goreng, haluskan
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1/4 sendok teh penyedap rasa
  • Garam secukupnya

Pelengkap bakso urat sapi :

  • Sambal rawit goreng
  • Mie kuning
  • Mie bihun
  • Seledri
  • Kecap manis
  • 1 batang daun bawang
  • Saus sambal
  • Saus tomat

Cara Membuat Bakso Urat Daging Sapi:

  1. Siapkan food prosessor , masukan daging, es batu, bawang putih, bawang merah, merica bubuk, penyedap rasa, dan garam halus , proses hingga halus.
  2. Masukan tepung tapioka, proses kembali hingga tercampur rata.
  3. Masukan adonan adonan bakso pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga bakso keluar diantara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan bantuan sendok.
  4. Masukan bakso pada air panas, lakukan hingga adonan habis. Masak dengan menggunakan api kecil hingga bakso mengapung, angkat, tiriskan.
  5. Setelah bakso terbentuk , masukan kedalam air panas tidak mendidih, setelah pembuatan adonan selesai , barulah direbus dengan api kecil hingga bakso mengapung, angkat lalu tiriskan
  6. Angkat langsung, masukan bulatan bakso kedalam air mendidih karena permukaan bakso akan keriput dan kemungkinan pecah akibat suhu air yang terlalu tinggi.
  7. Sajikan bakso urat daging sapi dengan kuah dan pelengkapnya.

Sajikan bakso urat sapi selagi panas apalagi jika dinikmati saat hujan turun. Enak banget pokoknya. Jika Anda bisa membuatnya sendiri dirumah maka kapan pun Anda mau bisa langsung membuatnya sendiri. Selamat menikmati.

2. Resep Bakso Goreng

√ 2 Resep Bakso Enak dan Kenyal (Sapi dan Goreng)

Image Source: resepdanmasakan.com

Untuk yang suka makan bakso, mendengar kata bakso tentunya otaknya segera berputar serta yang terbayang yaitu semangkuk bakso rebus dengan kuah hangat dan mie kuning atau bihun sebagai pelengkap.

Tahukah Anda, bahwa bakso tidak hanya dapat di sajikan dalam kuah?

Satu diantara bentuk sajian bakso yang lain dan cukup disukai banyak orang yaitu bakso goreng. Sajian ini bukan hanya dapat di nikmati dengan saus sambal, mayones, kecap, atau bumbu yang lain dan sebagai pelengkap sajian bakso kuah yang nikmat.

Bila Anda sudah pernah mencoba membuat bakso sendiri di rumah, barangkali Anda juga dapat membuat bakso goreng yang nikmat untuk sajian istimewa.

Resep bakso goreng tak jauh beda dengan resep bakso rebus. Bedanya hanya adonan bakso yang dibuat di proses dengan cara digoreng, bukan di rebus.

Cara Membuat :

  1. Goreng bakso dalam minyak yang banyak hingga bakso betul-betul terendam. Dengan teknik ini, bakso goreng bakal masak serta mengembang dengan baik dan tidak menyerap banyak minyak.
  2. Bakso digoreng dengan api kecil sembari selalu diaduk supaya memiliki bentuk bulat cantik.
  3. Goreng sampai bakso mengapung serta warnanya jadi kecokelatan.
  4. Sesuaikan jumlah minyak dengan bakso yang digoreng. Jangan menggoreng banyak bakso dengan sekaligus, tapi jangan sedikit juga agar panas minyak stabil dan kulit bakso kelihatan mulus.
  5. Sebaiknya, goreng bakso sebagian sebelum di sediakan supaya rasa-rasanya lebih nikmat.

Bakso goreng bisa juga disediakan dengan lebih menarik, lho. Langkahnya, gulingkan adonan bakso yang sudah dibuat diatas potongan mie rebus atau kulit pangsit yang sudah dipotong tipis-tipis.

Sesudah digoreng, mie rebus atau kulit pangsit yang melekat pada adonan bakso bakal jadi renyah, hingga membuat sajian bakso goreng semakin lezat dan unik. Semoga bermanfaat.

3. Resep Bakso Ikan

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: merdeka.com

Selain menggunakan daging sapi, ada bakso yang menggunakan daging lain seperti daging ikan. Bakso ikan sendiri tidak kalah enak jika dibandingkan dengan baso yang menggunakan daging sapi.

Dipadukan dengan kuah yang segar dan gurih, ditambah racikan sambar, saos, dan kecap dan disantap ketika sedang hangat, tentunya menyantap bakso akan menjadi semakin nikmat.

Kamu pun bisa membuat sendiri bakso ikan di rumah jika ingin mencobanya. Penasaran ingin mencoba membuat bakso ikan? Berikut merupakan resepnya.

Bahan:
– 1 kg ikan tenggiri fillet
– 3 sdm tepung sagu
– 2 telur ayam
– 4 siung bawang putih

Cara Membuat:
1. Siapkan blender lalu masukkan ikan bersama dengan putih telur, bawang putih, garam, gula, es batu secukupnya dan merica. Kemudian blender sampai benar-benar halus.
2. Jika sudah, tuangkan adonan yang sudah di blender tadi ke dalam tempat atau wadah lalu campurkan dengan tepung sagu sedikit demi sedikit. Lakukan sambil diuleni sampai tercampur dengan rata.
3. Selanjutnya siapkan panci dan rebus air hingga mendidih. Kemudian ambil adonan daging menggunakan tangan dan bentuk menjadi bulat seperti membuat bakso pada umumnya.
4. Masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat tersebut ke dalam panci yang sudah berisi air panas, lakukan seterusnya sampai adonan habis.
5. Jika sudah, rebus sampai bakso mengapung, lalu angkat kemudian tiriskan.

4. Resep Bakso Ayam

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: filsafood.com

Tidak hanya bakso yang menggunakan daging sapi saja yang terkenal atau bakso daging ikan yang unik dan memiliki rasa yang khas. Melainkan ada juga bakso yang menggunakan daging ayam yang tidak kalah enaknya dengan dua variasi bakso tersebut.

Bakso ayam merupakan bakso yang menggunakan campuran daging ayam ketika membuat adonannya sampai adonan tersebut dibentuk bulat-bulat dan menjadi bakso. Membuat bakso ayam pun tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Jika kamu ingin mencoba membuat bakso dengan menggunakan daging ayam sendiri di rumah, maka tidak ada salahnya kamu mencoba resep membuat bakso ayam di bawah ini.

Bahan:
– 1 kg daging ayam yang sudah digiling dan tanpa tulang
– 1 telur ayam
– 50 gr tepung sagu atau tepung kanji
– 40 gr es batu
– 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
– 1 sdt garam
– 2 sdt merica bubuk
– 2sdm bawang merah goreng
– 2 liter air

Bahan untuk Membuat Kuah Bakso:
– Bawang putih yang sudah digoreng secukupnya
– Bawang merah yang sudah digoreng secukupnya
– Kaldu ayam secukupnya
– Garam secukupnya
– Seledri yang diiris dengan halus secukupnya
– Merica dan gula secukupnya

Cara Membuat:
1. Pertama siapkan wadah lalu masukkan daging ayam yang sudah digiling ke dalam wadah lalu campurkan dengant elur ayam, tepung kanji, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya, bawang merah dan juga merica bubuk.
2. Uleni semua bahan tersebut menggunakan tangan sampai semuanya tercampur rata dan sempurna.
3. Jika adonan yang sedang diuleni masih sulit dibentuk atau terlalu lembek, tambahkan es batu sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dengan mudah untuk dibentuk.
4. Siapkan panci lalu rebus air menggunakan panci sampai mendidih.
5. Ambil adonan yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan lalu buat bulat-bulat seperti membuat bakso pada umumnya. Kemudian masukkan adonan yang sudah dibentuk bulat tersebut ke dalam panci yang berisi air mendidih.
6. Lakukan hal tersebut seterusnya sampai adonan yang dibuat habis. Lalu rebus bakso sampai mengapung barulah kemudian di angkat dan ditiriskan.

Cara Membuat Kuah:
– Siapkan panci dengan air yang sudah berisi rebusan kaldu ayam, lalu panaskan dan tambahkan dengan daun bawang, bawang putih dan merah goreng, garam dan sedikit merica serta gula.

5. Resep Bakso Aci

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: lifestyle.okezone.com

Bakso aci merupakan varian bakso yang sedang terkenal belakang ini. Banyak sekali orang yang mendadak membuka usaha tempat makan bakso aci di berbagai macam daerah.

Karena sedang ramainya, tempat makan yang menyediakan menu bakso aci atau yang khusus menjual bakso aci pun selalu ramai dan tidak jarang banyak orang yang perlu menunggu agar bisa membelinya.

Hal ini bisa dilihat ketika bakso aci sedang meledak, setiap tempat makan bakso aci selalu ramai dengan pembeli, banyak kendaraaan yang terparkir, bahkan ada beberapa tempat yang sampai ada yang menunggu diluar.

Namun jika kamu belum pernah mencoba bakso aci dan ingin mencicipinya, kamu pun juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Penasaran ingin mencoba membuat sendiri bakso aci? Simak resepnya di bawah ini:

Bahan:
– 2 dua tahu yang sudah dibelah menjadi dua
– 4 sdm tepung tapioka
– 1 sdt kaldu bubuk
– 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
– 2 sdm tepung terigu serbaguna
– 100 ml air

Bahan untuk Membuat Bumbu Halus untuk Kuah:
– 2 cabai merah keriting atau sesuai selera
– 3 siung bawang putih
– 2 siung bawang merah
– 5 cabai rawit merah atau sesuai dengan selera
– Gula dan garam secukupnya

Bahan untuk Pelengkap:
– Pilus
– 1 daun bawang yang diiris dengan halus
– 1 jeruk limau

Cara Membuat:
1. Siapkan panci lalu panaskan air menggunakan panci, kemudian berikan bumbu menggunakan bawang putih halus, kaldu bubuk dan juga garam sampai mendidih.
2. Campurkan tepung tapioka dan tepung terigu lalu tuangi air rebusan yang sudah dibuat sebelumnya dengan cara sedikit demi sedikit hingga adonan yang dibuat dapat dibentuk menggunakan tangan
3. Jika sudah bisa dibentuk, bentuk adonan menjadi bulatan atau bisa juga menjadi bakso dengan bentuk lonjong.
4. Untuk membuat variasi lainnya, ambil tahu yang sudah disiapkan sebelumnya lalu keruk bagian tengahnya dan ganti kemudian isi dengan adonan aci yang sudah dibuat.
5. Selanjutnya siapkan minyak goreng dengan jumlah yang cukup banyak lalu masukkan sebagian adonan yang sudah dibentuk menjadi bakso tadi ke dalam minyak dingin kemudian nyalakan kompor dengan api besar.
6. Jika sudah goreng sampai matang kemudian angkat dan sisihkan.
7. Untuk membuat kuahnya, siapkan panci dan panaskan air secukupnya menggunakan panci.
8. Di tungku kompor lainnya tumis semua bahan bumbu halus menggunakan sedikit minyak sampai mengeluarkan aroma harum, kemudian masukkan bumbu halus yang sudah di tumis sampai harum tersebut ke dalam rebusan kuah.
9. Terakhir, masukkan sisa adonan dari bakso aci yang masih belum digoreng dan juga bakso tahu ke dalam kuah lalu masak hingga adonan atau bakso mengambang. Bakso aci siap disajikan.

6. Resep Bakso Tahu

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: fimela.com

Bakso umumnya berbentuk bulat dengan menggunakan campuran daging, baik itu sapi, ayam atau ikan. Sedangkan untuk variasi bentuknya ada juga yang membuat bakso gepeng atau bentuk lainnya.

Selain itu, variasi bakso lainnya yang tidak kalah enak adalah bakso tahu. Bakso tahu sendiri adalah bakso yang menggunakan tahu yang dibelah menjadi dua lalu bagian tengahnya dihilangkan dan diganti dengan adonan bakso.

Sama seperti bakso lainnya, kamu pun juga bisa membuat bakso tahu sendiri di rumah tanpa perlu membelinya. Penasaran ingin mencoba membuat bakso tahu sendiri di rumah? Berikut merupakan resepnya yang bisa kamu coba gunakan.

Bahan:
– 1 telur
– 250 gr daging sapi yang sudah digiling
– 15 tahu goreng kosong
– 1 daun bawang yang diiris halus
– 75 gr tepung tapioka

Bahan untuk Bumbu Halus:
– 5 siung bawang putih
– ¼ sendok teh baking powder
– ¼ sendok teh merica bubuk
– ½ sendok teh
– Garam secukupnya

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah lalu campurkan daging sapi yang sudah digiling dengan tepung tapioka telur, bumbu halus dan daun bawang sampai merata dengan sempurna.
2. Ambil tahu yang sudah disiapkan lalu belah menjadi dua, namun belah dua dengan berbentuk segitiga.
3. Selanjutnya lubangi bagian tengah dari tahu lalu masukkan atau isi dengan adonan bakso yang sudah dibuat tadi secukupnya, jangan terlalu banyak.
4. Lakukan hal ini secara terus sampai adonan habis atau sampai semua tahu sudah terisi dengan adonan bakso.
5. Jika tahu sudah habis dan adonan bakso masih ada, kamu bisa menggunakan sisanya untuk dibentuk bulat-bulat menjadi bakso.
6. Jika sudah, siapkan panci kukusan lalu kukus tahu yang sudah diisi dengan adonan bakso tadi selamat kurang lebih selama 15 menit.
7. Jika ada adonan sisa yang dibuat menjadi bakso, maka siapkan panci dan buat rebusan air lalu rebus bakso sampai matang atau sampai bakso mengapung.

7. Resep Bakso Sapi

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: doyanresep.com

Setelah bakso ayam dan bakso ikan, bakso sapi merupakan jenis bakso yang paling umum dan sering ditemui ketika sedang menyantap hidangan bakso. Bakso sapi sendiri memiliki banyak variasi lagi sesuai dengan keinginan penjualnya.

Namun selain bakso sapi yang memiliki berbagai macam variasi, bakso sapi original juga tidak kalah enaknya dengan bakso sapi yang sudah di variasi. Bahkan mungkin beberapa orang bakso sapi original memiliki tempat sendiri bagi pecinta bakso.

Seperti jenis bakso lainnya yang sudah di bahas, kamu juga bisa membuat bakso sapi sendiri di rumah. Penasaran ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Simak resep bakso sapi di bawah ini.

Bahan:
– 100 gr sagu tani
– 250 gr daging sapi yang sudah digiling
– 2 telur ayam
– 250 gr daging ayam yang sudah digiling
– 1 bungkus nutrijell plain
– 100 ml air es
– Air secukupnya untuk merebus adonan bakso sampai matang

Bahan untuk Bumbu Halus:
– ½ sdt merica bubuk
– 2 sdt garam
– 1 sdt gula pasir
– 7 siung bawang putih

Bahan untuk Membuat Kuah
– 1 liter air kaldu, baik itu kaldu ayam atau kaldu sapi
– ½ sdt merica bubuk
– 1 ½ sdt garam
– 2 siung bawang putih yang sudah di geprek

Bahan untuk Membuat Taburan:
– 1 batang seledri yang diiris dengan halus
– 2 siung bawang merah yang diiris tipis dan digoreng menjadi bawang goreng
– 3 siung bawang putih yang diiris tipis dan digoreng

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah lalu campurkan semua bahan untuk membuat adonan bakso bersama dengan bahan bumbu halus lalu di aduk dan dicampur sampai merata.
2. Siapkan panci, lalu rebus air secukupnya sampai panas menggunakan panci.
3. Jika sudah, gunakan adonan untuk membuat bakso dengan cara dibentuk menjadi bulat-bulat seperti cara membuat bakso bulat pada umumnya. Ketika sudah membuat bakso, langsung taruh atau cemplungkan adonan bakso yang sudah di bentuk bulat ke panci yang berisi air yang sudah disiapkan sebelumnya.
4. Lakukan hal ini secara terus menerus dan berulang sampai adonan bakso habis. Lalu tunggu sampai bakso matang atau bakso mengapung, lalu sisihkan atau angkat panci yang berisi bakso.
5. Siapkan panci yang berisi air kaldu dan siapkan wajan di tungku kompor yang satunya lagi untuk menyiapkan bumbu kuah.
6. Pada wajan atau penggorengan, tumis bawang putih yang sudah di geprek bersama dengan merica bubuk dan garam menggunakan sedikit minyak sampai mengeluarkan aroma harum.
7. Jika sudah, masukkan ke dalah panci yang berisi air kaldu yang sudah disiapkan sebelumnya.
8. Rebus kuah bakso hingga mendidih lalu sajikan bakso di mangkuk bersama dengan kuah. Kamu juga bisa memberikan tambahan taburan seperti bawang goreng dan juga seledri.

8. Resep Bakso Sapi Isi Keju

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: qraved.com

Seperti yang sudah di bahas pada pembahasan resep bakso sapi, terdapa beberapa varian bakso sapi yang juga memiliki rasa enak. Salah satunya adalah bakso sapi isi keju.

Bakso sapi isi keju merupakan bakso sapi dengan ukuran yang cukup besar dan memiliki isian keju di dalamnya. Rasa bakso sapi ditambah dengan rasa asin dari keju yang khas membuat bakso sapi isi keju memiliki cita rasa yang enak dan disukai oleh banyak orang.

Bakso sapi isi keju pun juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Jika kamu penasaran ingin mencoba membuat bakso sapi isi keju sendiri di rumah, simak resepnya di bawah ini.

Bahan:
– 250 gr daging sapi yang digiling
– 100 gr tepung kanji
– 100 gr keju cheddar yang dipotong dengan potongan dadu
– 1 siung bawang putih yang dihaluskan
– ½ sendok makan penyedap rasa
– ½ sendok teh minyak ayam
– ½ sendok teh garam
– ¼ sendok teh pala
– ¼ sendok teh merica
– 1 liter kaldu sapi
– Es batu secukupnya
– 1 liter air untunk merebus

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah lalu campurkan semua bahan kecuali air dan juga keju, lalu haluskan semua bahan tersebut menggunakan food processor atau chopper atau blender sampai adonan benar-benar menjadi halus.
2. Siapkan panci lalu masak air sampai mendidih.
3. Jika sudah cetak bakso menjadi bulat-bulat menggunakan tangan dan masukkan isian keju yang sudah dipotong dadu ke tengahnya, lalu masukkan ke dalam air rebusan yang mendidih.
4. Lakukan secara terus menerus sampai adonan habis dan masak bakso hingga matang atau sampai bakso mengapung.
5. Selanjutnya panaskan kuah kaldu yang sudah disiapkan sebelumnya menggunakan panci terpisah, jika sudah masukkan bakso yang sudah matang ke dalam panci yang berisi kuah kaldu yang sudah dipanaskan.
6. Jika sudah masukkan garam, minyak, merica dan juga penyedap rasa. Kemudian bakso siap untuk disajikan.

9. Resep Bakso Bakar Mentega

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: akuratnews.com

Bakso bakar mentega merupakan variasi dari hidangan bakso dimana bakso di bakar sebelum disajikan untuk di santap. Selain variasi kuah, bakso bakar mentega ini juga tidak kalah enaknya dan memiliki cita rasa yang juga enak.

Cara membuat bakso bakar mentega pun tidaklah sulit. Jika kamu penasaran ingin mencicipi bakso bakar dan mencoba membuatnya sendiri di rumah, simak resep atau cara membuatnya di bawah ini.

Bahan:
– 250 gr bakso yang sudah jadi
– 1 sendok teh saus tiram
– 1 sendok makan saus sambal
– 1 sendok makan saus tomat
– ½ sendok teh madu
– 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
– Lada bubuk dan mentega secukupnya.

Cara Membuat:
1. Campurkan semua bahan kecuali bakso sampai merata untuk membuat saus dari hidangan bakso bakar ini.
2. Selanjutnya olesi bakso menggunakan saus yang sudah dibuat sebelumnya barulah panggang bakso menggunakan teflon atau menggunakan panggangan.
3. Terakhir, bakso bakar mentega siap untuk disajikan dan disantap.

10. Resep Bakso Telur

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: idntimes.com

Variasi bakso sapi lainnya yang juga memiliki cita rasa yang tidak kalah enak adalah bakso sapi isi telur. Bakso ini merupakan bakso sapi yang di dalamnya terdapai isian telur. Telur yang digunakan biasanya satu telur rebus utuh.

Bakso telur juga bisa dibuat sendiri dirumah. Penasaran bagaimana? Simak resepnya di bawah ini.

Bahan:
– 250 gram daging sapi yang sudah digiling
– 500 gram tepung tapiuka
– 250 gram daging ayam yang sudah digiling
– 2 telur
– 3 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
– Telur rebus secukupnya
– ½ sendok makan garam
– ½ sendok teh merica
– Kaldu sapi atau kaldu ayam
– Air es
– 3 liter air mendidih
– ½ sendok teh baking soda

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah lalu campurkan tepung tapioka kaldu blok, baking soda, merica dan garam sampai merata.
2. Haluskan daging sapi yang sudah digiling menggunakan food processor dan sisihkan daging yang sudah dihaluskan ke wadah.
3. Selanjutnya campurkan bahan yang sudah disiapkan ke dalam campuran daging, masukkan bawang putih dan telur lalu aduk adonan sampai merata.
4. Sebelum membentuk bakso, basahi tangan supaya tidak lengket dan bentuk adonan lalu masukkan telur rebus ke dalamnya.
5. Siapkan panci dan isi dengan air lalu panaskan, adonan yang sudah dibentuk dan diisi telur rebus didalamnya masukkan ke dalam panci tersebut lakukan sampai adonan habis dan masak sampai bakso matang atau mengapung.

11. Resep Bakso Isi Rawit

√ 10+ Variasi Resep Bakso Enak dan Lezat serta Bisa Dibikin di Rumah

Image Source: food.detik.com

Bakso daging isi rawit merupakan bakso daging sapi yang memiliki isian cabai rawit di dalamnya. Untuk kamu yang menyukai cita rasa pedas maka variasi bakso yang satu ini bisa menjadi bakso kesukaan kamu.

Selain itu, kamu pun juga bisa mencoba membuat bakso isi rawit sendiri di rumah. Penasaran bagaimana caranya? Berikut merupakan resep bakso isi rawit yang bisa kamu gunakan.

Bahan:
– 1 kg daging cincang yang segar
– 4 sendok makan tepung tapioka
– 3 sendok makan baking powder (opsional)
– Cabi rawit secukupnya atau sesuai selera
– Gula, garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
1. Haluskan 500 gram bersama dengan 4 es batu , tepung tapioka dan juga baking powser daging cincang menggunakan blender atau food processor sampai adonan menjadi halus.
2. Jika adonan sudah terlihat halus, maka masukkan dan campurkan 500 gram daging sisanya bersama dengan sisa 4 es batu bersama merica, garam, dan gula secukupnya.
3. Siapkan panci lalu rebus air sampai cukup panas dan jangan terlalu panas.
4. Selanjutnya iris cabai atau tumis atau bisa juga cabai dihaluskan dengan cara diulek.
5. Bentuk adonan bakso menjadi bulat dengan ukuran sedang atau sesuai selera lalu tekan bagian tengahnya menggunakan jempol dan masukkan cabai yang sudah disiapkan sebelumnya. Lalu bulatkan lagi.
6. Jika sudah dibentuk bulat dan diisi cabai, masukkan ke dalam panci yang berisi air, lakukan sampai adonan habis dan masak sampai bakso matang atau mengapung.

Keyword: Resep Bakso Enak

Leave a Reply