5 Pilihan Ucapan untuk Hari Lahir Pancasila Terbaik Dan Menarik

Ucapan untuk Hari Lahir Pancasila – Dalam kesempatan yang luar biasa baik ini, penulis akan menyusun pilihan ucapan selamat hari kelahiran pancasila terbaik.

Sebagaimana kita tahu, pancasila adalah dasar negara indonesia. dasar dalam hal ini menunjukkan arti pondasi utama. Karena tanpa pondasi tersebut tidak ada dasar utama yang bisa dijadikan pijakan.

Pijakan dalam menentukan segala sikap, perbuatan, hingga kebijakan yang akan diputuskan oleh negara. Hari lahir pancasila adalah hari dimana lahir prinsip-prinsip bangsa yang siutarakan oleh sukarno.

Dari hari lahir tersebut, muncullah prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Lima dasar yang menjadikan penentu laku hidup masyarakat Indonesia.


Sejarah Singkat Hari Lahir Pancasila


5 Pilihan Ucapan untuk hari Lahir Pancasila Terbaik Dan Menarik
gingsul.com

Judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: “Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan”) pada tanggal 1 Juni 1945 adalah “Lahirnya Pancasila”.

Pidato tersebut merupakan konsep dan rumusan awal “Pancasila” pertama kali yang dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pada awalnya pidato tersebut disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul. Dan kemudian baru mendapat sebutan “Lahirnya Pancasila” oleh mantan Ketua BPUPKI yaitu Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato.

Kemudian sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional sebagai peringatan hari “lahirnya pancasila”.


Ucapan untuk Hari Lahir Pancasila


Berikut ini adalah pilihan ucapan selamat hari lahir pancasila terbaik menurut versi penulis dalam beberapa kategori tertentu.

Ucapan Selamat Hari lahir pancasila sebagai penyemangat

5 Pilihan Ucapan untuk hari Lahir Pancasila Terbaik Dan Menarik
wartapagi.id

Selamat hari lahir pancasila, saudara-saudara. Dalam hari yang luar biasa baik ini telah lahir di tengah kita semua bangsa Indonesia, dasar negara kita. Mari kita meneladani sejarah lahirnya hari ini, yaitu sejarah atas persatuan dan penyusunan pondasi bangsa yang menjaga kita sampai hari ini. pancasila adalah dasar negara kita. Semangat kita. Semangat untuk kita menengakkan persatuan dan membela yang benar. Pancasila adalah penyemangat kita untuk ikut bersama-sama membangun negeri ini demi tegaknya keadilan dan kesejahteraan untuk semua. Hidup pancasila

Sebagai sikap hidup

Selamat hari lahir pancasila, Indonesia. hari ini adalah sejarah. sejarah bahwa bangsa ini telah berhasil merumuskan sikap hidupnya. Maka sudah selayaknya sikap itu menjadi sikap hidup kita semua. Sikap hidup untuk beragama dengan baik, menghargai kemanusiaan, menjaga persatuan, menegakkan hukum, dan berkeadilan mesikpun sejak dari dalam pikiran. Sikap hidup pancasila adalah warisan dari para founding father bangsa. Sikap itu yang kemudian membawa pada cinta tanah air dan tulusnya pengorbanan untuk berjuang demi bangsa, indonesia raya.

Sebagai Refleksi

Selamat hari lahir pancasila, diriku, diri kita semua. Sudahkah kita berpancasila hari ini? sudahkah kita mengamalkan ketulusan dan kejujuran hidup berpancasila? Pancasila tidak hanya benda mati. Ia hidup. Menghidupkan laku perjalananan bangsa ini. maka kita harus bercermin dan melihat keadaan, sudahkah kita ikut melakukan laku pancasila dalam melanjutkan gerak sejarah negeri ini? jika belum, maka sebelum terlambat. Tata kembali hati dan pikiran kita. Jiwa kita. Ingat-ingat lagi sejarah tentang terjadinya kehancuran dan kebesaran sebuah bangsa.

Hari Lahir Pancasila sebagai Doa

Selamat Hari lahir pancasila, negara kita. Di hari yang berkah ini, saya berdoa kepada tuhan yang maha esa, agar pancasila bisa menjadi ibadah kita dalam laku hablum minallah dan hablum minannaas untuk kebaikan semua. Semoga di hari yang baik ini, kita selalu diberikan perlindungan dan keselamatan untuk bisa selalu mengamalkan segala hal yang baik untuk Allah, Negara, Bangsa, Alam, dan sesama manusia. Semoga selalu dalam kuasanya. Amin.

Ucapan Selamat hari lahir pancasila sebagai pantun

Ke pasar ketemu bu Mini. Tidak lupa membeli pepaya

Jangan lupa hari ini. selamat hari lahir pancasila ya.

Keyword: Ucapan untuk hari Lahir Pancasila

Originally posted 2020-08-02 18:57:51.

Leave a Reply

Your email address will not be published.