5 Pilihan Cerita Inspiratif Terbaru dan Terbaik Penuh Hikmah

Cerita inspiratif – Setiap orang membutuhkan cerita Inspiratif. Setiap orang membutuhkan dirinya berkembang dan menjadi sesuatu yang lebih baik. Setiap orang memandang langit, mencari bintang inspirasinya.

Pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas mengenai cerita inspiratif terbaik dan terbaru. Sebagaimana kita tahu, cerita adalah peristiwa yang disampaikan dalam tema, alur, dan suasana tertentu.

Sedangkan inspiratif adalah sifat yang memberi dorongan semangat, motivasi, dan daya bangkit yang menjadi kecenderungan dalam ceritanya.

Cerita inspiratif menjadi begitu penting di sunia hari ini. dunia dimana banyak orang tersesat, murung, dan putus asa. Cerita inspiratif adalah oase yang menyegarkan situasi yang tidak mengenakkan tersebut. cerita inspiratif adalah penyejuk dalam pikiran yang suntuk beserta jiwa yang lesu tidak berdaya.

Cerita inspiratif bertebaran begitu banyak di sekitar kita. Mulai yang tertulis sampai yang dituturkan. Begitu juga cerita inspiratif yang merupakan peristiwa yang nyata terjadi dan cerita inspiratif yang berdasarkan karangan tertentu.

Kita semua sepertinya memiliki cerita inspiratif tersebut dalam versi atau bentukan masing-masing. Cerita inspiratif mengingatkan bahwa masih ada harapan.

Bahwa hal-hal baik masih begitu berlimpah di dunia ini. cerita inspiratif terus bermunculan yang menandakan bahwa selalu ada orang yang berjuang dan berbahagia setiap harinya.

Cerita inspiratif memiliki ragam yang berbeda-beda. Cerita inspiratif sebagaimana umumnya cerita yang lain memiliki tema-tema dan topik tertentu.

Cerita inspiratif begitu dibutuhkan dan harus ada. meskipun tidak langsung memberikan peranannya langsung, setidaknya cerita inspiratif mampu memberikan penyegaran dalam membersamai langkah dan jiwa-jiwa yang selalu membutuhkan rasa yang nyaman setiap harinya.

Berikut ini penulis susun cerita inspiratif yang semoga bisa memberikan peranan tersendiri. Cerita inspiratif yang penulis susun berdasarkan tema-tema dan topik yang umum di sekitar kita.

Penulis memilih ceritanya dari berbagai pengalaman dan pengamatan yang sekiranya menarik untuk dibagi bersama. Beberapa cerita inspiratif yang penulis susun adalah sebagai berikut.

Contoh Pilihan Cerita Inspiratif

5 Pilihan Cerita Inspiratif Terbaru dan Terbaik Penuh Hikmah

thegorbalsla.com

Penulis menyusunnya berdasarkan pengamatan hal-hal umum di sekitar kita bersama dengan hal-hal yang bisa kita cari dan temukan.

Harapannya cerita inspiratif yang penulis susun bisa memberikan kemanfaatan dan referensi bersama. Tentu saja juga harapan agar ceritanya memang bisa memberi inspirasi.

Penulis memohon maaf apabila dalam penyusunan cerita inspirasinya kurang memuaskan dan tidak disukai pembaca, namun semoga saja tidak. Cerita-ceritanya adalah di bawah ini.

Belajar dari Semut

God Bless, Band Rock raksasa Indonesia menyanyikannya dengan berulang kali. Semut hitam, semut hitam, maju jalan. Lalu beberapa kelompok menamai dirinya dengan menggunakan hewan ini. selain itu, rasanya belum ada yang membantah bahwa belum ada binatang yang bisa menyaingi kekompakannya. Dan tidak lupa satu lagi, peribahasa terkenal kita dimana ada gula, di situ pasti ada semut.

Mari bersama-bersama belajar dari semut. Semut adalah binatang kecil yang sering sekali kita jumpai di manapun. Semut tidak pernah terlihat sendiri. ia selalu bersama yang lain. ia adalah penegasan bahwa akan sangat susah hidup kalau kita tidak bekerja sama dengan yang lainnya.

Semut adalah pemakan segala. Ia adalah definisi penerimaan makhluk pada rezeki yang menghampirinya. Semut memakan apa yang ada di sekitarnya, kalau di dekatnya ada buah, tidak mungkin dia akan menghindari untuk memilih gula yang jauh sekali dari jangkauannya. Semut adalah keikhlasan. Ia memberikan pelajaran pada manusia bahwa Tuhan pasti adil dan memberikan nikmat kepada hambanya yang mau berusaha. Semut menerima semua itu. semut mampu. Ia menampar manusia yang bermalas-malasan. Semut saja kalau berusaha, ia pasti mendapat makanan.

Semut adalah kekompakan. Semut tidak pernah berebut. Ia membaginya bersama-sama. bahkan ia bisa menggotong makanannya untuk dimakan oleh koloninya yang tinggal di sarang. Semut kemudian berbaris. Ia mengikuti yang di depan dengan bijak. Ia tidak akan berebut. Karena ia tahu benar, dengan ukurannya yang kecil, ia harus bersama-sama untuk menjadi kuat dan mencapai tujuannya. Semut mengajarkan pada kita tentang kebersamaan dalam kelompok untuk mencapai tujuan. Dan semut melakukannya dengan sempurna sekali.

Semut bahkan menunjukkan simbol perlawanan. Dalam kondisi tertindas dan tersudut, ia akan menggigit. Begitulah wujud perlawanannya. Semut saja kalau diinjak, menggigit. Bagaimana dengan manusia?. Lebih jauh, semut melawan keterbatasan. Semut melawannya dengan cerdik, dengan menyatukan kekuatan. Sebagaimana perlawanan, ia akan sangat susah jika dilakukan sendiri-sendiri. lagi-lagi semut melakukannya dengan sangat baik. Dan semut tidak berkoar-koar atau hanya menyerukan slogan atas perlawanannya tersebut.

Semut adalah perjuangan. Ia tahu dengan pasti, bahwa semua yang hidup akan mati. Setidaknya ia akan berjuang mati-matian sebelum kematiannya tiba. Ia berjuang untuk hidup dalam kondisi yang bermacam-macam. Ia berjuang untuk mendapatkan makanan. Ia berjuang untuk membangun sarang dan menggunakannya sebagai tempat berlindung. Kemudian semut juga berjuang untuk terus sampai pada tujuannya. Semut secara tidak langsung telah berulang kali menjadi juaranya.

Batu Saja Bisa berubah

Batu, barangkali adalah alat yang pertama bisa diolah manusia dari bentuk asalnya. Batu memiliki sudut-sudut tajam yang bisa menjadi senjata dan alat pemotong. Batu menyelamatkan manusia dan membantunya berkembang dari kebodohan puluhan ribu tahun yang lalu.

Batu menginspirasi band Rolling Stone untuk menjadikannya nama kelompok musik. Lalu penyanyi folk terbesar dunia, Bob Dylan juga menggunakannya sebagai judul lagu, Like a rolling Stone. Begitu juga batu yang telah menginspirasi banyak orang untuk memburunya di berbagai belahan dunia untuk tujuan-tujuan tertentu. Batu menjadi keniscayaan.

Mula-mula manusia purba zaman dahulu berulang kali melihat batu sehingga terfikir untuk mengubahnya menjadi bentuk dan kegunaan tertentu. Batu digunakan untuk menguliti hewan buruan, meramu makanan, bahkan bahan dasar utama untuk membangun rumah. Sampai hari ini.

Batu yang terdiam padat itu seakan-akan tidak begitu penting untuk diperhatikan, namun bentuk batu yang sedemikian tersebut mampu kita terjemahkan dalam makna-makna yang setidaknya bisa bermakna inspiratif. Batu bisa berubah. Baik sebagai batu yang berubah dari bentuk dasarnya, sampai batu yang bisa memberikan makna-makna tersendiri.

Batu adalah simbol keyakinan dan bulatnya tekad. Batu dijadikan prinsip yang keras dan tidak mudah tergoyahkan. Batu merupa kepastian tujuan yang akan dicapai. Prinsipnya sudah membatu. Tidak mudah untuk membuatnya berubah. Batu adalah tekad dan kerja keras yang diwakili dari pemaknaan atas bentuknya.

Batu, dalam salah satu cerita, menginspirasi salah satu orang yang kemudian ia berhasil menjadi orang suci. Orang itu sudah berumur cukup tua namun begitu dikecewakan oleh nasib yang menimpa dirinya. Orang itu melarikan dirinya dalam gua. Menghindari dunia ramai. Menyendiri. Berharap gua tersebut adalah tempat terbaik untuk mengistirahatkan jasadnya. Hari-hari berlalu. Ia terdiam menatapi tetesan air di dalam gua yang menetes tepat di atas batu yang berada di tempatnya berpijak.

Ia memandangi terus tetesan air itu berhari-hari. Dan segalanya berubah. Ia melihat batu keras yang terus menerus ditetesi oleh air pada akhirnya akan membentuk lubang. Lubang dikarenakan tetesan air itu yang tiada hentinya. Ia menyadari satu hal. Bahwa batu sekeras itu mampu diluluhkan oleh tetesan air yang pelan namun terus menerus. Ia menyadari bahwa dibutuhkan usaha yang terus menerus untuk mampu melawan segala keterbatasan dan ketidakmungkinan.

Keesokan harinya, ia keluar dari gua, kembali pada dunia ramai. Ia kemudian belajar lagi dengan tekun, berusaha lagi dengan tekun, seperti air yang menetes tersebut. sehingga pada hari yang telah begitu berlalu, ia tercerahkan. Ia menjadi orang suci. Kata-katanya begitu pantas untuk terus digaungkan bahwa keberlangsungan terus menerus jauh lebih baik daripada seribu kemuliaan.

Teruslah Bersemangat Seperti Forest Gump

5 Pilihan Cerita Inspiratif Terbaru dan Terbaik Penuh Hikmah

kepogaul.com

Forrest Gump bisa jadi akan selalu masuk jajaran film terbaik yang dimiliki oleh dunia. Forrest Gump menceritakan tokohnya yang gigih berjuang tanpa mengenal ampun. ceritanya sederhana, namun maknanya tidak sesederhana itu.

Tom Hanks, Aktor utama film Forrest Gump memerankan karakternya dengan begitu totalitas. Kita seperti diajak langsung dalam alur cerita di film yang ia perankan tersebut. kita seperti mengikutinya berlari, memancing, menanam, bahkan tegar dalam menghadapi hidup.

Forrest Gump menceritakan tokohnya dari kecil hingga dewasa. Kita mulai saja dari cerita masa kecilnya, ia dengan penyakitnya dibully oleh teman-teman seumurannya. Ia mencoba tidak menanggapi. Namun dunia sudah terlanjur kejam. Ia dengan alat bantu jalan di kakinya harus menghadapi kejaran sepeda dari teman yang mengolok-oloknya agar tidak babak belur dan tersakiti. Ia berjalan pelan dan menyeret-nyeret. Namun para pengejar semakin mendekatinya. Dengan kekuatan tekad dan keajaiban yang entah datang dari mana, ia tiba-tiba berhasil berjalan dengan lancar. Lalu alat bantu jalannya hancur karena kejaiban tekad telah membuatnya bisa berlari kencang sekali. Sejak saat itu, ia begitu mencintai lari. Terus berlari. Karena ia begitu bahagia melakukannya. Bahkan sampai dewasa membawanya suatu hari.

Cerita forrest gump terus berlanjut. Ia begitu memiliki semangat yang baik dalam dirinya dalam kondisi apapun. Ia pernah begitu bersemangat dikirim perang oleh amerika yang jelas sia-sia, ia juga begitu semangat mengikuti jejak keinginan rekannya untuk menjadi nelayan. Lalu menjadi ikon untuk balap lari, dan sebagainya. Forest Gump menunjukkannya dengan baik sekali.

Pencuri Yang Baik Hati

Ada satu cerita yang selalu bisa saya ingat. Ceritanya adalah tentang sebuah sekolah agama di timur tengah (mungkin Baghdad) yang mengisahkan suatu pelajaran oleh sang guru dimana murid-murid diberikan waktu dua hari untuk melakukan pekerjaan yang pernah dikerjakan ayah mereka. Catatatannya mereka harus melakukan pekerjaan itu dengan total, ikhlas, dan semangat kebaikan.

Si Fulan yang merupakan salah satu murid kemudian pulang menghadap ibunya untuk bertanya pekerjaan ayahnya sebelum meninggal. Si fulan menjelaskan bahwa pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk melakukan tugas dari sang guru.  Namun ibunya diam. Tidak menjawab. Si fulan mengulangi penjelasannya lagi. Ibunya pun diam. Baru setelah dengan sangat memohon dan mengiba, ibunya baru angkat bicara.

“Ayahmu dulu adalah seorang pencuri”

Si fulan terkejut. Namun tugas dari sang guru harus tetap dikerjakannya. Sehingga pada suatu malam, si fulan merencanakan dengan matang untuk menirukan pekerjaan ayahnya dulu. Si fulan telah memilih rumah besar di luar kampungnya untuk dijadikan sasaran. Dia memilih itu karena kampungnya sendiri kondisinya sangat miskin.

Sesampai di rumah besar tersebut, Si fulan membaca doa dan basmalah. Dia ingat petuah gurunya untuk selalu ikhlas dan penuh semangat kebaikan. Tak lama kemudian, Dia berhasil masuk melalui jendela belakang setelah sebelumnya melompati pagar yang cukup tinggi.

Doa-doa terus dibaca melalui mulutnya. Sampai Si fulan menemukan tempat penyimpanan harta dari si pemilik rumah. Dan ditengah suasana sepi tersebut, si fulan teringat dia belum menunaikan shalat isyak. Diambilnya air wudlu terlebih dahulu di kamar mandi pemilik rumah. Suara gemericik air yang mengalir ternyata membangunkan pemilik rumah tersebut.

Lelaki yang sudah cukup tua dan terbangun itu tidak lantas menangkap langsung orang asing di rumahnya. Ia tepatnya mengamati apa yang dilakukan orang tersebut. Si fulan tidak tahu kalau dirinya sedang diawasi. Dia mengerjakan sholat secara tenang yang kemudian ia lanjutkan membongkar simpanan harta si pemilik rumah.

Uang dan emas yang banyak tersebut membuat si Fulan tak jadi langsung mengambilnya. Ia tepatnya mencari kertas dan pena untuk membuat hitungan terlebih dahulu. Iya. hitungan mengenai harta yang harus dizakatkan. Baru kemudian ia ambil sebagian kecil dari harta sisanya

Banyaknya hitungan dan harta itu membuat si Fulan tidak menyadari kalau adzan shubuh akan segera berkumandang. Sebelum itu, si lelaki pemilik rumah berpura-pura membuat suara “ehm ehm” yang mengakibatkan Fulan hampir mencari tempat sembunyi, tetapi saat ia hampir melangkah, ia lebih dulu dihadang si pemilik rumah.

“Tidak usah kabur, aku melihat semua yang kamu kerjakan. Jelaskan padaku apa yang membuatmu melakukan hal tersebut?”

Si Fulan kemudian bercerita tentang perintah gurunya dan perintah untuk ikhlas beserta semangat kebaikan dalam melakukan hal tersebut. Si fulan juga menjelaskan perihal zakat harta yang harus dikeluarkan pemilik rumah. Dan lain-lain.

Si pemilik rumah tersenyum. Ia kemudian mengajak Fulan sholat shubuh berjamaah yang dilanjutkan penawaran dari pemilik rumah untuk Fulan mau menjadi juru hitung di perkebunannya. Dan jika Fulan bersedia juga akan dinikahkan dengan anak perempuan pemilik rumah tersebut.

Cerita Inspiratif: Persatuan Para Pekerja Prancis

Dunia hari ini berhutang jasa pada revolusi prancis tahun 1789. Tanpa itu, dunia masih akan tenggelam dalam kegelapan keserakahan para raja dan tuan tanah yang dzalim. Dunia tanpa revolusi prancis adalah dunia yang tak akan pernah seperti ini.

Tahun tersebut adalah masa kebangkitan rakyat pekerja. Mereka menyatukan kekuatan dan kegelisahannya menjadi bukti yang menyerang langsung jantung kekuasan yang korup dan menindas. Rakyat pekerja seketika menjadi simbol. Kepala Louis XVI terpenggal. Kemudian para tahanan di penjara Bastille yang menderita karena kepongahan raja akhirnya dibebaskan oleh kemenangan rakyat. Kunci utama waktu itu adalah persatuan para pekerja di prancis.

Dunia menghendaki perubahannya dan waktu itu terwakilkan oleh persatuan dan semangat membara persatuan pekerja di prancis. Mereka awalnya adalah para pengrajin yang mendapatkan kebijakan buruk dari pemerintahan kerajaan yang korup dan sewenang-wenang.

Mereka, para pekerja itu, menuntut protes. Mereka menggabungkan diri satu sama lain menghadapi resiko hukum pancung yang tepat di depan matanya. Mereka menolak tunduk. Mereka terus mengobarkan persatuan, taktik strategi, dan semangat membara setiap harinya. Dan sejarah mencatat, Revolusi Prancis adalah kemenangat terbaik oleh rakyat yang akan terus diingat sepanjang masa.

Leave a Reply