20+ Ucapan Tahun Baru Islam Beserta Doa Awal Dan Akhir Tahun

Kira-kira bagaimana ya ucapan tahun baru islam?

Barangkali tahun baru adalah salah satu momen yang juga spesial bagi setiap orang. Bergantinya tahun menandakan bahwa dunia semakin tua, manusia juga demikian.

Banyak hal yang bisa direnungkan dalam satu tahun yang lalu, penyesalan, pencapaian, kesuksesan juga kegagalan. Jadi tahun baru ini cukup momentum pokoknya.

Tahun baru yang disebutkan di atas maksudnya bukan hanya tahun baru masehi loh. Tapi juga tahun baru lainnya, termasuk tahun baru islam.

Banyak umat islam merayakan tahun baru islam yang jatuh pada tanggal 1 muharrom itu. Doa-doa dipanjatkannya sesuai dengan apa yang dianjurkan di dalam Islam.

Perayaan ini juga sebagai wujud raya syukur atas kehidupan satu tahun ini. Dan juga pengharapan untuk bisa lebih baik di tahun berikutnya.

Pada tahun baru islam, umat islam bersuka cita dan biasanya tidak lupa memberikan ucapan tahun baru islam kepada lainnya.

Hal ini juga bisa dimaknai sebagai upaya untuk mengingat bahwa tahun baru islam merupakan tahun baru yang penting untuk umat islam.

Nah berikut mimin akan menyajikan beberapa ucapan tahun baru islam yang dirangkum dari berbagai sumber:

Ucapan Tahun Baru Islam Dalam Bahasa Inggris

20+ Ucapan Tahun Baru Islam Beserta Doa Awal Dan Akhir Tahun

wow.tribunnews.com

Mengucapkan tahun baru Islam dalam bahasa inggris juga sah-sah saja loh. Karena ini tahun baru islam lantas tak melulu harus memberikan ucapan berbahasa arab.

Meskipun ucapan tersebut disusun dalam segala macam bahasa, yang terpenting adalah pesan yang ada di dalamnya.

Tentu saja yang terpenting adalah yang mengandung kebaikan misalkan, pengharapan semoga menjadi lebih baik, atau juga permohonan maaf atas kesalahan di tahun-tahun lalu, dan yang lain-lain.

Nah kalau kamu penasaran seperti apa ucapan tahun baru Islam dalam bahasa inggris, langsung saja simak contoh-contoh berikut ini:

“ Happy new Islamic Year, may Allah SWT makes it a good year and blessed year for you. Aamiin.”

“ Have a promising and fulfilling Islamic New Year 1 Muharram 1440 H.”

“New year means new resolution and new spirit. Happy New Islamic Year 1440 H.”

“ In this new year, you are carrying all of the experiences in the past years and that is the greatest power of every Islamic New Year. This year again, you are less student and more master!”

“ Happy New Islamic Year 1 Muharram 1440 H. May Allah SWT brings many opportunities to the way you explore every joy of your life and make all of your resolutions come true.”

“ Islamic New Year is perfect time to turn your dream into reality and all your efforts into great achievements.”

“ A new Islamic Year will be special year because it is not only bring happiness but also make us happy with a chance to getting new hope.”

“ Make the New Islamic Year become a chance to step closer to your dream. It is new beginning of your life. So, a New Islamic Year is very special to Muslim.”

“ Happy New Islamic Year 1 Muharram 1440 H. I hope this year will be better than the previous year.”

“ A New Islamic Year begins and I am thrilled that so many dreams to fulfill. I will work harder and try to achieve them. I will not let the problems beat me. I promise that this year will be different and of course much better.”

“ A New Islamic Year brings a lot of expectations that resulted in optimism.”

“ A New Islamic Year is like a new blank page. You have the pen in your hand, so make It as a chance to write beautiful story for yourself. Happy New Islamic Year.”

“ Although I have 365 days ahead to make my dreams come true, I will not wait them to happen accidentally.”

Kata-Kata Ucapan Tahun Baru Islam Singkat

Mengucapkan selamat tahun baru islam kepada sahabat, kerabat, atau keluarga sesama muslim sebenarnya bukan hal wajib seperti menjawab salam.

Tetapi juga bukan hal yang dilarang dalam agama. Ucapan tersebut sebagai bentuk pengingat saja kepada sesama muslim bahwa tahun ini telah berlalu, dan banyak yang harus direnungkan sebagai bekal menjalani kehidupan di tahun yang baru.

Dan juga masih banyak pemaknaan-pemaknaan lain terkait ucapan tahun baru islam. Oke selain contoh di atas, masih banyak loh kata-kata yang bisa kamu jadikan sebagai ucapan tahun baru islam loh seperti kata-kata di bawah ini:

“Tahun baru datang sebagai pengingat untuk melihat apa yang telah kita kerjakan di tahun sebelumnya. Oleh karenanya, awal tahun menjadi awal yang tepat bagi kita untuk memperbaiki diri terhadap apa yang telah diperbuat di masa lalu”.

“Selamat Tahun Baru Islam. Semoga Islam semakin memberi cahaya peradaban di tengah masyarakat dunia. Amiin”.

“Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Kami mengucapkan, Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram – 1441 H. Semoga kita semua dapat Hijrah menuju kehidupan dan amal yang lebih baik”.

“Selamat tahun baru Islam 1441 H, Moga makin bertambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, damai selalu NKRI”.

“Bahasa jawanya garam itu adalah uyah

Niat hati kepasar membeli sayuran dapatnya akik

Selamat tahun baru Islam 1441 Hijriah

Semoga kita semua dpt hijrah ke kehidupan yang lebih baik”

“Selamat Tahun Baru Islam. 1 Muharam 1441 H.Marilah dengan penuh kesadaran, kita bekerja lebih keras lagi menjemput kemakmuran yang dijanjikan Allah Swt dan disabdakan oleh Rasulullah”.

“ Selamat Tahun Baru Hijriyah 1440 H. Semoga di tahun ini kita bisa berbuat lebih banyak kebaikan dan meninggalkan semua keburukan.”

“ Tahun Baru Islam 1440 H telah tiba. Saatnya kita berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya.”

“ Menjalani Tahun Baru Hijriyah 1440 H akan terasa seperti membuka lembaran baru. Kamu bisa belajar untuk menghindari kesalahan yang sudah dibuat tahun sebelumnya. Selamat menjadi pribadi yang baru di tahun yang baru!”

“ Maafkan kesalahanku di tahun yang lalu agar kita bisa sama-sama memulai lembaran baru di tahun 1440 Hijriyah ini.”

“ Selamat berhijrah di tahun baru Hijriyah. Selamat hijrah dari syirik menuju tauhid, hijrah dari munafik menuju sidiq, hijrah dari cinta pada dunia menuju cinta akhirat.”

“ Bulan sabit telah datang membelah kelabu bersamaan dengan bintang-bintang yang muncul dengan rasa penuh haru. Selamat Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah.”

“ Buka hati dapat cinta, buka tangan dapat persahabatan, buka handphone dapat pesan baru, buka pesan dapat ucapan Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriyah.”

“ Lihatlah ke langit dimana bulan sabit tersenyum gembira bersama bintang-bintang untuk menyambut datangnya tahun baru Islam. Selamat tahun baru Hijriyah 1440 H. Semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh berkah.”

“ Kedatangan tahun baru Hijriyah sudah di depan mata. Mari siapkan amalan terbaik untuk menyambutnya. Buanglah kebiasaan buruk yang pernah dilakukan di tahun sebelumnya.”

“ Selamat Tahun Baru Hijriyah 1440 H, semoga di tahun ini Anda sekeluarga bisa mendapatkan keberkahan hidup dan rezeki yang melimpah.”

“ Mengawali datangnya Bulan Hijriyah, marilah niatkan diri untuk hijrah dari kegelapan agar bisa meraih cahaya Islami. Semoga tahun ini kita bisa meraih kesuksesan.”

“ Selamat Tahun Baru Islam 1440 H. Semoga di tahun yang baru ini, kita diberikan umur yang panjang untuk melakukan hal-hal bermanfaat, kesehatan, serta kelancaran dalam beramal baik demi meraih ridho-Nya.”

“ Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah. Semoga tahun ini menjadi tahun yang penuh berkah dan bertabur banyak kebaikan.”

“ Menunjukkan maksud hatiku, dari lubuk hati yang terdalam ingin ku mengucapkan sesuatu. Meskipun tahun sudah berganti, namun cintaku padamu akan tetap seperti dulu. Selamat tahun baru Islam 1440 H.”

“Selagi kita masih diberi kesempatan untuk bernafas, selagi Allah SWT masih memberikan limpahan nikmat bagi kita untuk tetap berada di dunia, marilah kita bersama-sama menyambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriyah sebagai sarana untuk memperbaiki diri. Semoga di tahun ini kita bisa meraih ridhaNya. Aamiin.”

“Tahun baru adalah harapan baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bijaksana.”

“Sucikan jiwa, bersihkan hati. Mari mengucap basmalah sebelum menginjak tahun baru Islam 1440 Hijriyah.”

“Selamat Tahun Baru Islam 2018. Jadikan momen tahun baru sebagai sarana untuk memperbaiki diri sekaligus membiasakan diri untuk melakukan kebaikan.”

“Tidak ada impian yang kuinginkan selain Ridho Allah SWT di tahun baru Islam ini.”

“Wahai sabatku, mari kita jadikan awal tahun baru Hijriyah sebagai ajang untuk mempertebal iman, memperbanyak ibadah, sekaligus membiasakan diri berbuat baik demi meraih ridho Allah SWT.”

Doa Tahun Baru Islam

20+ Ucapan Tahun Baru Islam Beserta Doa Awal Dan Akhir Tahun

republika.co.id

Ternyata dalam Islam juga terdapat doa yang dianjurkan ketika kita mengakhiri atau menutup tahun serta ketika mengawali tahun.

Tentu saja doa tersebut penuh dengan harapan-harapan baik. Meskipun begitu kamu juga boleh kok memanjatkan doa-doa lainnya dan tidak harus dengan apa yang akan dicantumkan di bawah ini.

Asal doa tersebut mengandung sebuah kebaikan, dan akan lebih baik lagi jika kebaikan tersebut tidak ditujukan hanya untuk diri sendiri saja tetapi juga seluruh umat manusia.

Barangkali ada yang sudah tahu bagaimana doa tersebut, tetapi untuk kamu yang belum tahu yuk langsung simak doa berikut ini:

Bacaan Doa Akhir Tahun

Doa ini dicantumkan oleh Sayid Utsman bin Yahya dalam karyanya Maslakul Akhyar sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allâhumma mâ ‘amiltu min ‘amalin fî hâdzihis sanati mâ nahaitanî ‘anhu, wa lam atub minhu, wa hamalta fîhâ ‘alayya bi fadhlika ba‘da qudratika ‘alâ ‘uqûbatî, wa da‘autanî ilat taubati min ba‘di jarâ’atî ‘alâ ma‘shiyatik. Fa innî astaghfiruka, faghfirlî wa mâ ‘amiltu fîhâ mimmâ tardhâ, wa wa‘attanî ‘alaihits tsawâba, fa’as’aluka an tataqabbala minnî wa lâ taqtha‘ rajâ’î minka yâ karîm.

Artinya, “Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berarti mendurhakai-Mu. Karenanya aku memohon ampun kepada-Mu. Ampunilah aku.

Bacaan Doa Awal Tahun

Berikut ini doa Rasulullah SAW di awal tahun seperti disebutkan Sayid Utsman bin Yahya dalam Maslakul Akhyar.

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya, “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

PENUTUP

Kita sudahi dulu ya artikel tentang ucapan tahun baru islam ini. Jika ada salah-salah kata mimin mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Semoga tahun baru islam menjadi semakin dihargai oleh umat islam sendiri, tentu saja dengan penghargaan yang bijaksana. Selamat tahun baru islam! semoga kita dilimpahkan keselamatan dan kesejahteraan . Aaamiiin.

Leave a Reply