Ucapan Ulang Tahun Bahasa Korea Untuk Sahabat, Orangtua, Atau Pacar

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Korea Untuk Sahabat, Orangtua, Atau Pacar

Ucapan Ulang Tahun Dalam Bahasa Korea?

Deman korea akhir-akhir ini sedang mendera masyarakat di banyak negara, terutama Indonesia. Dari mulai emak-emak, anak-anak, mas-mas, juga mbak-mbak.

Untuk penggemar K-pop yang paling banyak biasanya muncul di kalangan remaja. Sedang untuk penggemar drakor (drama-korea) ini biasanya banyak dari kalangan dewasa awal sampai dengan emak-emak yang udah banyak anak.

Pokoknya demam korea ini tidak kenal batasan usia. Saking sering nonton drama korea dan variety shownya atau nonton k-pop banyak simbol atau bahasa-bahasa korea yang jadi familiar di Indonesia.

Misalnya ada simbol love yang dibentuk dengan ibu jari dan jari telunjuk. Kalau dari sisi bahasa misal penggunaan kata saengil cuka untuk mengucapkan selamat ulang tahun.

Bahkan lagu ulang tahun dalam bahasa korea jadi terkenal di Indonesia. Nah untuk itu pada artikel kali ini mimin juga ingin deh berbagi tentang sesuatu yang berbau-bau korea yaitu ucapan selamat ulang tahun bahasa korea.

Mimin juga sudah merangkum contoh ucapan tersebut dari berbagai sumber, semoga bisa berguna untuk kamu yang sedang mencari ucapan selamat ulang tahun dalam  bahasa korea:

Kata-Kata Ulang Tahun Bahasa Korea Untuk Teman

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Korea Untuk Sahabat, Orangtua, Atau Pacar

popbela.com

Dalam penggunaan bahasa korea ternyata sama dengan bahasa jawa atau sunda atau bahasa lainnya yang mengenal tatanan bahasa berdasarkan usia.

Jadi bahasa yang digunakan kepada orang yang lebih tua akan berbeda dengan yang lebih muda, meskipun perbedaannya terkadang tidak begitu mencolok.

Tatanan ini mungkin karena negara Korea memiliki akar budaya ketimuran yang kuat seperti halnya Indonesia. Nah misalkan kamu ingin memberi ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa korea kepada temanmu, bagaimana ya bahasa yang digunakan? Kalau ingin tahu yuk simak contoh di bawah ini:

  • 생일 축하 친구 dibaca saeng-il chugha chingu diterjemahkan “selamat ulang tahun teman”.

  • 생일 축하 친구, 긴 인생 dibaca saeng-il chugha chingu, gin insaeng diterjemahkan “HBD, semoga panjang umur”.

  • 행복한 생일 친구, 많은 돈 dibaca haengboghan saeng-il chingu, manh-eun don diterjemahkan “happy birthday, semoga banyak rezeky-nya”.

  • 생일 친구, 건강하게 사시고요 dibaca saeng-il chingu, geonganghage sasigoyo diterjemahkan “selamat ulang tahun temanku, selalu sehat dan bahagia.

Kata-Kata Ulang Tahun Bahasa Korea Untuk Keluarga

Kalau di atas terdapat contoh selamat ulang tahun dalam bahasa korea untuk teman kali ini adalah ucapan yang digunakan kepada keluarga.

Kalau teman mungkin lebih santai karena sebaya, tetapi jika kepada keluarga mungkin akan lebih sopan kali ya. Dari pada menduga-duga yuk langsung saja kita lihat contoh penggunaan ucapan selamat ulang tahun kepada keluarga dalam bahasa korea di bawah ini:

  • 해피 어머니의 생일 dibaca haepi eomeoniui saeng-il sarang terjemahannya “selamat ulang tahun ibu”.

  • 행복한 아버지의 생일 dibaca haengboghan abeojiui saeng-il terjemahannya “selamat ulang tahun ayah”.

  • 행복 한 여동생의 생일 dibaca haengbog han yeodongsaeng-ui saeng-il terjemahannya “selamat ulang tahun kakak”.

  • 행복한 생일 누이 dibaca haengboghan saeng-il nu-i terjemahannya “selamat ulang tahun adik”.

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Korea Untuk Pacar

Sedangkan kalau memberi ucapan ulang tahun kepada pacar mungkin juga bisa santai seperti kepada teman. Hanya saja mungkin kalau kepada pacar akan lebih romantis seperti beberapa contoh di bawah ini:

  • 친애하는 생일 축하해 dibaca chin-aehaneun saeng-il chughahae diartikan “selamat ulang tahun sayang”.

  • 생일 축하해, 나를 위해 너의 마음을 돌봐 dibaca saeng-il chughahae, naleul wihae neoui ma-eum-eul dolbwa diartikan “selamat ulang tahun, jaga hatimu untukku”.

  • 생일 축하해, 너는 여전히 최고야 dibaca saeng-il chughahae, neoneun yeojeonhi choegoya diartikan “happy birthday, kamu masih yang terbaik”.

  • 항상 행복한 생일 축하해 dibaca hangsang haengboghan saeng-il chughahae diartikan “happy birthday, selalu bahagia bersamamu”.

  • 생일 축하해. 너를 영원히 사랑해 dibaca saeng-il chughahae. neoleul yeong-wonhi saranghae diartikan “HBD, aku sayang kamu selamanya”.

Ucapan Yang Paling Umum Digunakan

Ucapan Ulang Tahun Bahasa Korea Untuk Sahabat, Orangtua, Atau Pacar

santrialim.com

Untuk kita orang Indonesia yang ingin juga mengikuti trend kekoreaan. Misal dengan memberikan sebuah ucapan ulang tahun kepada sahabat, teman, atau kerabat yang juga suka korea-koreaan gitu mending gunakan ucapan yang paling umum digunakan deh.

Meskipun kita gak tahu bagaimana tingkat kesopananannya, tetapi ada nih ucapan selamat ulang tahun yang paling sering digunakan. Dan gak papa juga kalau kamu berikan ucapan ini kepada temanmu. Yuk langsung saja kita lihat contohnya berikut ini:

  • 생일 축하합니다 dibaca saeng-il chughahamnida artinya “happy birthday”.

  • 생일 축하해요 dibaca saeng-il chughahaeyo artinya “HBD”.

  • 생신 축하드려요 dibaca saengsin chughadeulyeoyo artinya “selamat ulang tahun” untuk orang yang lebih tua.

  • 생일 축하해요, 오래 행복하게 dibaca saeng-il chughahaeyo, olae haengboghage artinya adalah “selamat ulang tahun, semoga panjang umur”.

  • 생일 축하해요, 건강하게 사시고요 dibaca saeng-il chughahaeyo, geonganghage sasigoyo artinya “selamat ulang tahun, selalu sehat dan bahagia”.

PENUTUP

Pada akhirnya tulisan ini harus diakhiri dengan sebuah pengharapan lagi. Mimin berharap contoh ucapan di atas benar-benar bisa berguna untuk teman-teman yang memang sedang mencari ide untuk membuat ucapan ulang tahun dalam bahasa korea.

Karena tidak bisa dipungkiri juga sesuatu yang berbau-bau korea ini sedang trend mulai dari make up, baju, industri musik, juga termasuk bahasa.

Jadi ya kamu sah-sah aja kalau memang ingin mengikuti trend dan membuat ucapan ulang tahun dalam bahasa korea.

Leave a Reply